Apa Itu Binance Coin? Inilah Profil Selengkapnya dari Koin Binance

  • Bagikan
apa itu binance coin

Popularitas mata uang kripto memang semakin hari kian meningkat. Ada banyak sekali mata uang kripto yang bisa menjadi pilihan trading dan juga investasi. Salah satu mata uang tersebut adalah Binance Coin. Meski sama-sama masuk ke daftar 5 mata uang kripto yang populer di dunia, sayangnya masih banyak yang belum memahami apa itu binance coin.

Padahal, koin ini juga layak menjadi salah satu pilihan yang menggiurkan. Inilah berbagai hal yang harus Anda pahami mengenai Binance.

Apa itu Binance Coin?

apa itu binance coin
(sumber gambar: cryptoinvest.ch)

Apa itu Binance coin? Pada dasarnya, Binance coin atau yang memiliki inisial BNB adalah sebuah koin kripto yang  penerbitnya adalah Binance. Binance adalah sebuah platform pertukaran kripto terbesar yang ada di dunia. Koin ini secara resmi muncul pada 26 Juni 2017 silam dan memiliki dasar jaringan blockchain Ethereum.

Sejak peluncurannya pada 2017 silam, koin Binance berhasil menduduki posisi 4 mata uang kripto yang memiliki nilai kapitalisasi pasar terbesar di dunia. Posisinya berada dibawah Bitcoin, Ethereum, dan ADA. Jumlah supply maksimal dari jenis koin ini adalah sebanyak 200 juta token di seluruh dunia.

CEO dari Binance adalah Changpeng Zhao atau yang bisa Anda kenal dengan CZ. Pada awalnya, CZ merupakan seorang yang bekerja di perusahaan Bloomberg. Di perusahaan itu beliau memiliki jabatan sebagai Kepala Pengembangan Perdagangan Berjangka. Namun setelah 4 tahun akhirnya CZ bekerja sama dengan Fusion Systems.

Secara aktif CZ sudah berkecimpung di dunia teknologi jaringan blockchain dan cryptocurrency sejak tahun 2013. Tentu ia sudah memiliki pengalaman yang banyak tentang dunia cryptocurrency. Pengalaman tersebut kemudian CZ gunakan untuk meluncurkan BNB di tahun 2017 dan akhirnya menduduki posisi sebagai CEO dari Binance.

Cara Kerja Binance Coin

Setelah memahami apa itu Binance coin atau BNB, Anda tentu juga harus memahami bagaimana koin ini bekerja. Jadi, perlu Anda pahami bahwa pada awalnya, peluncuran BNB hanya sebagai salah satu token dalam lingkup ERC-20 tradisional yang ada di jaringan Ethereum saja. Setelah cukup lama berjalan, baru pada akhirnya Binance memiliki dasar blockchainnya tersendiri.

Koin yang berasal dari jaringan blok Binance memiliki sistem pengaman yaitu mekanisme konsensus Bizantine-fault-tolerant (BFT) Tendermint. Hal ini jelas berbeda dengan jajaran token ERC-20 yang mana token tersebut akan menggunakan sistem pengaman proof-of-stake atau PoS.

Jika menggunakan PoS, maka koin tersebut memiliki kemungkinan untuk pembuatan smart contract. Nah, karena Binance koin tidak menggunakan sistem tersebut, maka mekanisme di dalam Binance tidak memiliki fungsi untuk membuat smart contract. 

Kelebihan dari BNB Coin

Seperti jenis mata uang kripto lainnya, BNB juga memiliki kelebihannya tersendiri. Salah satu kelebihan dari BNB adalah dorongan terhadap pengembangannya yang pesat dan besar. Pada awalnya, BNB hanya bertujuan untuk trading mata uang kripto saja. Akan tetapi, secara signifikan BNB memperbanyak dan melengkapi layanannya di berbagai macam bidang.

Sejak adanya perilisan BNB, Binance juga sudah berhasil memberikan kontribusi terhadap tingginya minat para investor terhadap cryptocurrency. Pada awal tahun 2021, harga dari BNB juga sempat mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Bahkan tingginya harga itu berhasil memecahkan rekor All Time High (ATH)nya sendiri.

Kelebihan lainnya adalah adanya proses burning atau pembakaran yang dilakukan pihak Binance setiap 4 bulan sekali. Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, Binance coin memiliki jumlah yang terbatas yaitu hanya sekitar 200 juta token saja. Nah, apabila total persediaan dari token tersebut sudah melebihi angka 200 juta, maka perusahaan akan membeli 50% dari jumlah yang beredar tersebut.

Setelah membeli 50% dari jumlah yang beredar, maka akan terjadi proses pembakaran atau burning koin Binance secara bertahap. Tujuan dari burning ini adalah mengembalikan jumlah BNB supaya tidak melampaui 200 juta token. Dengan begitu, nilai BNB coin bisa terus terjaga nilainya dan kelangkaan tetap terjaga. Adanya burning ini pula yang membuat banyak pihak menjadi yakin bahwa nilai BNB masih akan terus naik dan terjaga stabilitasnya.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Bitcoin: Definisi, Cara Kerja, dan Legalitasnya

Penggunaan BNB

Sama seperti jenis koin lainnya, BNB juga memiliki kegunaannya tersendiri. Memang pada dasarnya BNB muncul sebagai alat tukar dan bukan sebagai instrumen trading atau investasi. Akan tetapi, pada akhirnya penggunaan BNB kemudian meluas dan terbilang sangat fungsional. Pihak Binance sendiri mengungkapkan bahwa sudah ada jutaan BNB yang terpakai sebagai biaya perjalanan dan juga cindera mata virtual.

Tidak hanya itu, BNB juga bisa berguna untuk melakukan pinjaman, membuat smart contracts, sebagai hadiah, maupun berbagai transaksi lainnya. Lebih dari 1 juta pengguna BNB juga sudah memakai koin ini untuk membiayai 127 miliar kegiatan trading. Trading yang pembiayaannya bisa menggunakan BNB akan berlangsung pada platform seperti Binance Chain, Binance DEX, dan Binance.com.

Banyak orang yang menggunakan fee trading dengan menggunakan BNB karena adanya diskon yang Binance berikan. Fee trading tersebut adalah 0.1% yang juga bisa Anda bayar dengan menggunakan aset yang Anda miliki apabila memang Anda tidak berminat untuk menggunakan diskon fee. 

Penggunaan BNB tidak hanya berhenti disitu saja. BNB adalah nyawa dari Binance DEX yang juga ada di dalam rantai Binance. Selain itu, ribuan aplikasi yang ada dalam Binance Smart Chain atau BSC juga sangat bergantung dan membutuhkan kehadiran token BNB. Pihak Binance juga menjalin kerjasama antar platform, kartu debit VISA di Monaco, sampai platform streaming video Asia’s Premier High End. Semua kerjasama ini bertujuan agar kapitalisasi pasar koin BNB bisa senantiasa berjalan.

Cara Membeli Binance Coin

apa itu binance coin
(sumber gambar: AZcoinnews.com)

Setelah memahami apa itu Binance coin sekaligus dengan kelebihan dan penggunannya, wajar jika Anda menjadi tertarik dengan koin ini. Sebenarnya, cara beli BNB kurang lebih sama dengan jenis koin yang lainnya. Selain itu, untuk membelinya Anda juga bisa melakukannya dengan sangat mudah. Secara garis besar, cara untuk membeli Binance coin adalah:

  1. Pilih salah satu exchanger atau broker kripto yang terpercaya di Indonesia. Pastikan bahwa broker ini sudah resmi dan mendapatkan izin beroperasi. Beberapa broker yang bisa Anda pilih misalnya adalah Tokocrypto, Rekeningku, Idex, Koinku, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih broker ini sesuai preferensi
  2. Setelah itu, silahkan mengunduh aplikasi exchanger ini melalui smartphone yang Anda miliki. Kemudian lakukan instalasi dan masuk ke dalam aplikasi
  3. Lakukan pendaftaran dan pembuatan akun supaya bisa melakukan jual beli BNB
  4. Jangan lupa lakukan verifikasi data supaya akun Anda berhasil Anda buat
  5. Setelah akun selesai Anda verifikasi, maka selanjutnya lakukan deposit atau memasukkan sejumlah modal awal yang nantinya akan Anda gunakan untuk membeli kripto yang Anda inginkan, misalnya BNB
  6. Apabila deposit berhasil, maka Anda sudah bisa melakukan transaksi jual beli maupun investasi BNB. Untuk mekanisme jual beli nanti akan berbeda-beda tergantung pada exchanger yang Anda pilih.

Potensi Harga BNB Jangka Panjang

Saat ini per tanggal 25 November 2021 harga dari Binance coin adalah sebesar Rp. 8.704.205 per koinnya. Akan tetapi nilai ini belum melampaui nilai tertingginya yaitu pada angka 10 juta. Binance coin juga sebenarnya memiliki pergerakan harga yang hampir mirip dengan Bitcoin. Apabila Bitcoin sedang mengalami kenaikan harga, maka biasanya BNB juga ikut naik.

Begitupula ketika Bitcoin sedang turun harga, maka BNB juga ikut turun. Meski belum melampaui harga tertingginya, namun potensi kenaikan harga BNB masih bisa terjadi dan sangat potensial sekali. Banyak pihak yang yakin bahwa BNB akan memiliki prospek dan potensi yang bagus di masa depan.

Hal ini salah satunya didasari dari fitur dari Binance yang senantiasa berkembang. Adanya kegiatan burning juga membuat nilai valuasi BNB menjadi senantiasa terjaga. Tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat, harga BNB bisa kembali naik bahkan berhasil melampaui nilai tertungginya menyentuh lebih dari 10 juta.

Nah itulah informasi yang bisa membantu Anda memahami apa itu Binance coin dengan lebih baik. Pada dasarnya, koin ini memiliki potensi yang sangat bagus dan masih bisa meningkat lagi harganya di masa depan. Apalagi ada berbagai kelebihan BNB yang membuatnya unggul daripada koin lain.

Namun semuanya kembali lagi kepada Anda sebelum membeli koin ini. Baik itu untuk kebutuhan trading maupun investasi, pastikan Anda sudah siap dengan segala resiko yang bisa muncul ya. Karena bagaimana pun akan selalu ada resiko ketika Anda memutuskan untuk terjun ke dunia mata uang kripto.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.