Apa Itu Facebook Ads? Definisi & Keuntungan Menggunakannya

  • Bagikan
Apa itu Facebook Ads?

Apa itu Facebook Ads? Pertanyaan ini mungkin muncul di pikiranmu ketika pertama kali mendengarkannya. Terlebih jika kamu adalah orang awam yang tak begitu paham sosial media dan seluk beluk teknologi digital.

Memang hal tersebut tak mengherankan sih, sebab istilah Facebook Ads baru booming beberapa tahun belakangan sejak banyak pelaku bisnis konvensional yang mulai memasarkan produk mereka di media sosial. Lantas, apa sih sebenarnya Facebook Ads itu?

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan pembahasan lengkap mengenai apa itu Facebook Ads dan peran penting dalam penggunaannya. Terutama bagi kamu, pelaku usaha yang saat ini tengah menjalankan sebuah bisnis konvensional maupun yang hanya berbasis digital. Simak lengkap penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Facebook

Mengenal Facebook

Sebelum masuk ke pembahasan inti mengenai definisi dari Facebook Ads, pertama-tama kita akan membahas platform-nya terlebih dahulu yakni, Facebook.

Facebook menjadi salah satu platform sosial media yang memiliki banyak pengguna. Bahkan menurut data terakhir bulan Februari 2021, pengguna Facebook kini sudah mencapai lebih dari 3,3 miliar orang dari seluruh dunia. Jumlah yang cukup fantastis, bukan?

Sedangkan untuk di Indonesia sendiri berdasarkan data yang dirilis oleh Internet World Stats pada akhir bulan Juni kemarin, jumlah pengguna Facebook sudah mencapai lebih dari 176 juta orang dari total 270 juta penduduk. 

Artinya, lebih dari 70 persen masyarakat di Indonesia memiliki dan menggunakan Facebook sebagai salah satu sosial media mereka. Jumlah tersebut tergolong cukup besar untuk suatu negara berkembang. Tak heran jika kemudian banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan peluang dengan memasarkan produk dan mengenalkan brand-nya melalui sosial media seperti Facebook.

Karena selain memiliki banyak pengguna, Facebook juga menyediakan banyak fitur yang menguntungkan bagi para pelaku usaha. Mulai dari fitur Marketplace yang memungkinkan kamu bisa memasang etalase produk secara GRATIS hingga membuat iklan berbayar yang dapat menjangkau lebih banyak orang.

Cara tersebut terbukti efektif untuk meningkatkan penjualan produk suatu bisnis ataupun sekadar memperluas brand awareness. Kamu hanya perlu mengemasnya dalam bentuk yang semenarik mungkin mulai dari visual yang disajikan hingga caption atau text yang digunakan. Tertarik untuk menggunakannya?

Apa Itu Facebook Ads?

Nah, setelah membahas sedikit tentang Facebook di atas, berikutnya kita akan masuk ke pembahasan utama yakni mengenai penjelasan apa itu Facebook Ads?

Facebook Ads atau FB Ads adalah salah satu fitur unggulan di platform biru ini. Fitur iklan berbayar ini kerap digunakan oleh para pelaku bisnis dalam mengenalkan brand mereka maupun untuk meningkatkan trafik penjualan.

Tak hanya bagi para pelaku bisnis atau usaha, iklan Facebook juga dapat dimanfaatkan oleh orang-orang secara general mulai dari komunitas, influencer, publik figur, gerakan kemanusiaan, dan masih banyak lagi lainnya. 

Intinya, iklan berbayar pada Facebook ini dapat kamu gunakan untuk menjangkau lebih banyak orang yang tidak bisa kamu jangkau secara offline. 

Dengan Facebook Ads, kamu juga bisa menjangkau lebih banyak orang dengan menyesuaikan demografi sesuai yang kamu kehendaki. 

Misalnya, kamu seorang pelaku bisnis fashion pria, maka iklan tersebut bisa diatur sedemikian rupa hanya ditampilkan pada para pengguna Facebook berjenis kelamin laki-laki dengan rentang usia 20 – 35 tahun. Dengan begitu, iklan tersebut akan bekerja lebih maksimal menjangkau orang-orang sesuai karakteristik yang sudah kamu tentukan atau sesuai target market.

Selain jenis kelamin dan usia, kamu juga bisa membuat kategori target iklan yang lebih spesifik seperti dengan menentukan lokasi, pendidikan, pekerjaan, hingga minat atau ketertarikan mereka pada suatu hal. Menarik, bukan?

Berbeda dengan iklan konvensional yang biasa kamu saksikan di televisi ataupun majalah, di mana peluang iklan tersebut ditonton oleh orang yang tidak membutuhkannya sangatlah besar. Sehingga bisa dibilang iklan di televisi dan majalah, tak begitu efektif untuk diimplementasikan. 

Berbeda dengan Facebook Ads yang lebih tertarget, dengan demikian kamu juga bisa menghemat lebih banyak budget untuk beriklan.

Keuntungan Menggunakan Facebook Ads

Keuntungan Facebook Ads

1. Membantu meningkatkan brand awareness

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, penggunaan Facebook Ads dapat digunakan untuk berbagai macam hal. Salah satunya adalah untuk memperluas brand awareness suatu bisnis. 

Terlebih dengan banyaknya jumlah pengguna Facebook yang ada di Indonesia saat ini. Kamu bisa dengan mudah mengenalkan keberadaan brand-mu lewat iklan Facebook dengan budget yang dapat disesuaikan.

Semakin besar budget yang kamu gunakan, tentu akan semakin banyak orang yang dapat dijangkau oleh iklan tersebut. Di sisi lain, semakin luas pula brand awareness bisnismu tersebar.

2. Iklan yang lebih tertarget

Berikutnya, keuntungan menggunakan Facebook Ads adalah kamu bisa membuat iklan lebih spesifik atau tertarget. Hal ini dikarenakan Facebook Ads menyediakan fitur di mana kamu bisa menentukan karakteristik audiens yang akan melihat iklan tersebut.

Misalnya jika kamu menjalankan bisnis salon kecantikan, kamu bisa menargetkan iklan tersebut hanya diperuntukkan bagi para wanita dengan rentang usia 20 hingga 40 tahun dan memiliki ketertarikan terhadap perawatan. Sederhananya, iklan tersebut tidak akan muncul di beranda pria atau laki-laki karena sebelumnya kamu sudah menentukan target khususnya.

Dengan demikian, iklan bisnismu akan berjalan lebih maksimal dan tidak menghamburkan terlalu banyak uang. 

3. Budget yang bisa kamu sesuaikan

Tak seperti iklan konvensional seperti baliho, radio maupun televisi yang cenderung di bandrol dengan harga mahal tanpa konversi penjualan yang jelas. Iklan Facebook bisa kamu tentukan budget-nya sesuai dengan keinginan.

Misalnya, untuk budget iklan harian kamu hanya bisa menyisihkan sekitar Rp 50 ribu/hari. Tentu dengan budget tersebut, impresi iklan yang kamu dapatkan tidak terlalu banyak. Tetapi cukup membantu bisnismu bisa di kenal lebih banyak orang secara bertahap.

Semakin besar budget yang kamu pasang pada dasbor iklan Facebook, tentu akan lebih besar juga impresi dan interaksi yang bisa kamu dapatkan. Kamu juga bisa menentukan iklan tersebut berjalan berapa lama, misalnya kamu mengalokasikan dana Rp 3 juta untuk iklan aktif selama 30 hari ke depan. 

Nantinya, Facebook sendirilah yang akan menyesuaikan budget tersebut agar pas atau dapat di gunakan selama 30 hari ke depan. 

4. Format iklan yang beragam

Beriklan di baliho, televisi dan radio memiliki keterbatasan terhadap konten yang akan kamu gunakan untuk promosi. Mulai dari hanya gambar, audio maupun video saja. Sedangkan beriklan di sosial media seperti Facebook, kamu bisa menyajikan iklan tersebut dalam format yang beragam.

Mulai dari format teks (caption), link atau tautan yang mengarah ke situs website bisnismu, gambar, bahkan hingga video atau animasi tertentu.

Tentunya iklan tersebut harus kamu kemas dalam bentuk yang semenarik mungkin agar orang-orang yang melihatnya mau untuk membaca maupun menyimak konten yang ada di dalamnya, ya.

5. Efektif meningkatkan penjualan

Selama iklan yang kamu buat menarik dengan target yang sesuai, penggunaan Facebook Ads ini akan sangat efektif dalam meningkatkan penjualan. 

Untuk itu, pastikan sebelum membuat konten iklan, kamu melakukan riset dan mempelajari minat konsumen terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar iklan yang kamu buat tidak sia-sia dan menghasilkan kinerja yang optimal.

Kalau kamu masih belum mengerti soal Facebook Ads, kamu juga bisa mengedukasi diri dengan membaca banyak artikel atau mengikuti kelas yang sudah banyak bertebaran di media online. Sebab Facebook bekerja dengan algoritma yang terus berubah. Maka dari itu kamu juga harus terus memperkaya diri dengan informasi media sosial yang satu ini dan selalu up to date.

Nah, itulah tadi artikel mengenai apa itu Facebook Ads dan keuntungan dalam penggunaannya. Meski menjalankan bisnis online bisa di lakukan tanpa menggunakan iklan berbayar, namun biasanya hal tersebut akan membutuhkan waktu lama untuk mencapai tingkat penjualan yang kamu inginkan.

So, kalau kamu mendambakan omset penjualan yang tinggi serta ingin bisnismu di kenal lebih banyak orang, beriklan di sosial media ini bisa kamu jadikan salah satu pilihan. Selain itu, sudah banyak juga brand-brand UMKM yang menggunakan iklan berbayar untuk mengenalkan dan memasarkan produk bisnis mereka, lho.

Kalau kamu tidak segera memulainya, kemungkinan besar akan sulit bersaing dengan para pelaku usaha yang mau mengeluarkan modal untuk beriklan. Selamat mencoba!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.