Rekomendasi Aplikasi Mining Bitcoin PC Terbaik untuk Anda Coba!

  • Bagikan
aplikasi mining bitcoin pc

Kegiatan menambang bitcoin atau mining bitcoin memang sangat populer saat ini dan banyak pemula yang ingin mempelajarinya. Pada dasarnya, kegiatan menambang bitcoin akan membutuhkan aplikasi mining bitcoin PC sebagai media untuk menyelesaikan soal matematika dalam transaksi bitcoin. Dalam proses mining tersebut Anda membutuhkan hardware dan software berupa aplikasi yang memang mumpuni.

Software itulah yang nantinya akan berfungsi sebagai pengawas atau monitor statistik dari para miner atau penambang. Statistik tersebut meliputi suhu, hashrate, kecepatan kipas dari hardware yang Anda gunakan, dan kecepatan penambangan bitcoin. Lalu, apa saja aplikasi mining bitcoin PC yang bisa Anda gunakan? Inilah rekomendasinya.

Aplikasi Mining Bitcoin PC Terbaik untuk Anda

Inilah deretan aplikasi mining yang bisa Anda gunakan melalui PC. Let’s check these out! 

1. CGMiner 

aplikasi mining bitcoin pc
(sumber gambar: cryptomining-blog.com)

Aplikasi mining bitcoin PC terbaik yang pertama adalah CGMiner. Dari sekian banyak aplikasi, mungkin CGMiner menjadi salah satu rekomendasi terbaik yang sering para penambang bitcoin profesional gunakan. Hal ini karena tingkat penggunaannya yang sangat serbaguna dan luar biasa bisa Anda andalkan. Aplikasi ini bisa berjalan dengan baik pada sistem komputer Mac, Linux, dan juga Windows.

Selain itu, aplikasi ini juga kompatibel dengan berbagai hardware atau perangkat kerasa penambangan bitcoin. Mulai dari GPU, ASIC, dan FPGGA. Beberapa fitur yang banyak miners profesional manfaatkan adalah kemampuan antarmuka yang jauh, kemampuan melakukan skala tingkat hash dari berbagai ukuran tanpa menunda, serta deteksi lanjutan dari blok baru. Poin plus lainnya adalah aplikasi ini bisa Anda unduh secara mudah dan gratis di GitHub.

Sayangnya, CGMiner memang kurang sesuai bagi Anda yang masih pemula. Sebab, tampilan antarmuka dari aplikasi ini memang tergolong membingungkan jika belum terbiasa dengan aplikasi ini. Selain itu, CGMiner juga kurang memiliki GUI atau aplikasi konsol.

2. BeMine 

Rekomendasi aplikasi selanjutnya adalah BeMine. Ini adalah salah satu cloud mining yang memberikan layanan mereka pada negara-negara yang tergabung di CIS termasuk negara Rusia. BeMine juga menjadi pionir dari berbagai cloud penambangan ASIC. Para pengguna BeMine bisa membeli kemudian menyimpan peralatan mining mereka tanpa memerlukan pengawasan yang rumit dan langsung.

Proses pemindahan, pembelian, pemasangan, konfigurasi, dan pemeliharaan ASIC bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Apabila Anda tidak berniat untuk membeli segala fitur penambangan ASIC, Anda bisa mencoba terlebih dahulu dengan sahamnya. BeMine memberikan penawaran berupa 1/100 bagian dari ASIC dengan harga yang terjangkau sehingga bisa menjadi cara bagi Anda untuk mencari pengalaman menambang terlebih dahulu.

Beberapa keunggulan dari BeMine adalah harga yang tergolong murah, memiliki banyak pilihan ASIC, memiliki layanan pelanggan yang responsif, serta keamanannya terjaga. Sayangnya, BeMine juga memiliki beberapa kekurangan. Contohnya seperti adanya resiko scam, adanya biaya operasi penambangan, keuntungan yang tidak terduga, dan akun pribadi memiliki tingkat keamanan yang cukup lemah.

3. Kryptex 

Aplikasi mining bitcoin PC terbaik selanjutnya adalah Kryptex. Software ini bisa membantu Anda untuk melakukan penambangan dengan menggunakan mata uang dollar ataupun mata uang lainnya. Selain itu, Kryptex juga bisa membantu Anda untuk menentukan apakah hardware yang Anda miliki cocok untuk kegiatan penambangan atau tidak. Caranya adalah setelah instalasi, Kryptex akan secara otomatis melakukan tes benchmark untuk melihat kecocokan hardware Anda.

Dengan Kryptex, Anda juga bisa melakukan penarikan bitcoin secara langsung dengan biaya yang tergolong rendah. Anda juga bisa melakukan penarikan uang secara langsung melalui kartu bank manapun di dunia. Keunggulan lain dari Kryptex adalah Anda tidak perlu membuat dompet digital karena koin yang Anda miliki akan secara otomatis tersimpan di akun Kryptex yang Anda miliki dan siap Anda tarik kapan saja.

Sayangnya, Kryptex memiliki harga yang berbeda untuk setiap level seperti level lite yang memiliki beberapa kekurangan. Selain itu, Kryptex juga memiliki tingkat profatibilitas yang relatif rendah.

4. ECOS 

Selain BeMine, aplikasi cloud mining terbaik lainnya adalah ECOS. Pengembangan ECOS bertujuan untuk memenuhi kebutuhan klien yang menyukai penambangan cloud di cryptocurrency dan ingin mendapatkan bantuan dari self-mining. Keunggulan lain dari ECOS adalah status operasi hukum yang ia miliki sehingga keamanannya cukup baik dan Anda tidak perlu khawatir saat menggunakan ECOS.

Pihak ECOS akan memberikan beragam penawaran kontrak mining kepada para miners yang harganya mulai dari $125. Kontrak ini akan tetap aktif dari jangka waktu 6 sampai 50 bulan. Selain itu, akan ada banyak sekali opsi yang tersedia untuk transaksi penarikan atau setoran, jadi Anda akan sangat mudah dalam penggunaannya.

Aplikasi ini juga mendukung sistem operasi Linux, Mac, dan Windows. Sayangnya, kekurangan dari ECOS adalah layanan pelanggannya yang kurang baik dan responsif dalam mendengar keluhan miners. Selain itu, terkadang ada kendala dalam proses penarikan bitcoin.

5. Cudo Miner 

Aplikasi mining bitcoin PC terbaik selanjutnya adalah Cudo Miner. Aplikasi ini cocok untuk segala tingkat kemampuan para penambang atau miners, bahkan untuk pemula. Cudo Miner juga memiliki multi algoritma yang canggih dan memiliki fitur overclocking GPU yang bisa sangat memudahkan para penambang bitcoin. Manajemen jarak jauh dan fitur pemantauan lanjutan juga bisa Anda nikmati dengan menggunakan Cudo Miner.

Tidak hanya itu saja, Cudo Miner juga memiiki layanan untuk membayar dan mendapatkan berbagai mata uang seperi Bitcoin, Monero, hingga Etherum. Aplikasi yang satu ini juga sudah mendukung CPU, GPU, dan juga ASIC. Sayangnya, instalasi Cudo Miner memang tergolong sulit dan memiliki minimal penarikan yang lumayan tinggi. Layanan pelanggan dari Cudo Miner juga kurang responsif dan sering bermasalah.

Baca Juga: Cara Membuat Akun Bitcoin yang Mudah dan Anti Ribet

6. BFG Miner 

aplikasi mining bitcoin pc
(sumber gambar: malavida.com)

Hampir mirip seperti CGMiner, BFG Miner memang kurang sesuai bagi para pemula dalam dunia mining bitcoin. Namun, aplikasi ini bisa Anda operasikan pada hampir semua sistem operasi komputer. Selain itu, para pengguna darii BFG Miner juga bisa tersambung pada beberapa kolam penambangan atau mining pool dan secara otomatis akan berhenti menyambungkan diri pada pool yang memang tidak bisa ia jangkau.

Hal ini tentu akan sangat menghemat biaya listrik dari penambang dan tidak akan membuang-buang waktu untuk berinteraksi dengan pool yang memang tidak menguntungkan bagi penambang. Tidak heran juga BFG Miner ini sangat efektif dan efisien untuk Anda gunakan.

7. BitMinter 

Aplikasi mining bitcoin PC selanjutnya adalah BitMinter. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah ia memiliki pool atau kolam penambangan sendiri. Jadi, apabila sebagai penambang Anda sudah berhasil untuk melakukan registrasi atau pendaftaran di BitMinter, maka Anda tidak perlu melakukan pendaftaran lain lagi dan sudah siap untuk langsung melakukan penambangan.

Aplikasi ini juga bisa Anda operasikan pada semua sistem komputer sehingga sangat fleksibel untuk Anda gunakan. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan penawaran bayaran yang cukup tinggi bagi para penambang bitcoin.

8. Awesome Miner 

Apabila Anda sebagai seorang penambang bitcoin membutuhkan aplikasi yang lebih kuat dan tahan banting dalam tugas mengelola beberapa rig penambangan dan dari jenis yang berbeda-beda, maka awesome miner adalah jawabannya. Sebab, aplikasi ini sudah mendukung lebih dari 50 mesin penambangan. Contohnya adalah Bminer, AMD Miner, SGMiner, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga kompatibel dengan semua algoritma penambangan populer. Mulai dari SHA-256, Ethereum, ZCash, dan Scrypt. Anda juga tidak hanya bisa mengakses aplikasi ini melalui PC saja, namun juga bisa Anda akses melalui smartphone dan juga tablet. Sayangnya, aplikasi ini memang kurang ramah bagi para penambang pemula dan tidak cocok dengan perangka MacOS.

9. MultiMiner 

Aplikasi yang cocok bagi para penambang pemula lainnya adalah MultiMiner. Pasalnya, user interface yang aplikasi ini tawarkan terbilang sangat sederhana dan mudah untuk Anda pahami. Anda bisa sangat terbantu saat akan bergabung dengan pool MultiMiner. Bahkan, ada penjelasan mengenai istilah-istilah apa saja yang akan penambang baru temukan saat bergabung di MultiMiner. Tentunya hal ini sangat membantu para miners pemula.

10. Easy Miner 

EasyMiner akan sangat baik kinerjanya apabila menggunakan komputer atau PC dengan sistem operasi Windows. Grafis dari EasyMiner juga sangat mudah Anda pahami dan membantu visualisasi para penambang saat melakukan aktivitas mining mereka. Selain itu, EasyMiner bisa Anda pakai untuk menambang di pool atau solo mining. 

Itulah rekomendasi aplikasi mining bitcoin PC terbaik. Setiap aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing. Sesuaikan saja dengan preferensi dan kebutuhan Anda ya. Selamat mencoba!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.