Masih Pemula? Ini Rekomendasi Aplikasi Trading Saham Terbaik

  • Bagikan
aplikasi trading saham

Kegiatan trading saham memang semakin banyak peminatnya di Indonesia. Selain karena menawarkan keuntungan yang terbilang cepat, trading juga banyak anak muda sukai. Alasannya, karena cukup mudah aksesnya dan bisa mereka pelajari dengan mudah. Bagi para trader (sebutan bagi orang yang melakukan trading), salah satu hal yang penting dalam suksesnya trading adalah aplikasi trading saham. Adanya aplikasi yang berkualitas, bisa turut menunjang kemudahan Anda dalam melakukan trading saham. Nah, lalu apa saja aplikasi tersebut? Yuk, simak rekomendasinya!

7 Rekomendasi Aplikasi Trading Saham Terbaik bagi Pemula

Di Indonesia, tingginya minat masyarakat terhadap trading saham membuat banyak developer aplikasi trading yang bermunculan. Berbagai perusahaan penyedia layanan trading ini juga berlomba-lomba memberikan penawaran yang menggiurkan bagi trader. Sayangnya, adanya banyak aplikasi tersebut justru menjadi celah bagi tindakan penipuan. Sudah banyak sekali korban dari penipuan ataupun scam aplikasi trading yang ilegal.

Hal ini tentunya wajib trader pemula perhatikan agar tidak turut terjebak pada aplikasi yang salah. Apalagi peran aplikasi ini bagi trader tergolong sangat besar. Sebab dari aplikasi inilah trader dapat melakukan berbagai hal terkait kegiatan trading saham. Mulai dari mengecek deposit uang, melakukan analisis teknikal saham, sampai proses jual beli saham itu sendiri. Jika aplikasinya buruk, maka proses trading tidak akan berjalan dengan maksimal.

Untuk membantu para trader pemula, berikut kami sajikan 7 rekomendasi terbaik aplikasi trading saham:

1. MOST (Mandiri Online Stock Trading)

aplikasi trading saham
(sumber gambar: kumparan.com)

Salah satu bank yang memiliki aplikasi trading terbaik adalah Bank Mandiri dengan aplikasi MOST. Aplikasi ini merupakan milik dari Mandiri Sekuritas (Mansek) yang merupakan salah satu broker terbaik di Indonesia. Mengapa banyak pemula yang menyukai aplikasi ini? Salah satu alasannya adalah karena user interface-nya yang ramah bagi pemula.

Tidak hanya itu, faktor reputasi dan kondisi fundamental dari Bank Mandiri juga yang membuat aplikasi ini bagus. Sebagai trader tentunya Anda ingin yang terbaik untuk pengelolaan dana Anda bukan? Jika iya, maka MOST adalah salah satu pilihan yang tepat. Ada beberapa ketentuan ketika Anda akan menggunakan MOST, seperti:

  • Minimal fee untuk kegiatan jual atau beli adalah Rp. 5.000.
  • Setorang awal untuk mahasiswa adalah Rp. 2.000.000, sementara untuk umum Rp. 5.000.000, dan untuk layanan full service minimal Rp. 100.000.000.
  • Fee beli saham adalah 0,18% per transaksi, dan fee jual saham adalah 0,28% per transaksi.

Memang lebih mahal namun sebanding dengan kualitas yang ada. Selain itu, harga ini juga sebanding dengan beberapa keunggulan MOST seperti:

  • Fasilitas training yang komprehensif
  • Adanya produk investasi yang lengkap
  • Koleksi reksadana yang lengkap
  • Akses pada adanya hasil riset dan update harian
  • Bisa mendaftar secara online

2. IPOT (Indopremier IPOT Trading Saham)

Aplikasi trading saham terbaik selanjutnya adalah IPOT yang merupakan milik Indopremier. Indopremier memang salah satu pionir dari aplikasi saham online di Indonesia. Dengan kemudahan penggunaan aplikasi dan layanan yang lengkap, pemula akan sangat mudah menggunakan aplikasi ini. Sementara itu, bagi orang yang sudah mahir, IPOT juga akan tetap menyenangkan untuk Anda pakai.

Ketentuan melakukan jual beli saham di IPOT yang pertama adalah tidak memiliki minimal deposit. Selain itu, untuk fee jual saham adalah 0,29% per transaksi. Sementara untuk fee beli saham adalah sebesar 0,19% per transaksi. Beberapa keunggulan dari aplikasi IPOT adalah:

  • Banyak menawarkan fitur yang lengkap untuk kegiatan trading
  • Memiliki dukungan Customer Service (CS) yang bisa membantu trader apabila ada masalah
  • Bisa mendaftarkan diri secara online
  • Adanya fitur integrasi saham dengan reksadana
  • Adanya Robo Trading yang bisa membantu melakukan transaksi trading secara otomatis sehingga tidak ketinggalan momen

Baca Juga: Daftar Investasi yang Menguntungkan, Layak Anda Coba!

3. BIONS (BNI Sekuritas Saham Online) 

Selain Bank Mandiri, bank lain yang memiliki aplikasi trading saham yang recommended adalah Bank BNI. Aplikasi ini adalah BIONS yang merupakan produk dari BNI Sekuritas. Tampilan aplikasi ini tergolong segar, mudah untuk Anda mengerti, dan juga mudah untuk Anda gunakan. Selain itu, BIONS juga memiliki layanan akun trial yang bisa membuat Anda mencoba layanan di BIONS tanpa menggunakan uang dahulu.

Selain itu, BIONS juga memiliki banyak fitur yang lengkap dan bisa sangat membantu Anda dalam urusan trading. Mulai dari automatic order list, corporate action, watchlist, research, fundamental, dan lain sebagainya. Beberapa ketentuan saat menggunakan BIONS adalah:

  • Untuk jumlah setoran minimal adalah 1 juta rupiah
  • Fee untuk akun online berbasis syariah adalah 0,15% untuk fee beli, dan 0,25% untuk fee jual
  • Fee untuk akun online reguler adalah 0,17% untuk fee beli, dan 0,27% untuk fee jual
  • Sementara untuk akun hybrid, fee belinya adalah 0,27% dan fee jualnya 0,37%

4. CIMB Aplikasi Investasi Saham

aplikasi trading saham
(sumber gambar: koranjakarta.com)

Rekomendasi aplikasi trading saham selanjutnya adalah CIMB aplikasi saham. Salah satu aplikasi yang banyak trader dan investor sukai adalah dari CIMB. Sebab, banyak review mengatakan bahwa informasi yang aplikasi ini berikan seputar saham, tergolong komprehensif dan menyeluruh analisisnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan CIMB ini tanpa harus mengunduh aplikasinya, namun bisa Anda buka via website saja.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur yang bisa mempermudah trading saham Anda. Fitur tersebut adalah SMART order yang berguna untuk mempermudah saat Anda akan menjual atau membeli saham. Sayangnya, memang CIMB belum memiliki fasilitas syariah, sehingga hanya konvensional saja. Untuk ketentuan di CIMB adalah:

  • Jumlah deposit minimal adalah 1 juta rupiah
  • Fee jual adalah sebesar 0,28% dan fee beli adalah sebesar 0,18%

5. HOST Mirae Broker Saham

Sekuritas di Indonesia memang ada banyak sekali, salah satu yang memiliki reputasi yang baik adalah Mirae Sekuritas. Karena reputasinya yang baik itulah, mirae juga memiliki aplikasi trading saham yang bisa Anda gunakan. Dalam aplikasi HOST ini terdapat 4 pilihan bank yang bisa Anda pilih untuk membuka rekening. Hal ini tentu akan sangat memudahkan trader atau investor untuk melakukan transfer uang.

Selain itu, untuk fee jual saham adalah sebesar 0,25%, dan fee beli saham adalah sebesar 0,15%. Sayangnya, memang jumlah minimal deposit di HOST tergolong mahal yaitu sebesar Rp.10.000.000. Hal ini memang terbilang besar sekali mengingat ada beberapa aplikasi yang menetapkan biaya deposit minimum dibawah ini. Namun, memang tingginya biaya ini sebanding dengan pelayanan dari HOST. Bahkan, banyak dari pengguna HOST yang berkata puas akan kinerja aplikasi ini.

6. RHB Indonesia

Broker saham lain yang juga memiliki reputasi cukup baik adalah RHB Sekuritas. Banyak orang yang menyukai aplikasi ini karena Anda bisa memilih 3 (tiga) bank untuk pemukaan rekening. Mulai dari BCA, Panin, dan Permata. Tidak hanya itu, terdapat fitur Assisted Robo Optimization atau ARO.

Dalam layanan ini, pengguna bisa mendapatkan informasi saham apa yang sedang trending, mendapatkan parameter dan indikator tambahan bagi trader ataupun investor, dan real time notification harga saham. Selain itu, jumlah minimal deposito dalam RHB Indonesia tergolong terjangkau yaitu, Rp.100.000 saja. Untuk fee jual saham adalah sebesar 0,25% dan fee beli saham adalah 0,15%.

7. MNC Trade

Rekomendasi aplikasi trading saham terbaik yang terakhir adalah dari MNC Sekuritas. Sekuritas ini memiliki reputasi yang baik dan merupakan salah satu anak perusahaan dari MNC Group. Anda juga bisa memilih untuk menggunakan aplikasi trading yang berbasis konvensional atau syariah. Untuk aplikasi syariah, namanya adalah MNC Trade Syariah. Sementara yang konvensional adalah MNC Trade New.

Untuk setoran deposito minimal juga tergolong murah daripada aplikasi lain yaitu hanya sebesar Rp.100.000 saja. Sementara untuk fee beli adalah sebesar 0,18% dan fee jual adalah sebesar 0,28%. Sayangnya, memang Anda hanya baru bisa melakukan pembukaan rekening secara online dengan tabungan BCA saja. Jadi, apabila tabungan Anda bukan BCA, maka Anda tidak bisa membuka rekening di MNC Trade.

Itulah 7 (tujuh) rekomendasi aplikasi trading saham terbaik bagi Anda. Dari semua rekomendasi ini, memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Tugas Anda adalah mencari aplikasi mana yang memang sesuai dengan kemampuan finansial dan kebutuhan Anda. Jangan lupa pastikan mencari informasi dengan detail tentang berbagai aplikasi tersebut sebelum memutuskan untuk menggunakannya ya. Dengan begitu, kegiatan trading bisa berjalan lancar, aman, dan Anda puas sebagai pengguna.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.