8 Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan, Berani Coba?

  • Bagikan
usaha yang langka tapi menguntungkan

Ada beberapa usaha yang langka tapi menguntungkan untuk Anda coba. Peluang usaha seperti ini tentu masih terbuka sangat lebar dan menjanjikan untuk Anda tekuni. Perlu Anda pahami dahulu maksud kata langka disini bukan berarti tidak ada sama sekali orang yang menjalankan usaha ini ya. Akan tetapi jumlah orang yang menjalankannya masih terbilang sangat sedikit dan bisa Anda kategorikan langka. Lalu, apa saja usaha tersebut? Yuk, simak informasinya!

8 Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan

Inilah beberapa usaha yang jumlahnya masih sangat sedikit dan menguntungkan untuk Anda tekuni:

1. Memberikan Pengalaman Makan Resto di Rumah

Usaha yang langka namun menguntungkan yang pertama adalah restoran yang memberikan pengalaman makan bagi konsumen di rumah mereka. Maksudnya, ketika Anda membeli makanan di resto ini, Anda bisa sekaligus mendapatkan perlengkapan dan bahan-bahan dari restoran namun memasak dan memakannya Anda lakukan di rumah. Usaha semacam ini sangat banyak peminatnya dan cenderung untuk makanan berbau BBQ atau Korean BBQ.

Banyak orang yang mencari usaha semacam ini karena rindu rasa dan pengalaman makan di luar rumah. Karena seperti yang Anda tahu, pandemi virus Corona membuat Anda harus berdiam diri di rumah. Nah, jika Anda memulai usaha ini maka Anda akan memberikan pengalaman makan tersebut ke konsumen Anda.

Misalnya, Anda memiliki resto Korean BBQ. Kemudian, ada konsumen yang membeli makanan Anda dan ingin memakannya di rumah. Nantinya Anda harus mengirimkan berbagai bahan-bahan makanan seperti daging, sosis, sayuran, saus-saus, serta peralatan memanggang seperti kompor portable hingga wajan grill. Dengan begitu, konsumen bisa merasa seolah-olah sedang makan di resto Korean BBQ Anda meski mereka di rumah saja.

2. Frozen Food Homemade yang Sehat

usaha yang langka tapi menguntungkan
(sumber gambar: kulinerkota.com)

Rekomendasi usaha selanjutnya adalah usaha menjual frozen food atau makanan beku namun yang homemade atau buatan rumah dan sehat. Kebanyakan frozen food yang ada adalah produk buatan pabrik. Meski lezat, namun banyak konsumen yang ingin beralih ke frozen food yang homemade karena cenderung lebih sehat dan higienis. Sementara itu, belum banyak orang yang membuka usaha semacam ini.

Inilah yang bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Anda bisa mengolah sendiri produk frozen food yang ingin Anda jual. Misalnya nugget ayam brokoli wortel, sosis homemade campur sayur, atau inovasi lainnya. Hindari penggunaan bahan kimia terlalu banyak seperti MSG dan pengawet.

Memang daya tahan frozen food homemade ini akan cenderung lebih pendek. Akan tetapi, pembeli akan tertarik pada produk Anda karena bahan pembuatannya yang lebih sehat. Selain itu untuk mengurangi masa simpan yang terlalu lama, Anda juga bisa menerapkan sistem PO (pre order), untuk usaha ini. Dengan begitu, hanya jika sudah ada pembelinya saja, baru Anda membuat produk frozen food homemade ini.

3. Usaha Menjual Barang Antik

Barang antik memang sangat jarang sekali ada penjualnya. Padahal jumlah kolektor dan peminat barang antik di Indonesia terbilang cukup banyak. Inilah yang bisa Anda manfaatkan sebagai ladang usaha. Apalagi barang antik juga memiliki nilai jual yang tinggi bagi para kolektor. Semakin antik, maka semakin mahal juga harganya.

Ada banyak sekali contoh barang antik yang bisa Anda pilih. Sebut saja uang kuno, lukisan antik, sepeda antik, mobil antik, dan lain sebagainya. Pilihlah barang yang paling Anda sukai kemudian mulai rintis usaha ini. Jika Anda bisa dengan tekun dan kerja keras menjalankannya, keuntungan yang bisa Anda raih juga terbilang menggiurkan.

4. Jasa Service Kendaraan Panggilan

Usaha yang langka tapi menguntungkan selanjutnya adalah usaha jasa service kendaraan panggilan. Jika kendaraan seperti motor atau mobil mengalami masalah, membawanya ke bengkel tentu menjadi pilihan. Namun, pada masa dimana tidak boleh terlalu banyak menghabiskan waktu di luar, maka service kendaraan yang bisa datang ke rumah tentu banyak sekali peminatnya.

Pada prinsipnya, ketika menjalankan usaha ini Anda lah yang akan mendatangi lokasi client untuk melakukan service bagi kendaraan mereka. Anda akan membawa peralatan perbengkelan yang Anda butuhkan dan membetulkan kendaraan di rumah cllient secara langsung. Client akan menghubungi Anda melalui kontak yang Anda miliki dan barulah setelah itu Anda datang ke lokasi.

Untuk biaya atau fee yang Anda tetapkan, nantinya besarannya bisa tergantung pada jenis service, tingkat kerumitan service, plus dengan lokasi atau jarak tempuh dari lokasi Anda ke client. Maka dari itu umumnya fee yang Anda dapatkan daripada bengkel biasa, akan lebih besar dengan sistem panggilan seperti ini. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: Contoh Usaha Dibidang Jasa yang Bisa Jadi Inspirasi Usaha

5. Usaha Makanan di Food Truck 

usaha yang langka tapi menguntungkan
(sumber gambar: amartha.com)

Usaha yang langka tapi menguntungkan selanjutnya adalah berjualan makanan dengan sistem food truck. Ketika menggunakan cara ini, Anda akan menggunakan sebuah mobil yang Anda sulap menjadi sebuah tempat membeli makanan berjalan. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin masih belum familiar dengan sistem berjualan makanan semacam ini. Akan tetapi di negara-negara lain, model food truck sudah banyak sekali yang menggunakannya.

Meski modal yang harus Anda keluarkan untuk usaha ini terbilang besar, karena harus membangun sebuah mobil untuk berjualan, namun keuntungannya juga besar. Apalagi dengan sistem berjualan semacam ini, Anda jadi lebih mudah mobilitasnya dan bisa menjangkau banyak tempat dengan cepat.

Untuk jenis makanan yang Anda jual juga bisa beragam. Mulai dari makanan cepat saji seperti burger, hotdog, hingga makanan khas Korea. Bahkan Anda juga bisa membuat terobosan menjual menu-menu makanan asli Indonesia. Dengan begitu, konsumen bisa menikmati hidangan khas Indonesia dengan model usaha yang unik.

6. Penyewaan Drone

Banyak orang yang membutuhkan kehadiran drone untuk berbagai kebutuhan mereka. Terutama bagi mereka yang memang berkecimpung di dunia visualisasi. Sayangnya, harga drone yang tidak murah, membuat orang-orang lebih suka untuk menyewa peralatan drone daripada membelinya sendiri. Nah, inilah yang bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha.

Meski memang biaya modal yang harus Anda keluarkan untuk merintis usaha ini tidaklah murah, namun akan sebanding dengan keuntungan yang Anda dapatkan. Sebab, harga sewa drone juga tergolong tinggi dan mahal.

7. Salon Hewan Peliharaan

Adanya pet shop atau toko kebutuhan hewan mungkin akan biasa dan sudah banyak pelakunya. Akan tetapi, untuk salon hewan rasanya masih sangat sedikit orang yang tertarik dan menekuni usaha ini. Padahal, banyak pemilih hewan yang mencari salon hewan untuk merawat dan menjaga penampilan hewan kesayangan mereka. Inilah yang bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Untuk memulai usaha ini Anda membutuhkan skill untuk merawat hewan seperti anjing, kucing, dan lainnya dengan baik. Membuat mereka terlihat bersih, harum, dan juga sehat. Untuk keuntungan yang akan Anda dapatkan juga terbilang besar. Terutama jika memang di daerah Anda belum ada sama sekali usaha semacam ini. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

8. Usaha Menjual Perabotan Rumah Sistem Delivery

Jual beli perabotan rumah juga masih terbilang sangat jarang saat ini, terutama yang menawarkan sistem pengantaran sekaligus atau delivery. Padahal, kebutuhan terhadap perabotan rumah terbilang besar dan tidak semua orang punya waktu untuk langsung ke toko. Nah, inilah yang harus Anda manfaatkan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Ada banyak sekali jenis perabotan rumah tangga yang bisa Anda jual. Mulai dari perabotan terkait dengan ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan juga kamar. Nantinya Anda harus menyediakan pilihan delivery ke rumah konsumen. Jadi, konsumen bisa membeli perabotan di lokasi Anda tanpa harus keluar rumah.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, usaha semacam ini pasti akan sangat banyak yang membutuhkannya. Modal yang Anda butuhkan  memang terbilang cukup besar untuk memulai usaha ini. Akan tetapi nantinya keuntungan yang bisa Anda raih juga sebanding dengan modal tersebut.

Nah, itulah beberapa usaha yang langka tapi menguntungkan. Memulai sebuah usaha sendiri memang bisa Anda mulai dari banyak peluang. Berbagai peluang usaha yang sudah kami sebutkan, semoga bisa menjadi inspirasi sekaligus referensi usaha yang bermanfaat untuk Anda. Jadi, usaha manakah yang ingin Anda coba untuk jalankan?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.