Mengenal Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK

  • Bagikan
bisnis daring dan pemasaran

Salah satu pertimbangan sebelum masuk ke sebuah SMK adalah jurusan yang akan Anda ambil. Nah, jika Anda memiliki ketertarikan di bidang pemasaran dan bisnis, maka jurusan bisnis daring dan pemasaran akan cocok untuk Anda. Jurusan ini berfokus pada dunia marketing bisnis dan lebih terpaku pada ekonomi. Lalu, seperti apa jurusan ini? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran?

bisnis daring dan pemasaran
(sumber gambar: detik.net.id)

Pada dasarnya, bisnis daring dan pemasaran adalah jurusan yang berfokus pada pelajaran tentang ilmu dan praktek pemasaran dan pengembangan bisnis online. Ketika masuk ke jurusan ini, Anda akan mendapatkan kompetensi tentang bagaimana menguasai bidang pemasaran dan bisnis online melalui internet. Jurusan ini bisa Anda temukan ketika Anda masuk ke sekolah SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan bukan SMA.

Jurusan ini juga populer dengan istilah BDP. Selama 3 tahun bersekolah, Anda akan memiliki kemampuan untuk bisa menganalisa pasar sehingga bisa menemukan peluang bisnis di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa memiliki kemampuan yang baik dalam menggunakan berbagai media seperti website maupun media sosial lain sebagai media dalam berbisnis.

Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan ilmu mengenai cara untuk menciptakan produk yang berkualitas. Hasilnya, sebagai lulusan ini Anda juga bisa menjadi seorang wirausahawan yang mumpuni. Ilmu yang akan Anda dapatkan garis besarnya akan meliputi cara riset pasar, membuat produk berkualitas, menyusun strategi pemasaran, sampai bagaimana cara distribusi yang efektif dan efisien.

Sebagai lulusan dari jurusan ini Anda akan dituntut memiliki kecerdasan, ketrampilan, dan kompetensi yang berguna di dunia bisnis online. Selain itu, etos kerja dan juga kreativitas juga harus Anda miliki agar setelah lulus bisa mengaplikasikan ilmu bisnis daring dan pemasaran secara maksimal.

Apa Saja Materi yang Diperoleh Siswa?

Akan ada banyak sekali materi yang Anda dapatkan di jurusan ini. Materi yang pertama adalah tentang ekonomi bisnis. Sederhananya, Anda akan belajar bidang bisnis yang berdasarkan dari teori ekonomi. Materi kedua adalah tentang simulasi dan juga komunikasi digital. Dalam materi ini, Anda akan mendapatkan ilmu terkait dengan teknologi digital dan aplikasi agar bisa mendukung efektivitas pemasaran.

Ketiga, materi yang akan Anda dapatkan adalah tentang administrasi umum. Jadi memang tidak hanya pada jurusan administrasi saja, di jurusan bisnis daring dan pemasaran, Anda juga akan mendapat materi ini. Keempat, materi tentang marketing dan perencanaan bisnis. Materi tentang marketing akan Anda dapatkan secara teori maupun bagaiman implementasinya di lapangan. Sedangkan untuk perencanaan bisnis, akan membuat Anda bisa membuat rencana bisnis yang baik dan rinci.

Materi kelima adalah tentang komunikasi bisnis dan penataan produk. Komunikasi bisnis akan mengajarkan Anda ilmu seputar bagaimana cara komunikasi yang baik ketika berbisnis. Sementara itu untuk penataan produk akan membuat Anda tau bagaimana cara untuk menata produk dengan baik.

Materi terakhir adalah mengenai bisnis oline dan pengelolaan bisnis ritel. Bisnis online akan memberikan Anda ilmu bagaimana cara agar bisa mengelola bisnis secara online dengan efektif. Sedangkan pengelolaan bisnis ritel adalah materi seputar bagaimana cara agar bisa mengelola bisnis ritel dengan baik.

Baca Juga: Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang Perlu Anda Tau

Alasan Memilih Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

bisnis daring dan pemasaran
(sumber gambar: fastwork.id)

Ada beberapa alasan yang bisa membuat Anda memilih jurusan BDP. Beberapa alasan itu adalah:

1. Peluang Kerja yang Luas

Salah satu alasan paling tepat yang bisa meyakinkan Anda untuk memilih jurusan ini adalah peluang kerjanya yang luas. Karena mendapatkan cakupan ilmu yang luas, maka Anda juga bisa bekerja dalam banyak bidang. Mulai dari sebagai karyawan bahkan bisa mendirikan suatu usaha sendiri.

2. Bisa Melanjutkan ke Perkuliahan

Tidak hanya peluang kerja yang luas, Anda juga bisa lanjut ke bangku perkuliahan setelah lulus dari jurusan ini. Sebab, ada banyak sekali jurusan perkuliahan yang linear dengan bisnsi daring dan pemasaran. Beberapa jurusan tersebut adalah:

  • Content Marketing 
  • Database Marketing 
  • Search Engine Marketing (SEM)
  • Public Relations
  • Digital Marketing
  • Manajemen
  • Ekonomi Bisnis
  • dan lain sebagainya

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir tidak bisa melanjutkan pendidikan hingga kuliah. Karena meski masuk ke SMK, namun jurusan BDP memliki banyak sekali jurusan perkuliahan yang linear dengan ilmu bisnis daring serta ilmu pemasaran.

3. Masa Depan Karir yang Bagus

Alasan selanjutnya yang membuat jurusan BDP sangat menarik untuk Anda masuki adalah masa depan karir yang bagus. Pasalnya, kebutuhan dunia kerja akan ahli marketing yang tinggi, membuat lulusan jurusan BDP akan selalu banyak peminatnya. Anda akan tetap banyak dicari dalam jangka panjang.

4. Bekal Kemampuan Wirausaha dan Komunikasi yang Mumpuni

Lulus dari jurusan bisnis daring dan pemasaran juga membekali Anda dengan kemampuan untuk menjadi seorang wirausaha yang mumpuni. Apalagi memang di dalam materi jurusan BDP, Anda akan belajar mengenai bagaimana cara menciptakan produk usaha yang bagus. Selain itu, ilmu untuk memasarkan produk tersebut juga sudah Anda kantongi.

Komunikasi bisnis juga otomatis akan Anda kuasai setelah lulus dari jurusan ini. Dengan kemampuan ini, Anda bisa menjalin komunikasi dan menjaring networking yang luas dengan banyak pihak. Rasa percaya diri Anda juga otomatis akan terasah seiring dengan kemampuan komunikasi Anda yang baik. Tentunya hal ini akan sangat berguna untuk karir Anda kedepannya.

Beberapa Prospek Kerja yang Bisa Anda Pilih

Seperti yang sudah kami bahas sedikit pada bagian sebelumnya, peluang kerja dari jurusan BDP terbilang luas. Nah, inilah beberapa pilihan profesi yang bisa Anda tekuni setelah lulus:

  1. Sebagai social media marketing 
  2. Pramuniaga
  3. Staff atau tenaga pemasaran sebuah perusahaan
  4. Sebagai wirausaha independen
  5. Kasir
  6. Bagian pengelola gudang perusahaan
  7. Tenaga administrasi pembelian dan penjualan toko atau perusahaan
  8. Sebagai perantara dagang

Bahkan, jika Anda memutuskan untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke bangku perkuliahan sampai mendapatkan gelar S1, Anda juga bisa berprofesi sebagai guru. Terutama guru SMK pelajaran bisnis daring dan pemasaran juga. Jadi, memang peluang kerja dari jurusan ini sangat terbuka lebar untuk Anda masuki.

Tips Memilih Jurusan SMK

Dalam memilih jurusan memang tidak bisa sembarangan. Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti supaya bisa menentukan jurusan SMK terbaik. Berikut beberapa tips berikut:

1. Kenali Passion dan Keinginan Diri Sendiri

Menjalankan sesuatu yang tidak sesuai keinginan maupun passion tentu akan membuat hari-hari menjadi berat. Nah, agar ini tidak terjadi maka pilihlah jurusan SMK yang memang sesuai dengan passion dan keinginan Anda sendiri. Coba tanyakan diri sendiri apa yang benar-benar Anda inginkan sesuai kemampuan, bakat, dan minat. Dengan begitu, Anda bisa memilih jurusan yang sesuai dengan diri Anda sendiri.

2. Cari Informasi dengan Lengkap Seputar Jurusan

Setelah memahami apa yang ingin Anda masuki, maka carilah informasi selengkap mungkin tentang jurusan tersebut. Hal ini sangat penting agar Anda mendapatkan gambaran apa saja pelajaran yang akan Anda pelajari di masa sekolah. Pertimbangkan juga bagaimana prospek kerja dari jurusan tersebut agar Anda bisa menata karir apa yang ingin Anda jalani di masa depan sejak SMK.

3. Diskusikan dengan Orang Tua

Apapun jurusan yang ingin Anda jalankan, maka jangan pernah lupa untuk berdiskusi dengan orang tua. Sebab, orang tua akan memegang peranan penting yang bisa mendukung pendidikan Anda. Mulai dari biaya pendidikan, fasilitas pendidikan, dan lain sebagainya.

Dengarkan nasihat dari mereka dan komunikasikan jurusan apa yang ingin Anda jalani. Dengan begitu, orang tua bisa mendukung setiap langkah dan proses sekolah Anda dengan lebih maksimal. Tentunya dengan dukungan orang tua, sekolah akan menjadi lebih maksimal dan tidak terasa berat bukan? Jadi pastikan untuk selalu berdiskusi dengan orang tua ya!

Nah, itulah berbagai informasi yang harus Anda pahami seputar jurusan bisnis daring dan pemasaran di SMK. Bagi Anda yang memang berniat untuk masuk ke SMK, jurusan ini jelas bisa Anda pertimbangkan untuk Anda pilih. Apalagi memang prospek kerja dan karir di masa depan dari jurusan ini terbilang sangat luas. Passion dan minat Anda terhadap bidang pemasaran dan bisnis online juga akan sangat sesuai dengan jurusan ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah referensi jurusan Anda ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.