Inilah 8 Bisnis Rumahan Modal Kecil Untung Besar

  • Bagikan
bisnis rumahan modal kecil

Bisnis rumahan modal kecil bisa menjadi peluang usaha yang layak Anda pertimbangkan. Selain karena membutuhkan biaya yang sedikit, bisnis ini juga bisa Anda lakukan di rumah. Artinya, kegiatan operasional dari bisnis rumahan ini akan menjadi lebih fleksibel dan mudah. Berbagai bisnis ini juga bisa menjadi pilihan usaha sampingan yang bisa membantu menambah pemasukan Anda. Namun, jikalau Anda memang berniat menjadikannya bisnis utama, keuntungannya juga tidak bisa Anda remehkan lho. Apa saja ya bisnis tersebut?

8 Bisnis Rumahan Modal Kecil Tapi Keuntungan Besar

Inilah beberapa inspirasi bisnis rumahan modal kecil yang bisa Anda jalankan:

1. Membuka Bisnis Les Privat

Bisnis pertama yang bisa Anda jalankan adalah les privat. Bisnis yang satu ini mungkin malah tidak membutuhkan modal sama sekali untuk memulainya. Sebab, hal utama yang harus Anda siapkan adalah skill untuk mengajar murid secara privat. Bisnis yang satu ini juga memiliki peluang dan potensi yang sangat besar bagi para anak sekolahan. Nah, jika Anda memang merupakan seorang lulusan S1, maka bisa mencoba menjalankan bisnis les privat.

Untuk jenjang les privat yang Anda jalankan juga bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan Anda sendiri. Bisa membuka les untuk anak SD, SMP, bahkan SMA. Anda yang hanya lulusan SMA pun sebenarnya bisa menjalankan bisnis ini, yaitu dengan mengajar siswa SD maupun SMP. Asalkan Anda memiliki kompetensi untuk mengajar murid, maka bisnis ini akan sangat cocok untuk Anda.

2. Menjadi Reseller atau Dropshipper

bisnis rumahan modal kecil
(sumber gambar: ambitiousinvestor.com)

Bisnis rumahan modal kecil selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah menjadi seorang reseller atau dropshipper. Meski banyak orang yang menganggap keduanya sama, nyatanya dropshipper dan reseller adalah kedua profesi yang berbeda. Untuk menjadi reseller, Anda harus memiliki stok produk yang akan Anda jual dari supplier ke konsumen. Sedangkan dropshipper, Anda tidak harus memiliki stok produk lebih dulu dari supplier. 

Jadi, perbedaan antara keduanya adalah pada adanya stok produk yang akan Anda jual. Keduanya sama-sama menjual kembali produk dari supplier, namun jika sebagai dropshipper, Anda hanya menjadi perantara saja. Semua urusan packing, pengiriman, dan lain sebagainya masih menjadi tanggung jawab supplier. Sedangkan untuk reseller, urusan packing, pengiriman, dan lain sebagainya menjadi tanggung jawab Anda.

Kedua bisnis ini bisa Anda jalankan dengan modal yang terbilang kecil dan bisa Anda lakukan di rumah. Sebab, Anda hanya harus mengambil produk dari supplier saja dan tidak harus memproduksi sendiri barang yang akan Anda jual. Jika memang Anda tidak memiliki modal sama sekali, maka dropshipper akan menjadi pilihan bisnis yang bagus. Namun, jika ada modal namun jumlahnya hanya sedikit, maka reseller bisa menjadi pilihan tepat.

3. Bisnis MUA (Make Up Artist) 

Skill lain yang bisa Anda manfaatkan untuk membuka bisnis rumahan modal kecil adalah kemampuan untuk merias wajah atau sebagai MUA atau make up artist. Bisnis ini terbilang potensial karena tidak semua orang bisa merias wajahnya sendiri saat ada acara-acara tertentu. Misalnya untuk kebutuhan acara pernikahan, wisuda, dan lain sebagainya. Nah inilah yang bisa menjadi peluang bisnis yang potensial untuk Anda.

Apalagi modal untuk menjalankan bisnis ini juga tergolong sangat minim. Modal yang Anda keluarkan adalah untuk membeli perlengkapan kosmetik saja. Kisaran biaya yang harus Anda keluarkan adalah sekitar 3 juta saja. Namun jumlah ini bisa lebih maupun kurang tergantung pada harga kosmetik dan tingkat kelengkapan kosmetik yang Anda beli.

4. Berjualan Makanan Beku atau Frozen Food 

Frozen food atau makanan beku adalah salah satu produk makanan yang banyak masyarakat cari. Sebab selain lezat, makanan ini juga lebih praktis saat akan dikonsumsi. Anda juga bisa menyetok makanan ini di kulkas dan bisa menjadi solusi untuk tidak perlu keluar rumah terlalu sering untuk membeli lauk. Nah, alasan ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka bisnis makanan beku.

Untuk produk yang Anda jual, bisa Anda ambil dari supplier atau agen frozen food yang lebih besar atau membuat sendiri produknya. Modal yang Anda keluarkan nantinya adalah untuk membeli produk dari supplier atau membeli bahan dan untuk membeli kulkas. Tidak perlu kulkas yang mahal dan besar, Anda bisa memulainya dari kulkas yang kecil lebih dulu. Nantinya, jika bisnis sudah berkembang maka Anda bisa beralih untuk membeli kulkas yang besar.

Baca Juga: Daftar 6 Usaha yang Menguntungkan di Desa, Berani Coba?

5. Bisnis Barbershop atau Potong Rambut

Rekomendasi bisnis rumahan modal kecil lainnya yang bisa Anda jalankan adalah bisnis potong rambut atau barbershop. Bisnis ini bisa Anda mulai dalam modal yang kecil karena hal terpenting yang harus Anda siapkan adalah skill untuk memotong rambut. Modal kecil tersebut bisa Anda pakai untuk membeli perlengkapan dasar seperti kursi, kaca, gunting, dan mesin cukur rambut.

Nantinya jika memang Anda berniat untuk membuka bisnis potong rambut yang memiliki skala lebih besar seperti salon, maka barulah modal harus Anda tambah.  Modal ini nantinya bisa Anda gunakan untuk membeli perlengkapan salon seperti tempat creambath, spa, dan lain sebagainya. Jadi, untuk bisnis yang satu ini bisa Anda jalankan sesuai modal yang Anda punya.

6. Bisnis Laundry Kiloan

bisnis rumahan modal kecil
(sumber gambar: beritasatu.com)

Bisnis selanjutnya adalah laundry kiloan. Banyak orang yang menggunakan laundry karena kemudahan dan kepraktisannya untuk mencuci baju. Terutama bagi mereka yang sibuk. Nah, inilah yang bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis rumahan. Bagi Anda yang memiliki lokasi rumah strategis dan ramai, akan menjadi nilai lebih. Untuk modal yang harus Anda keluarkan juga terbilang kecil.

Modal tersebut nantinya Anda keluarkan untuk membeli peralatan dasar seperti mesin cuci, timbangan cucian baju, deterjen dan juga pengharum pakaian, dan setrika. Kisaran modal yang harus Anda keluarkan hanya sekitar 4 juta sampai 5 juta saja. Nantinya jika bisnis Anda sudah lebih berkembang, Anda bisa menambah jumlah mesin cuci dan mengembangkan skala usaha laundry kiloan Anda.

7. Bisnis Berjualan Minuman atau Makanan Kecil

Meski terdengar sepele, hanya berjualan minuman dan snack, namun keuntungan yang bisa Anda dapakan juga terbilang menjanjikan lho.  Bisnis rumahan yang satu ini akan lebih menguntungkan jika lokasi rumah Anda di dekat kawasan yang ramai. Misalnya dekat perkampungan, sekolah, kampus, taman, lapangan, maupun kawasan ramai lainnya.  Sebab, dengan lokasi yang ramai, tentu akan semakin banyak pembeli dari bisnis minuman dan makanan kecil.

Apalagi makanan kecil dan minuman seperti es-es yang segar akan banyak sekali peminatnya. Modal yang harus Anda keluarkan juga terbilang sedikit. Sekitar 2.5 juta rupiah saja, Anda bisa memulai bisnis ini. Modal ini nantinya akan Anda pakai untuk membeli bahan minuman, makanan kecil, meja dan kursi sebagai tempat berjualan, dan biaya tambahan lain.

8. Bisnis Jual Tanaman Hias

Banyak orang yang mencari tanaman hias sebagai hobi mereka. Untuk itu, bisnis rumahan yang satu ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Apalagi jika Anda adalah pecinta tanaman dan memiliki area lahan cukup luas di rumah. Ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka bisnis berjualan tanaman hias.

Untuk modal yang harus Anda siapkan terbilang kecil yaitu sekitar 5 juta saja.  Modal ini nantinya akan Anda pakai untuk membeli rak tempat display tanaman, peralatan lain seperti sekop, cangkul, tempat menyiram tanaman, dan bibit tanaman yang akan Anda jual. Baru setelah itu, Anda bisa menjual tanaman hias.

Meski begitu memang waktu yang harus Anda siapkan untuk memulai bisnis ini terbilang cukup lama. Apalagi jika Anda menanam sendiri semua tanaman yang akan Anda jual. Namun apabila Anda mengambil tanaman hias dari pihak lain untuk Anda jual lagi, maka bisnis ini bisa Anda jalankan dengan cepat.

Nah, itulah beberapa rekomendasi bisnis rumahan modal kecil yang bisa Anda jalankan. Dengan fleksibilitas yang tinggi dan modal yang sedikit, Anda bisa menjalankan berbagai bisnis ini dengan mudah. Namun tentu tetap Anda membutuhkan ketekunan, niat, dan juga kerja keras supaya bisa menjalankan bisnis dengan baik. Sebab tanpa adanya kerja keras, maka bisnis apapun yang Anda jalankan tentu akan sia-sia. Jadi pastikan Anda memiliki kemauan dan kerja keras yang tinggi ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.