Langkah dan Cara Beli Bitcoin di Indomaret yang Super Mudah!

  • Bagikan
cara beli bitcoin di indomaret

Anda sudah pasti tidak asing dengan Indomaret bukan? Indomaret merupakan salah satu minimarket chain terbesar dan terpopuler di Indonesia. Jangkauan dari Indomaret ini juga tergolong sangat luas di berbagai penjuru tanah air. Tidak hanya untuk berbelanja dan memiliki layanan pembayaran yang lengkap, saat ini Anda juga bisa membeli bitcoin lewat Indomaret. Cara beli bitcoin di Indomaret juga tergolong mudah.

Gerai Indomaret Sebagai Sarana Baru Pembelian Bitcoin 

cara beli bitcoin di indomaret
(sumber gambar: techinasia.net)

Penggunaan Indomaret sebagai salah satu mitra dalam pembayaran Bitcoin sebenarnya bukan merupakan hal yang baru di Indonesia. Hal ini menjadi salah satu strategi dari pihak Bitcoin Indonesia yang memang senantiasa melakukan gebrakan baru dan sosialisasi terhadap masyarakat dan mengenalkan Bitcoin ke masyarakat. Bitcoin Indonesia memberikan terobosan dengan menggandeng Indomaret sebagai tempat pembayaran untuk pembelian Bitcoin.

Pemilihan Indomaret ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, gerai Indomaret yang memang sudah tersebar luas, bahkan terhitung lebih dari 10.000 gerai di Indonesia memang sangat potensial dalam memudahkan pembelian Bitcoin. Indomaret memang menyediakan berbagai layanan pembayaran konvensional, baik secara tunai atau dengan menggunakan kartu prabayar dan debit yang kurang mendapatkan perwakilan dari pembayaran online.

Sementara itu, penggunaan kartu kredit yang masih terbatas di kota-kota besar tentu akan menyulitkan masyarakat yang tidak memiliki kartu kredit. Disinilah Indomaret hadir untuk memudahkan masyarakat dalam menyediakan alternatif pembayaran dengan lebih mudah dan bisa mereka jangkau dengan cepat.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Waran Saham dalam Dunia Investasi

Cara Beli Bitcoin di Indomaret 

cara beli bitcoin di indomaret
(sumber gambar: tempo.com)

Cara beli bitcoin di Indomaret ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan platform lain yaitu Shopee Pay. Jadi, memang Anda tidak bisa melakukan pembelian secara langsung melalui Indomaret. Tetap membutuhkan Shopee Pay yang nanti saldonya bisa Anda isi melalui Indomaret, baru bisa Anda gunakan untuk membeli Bitcoin.

Skemanya adalah Anda top up di Shopee Pay melalui Indomaret, baru setelah itu menggunakan Shopee Pay dalam pembayaran transaksi Bitcoin di berbagai exchanger. Inilah langkahnya:

1. Mendatangi Indomaret untuk Top Up Shopee Pay 

Cara beli bitcoin di Indomaret bisa Anda awali dengan mendatangi Indomaret terlebih dahulu untuk melakukan top up. Indomaret terdekat dari lokasi tempat tinggal Anda bisa Anda pilih dan datangi. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Log in ke aplikasi shopee dan pilih menu Shopee Pay
  • Klik bagian Isi Saldo dan Anda akan langsung mengarah pada pilihan metode pembayaran untuk melakukan pengisian saldo
  • Pilih opsi Indomaret atau iSaku
  • Masukkan jumlah top up saldo sesuai yang Anda inginkan (jumlah top up ini bisa Anda sesuaikan dengan jumlah pembayaran Bitcoin nantinya)
  • Anda akan mendapatkan kode pembayaran
  • Lalu, datangi Indomaret dan bilang pada pihak kasir jika Anda ingin melakukan top up saldo Shopee Pay.
  • Kasir akan menanyakan kode pembayaran dan Anda harus menunjukkan kode pembayaran yang Anda dapatkan sebelumnya
  • Setelah itu kasir akan melakukan top up saldo ke Shopee Pay dan mengeluarkan bukti pembayaran
  • Anda harus menyimpan bukti pembayaran tersebut sebagai jaminan dan pedoman apabila memang membutuhkan proses verifikasi yang lebih lanjut
  • Setelah berhasil melakukan top up, maka pembelian bitcoin bisa Anda lanjutkan

2. Buka Aplikasi Exchanger yang Anda Gunakan untuk Membeli Bitcoin 

Cara beli bitcoin di Indomaret selanjutnya adalah mulai melakukan pembayaran pada aplikasi exchanger yang Anda gunakan. Ada beberapa exchanger kripto yang bisa Anda pilih untuk membeli Bitcoin dan menggunakan Shopee Pay sebagai metode pembayarannya, contohnya adalah aplikasi Indodax dan aplikasi Triv. Kali ini, kami akan memberikan contoh melalui aplikasi Triv.

3. Buka Aplikasi Triv 

Anda bisa mengunduh aplikasi Triv ini terlebih dahulu melalui Google Play Store untuk pengguna Android dan melalui App Store untuk pengguna iOS. Jika sudah, silahkan lakukan pendaftaran dan verifikasi hingga Anda siap untuk melakukan transaksi Bitcoin. Apabila sudah berhasil, Anda bisa memilih menu beli / jual kripto dan klik beli. 

4. Melakukan Pembelian 

Setelah klik beli, maka Anda harus memilih aset kripto yang ingin Anda beli, dalam hal ini pilihan asetnya adalah Bitcoin. Setelah itu, Anda harus memasukka nominal pembelian Bitcoin sesuai yang Anda inginkan. Tahap selanjutnya adalah memilih metode pembayaran yang akan Anda gunakan untuk membeli Bitcoin tersebut. Dalam hal ini, pilihlah pembayaran melalui Shopee Pay yang sudah Anda top up saldonya melalui Indomaret.

Jika sudah yakin memilih Shopee Pay, maka Anda akan mengarah pada halaman konfirmasi transaksi pembelian. Pada halaman tersebut akan muncul informasi seperti metode pembayaran yang Anda pakai, dan jumlah akhir Bitcoin yang nantinya akan Anda dapatkan.

Periksa dengan seksama halaman konfirmasi ini, dan jika sudah yakin, silahkan klik selanjutnya. Namun, apabila masih ada kesalahan informasi maka klik batalkan transaksi untuk membetulkan transaksi Anda lebih dulu. Setelah klik lanjutkan, maka pembelian bitcoin Anda akan dalam proses dan bila berhasil, saldo Shopee Pay Anda akan berkurang dan jumlah kepemilikan Bitcoin Anda akan bertambah.

Cara beli bitcoin di Indomaret ini nantinya juga bisa Anda gunakan melalui exchanger kripto lain yang ada di Indonesia. Platform Triv dan Indodax hanyalah contoh saja, dan Anda bisa menggunakan exchanger lainnya asalkan exchanger tersebut sudah memiliki layanan atau metode pembayaran menggunakan Shopee Pay. Jadi, pastikan terlebih dahulu sudah memilih exchanger yang memiliki fitur Shopee Pay ya.

Kegunaan Bitcoin yang Banyak Sekali 

Setelah mengetahui bagaimana cara beli bitcoin di Indomaret, mungkin ada diantara Anda yang bertanya-tanya apa saja kegunaan Bitcoin setelah Anda miliki. Hal ini bisa kami pahami karena memang tidak semua masyarakat sudah akrab dengan mata uang kripto yang satu ini. Inilah beberapa kegiatan yang bisa Anda gunakan dengan bitcoin:

1. Trading Bitcoin 

Kegiatan pertama yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan bitcoin adalah trading. Saat melakukan trading, Anda akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli Bitcoin dan harga jual Bitcoin. Kegiatan trading ini akan berbeda dari investasi karena jangka waktu trading akan jauh lebihh cepat dan singkat daripada investasi. Fluktuasi harga Bitcoin akan bergerak sangat cepat bahkan dalam hitungan menit atau jam saja.

Fluktuasi inilah yang menjadi peluang bagi para trader Bitcoin dalam memperoleh keuntungan. Misalnya, Anda membeli Bitcoin dengan harga Rp. 540.000.000, kemudian dalam waktu 1 jam, harga Bitcoin naik dan menyentuh harga Rp. 550.000.000. Apabila Anda menjual Bitcoin saat itu juga, maka keuntungan yang Anda dapatkan adalah Rp.10.000.000. Itulah yang menjadi keuntungan dari kegiatan trading.

2. Investasi Bitcoin 

Berbeda dengan trading, investasi Bitcoin akan memakan waktu yang lebih lama dari pada trading. Prinsipnya, Anda akan membeli Bitcoin terlebih dahulu kemudian menyimpannya dalam jangka waktu yang cukup lama, bisa sampai tahunan. Kemudian, setelah beberapa tahun dan harga Bitcoin sudah naik, Anda baru menjualnya. Selisih harga jual dan beli Bitcoin inilah yang menjadi keuntungan Anda.

Lalu, apakah investasi Bitcoin menguntungkan? Jawabannya adalah iya, namun harus tetap memahami bahwa Bitcoin juga memiliki resiko. Harga Bitcoin yang sangat fluktuatif, bisa naik dengan sangat drastis, namun juga bisa turun dengan sangat drastis dan cepat juga. Bahkan bisa mencapai ribuan persen penurunannya.

Pastikan bahwa Anda sudah memahami resiko ini dan investasi Bitcoin memang sesuai dengan profil resiko keuangan Anda. Pahami dengan baik dan menyeluruh ilmu tentang investasi Bitcoin dan jangan ragu untuk terus belajar. Jangan sampai investasi Bitcoin justru mengarahkan Anda pada kerugian.

3. Membeli Barang Secara Online 

Tidak hanya untuk trading dan investasi, Bitcoin juga bisa Anda pakai untuk membeli barang secara online. Di Indonesia, memang penggunaan Bitcoin untuk membeli barang secara online belum bisa, namun Anda bisa menggunakannya untuk pembelian dari marketplace luar negeri seperti Amazon. Dengan begitu, belanja produk luar negeri bisa menjadi lebih mudah.

Selain 3 (tiga) hal tersebut, Anad juga bisa menggunakan Bitcoin untuk membayar langganan bulanan atau subscription, melakukan donasi atau beramal, membei gift card dan membeli produk ritel. Itu semua bisa Anda lakukan dengan Bitcoin.

Itulah cara beli Bitcoin di Indomaret dan penggunaan Bitcoin yang sangat beragam. Semoga cara ini bisa menambah pengetahuan dan memudahkan Anda dalam pembelian Bitcoin. Selamat mencoba!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.