Cara Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula Plus Ide Bisnisnya

  • Bagikan
cara bisnis online tanpa modal

Modal memang menjadi kunci utama sekaligus halangan terbesar pada pelaku bisnis. Banyak orang yang akhirnya tidak jadi membuka bisnis karena keterbatasan bisnis. Namun, tahukah Anda jika ada beberapa bisnis online yang bisa Anda jalankan tanpa modal? Cara bisnis online tanpa modal ini sebenarnya juga cukup mudah untuk Anda jalankan. Inilah cara memulai bisnis tersebut sekaligus beberapa ide bisnis yang bisa Anda coba.

Cara Bisnis Online Tanpa Modal

cara bisnis online tanpa modal
(sumber gambar: reginaldchan.com)

Inilah beberapa cara bisnis online yang bisa Anda lakukan tanpa mengeluarkan modal sedikitpun:

1. Pilih Bisnis yang Akan Anda Jalankan

Ketika menjalankan bisnis online tanpa modal, maka Anda harus menentukan lebih dulu model bisnis apa yang akan Anda jalankan. Apakah menjual ulang produk sebagai dropshipperatau menawarkan layanan jasa yang menggunakan skill. Bisnis yang Anda pilih nantinya akan mempengaruhi jalannya bisnis Anda. Untuk itulah pastikan menentukan jenis bisnis dengan yakin dan spesifik agar bisa menjalankan usaha dengan maksimal.

Anda bisa melakukan riset kecil untuk mencari ide bisnis online tanpa modal. Setelah itu, tuliskan apa saja kelemahan sekaligus kekurangan dari bisnis tersebut. Analisis pesaingnya dan proyeksikan apakah Anda mampu dan bisa menjalankan bisnis tersebut.

Apabila Anda memilih menjadi seorang penjual produk, maka yang harus Anda perhatikan adalah kualitas produk tersebut. Sebab, inilah yang akan mendatangkan pelanggan. Namun jika Anda membuka bisnis online yang berfokus pada bidang jasa, maka skill dan pelayanan Anda adalah kunci utama dari keberhasilan bisnis tersebut. Jika memang sudah yakin, maka barulah Anda bisa berlanjut pada tahap berikutnya.

2. Lihat Peta Persaingan

Kompetitor atau pesaing memang menjadi musuh terbesar Anda. Akan tetapi, dari mereka juga Anda bisa mendapatkan pelajaran sebagai modal menjalankan bisnis. Coba cari tahu peta persaingan dari model bisnis yang Anda sudah pilih sebelumnya. Setelah itu, cari tahu keunggulan dan kelemahan mereka.

Kelemahan dari pesaing bisa Anda gunakan sebagai pedoman supaya tidak terjun ke kesalahan yang sama. Sementara kelebihan pesaing bisa Anda jadikan acuan agar bisa melampaui pencapaian tersebut. Dari data riset ini juga Anda bisa menyusun strategi bisnis dengan jauh lebih matang dan terencana.

3. Pilih Rekan atau Agen yang Terpercaya

Cara bisnis online tanpa modal selanjutnya adalah memilih dan mencari rekan atau agen supplier yang terpercaya. Ketika menjalankan bisnis online dan Anda tidak mengeluarkan modal sedikitpun, maka agen atau rekan akan menjadi salah satu tumpuan yang berperan penting dalam keberhasilan bisnis Anda. Misalnya ketika Anda memilih menjadi seorang dropshipper. 

Sebagai seorang dropshipper, maka Anda akan sangat bergantung pada supplier dari produk yang Anda jual. Jika agen tidak profesional dan bisa Anda ajak kerjasama, maka jalannya bisnis online tidak akan bisa lancar. Akan selalu ada hambatan yang menjegal langkah Anda. Untuk itu, pastikan untuk memilih agen atau supplier yang profesional dan bisa Anda ajak berkomunikasi dengan baik. Dengan begitu, kelangsungan jalannya bisnis online Anda bisa lebih terjamin.

4. Buat Rencana Bisnis dan Pemasaran

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat rencana bisnis serta pemasaran yang matang. Kedua hal ini juga akan menjadi kunci keberhasilan Anda menjalankan bisnis online tanpa modal. Mulailah menyusun rencana bisnis yang meliputi harga jual produk, lokasi penjualan produk, serta target pasar yang Anda tuju.

Selain itu, susun pula bagaimana strategi pemasaran terbaik untuk bisnis online Anda. Strategi pemasaran ini berkaitan erat dengan target pemasaran dari bisnis Anda. Sesuaikan strategi pemasaran dengan target pasar supaya mereka bisa dengan mudah tertarik pada produk atau layanan yang Anda tawarkan. Dengan begitu, bisnis online yang Anda jalankan bisa berkembang lebih cepat dan memiliki banyak pelanggan.

5. Pelayanan yang Bagus Adalah Segalanya

Cara bisnis online tanpa modal juga akan sangat bergantung pada pelayanan yang Anda berikan. Baik sebagai penjual produk atau bergerak di bidang jasa, pelayanan yang Anda berikan ke pelanggan akan menentukan kelangsungan bisnis online Anda kedepannya.

Semakin baik pelayanan yang Anda berikan, maka semakin puas juga pelanggan ketika berbelanja di bisnis Anda. Hasilnya, bisnis Anda bisa menjadi semakin berkembang.  Bentuk pelayanan yang baik ini bisa Anda wujudkan dengan respon yang baik untuk pelanggan, kecepatan pelayanan, menjawab pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan baik, dan masih banyak lainnya.

Sebisa mungkin terima juga kritik serta saran dari pelanggan dan jangan menutup diri.  Pasalnya, kritik dan saran adalah bahan evaluasi yang akan membawa bisnis online Anda ke arah kemajuan. Perbaiki bagian bisnis yang masih kurang, sementara itu pertahankan dan tingkatkan bagian yang sudah baik.

6. Evaluasi Berkala

Ketika bisnis online sudah berjalan, maka evaluasi berkala menjadi hal penting untuk Anda lakukan. Tujuan evaluasi ini untuk melihat sejauh mana progres atau perkembangan bisnis online yang Anda jalankan. Selain itu, evaluasi juga bertujuan untuk mencari titik lemah dari bisnis yang Anda jalankan dan mencari formula terbaik untuk memperbaikinya.

Efektivitas strategi pemasaran yang Anda gunakan juga harus Anda evaluasi secara berkala. Tujuannya supaya Anda tahu sejauh mana strategi pemasaran yang sedang Anda gunakan efektif dalam mendongkrak penjualan bisnis. Untuk itulah Anda tidak boleh melewatkan evaluasi berkala ini demi kemajuan bisnis online Anda.

Baca Juga: Inilah 8 Bisnis Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Ide Bisnis Online Tanpa Modal yang Bisa Anda Pilih

cara bisnis online tanpa modal
(sumber gambar: oberlo.com)

Setelah memahami cara bisnis online tanpa modal, ada beberapa ide bisnis online tanpa modal yang bisa Anda pilih. Apa saja? Inilah beberapa ide tersebut:

1. Jasa Pembuatan Website

Ide bisnis uang pertama adalah pembuatan website. Saat ini, kehadiran website memang sangat penting untuk berbagai kebutuhan. Selain sebagai tempat bertukar dan mencari informasi, website juga menjai media yang sangat efektif untuk promosi bisnis. Tidak heran jika banyak orang yang membutuhkan website.

Sayangnya, tidak semua orang juga memiliki kemampuan yang mumpuni untuk membuat website. Untuk itulah, bagi Anda yang memiliki skill di bidang ini bisa memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin. Bisnis ini juga bisa Anda mulai tanpa modal sedikitpun. Sebab, skill adalah kunci utama agar bisa sukses menjalankannya.

2. Dropship

Bisnis online selanjutnya yang bisa Anda jalankan adalah menjadi seorang dropshipper. Bisnis ini terbilang menjanjikan dan banyak sekali peminatnya. Sebab, tanpa modal sedikitpun Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini dengan baik dan meraih keuntungan. Tidak heran jika banyak orang yang akhirnya menekuni bisnis dropship. 

Ketika menjadi seorang dropshipper, maka Anda akan bertugas untuk mempromosikan produk semaksimal mungkin. Nah, keuntungan yang Anda dapatkan berasal dari jumlah pelanggan yang Anda peroleh. Semakin banyak pelanggan, maka semakin banyak pula keuntungannya.

Pilihlah agen atau supplier yang profesional, banyak pembeli, dan juga komunikatif. Nantinya untuk urusan pengemasan dan pengiriman menjadi tanggung jawab dari agen yang Anda pilih. Jadi tugas Anda memang hanya mempromosikan produk segencar mungkin agar memperoleh keuntungan.

3. Freelance Writer 

Ide bisnis online tanpa modal selanjutnya adalah menjadi seorang penulis lepas. Saat ini dengan kemajuan dunia digital yang pesat, konten berupa artikel juga sangat tinggi peminatnya. Nah, hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai penulis lepas yang tugasnya adalah memproduksi artikel-artikel berkualitas untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari artikel informatif maupun artikel marketing. 

Bisnis ini juga tidak membutuhkan modal sedikitpun karena memang skill Anda adalah kuncinya. Bermodalkan komputer atau laptop serta jaringan internet, maka Anda sudah bisa menjadi penulis lepas yang profesional. Nantinya, keuntungan yang Anda dapatkan akan dihitung per artikel atau jumlah kata yang Anda hasilkan. Semakin banyak produksi artikel dan semakin bagus kualitasnya, tentu akan semakin besar pula keuntungan Anda.

Nah, itulah beberapa cara bisnis online tanpa modal sekaligus ide bisnisnya. Modal memang menjadi kunci dari jalannya suatu bisnis. Akan tetapi, ada pula beberapa bisnis yang layak Anda coba tanpa harus mengeluarkan modal sepeserpun. Meski tanpa modal, keuntungan dari berbagai bisnis ini juga tidak bisa Anda pandang sebelah mata.  Intinya, seberapa matang perencanaan bisnis yang Anda buat dan seberapa efektif eksekusi bisnis yang Anda lakukan. Jadi, bisnis manakah yang ingin Anda tekuni?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.