Panduan Cara Ganti Domain WordPress dalam 5 Langkah

  • Bagikan
cara ganti domain wordpress
Creative abstract global internet communication PC technology and web telecommunication business computer concept: macro view of group of color cubes with domain names on laptop or notebook keyboard with selective focus effect

Pada sebuah website WordPress, kehadiran domain akan berperan sangat penting. Sebagai pemilik website, nantinya Anda juga bisa melakukan alamat domain ke format yang baru. Cara ganti domain WordPress sendiri terbilang mudah dan bisa Anda selesaikan dengan beberapa langkah saja. Inilah tutorial untuk mengganti domain pada website WordPress yang bisa Anda ikuti.

Apa Itu Domain Website?

cara ganti domain wordpress
(sumber gambar: idcloudhost.com)

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara ganti domain, agaknya harus Anda ingat lagi perihal definisi dari domain. Secara sederhana, domain bisa Anda artikan sebagai alamat dari website yang Anda miliki. Ibaratnya sebuah rumah domain adalah alamat yang bisa mengantarkan Anda menuju website tujuan. Sebenarnya, alamat dari website adalah alamat IP yang memiliki kombinasi angka yang rumit.

Bentuk sederhana dari alamat IP tersebut adalah domain. Lalu, apa fungsi dari domain? Adanya domain berfungsi untuk mengidentifikasi sebuah web hosting. Contoh domain adalah akhiran .net dari website Riyandi.net yang sedang Anda akses saat ini.

Ketika mengakses website kami, website Riyandi adalah nama websitenya, sementara .net adalah nama domainnya. Setiap website akan memiliki domainnya tersendiri dan pasti sudah terdaftar. Website yang satu dengan yang lainnya pasti unik dan tidak ada yang sama antara satu dengan yang lainnya.

Mengapa Perlu Mengganti Domain?

Karena memiliki peran yang sangat penting, maka domain harus Anda miliki pada setiap website. Lalu, pertanyaannya apakah nama domain bisa Anda ganti? Jawabannya adalah bisa. Penggantian nama domain pada WordPress biasanya juga memiliki beberapa tujuan spesifik. Mulai dari untuk tujuan mengubah eksistensi domain yang sudah ada maupun untuk tujuan rebranding. 

Ketika Anda mengubah nama domain, maka Anda mengganti nama domain yang sudah ada dengan domain baru. Misalnya nama domain lama adalah yang memiliki akhiran .wordpress.com. Kemudian Anda berniat menggantinya dengan akhiran .com. Maka untuk alasan itulah domain harus Anda ganti.

Dari segi bisnis penggantian nama domain ini juga bisa semakin memantapkan citra atau image website yang Anda miliki. Karena tentu daripada domain yang berakhiran .com, .co.id, .net, atau domain lain yang profesional tentu akan jauh lebih membuat tampilan website lebih profesional daripada yang berakhiran .wordpress.com. 

Baca Juga: Trik dan Cara Mencari Kata Kunci untuk Artikel yang SEO Friendly

Cara Ganti Domain WordPress

cara ganti domain wordpress
(sumber gambar: wpengine.com)

Lalu bagaimana cara ganti domain WordPress? Jawabannya sangat mudah dan bisa Anda lakukan dalam beberapa langkah saja. Akan tetapi sebelum mempraktekkan cara ini, harus Anda pahami dulu bahwa ketika mengganti domain maka Anda berarti memodifikasi kode PHP situs.

Artinya, ketika mengganti nama domain bisa saja website mengalami error atau bahkan rusak. Untuk itulah Anda harus sangat berhati-hati ketika memutuskan untuk mengganti domain. Agar meminimalisir potensi kerusakan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Membuat Backup Website : Hal ini sangat penting agar ketika terjadi error, maka Anda tidak akan kehilangan website. Anda bisa memulihkan website sesegera mungkin apabila menemukan error ketika mengganti nama domain. Untuk memback up website Anda bisa melakukan instalasi pllugin lebih dulu atau bisa juga dengan memanfaatkan file manager yang sudah disediakan oleh provider hosting yang Anda gunakan.
  • FTP Client atau hPanel : Setelah melakukan backk up maka Anda bisa masuk ke area hPanel terlebih dahulu
  • Nama Domain Baru : Anda juga harus melakukan riset secara menyeluruh untuk mendapatkan nama domain yang tepat.

Setelah 3 hal tersebut sudah Anda lakukan, maka Anda bisa mulai mempraktekkan cara ganti domain WordPress seperti berikut ini:

1. Melakukan Pembelian Nama Domain Baru

Ketika akan mengganti domain, maka Anda bisa menggunakan salah satu jasa penyedia nama domain yang bisa Anda temukan dengan mudah. Pasalnya, saat ini sudah banyak sekali jasa penyedia domain dan hosting yang bisa Anda pakai. Ketika sudah menemukan tempat yang tepat untuk membeli domain, maka selanjutnya adalah mengecek ketersediaannya.

Setiap penyedia domain dan hosting pasti memiliki fitur dimana Anda sebagai pembeli bisa mengecek ketersediaan domain. Jika sudah mendapatkan domain dan ketersediannya ada, maka silahkan melakukan pembelian. Setelah melakukan pembayaran nantinya Anda baru bisa melakukan penggantian nama domain baru.

2. Ganti URL Website Melalui Dashboard

Cara ganti domain WordPress selanjutnya adalah mengganti URL website lewat dashboard. Anda harus menambahkan domain baru yang sudah Anda beli sebelumnya pada bagian WordPress General Settings. Anda hanya perlu membuka dashboard kemudian menuju opsi settings dan lanjutkan pada opsi general. 

Setelah itu Anda akan menemukan tampilan dimana Anda harus mengganti URL website. Ada beberapa kolom yang harus Anda isi, yaitu:

  • WordPress Address : Ini adalah URL yang bisa mengarahkan pengunjung website ke situs Anda
  • Site Address: Isi bagian ini dengan nama domain yang baru

Setelah selesai mengisi kolom-kolom tersebut, maka Anda hanya tinggal memilih opsi Save Changes agar perubahan bisa tersimpan. Apabila Anda sudah memilih opsi Save Changes, maka jangan buru-buru mengakses website dengan domain yang baru. Sebaliknya, lanjutkan beberapa langkah berikut ini terlebihh dahulu.

3. Memperbarui File Website

Pada langkah ini, Anda harus melakukan pengeditan pada file wp-confif.php terlebih dahulu agar perubahan nama domain bisa terjadi. Kode ini akan berbentuk cukup rumit namun Anda tidak perlu khawatir kesulitan. Anda bisa mengakses pengaturan ini pada opsi file manager hPanel. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Silahkan buka opsi hPanel kemudian opsi File dan lanjutkan pada opsi File Manager 
  • Setelah itu pilih opsi domain dan kemudian klik Go to File Manager 
  • Kemudian Anda harus mencari file wp-config yang ada di bagian folder public_html 
  • Pada folder tersebut, silahkan klik kanan kemudian klik opsi Edit
  • Selanjutnya Anda bisa menyalin kode berikut ini ke dalam file tersebut.  define(‘WP_HOME’,’http://yoursitename.com’); define(‘WP_SITEURL’,’http://yoursitename.com’);
  • Untuk tulisn yoursitename ganti dengan menggunakan nama situs Anda dan domain yang baru
  • Setelah itu silahkan Anda klik opsi Save & Close 

4. Perbarui Database Website

Cara ganti domain WordPress selanjutnya adalah dengan memperbarui database dari website. Langkahnya adalah seperti berikut:

  • Silahkan buka lagi opsi hPanel kemudian pilih opsi Database dan lanjutkan pada menu phpMyAdmin agar database bisa terganti
  • Setelah itu silahkan pilih database mana yang memang menyimpan file WordPress Anda
  • Lanjutkan dengan klik Enter phpMyAdmin 
  • Ketika masuk di halaman phpMyAdmin, silahkan cari file wp_options 
  • Klik opsi Edit yang terletak pada baris Site URL dan juga Home 
  • Silahkan ganti URL yang ada saat itu dengan nama domain baru yang Anda miliki
  • Akhiri dengan klik Go 

5. Proses Mengalihkan Domain Lama ke Baru dengan Permanen

Cara ganti domain WordPress yang terakhir adalah dengan mengalihkan domain yang lama ke domain baru secara permanen. Untuk tahapan ini, Anda harus membuat 301 redirect. Nantinya URL inilah yang akan mengalihkan domain lama Anda ke domain yang baru. Tidak hanya itu URL ini juga akan membantu memuat informasi dari PageRank Google.

Hasilnya, website Anda yang sudah memiliki pengaturan SEO sebelumnya, tidak akan terpengaruh meski domain lama sudah tidak berlaku. Untuk membuat 301 redirect, caranya juga tergolong sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan buka opsi hPanel terlebih dahulu, pilih File, kemudian opsi File Manager 
  • Setelah itu, silahkan pilih nama domain lama dan lanjutkan dengan klik opsi Go to File Manager
  • Cari file .htaccess yang berada di direktori public_html. Jika sudah ketemu, maka lanjutkan dengan klik kanan dan pilih opsi Edit
  • Selanjutnya Anda hanya tinggal menyalin kode berikut ini kedalam kode tersebut.
  • Jika sudah, akhiri dengan klik Save & Close. 
#Options +FollowSymLinks
RewriteEngine on
RewriteRule ^(.*)$ http://yoursitename.com/$1 [R=301,L]

Untuk saran tambahan, sebaiknya domain lama tetap Anda aktifkan saja sementara waktu. Tujuannya supaya pengunjung dari website Anda menyadari terlebih dahulu adanya perubahan domain ini dan mesin pencarian bisa melakukan pengalihan domain dengan lebih optimal.

Nah, itulah cara ganti domain WordPress yang bisa Anda lakukan dalam 5 langkah. Bagaimana, sangat mudah bukan cara ini? Semoga dengan adanya cara ini Anda bisa mengubah domain dengan lebih mudah. Dengan begitu, website Anda bisa lebih berfungsi secara maksimal dan memiliki citra yang lebih kuat dan profesional dengan domain barunya. Selamat mencoba cara ini ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.