Simak Cara Membuat Akun Bitcoin yang Mudah dan Anti Ribet!

  • Bagikan
cara membuat akun bitcoin

Popularitas bitcoin sebagai salah satu cryptocurrency memang sangat besar. Tidak heran, jika banyak orang yang mencari bagaimana cara membuat akun bitcoin. Maksud dari akun bitcoin ini adalah exchange cryptocurrency yang nantinya akan berguna untuk transaksi jual beli bitcoin. Lalu, bagaimana caranya? Apakah sulit? Jawabannya adalah tidak. Inilah langkah yang harus Anda tempuh.

Cara Membuat Akun Bitcoin Melalui 3 (Tiga) Situs Ini 

cara membuat akun bitcoin
(sumber gambar: detik.net.id)

Ada 3 (tiga) situs yang bisa Anda manfaatkan untuk transaksi jual beli bitcoin dengan mudah dan cepat. Berikut adalah penjelasan selengkapnya:

1. Melalui Bitcoin.co.id 

Situs yang pertama adalah Bitcoin.co.id. Situs ini berdiri sejak tahun 2013 dimana popularitas bitcoin sudah mulai meroket dan pendirinya adalah PT. Bitcoin Indonesia. Berada di urutan paling atas, reputasi dan track record situs ini memang sangat baik sehingga tidak heran jika menjadi yang terpopuler pada kalangan penggiat crypto di Indonesia.

Cara membuat akun bitcoin di situs ini juga tidak sulit. Inilah langkah-langkahnya:

  • Kunjungi website Bitcoin.co.id 
  • Pada halaman awal, silahkan klik login dan lanjutkan dengan mendaftar 
  • Pada tahap ini Anda harus mengisikan alamat email yang Anda miliki dan harus melakukan aktivasi akun
  • Anda akan mendapatkan email aktiviasi dari pihak Bitcoin.co.id dan harus melakukan aktivasi supaya akun bitcoin bisa terdaftar
  • Kembali pada situs utama Bitcoin dan sign in dengan PIN yang terkirim melalui SMS
  • Setelah itu, Anda harus mengklik submit dan lanjutkan dengan mengisi berbagai data pribadi Anda
  • Setelah itu, klik pada bagian foto diri dan jika sudah klik bagian kirim data 
  • Sistem akan melakukan proses verifikasi yang umumnya memakan waktu 1×24 jam
  • Jika sudah berhasil, Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa akun bitcoin Anda sudah berhasil untuk Anda buat

2. Membuat Akun Bitcoin di Luno 

Selain situs bitcoin.co.id, Anda juga bisa membuat akun bitcoin melalui aplikasi Luno. Aplikasi ini tidak hanya berfungsi sebagai dompet atau wallet digital saja. Namun, juga bisa Anda manfaatkan sebagai tempat menyimpan bitcoin. Anda juga bisa melakukan transaksi bitcoin menggunakan mata uang Indonesia yaitu rupiah dengan aplikasi Luno. Inilah yang membuat aplikasi ini juga populer.

Inilah langkah mendaftarkan diri di aplikasi Luno:

  • Silahkan unduh aplikasi Luno pada smartphone Anda. Melalui Play Store untuk pengguna Android, dan melalui App Store untuk pengguna iOS. Jika sudah, silahkan install sesuai panduan instalasi aplikasi seperti biasa
  • Pada halaman awal, silahkan klik sign up, kemudian klik daftar, dan lanjutkan dengan klik kembali bagian sign up. 
  • Anda harus memasukkan email pribadi yang Anda miliki dan harus melalukan aktivasi akun supaya akun Luno bisa terdaftar
  • Apabila aktivasi berhasil, silahkan sign in kembali menggunakan email yang sebelumnya sudah Anda aktivasikan
  • Pada prose verifikasi akun, Anda juga harus memasukkan nomor ponsel Anda dan harus mengirimkan kode atau send code sebagai bukti OTP.
  • Setelah kode OTP terkirim, masukkan kode OTP tersebut dan pendaftaran pun berhasil Anda lakukan.
  • Akun Luno sudah berhasil Anda buat!

3. Daftar Akun Bitcoin Menggunakan Triv 

Cara membuat akun bitcoin yang terakhir adalah dengan menggunakan situs Triv. Hampir sama seperti situs bitcoin.co.id, melalui situs ini Anda bisa melakukan transaksi jual beli bitcoin sekaligus menggunakannya untuk menyimpan bitcoin. Pendaftarannya juga terbilang mudah dan cepat. Inilah langkah-langkah pendaftaran di situs Triv:

  • Silahkan mengunjungi situs Triv 
  • Setelah itu, klik menu login dan pilih menu sign up untuk melakukan pendaftaran. Disini Anda harus memasukkan email pribadi yang akan Anda gunakan.
  • Setelah itu, lakukan aktivasi email dengan membuka email pribadi Anda
  • Selanjutnya, Anda harus memasukkan nomor ponsel Anda dan melakukan verifikasi
  • Apabila verifikasi berhasil klik Go.
  • Pendaftaran akun Triv pun sudah selesai Anda lakukan. Sangat mudah bukan?

Baca Juga: Rahasia Cara Trading yang Simple Tapi Untung Maksimal

Cara Menggunakan Bitcoin 

cara membuat akun bitcoin
(sumber gambar: statik.tempo.com)

Lalu, setelah berhasil melakukan cara membuat akun bitcoin, bagaimana cara menggunakannya? Jawabannya adalah sangat mudah dan bisa Anda pakai untuk berbagai kepentingan. Mulai dari sebagai instrumen investasi, beramal, membeli barang secara online, hingga transaksi jual beli bitcoin. Inilah penjelasan selengkapnya tentang penggunaan bitcoin:

1. Sebagai Instrumen Investasi 

Cara menggunakan bitcoin yang pertama adalah sebagai instrumen investasi jangka panjang. Bitcoin memang memiliki tren harga yang cukup impresif dalam beberapa tahun belakangan. Bahkan, harga bitcoin sempat menyentuh harga Rp. 800.000.000 per 1 bitcoinnya. Meski saat ini harga bitcoin sudah turun dan masih stabil di angka Rp. 500.000.000 an, namun tidak menutup kemungkinan harga bitcoin bisa meningkat lagi.

Banyak investor juga yang akhirnya mulai mengalokasikan uang mereka untuk berinvestasi pada instrumen bitcoin. Bitcoin bisa menjadi instrumen investasi jangka panjang yang layak untuk Anda pertimbangkan. Namun, tentu saja Anda harus benar-benar menguasai ilmu investasi bitcoin sebelum memulainya ya. Sebab, meski bisa memberi keuntungan yang besar, investasi di bitcoin juga memiliki resiko tinggi.

2. Trading Bitcoin 

Penggunaan bitcoin selanjutnya adalah untuk trading. Pada prinsipnya, trading bitcoin adalah membeli bitcoin ketika harganya sedang turun, dan menjualnya saat harganya naik. Keuntungan yang Anda dapatkan dari trading, berasal dari selisih nilai harga saat membeli bitcoin dan menjualnya kembali. Selain investasi, ini adalah cara penggunaan bitcoin yang paling populer saat ini.

Banyak orang yang mencoba melakukan trading atas iming-iming keuntungan trading bitcoin yang besar. Namun, resiko dari trading bitcoin juga sangat besar. Pasalnya, nilai bitcoin sangat fluktuatif dalam artian bisa naik dan turun dalam waktu yang sangat cepat. Meski begitu, dengan ilmu dan analisa yang tepat, trading bisa menjadi cara Anda untuk mendapatkan keuntungan dari bitcoin yang sangat menjanjikan.

3. Untuk Beramal 

Beramal dengan bitcoin? Ya, mata uang digital yang satu ini juga bisa Anda gunakan untuk beramal. Saat ini, dengan popularitas bitcoin yang semakin tinggi, ada banyak sekali organisasi-organisasi amal dunia yang menerima bitcoin sebagai uang untuk amal kemanusiaan. Beberapa organisasi tersebut adalah Unicef, Red Cross, The Water Project, Save the Childern, dan lain sebagainya.

Jadi, Anda bisa menggunakan bitcoin yang Anda miliki dalam kegiatan amal. Popularitas dari bitcoin juga turut semakin meningkat dengan adanya kemudahan amal menggunakan bitcoin ini.

4. Pembayaran Subscription 

Subscription adalah layanan langganan yang umumnya ada untuk film, musik, ataupun jenis tayangan lainnya. Nah, tidak selalu menggunakan uang, bitcoin juga bisa Anda manfaatkan untuk pembayaran subscriptio. Beberapa layanan yang sudah mengizinkan pembayaran menggunakan bitcoin adalah registrasi nama domain, penyedia layanan internet, serta jaringan VPN. Hal ini juga membuat fungsi bitcoin menjadi semakin luas.

5. Membeli Barang Secara Online 

Penggunaan Bitcoin yang terakhir adalah untuk membeli barang secara online. Di Indonesia, membeli barang menggunakan bitcoin memang masih tergolong ilegal. Namun, di negara lain atau jika Anda ingin membeli suatu barang pada layanan marketplace internasional, pembayaran menggunakan bitcoin sudah boleh untuk Anda lakukan. Contohnya adalah pada marketplace Amazon. Sehingga, Anda tidak perlu kesulitan lagi untuk membayar barang yang Anda beli dari luar negeri.

6. Membeli Produk Ritel dan Giftcard 

Penggunaan bitcoin yang terakhir adalah untuk membeli produk ritel dan juga giftcard. Giftcard atau kartu hadiah saat ini bisa Anda beli dengan menggunakan bitcoin. Beberapa situs yang juga sudah menyediakan pembayaran bitcoin adalah Gyft dan Egifter. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah saat membeli giftcard untuk rekan atau kerabat Anda.

Terakhir adalah untuk membeli produk ritel. Beberapa produk ritel juga turut mengembangkan layanan mereka dengan menerima pembayaran menggunakan bitcoin. Contohnya adalah Amazon, Starbucks, dan Target untuk pembelian produk ritel mereka. Pembayaran ini tentu semakin memudahkan pemilik bitcoin dalam menggunakan bitcoin yang mereka miliki. Jadi, bitcoin semakin fleksibel untuk mereka gunakan.

Itulah cara membuat akun bitcoin melalui 3 (tiga) situs besar yang ada di Indonesia sekaligus penggunaan bitcoin. Pada dasarnya, membuat akun bitcoin bukanlah hal yang sulit untuk Anda lakukan. Bahkan terbilang cepat dan sangat mudah. Dari informasi ini juga bisa Anda tahu bahwa bitcoin bisa Anda gunakan untuk berbagai keperlukan. Dengan mengetahui cara ini, semoga Anda bisa memiliki wallet atau dompet bitcoin yang bermanfaat dan bisa Anda pakai untuk berbagai kebutuhan ya. Selamat mendaftar!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.