Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca dan SEO Friendly

  • Bagikan
cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca

Salah satu kunci keberhasilan optimasi website menggunakan SEO, terletak pada kualitas konten atau artikelnya. Setiap pemilik website harus tau cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca namun tetap SEO friendly. Sayangnya, masih banyak yang menganggap sepele masalah ini dan hanya membuat artikel dengan asal-asalan.

Padahal akibatnya sangat mempengaruhi kesuksesan optimasi website. Lalu, bagaimana cara agar sebuah artikel itu enak dan menarik untuk dibaca? Tentunya dengan tidak mengabaikan SEOnya? Yuk, simak informasi lengkapnya!

8 Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Sebenarnya, artikel yang SEO friendly kurang lebih sama dengan artikel biasa. Hanya saja, dalam penerapannya ada beberapa formula yang bisa Anda gunakan agar artikel tersebut bisa sesuai dengan kriteria mesin pencari. Artikel yang SEO friendly atau memiliki unsur SEO yang kuat bisa sangat membantu optimasi website dengan lebih efektif. Hasilnya, ranking atau peringkat website Anda di mesin pencari bisa semakin bagus.

Inilah beberapa cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca namun tetap SEO friendly: 

1. Lakukan Riset Keyword atau Kata Kunci

cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca
(sumber gambar: searchenginejournal.com)

Kehadiran keyword atau kata kunci akan sangat penting di sebuah artikel website. Sebab, dari kata kunci inilah mesin pencari bisa merekomendasikan website Anda kepada para pencari informasi di internet sesuai kata kunci yang mereka cari. Untuk itulah sebuah artikel harus memiliki kata kunci yang menjadi fokus pembahasan artikel tersebut.

Carilah kata kunci yang memiliki kriteria berikut:

  • Volume pencarian besar
  • Memiliki tingkat persaingan yang kecil
  • Keyword sesuai dengan tema atau niche website

Kata kunci yang memiliki volume besar, berarti akan banyak dicari dan bisa menarik banyak sekali pembaca yang mengarah ke website Anda. Sementara itu, untuk kaya kunci yang persaingannya kecil, akan lebih memudahkan jalan Anda agar bisa mendapatkan posisi atas dalam pencarian di Google.

Sedangkan dengan memilih kata kunci yang sesuai dengan niche website, maka akan membuat website Anda menjadi tetap relevan. Misalnya untuk website bertema kesehatan, maka kata kunci artikel yang Anda pilih haruslah berkutat seputar kesehatan juga. Contohnya manfaat lari pagi, manfaat minum air putih, dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana untuk mendapatkan kata kunci yang tepat? Maka Anda harus memanfaatkan tools research kata kunci. Beberapa tools yang bisa Anda manfaatkan adalah KWFinder, Google Trends, dan Ubersuggest. Dengan menggunakan berbagai tools ini, Anda bisa mendapatkan kata kunci apa saja yang sedang banyak pengguna internet cari.

2. Memilih Sumber Penulisan yang Tepat

Setelah mendapatkan kata kunci yang tepat, maka cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca selanjutnya adalah dengan memilih sumber yang tepat. Ketika menulis artikel, tentu Anda akan mencari referensi lebih dulu. Nah, referensi yang Anda pakai ini harus benar dan tepat. Sebab, hal ini akan sangat krusial agar artikel yang Anda hasilkan nanti juga memiliki kualitas yang baik.

3. Buat Artikel yang Unik

Agar artikel yang Anda buat menarik, maka buatlah artikel yang unik dan berbeda dengan yang lain. Misalnya, sudah banyak orang yang membuat artikel tentang “cara menanam hidroponik”. Akan tetapi agar lebih unik, Anda bisa menggantinya dengan “cara menanam hidropnik berbekal botol bekas”. Nah keunikan ini yang membuat pembaca justru akan lebih tertarik.

4. Memperhatikan Struktur Artikel dan Tambahkan Heading

Salah satu hal yang menjadi pembeda antara artikel biasa dengan artikel yang SEO friendly adalah struktur artikel. Pada artikel biasa, maka penulisan artikel bisa Anda buat dengan datar tanpa membuat struktur tertentu. Sayangnya, bentuk artikel seperti ini justru tidak disukai oleh mesin pencari. Nah, solusinya adalah membuat artikel yang punya struktur yang baik.

Sebenarnya, tujuan adanya struktur adalah untuk memudahkan pembaca memahami isi dari artikel sesuai topiknya. Selain itu, membaca artikel juga akan lebih menyenangkan jika terdapat struktur yang jelas. Umumnya inilah struktur dari sebuah artikel yang SEO friendly: 

  • Bagian pembuka (prolog): Bagian ini berisi latar belakang dan tujuan penulisan artikel
  • Isi : Bagian ini merupakan topik atau hal yang Anda bahas
  • Kesimpulan (epilog): Bagian ini merupakan bagian penutup maupun rangkuman berupa kesimpulan artikel

Setelah membuat struktur artikel yang rapi, Anda juga harus menambahkan heading. Heading merupakan judul dari bagian artikel yang bisa menjelaskan informasi tertentu. Dalam sebuah artikel yang SEO friendly, penggunaan heading sangat penting karena bisa membantu pembaca agar lebih memahamai garis besar atau paragraf yang sedang mereka baca.

Baca Juga: 5 Rahasia Cara Menambah Followers Twitter, Cepat dan Mudah!

5. Terapkan Teknik Piramida Terbalik

cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca
(sumber gambar: springbot.com)

Cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca selanjutnya adalah dengan menerapkan teknik piramida terbalik. Sebenarnya, teknik ini lebih umum diterapkan untuk artikel biasa. Akan tetapi, artikel yang SEO friendly juga bisa menerapkan teknik ini supaya lebih menarik dan enak dibaca.

Teknik piramida terbalik maksudnya adalah memberikan informasi paling penting dan urgent di bagian paling awal artikel. Setelah itu, berlanjut ke informasi yang lebih detail, dan penutupnya adalah informasi yang sifatnya tambahan.

Tujuan dari teknik ini adalah untuk membantu Anda dalam membuat artikel yang tidak bertele-tele dan terlalu panjang. Sebab, semakin mudah artikel tersebut pembaca pahami maka akan semakin bagus karena pembaca bisa dengan mudah mendapatkan inti dari informasi yang ingin Anda sampaikan dalam artikel.

6. Sebar Kata Kunci dengan Wajar dan Tidak Berlebihan

Seperti yang sudah kami jelaskan pada bagian sebelumnya, bahwa kata kunci memegang peran penting untuk artikel SEO friendly. Nah, meskipun penting namun dalam penulisannya Anda tidak boleh menggunakan kata kunci berlebihan. Sebab, jika terlalu banyak keyword atau keyword stuffing, artikel Anda justru akan lebih sulit muncul di peringkat atas mesin pencari dan menjadi tidak enak pembaca baca.

Mesin pencari justru akan menganggap bahwa artikel tersebut merupakan bentuk spam kata kunci. Kualitas artikel juga akan sangat turun jika terlalu banyak kata kunci yang Anda masukkan. Sebaliknya, pakailah kata kunci dengan sewajarnya dan sebar dengan cukup di seluruh artikel. Dengan begitu, artikel Anda tetap enak untuk pembaca baca namun juga tetap masuk kriteria dari mesin pencari.

7. Masukkan Unsur Elemen Visual

Cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca selanjutnya adalah dengan memasukkan elemen visual. Elemen visual ini bisa berupa infografis, bagan, tabel, gambar, dan juga ilustrasi. Mengapa harus ada elemen visual? Sebab, adanya visual ini bisa membuat pembaca untuk lebih mudah memahami konteks artikel yang Anda tulis serta informasi yang Anda sampaikan.

Selain itu, adanya konten visual juga bisa meningkatkan minat pembaca hingga 80% untuk membaca artikel Anda. Pembaca juga cenderung menyukai artikel yang memiliki elemen visual untuk mendukung penjelasan di artikel. Untuk mencari elemen visual yang bebas copyright, Anda bisa mencarinya di berbagai platform penyedia gambar gratis seperti Unplash atau Pixabay.

Jika Anda memiliki waktu lebih untuk membuat sendiri elemen visual tersebut, maka Anda juga bisa membuatnya. Seperti misalnya ilustrasi yang Anda butuhkan untuk memberikan gambaran atas suatu informasi. Tidak jarang ketika mencari di internet, ilustrasi yang Anda cari tidak sesuai dengan artikel yang Anda buat.

Nah, jika sudah begini maka Anda harus membuatnya sendiri. Anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi atau software pembuat ilustrasi. Misalnya canva yang bisa Anda gunakan di smartphone, atau Adobe Illustrator yang bisa Anda pakai di PC. Dengan begitu, Anda bisa membuat ilustrasi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

8. Perhatikan Panjang Artikel

Cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca yang terakhir adalah dengan memperhatikan panjang artikel. Umumnya, artikel yang baik memiliki jumlah kata minimal 300 kata. Tujuannya agar mesin pencari bisa memahami apa isi artikel dan topik yang Anda tulis.

Namun jika ingin lebih ideal, maka buatlah artikel dengan panjang sekitar 1.000 sampai 2.500 kata. Dengan panjang ini, Anda bisa membuat artikel yang informatif dan memiliki penjelasan yang lengkap untuk pembaca. Dari segi SEO, panjang artikel ini juga lebih mudah untuk Anda modifikasi dari segi gambar, heading, maupun internal dan eksternal link.

Nah itulah beberapa cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca. Selain menarik, tips ini juga bisa membuat artikel yang Anda buat memiliki SEO yang baik atau SEO friendly. Hasilnya, peringkat website Anda juga bisa naik.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.