Cara Membuat Blog di Blogger Mudah dalam 7 Langkah!

  • Bagikan
cara membuat blog di blogger

Bagi pengguna website sejak lama, istilah blogger tentu sudah tidak asing lagi. Meski saat ini keberadaan blogger tidak sepopuler dulu, namun platform ini tetap banyak peminatnya. Bukti dari popularitas ini adalah blogger masih menempati jajaran 10 CMS paling populer menurut survei dari Web Technology Surveys. Apalagi cara membuat blog di blogger mudah dan cepat untuk Anda lakukan.

Selain cara pembuatannya yang tergolong mudah, banyak orang menyukai blogger karena pengelolaannya yang praktis, mudah, dan sangat sederhana. Tidak heran jika platform ini sangat sesuai bagi Anda yang baru terjun ke dunia per-bloggingan dan mencari platform yang mudah. Lalu, bagaimana cara membuat blog itu?

Cara Membuat Blog di Blogger Mudah

Secara garis besar, Anda hanya membutuhkan 7 (tujuh) langkah mudah untuk membuat blog. Panduannya adalah sebagai berikut:

1. Buat Blog

cara membuat blog di blogger
(sumber gambar: blogger.com)

Langkah pertama untuk membuat blog adalah dengan membuatnya di website resmi Blogger. Anda bisa mengakses alamat tersebut melalui link https://www.blogger.com/about/?bpli=1. Setelah itu Anda akan menuju halaman utama Blogger yang menjadi awal pembuatan blog Anda. Untuk membuat blog silahkan klik tulisan CREATE YOUR BLOG / BUAT BLOG.

Setelah itu Anda akan menuju halaman login akun Google Mail yang Anda miliki. Melalui akun Gmail memang menjadi cara termudah untuk membuat blog. Jadi, pastikan saja bahwa Anda sudah memiliki akun gmail sebelumnya. Kemudian tinggal masukkan username dan password Anda.

2. Masuk ke Halaman Selamat Datang

Cara membuat blog di blogger selanjutnya adalah di bagian selamat datang. Setelah proses login selesai, Anda akan masuk ke halaman profil Blogger. Halaman ini adalah bagian paling awal dan tugas Anda adalah melakukan konfirmasi profil blog Anda. Isi kolom yang tersedia dengan nama blog yang ingin Anda buat. Jika sudah, silahkan klik Lanjutkan ke Blogger. 

Selanjutnya Anda akan menuju halaman Selamat Datang. Halaman tersebut adalah pintu untuk membuat blog Anda lebih jauh lagi. Tugas Anda selanjutnya adalah membuat blog dengan klik opsi Create New. Kemudian akan muncul sebuah halaman pop up yang berisi opsi tampilan blog yang ingin Anda buat. Panduannya adalah:

  • Title: Bagian judul blog yang ingin Anda buat. Judul ini akan menjadi tampilan paling depan dari blog Anda
  • Adress : masukkan alamat URL yang ingin Anda gunakan sebagai alamat blog. Nantinya secara otomatis URL ini akan memiliki ekstensi .blogspot.com. 
  • Theme : pilih tema yang Anda ingin gunakan pada tampilan blog. Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan

Setelah semua bagian Anda isi, maka langkah selanjutnya adalah klik opsi Create Blog. Jika sudah, maka blog pribadi Anda sudah selesai Anda buat.

3. Cara Membuat Post

Sebuah blog tentu tidak akan lengkap tanpa kehadiran post atau halaman. Untuk membuatnya juga terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu untuk klik menu Post dan pilih opsi New Post. Pilih menu Pages dan kemudian klik menu New Page.  Mungkin Anda akan bingung antara Post dan Pages. Sebab keduanya adalah pilihan yang memiliki fungsi berbeda maka dari itu jangan sampai salah mengartikan keduanya.

Pages adalah opsi yang bisa menampilkan halaman-halaman penting yang ada di blog Anda. Halaman ini biasanya berisi informasi atau kategori yang penting seperti halaman about us, dan lain sebagainya. Ketika memilih opsi ini Anda akan menemukan tiga pilihan pengaturan. Mulai dari pengaturan komentar, line breaks, dan compose mode. 

Sementara itu, post adalah konten yang mengisi halaman utama. Ketika membuka halaman ini, Anda akan menemukan pilihan pengaturan yang lebih beragam mencapai 5 (lima) pengaturan. Mulai dari pengaturan labels, permalink, location, option, dan schedule. Jadi, ketika Anda ingin membuat konten seperti artikel maka opsi post adalah menu yang harus Anda pilih.

4. Membuat Tampilan Blog yang Bagus

cara membuat blog di blogger
(sumber gambar: ticktakashi.blogspot.com)

Cara membuat blog di blogger selanjutnya adalah pengaturan tampilan. Mengatur tampilan blog juga menjadi kunci supaya blog Anda bagus dan enak untuk dipandang. Beberapa hal yang bisa Anda atur supaya tampilan blog menjadi bagus adalah:

a. Theme (Tema) 

Blog menyediakan berbagai tema yang bisa Anda install ke blog Anda. Buka opsi Theme kemudian pilih salah satu tampilan tema yang Anda inginkan. Supaya pilihan tema bisa Anda terapkan, pilih opsi Apply. 

b. Customize 

Pilihan customize ini berguna jika Anda menginginkan pengaturan lebih lanjut untuk tampilan blog. Dalam opsi ini Anda bisa mengatur tampilan blog dengan pilihan yang jauh lebih lengkap dan lebih personal. Anda bisa menyesuaikan semuanya dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Ada 3 (tiga) opsi yang bisa Anda pilih. Diantaranya adalah:

  • Background: opsi ini bisa membantu Anda untuk mengganti latar belakang tema dengan berbagai gambar pilihan Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengubah palet warna tema yang sebelumnya sudah Anda pilih dengan paket warna lain yang sudah blog sediakan
  • Advanced: pada opsi ini pengaturan yang bisa Anda lakukan adalah seputar warna dan juga jenis font yang akan Anda gunakan pada blog. Font yang bisa Anda ubah juga bisa meliputi banyak elemen. Mulai dari font bagian blog title, tabs, post, body, sharing, blockquotes, sidebar, search bar, pictures, dan juga attribution. Lebih lanjut, Anda juga bisa mengatur tampilan lebar blog dan juga menambahkan CSS tertentu.
  • Gadgets: pada opsi ini Anda bisa menambahkan berbagai elemen tambahan dan mengatur tampilannya. Fungsi ini kurang lebih hampir sama dengan widget yang bisa Anda jumpai di WordPress. Pada halaman ini Anda bisa menambahkan header, search, follow me by email, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 11 Buku Bisnis Terbaik Agar Pengetahuan Bisnis Makin Mantap

5. Pengaturan Layout Blog

Pengaturan tampilan selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk blog adalah mengatur bagian layout atau tata letak blog. Pada opsi ini, Anda bisa mengatur tata letak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Awalnya, Anda akan melihat tampilan tata letak blog yang Anda miliki.  Nah, supaya bisa mengubah tampilan tata letak ini cara yang harus Anda tempuh terbilang mudah.

Anda cukup drag atau menarik kotak-kotak tata letak atau layout yang ada ke tempat yang Anda inginkan. Jadi, memang untuk tampilan ini bisa Anda ubah dengan sangat mudah dan fleksibel. Apabila sudah selesai mengaturnya sesuai preferensi, Anda hanya cukup klik pilihan “Save Arrangement” supaya perubahan bisa tersimpan.

6. Pengaturan Lanjutan untuk Blog

Blog juga memberikan pilihan pengaturan yang lebih lengkap untuk blog yang Anda miliki. Pada pengaturan ini Anda memiliki kesempatan untuk mengatur keamanan, fungsi, bahkan juga SEO untuk pengaturan yang lebih lengkap. Terdapat 7 (tujuh) submenu yang bisa Anda pilih. Mulai dari basic, comments, language and formatting, sharing, email, search preferences, other, dan user settings. 

Pada menu basic Anda bisa mengubah beberapa hal dasar seperti judul dan deskripsi blog. Untuk menu language and formatting Anda bisa mengubah setelan bahasa pada blog. Menu komentar bisa membantu Anda untuk mengatur letak komentar pada blog Anda dan lain sebagainya. Semua pengaturan ini bisa Anda sesuaikan sendiri dengan kebutuhan dan preferensi Anda ya.

7. Menambah Domain untuk Blog

Jika Anda ingin blog yang Anda miliki bisa lebih profesional, maka menambahkan domain bisa menjadi pengaturan tepat untuk Anda. Sebelumnya, pastikan dulu bahwa domain yang ingin Anda gunakan sudah aktif dan Anda sudah mengecek ketersediaan domain dan kemudian berhasil untuk membeli domain tersebut.

Jika sudah, maka barulah Anda bisa menambahkan domain ke blog secara manual atau otomatis. Jika manual, maka Anda harus mengatur sendiri pada halaman dashboard dan melakukan pengaturan di set up third party URL for yout blog. Setelah itu, klik Save supaya perubahan domain bisa tersimpan.

Untuk menambahkan domain secara otomatis, Anda bisa menghubungi penyedia jasa layanan domain yang bisa Anda temui dengan mudah. Cara ini memang akan jauh lebih praktis, akan tetapi memang akan ada sejumlah biaya yang harus Anda keluarkan.

Nah, itulah cara membuat blog di blogger yang bisa Anda selesaikan dalam 7 langkah. Mudah bukan? Blog terbukti masih menjadi salah satu platform blogging yang memiliki banyak pengguna. Jadi, jika Anda memang tertarik untuk memiliki blog, Anda bisa menerapkan tutorial ini. Semoga bermanfaat ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.