Cara Membuat Blog di Blogger dengan Mudah untuk Pemula

  • Bagikan
Cara Membuat Blog di Blogger-2

Cara membuat blog di Blogger sebenarnya dapat dengan mudah dilakukan. Kamu tak harus menguasai bahasa pemrograman hanya untuk membuat situs web sendiri.

Seperti yang kita tahu, saat ini blog menjadi salah satu platform media online yang memiliki banyak peminat dan pengguna dari seluruh penjuru dunia. Selain dapat digunakan untuk mempublikasikan konten atau sekadar menyimpan sebuah momen, blog juga dapat dijadikan salah satu sumber pemasukan.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk memiliki blog atau website sendiri, pada artikel berikut kami akan memberikan beberapa tips cara membuat blog di Blogger dengan mudah tanpa harus menguasai bahasa pemrograman yang berbagai macam. Penasaran bagaimana cara memulainya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini, ya!

Apa Itu Blogger?

Sebelum masuk ke pembahasan utamanya, ada baiknya untuk mengupas informasi dasar mengenai apa itu Blogger? 

Bagi sebagian orang yang tidak begitu mengikuti perkembangan teknologi saat ini, istilah Blogger mungkin terdengar asing. Namun bagi mereka yang sudah cukup lama berkecimpung dan bergelut dengan sosial media dan platform online lainnya, pasti tidak asing dengan istilah yang satu ini.

Blogger sendiri adalah sebuah platform yang memberikan kemudahan bagi orang-orang untuk membuat website atau blog pribadi mereka tanpa harus memikirkan bahasa pemrograman dari nol. Platform ini pertama kali dibuat oleh Pyra Labs yang kemudian pada tahun 2003, Google mengakusisi platform tersebut hingga saat ini.

Platform Blogger ini dapat digunakan secara GRATIS dan dapat dioperasikan secara praktis meski kamu tidak memiliki pemahaman sama sekali dalam dunia programming. Fitur yang tersedia dalam Blogger juga terbilang cukup lengkap, kamu bahkan bisa mengubah tampilan sesuai dengan keinginan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Cara Membuat Blog di Blogger dengan Mudah untuk Pemula

Cara Membuat Blog di Blogger

Setelah mengenal sedikit banyak soal platform Blogger, berikutnya kita akan memasuki pembahasan utama terkait cara membuat blog di Blogger dengan mudah dan praktis.

1. Kunjungi situs resmi Blogger

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi situs resmi dari platform Blogger yang dapat kamu akses melalui blogger.com

Selain itu, pastikan kamu sudah memiliki akun email dari Google (Gmail) yang nantinya akan digunakan untuk mendaftar di platform ini.

2. Mulailah membuat blog

Membuat Blog di Blogger

Setelah berhasil membuka laman resmi dari Blogger tersebut, kamu akan dihadapkan dengan tampilan yang kurang lebih seperti di bawah ini 

Klik tombol “Buat Blog” atau “Create Your Blog” yang tertera di sana. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk login ke alamat email yang kamu miliki atau telah dibuat sebelumnya.

Setelah berhasil login atau membuat akun Blogger-mu, kamu akan diminta untuk memasukkan judul blog. Judul ini nanti akan ditampilkan pada navigasi bar atas di browser.

Membuat Blog

Setelah kamu menentukan judul yang tepat untuk blog-mu, langkah berikutnya hanya tinggal klik button “Next” atau “Lanjut” yang ada di bagian kanan bawah. 

Kamu akan melihat tampilan seperti berikut ini, di mana kamu harus memasukkan nama alamat blog yang ingin kamu gunakan. 

Alamat Blog

Setelah menentukan nama alamat blog, klik tombol “Next” dan kamu juga akan diminta untuk memasukkan “Display Name” atau nama penulis / pengelola blog. Nantinya nama ini akan terlihat pada Informasi Profil blog yang kamu kelola. Selain itu, ketika kamu membalas komentar, Display Name inilah yang akan terlihat oleh orang lain.

Kira-kira beginilah tampilan awal yang akan kamu dapati ketika berhasil menyelesaikan langkah-langkah di atas.

Dashboard Blog

3. Mengubah tema blog

Sampai di tahap tersebut secara sederhana, blog-mu sebenarnya telah selesai di buat! Namun tentu saja kamu tidak akan puas hanya dengan menggunakan tampilan bawaan dari Blogger, bukan? 

Untuk itu, setelah blog selesai dibuat, kamu bisa melanjutkannya dengan melakukan optimasi pada beberapa komponen blog mulai dari tema hingga widget atau plugin yang akan digunakan.

Dalam hal ini untuk mengubah tema blog, kamu harus mengunjungi menu “Theme” 

Mengganti Tema

Setelah ke menu “Theme”, kamu bisa memilih tampilan template blog yang sesuai dengan preferensi. Blogger sendiri telah menyediakan beberapa pilihan tema yang bisa kamu jadikan opsi.

Template Blog

Kalau dari beberapa tampilan tersebut belum ada yang sesuai dengan preferensimu, kamu bisa mencari template gratis lainnya di internet.

4. Mengatur tata letak pada blog

Selanjutnya, setelah menentukan tema yang sesuai dengan pilihan. Kamu bisa mengubah tata letak atau layout dari tema tersebut. 

Cara untuk mengatur tata letak adalah dengan mengklik menu “Layout” yang tertera di samping kiri layar dashboard. Kemudian kamu bisa menyesuaikan tata letak komponen blog tersebut sesuai dengan keinginan. Caranya tinggal klik lalu tarik masing-masing kotak layout tersebut ke tempat yang kamu kehendaki.

Jika penyesuaian layout sudah selesai, kamu bisa langsung menyimpan perubahan tersebut dengan cara klik tombol “Save” pada bagian kanan bawah.

Save Layout

5. Menambahkan konten

Setelah menyesuaikan tampilan dan tata letaknya, kamu bisa langsung membuat konten atau mempublikasikan artikel yang ingin kamu taruh di dalam blog tersebut. Dalam hal ini, blog kamu harus memiliki niche atau kategori yang spesifik. 

Misalnya kamu ingin membuat blog tersebut sebagai tempat untuk belajar internet marketing, maka fokuslah membuat konten yang berkaitan dengan hal-hal tersebut. Jadi kamu tidak perlu membahas atau membuat konten berbau politik, agama atau konteks lain yang tidak ada hubungannya dengan niche blog-mu.

Ini bertujuan agar blog tersebut memiliki segmen audiens yang jelas dan tidak berubah-ubah.

Untuk menambahkan artikel atau konten dalam blog, kamu hanya perlu mengklik tombol “New Post” yang terletak di bagian kiri atas.

Membuat Artikel

Setelahnya, kamu akan mendapati tampilan seperti di bawah ini.

Membuat Artikel-2

Pada halaman tersebut, kamu bisa membuat konten artikel lengkap dengan pengaturan yang bisa kamu sesuaikan dengan preferensi. Mulai dari jenis font, heading, bullet and numbering, text align, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa memaksimalkan ragam fitur lain yang telah Blogger sediakan mulai dari Labels atau Kategori, Schedule Post yang memungkinkan kamu dapat mengatur jadwal posting artikel tersebut, hingga Permalink.

6. Melakukan optimasi pada blog

Setelah selesai mengotak-atik tampilan, layout dan pembuatan konten, berikutnya kamu juga harus memperhatikan optimasi pada blog tersebut.

Dalam hal ini, kamu hanya perlu pergi ke menu “Settings” atau “Pengaturan” yang ada pada sisi kiri dashboard blog. Setidaknya terdapat beberapa aspek pengaturan yang perlu kamu perhatikan. Mulai dari Basic, Privacy, Publishing, Permissions, Posts, Comments, Email, Formatting, Meta Tags, Crawler & Indexing hingga Monetization.

Masing-masing dari sub-menu tersebut perlu kamu sesuaikan dengan tujuanmu dalam memulai blogging. 

Pada sub-menu “Basic” misalnya, kamu bisa merubah judul blog, memperbarui meta deskripsi, penggunaan bahasa, hingga notifikasi peringatan terhadap konten-konten sensitif atau dewasa. 

Kenapa Harus Blogger?

Nah, setelah mengetahui cara membuat blog di Blogger dengan mudah di atas, kamu mungkin bertanya-tanya kenapa harus membuat blog di Blogger? Apa saja keunggulannya jika kita bandingkan dengan platform pembuatan blog yang lain?

1. Blogger adalah milik Google

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, Blogger diakusisi Google pada tahun 2003 hingga saat ini. Tentu hal tersebut membuat semua pengguna Blogger.com memiliki privilege tersendiri.

Mulai dari artikel dan konten yang lebih cepat terindeks oleh crawler dari Google. Selain itu proses monetasi yang mudah bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dari kegiatan blogging ini nantinya. 

2. Gratis!

Tidak seperti WordPress atau situs pembuatan website lain yang membutuhkan biaya tambahan untuk mengganti tema, Blogger membebaskan para penggunanya untuk menggunakan template sesuai dengan preferensi mereka. 

Buat kamu yang jago dalam hal pemrograman juga bisa menggunakan template buatan sendiri, lho. Menarik, bukan?

3. Mudah untuk digunakan

Hanya bermodalkan satu alamat email dari Google (gmail), kamu sudah bisa memiliki semua fasilitas yang Google sediakan mulai dari Google Drive, Google Photos, Youtube, Blogger dan lain-lain.

Sehingga kamu tidak perlu memiliki atau mengelola banyak email hanya untuk kebutuhan tertentu. Lewat satu email dari Google, kamu bisa mengakses ke semua fasilitas yang mereka sediakan.

Nah, itulah tadi artikel mengenai cara membuat blog di Blogger yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Sudahkah kamu siap untuk membuatnya sekarang juga?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.