6 Cara Membuat Blog di WordPress bagi Pemula, 100% Mudah!

  • Bagikan
cara membuat blog di WordPress bagi pemula

Membuat blog bukanlah hal yang sulit apabila Anda bisa memilih platform yang tepat. WordPress menjadi platform yang sudah sangat populer khususnya untuk kalangan blogger. Cara membuat blog di WordPress bagi pemula juga tidak sulit dan bisa Anda selesaikan dengan mudah. Inilah berbagai informasi yang bisa Anda simak untuk membuat blog di WordPress.

Mengapa Menggunakan WordPress?

WordPress memang sangat populer sebagai salah satu platform untuk blogging. WordPress sendiri berdiri pada tahun 2003 silam oleh Mike Little dan Matt Mullenweg. Saat ini WordPress berada pada lisensi General Public License (GPLv2).

Tidak hanya pemula, para expert juga banyak menggunakan WordPress untuk kebutuhan mereka.  Kemudahan yang WordPress miliki memang tidak serta merta membuat platform ini memiliki kualitas yang standar dan murahan. Sebab, hingga saat ini WordPress juga sudah banyak perusahaan pakai untuk berbagai kebutuhan mereka.

Sebut saja perusahaan Mercedes-Benz, The New York, dan lain sebagainya.  Tidak hanya untuk blog saja, banyak yang memanfaatkan WordPress sebagai CMS atau Content Management System. Pasalnya, penggunaan CMS WordPress tergolong lebih mudah untuk modifikasi sesuai dengan kebutuhan para penggunanya.

Secara komunitas, ekosistem WordPress juga terkenal baik. Anda bisa menemukan orang yang memakai WordPress dengan mudah. Tidak heran jika banyak sekali tutorial maupun tips yang bisa membantu Anda dalam mengoptimasi halaman WordPress Anda. Ada juga berbagai forum dimana para pengguna WordPress berkumpul untuk sharing informasi dan pengalaman mereka menggunakan WordPress.

6 Cara Membuat Blog di WordPress

Karena menawarkan berbagai kemudahan, tidak heran jika semakin banyak orang tertarik untuk menggunakan WordPress. Nah, inilah cara membuat blog di WordPress yang bisa Anda jadikan referensi:

1. Mendaftarkan Akun WordPress

cara membuat blog di WordPress bagi pemula
(sumber gambar: wordpress.com)

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mendaftarkan diri untuk membuat akun. Anda harus mengunjungi website resmi WordPress terlebih dahulu yang bisa Anda akses melalui link INI. Bukalah link tersebut pada browser Anda dan kemudian tunggu sampai Anda masuk ke halaman awal.

Pada bagian paling awal WordPress Anda akan menemukan tulisan Get Started. Anda bisa memilih opsi ini untuk membuat akun WordPress. Nantinya Anda harus memasukkan alamat e-mail yang Anda miliki sekaligus dengan password. Anda juga bisa mendaftarkan diri menggunakan akun Google atau Apple ID khusus bagi para pengguna iOS.

2. Menentukan Nama Domain

Cara membuat blog di WordPress bagi pemula selanjutnya adalah dengan menentukan nama domain. Ibaratnya domain adalah sebuah alamt yang menunjukkan lokasi dari blog yang Anda miliki. Maka dari itu, langkahh ini sangat penting agar blog Anda memiliki alamat. Sebagai permulaan, Anda bisa menggunakan domain yang gratis terlebih dahulu.

Untuk nama domain gratis biasanya blog yang Anda miliki nantinya akan memiliki akhiran “.wordpress.com”. Nantinya, nama domain ini juga bisa Anda tingkatkan ke nama domain yang berbayar dan lebih profesional. Umumnya penggunaan domain yang berbayar ini untuk website yang sifatnya profesional dan komersil.

Setelah memilih domain Anda akan menuju halaman yang mengharuskan Anda untuk memilih pilihan paket yang berbayar di WordPress. Namun Anda tetap bisa menggunakannya secara gratis dengan memilih opsi “Start with a Free Sites”. 

3. Membuat Blog

Jika tahap sebelumnya sudah Anda lewati, maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat blog. Pada tahapan ini ada beberapa pengaturan dasar yang harus Anda lakukan supaya blog bisa terbentuk dengan baik. Beberapa langkah pengaturan dasar tersebut adalah:

a. Melengkapi Pengaturan Dasar Blog

Untuk langkah yang pertama adalah Anda harus melengkapi pengaturan dasar blog. Anda bisa mengklik opsi “Name Your Sites” terlebih dahulu untuk memberikan nama pada blog sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Pada bagian ini Anda juga bisa mengisi judul blog, mengganti tagline, serta mengganti icon. Tidak lupa Anda juga bisa melakukan pengaturan timezone dan juga bahasa untuk blog.

b. Mengubah Tampilan Blog

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengubah dan mengatur tampilan blog. Untuk masalah tampilan, bisa Anda atur dan sesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Anda cukup klik opsi “Appereance” yang bisa Anda temukan pada dashboard. Setelah itu Anda akan melihat berbagai macam template yang WordPress sediakan.

Ada banyak sekali template dan bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan. Untuk mengaktifkan template tersebut, Anda hanya perlu klik “Activate”. Kemudian silahkan pilih “Customize” untuk melakukan pengeditan template ke dalam blog yang Anda miliki. Atur saja semuanya sesuai dengan keinginan.

c. Menambahkan Custom Menu

Anda juga bisa menambahkan menu pada bagain blog Anda. Untuk menambahkan menu, Anda hanya cukup klik “Appearace” pada bagian dashboard setelah itu pilih opsi “Menus”. Supaya bisa menambahkan menu, silahkan klik “Create New Menu”.

Kemudian isikan nama menu sesuai yang Anda inginkan setelah itu klik “Next”. Anda juga bisa mengarahkan menu tersebut ke bagian yang Anda inginkan. Misalnya ke bagian pages, posts, category, maupun ke custom links. 

d. Menambahkan Widget

Pada blog WordPress Anda juga bisa menambahkan widget sesuai kebutuhan. Widget adalah berbagai elemen tambahan pendukung yang biasanya terletak di bagian footer maupun sidebar. Widget ini bisa berupa apa saja, mulai dari gallery, archive, audio, kalender, search box, recent posts, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Membuat Blog di Blogger Mudah dalam 7 Langkah!

4. Menambahkan Postingan di Blog WordPress

cara membuat blog di WordPress bagi pemula
(sumber gambar: Riyandi.net)

Cara membuat blog di WordPress bagi pemula juga tidak akan lengkap jika Anda tidak tahu bagaimana menambahkan konten atau postingan. Untuk menambahkan postingan atau konten ini caranya juga terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu klik menu “Posts” yang ada pada dashboard. Jika sudah klik pilihan “Add New”. 

Anda kemudian akan masuk ke halaman editorial dimana Anda bisa menulis konten yang nantinya akan Anda publish.  Pada halaman editorial ini Anda juga bisa berkreasi dengan bebas pada konten yang Anda buat. Mulai dari menuliskan artikel dengan susunan heading tertentu, menambahkan media, maupun pilihan publikasi seperti save as draft, revision, visibility, schedule, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa memberikan beberapa pengaturan tambahan seperti format box, categories box, tags box, hingga featured image atau gambar utama konten. Semuanya bisa Anda atur sendiri dengan mudah. Untuk melihat contoh publikasi blog, Anda bisa melihat hasil-hasil artikel yang Riyandi.net tampilkan.

5. Melakukan Pengaturan Halaman Pada Blog

Halaman atau page adalah unsur penting yang ada di sebuah blog. Nah, Anda juga bisa melakukan pengaturan pada pages ini dengan mudah. Anda bisa memilih untuk menambahkan halaman atau mengubahnya. Caranya hanya perlu untuk mengklik menu “Pages” yang ada pada dashboard. 

Jika Anda ingin menambahkan halaman baru, silahkan klik “Add New Page”. Namun jika ingin mengedit halaman yang sudah ada, Anda hanya perlu menglik simbol titik tiga yang ada disebelah page. Kemudian Anda bisa memilih opsi view page, stats, copy page, copy link, edit, atau bisa juga menjadikan halaman tersebut sebagai homepage pada blog Anda.

6. Mempublikasikan Blog

Apabila semua pengaturan dasar sudah Anda selesaikan, maka cara membuat blog di WordPress yang terakhir adalah mempublikasikan blog. Pada tahapan ini Anda hanya tinggal melakukan eksekusi supaya blog yang sudah Anda buat sebelumnya bisa pembaca cari di mesin pencarian.

Sebelum Anda publikasikan, maka blog tersebut masih berupa rancangan sementara. Ada tanda yang bertuliskan coming soon pada bagian bawah blog yang belum Anda publish. Sebelum publikasi, Anda bisa melakukan preview terlebih dahulu terhadap blog yang sudah Anda buat sebelumnya.

Preview blog ini bisa Anda lihat dalam beberapa versi. Mulai dari versi tablet, handphone, maupun desktop. Apabila sudah fix dan Anda rasa seluruh pengaturan sudah sesuai, maka Anda bisa melakukan publikasi dengan cara klik “Visit Site” yang berada pada bagian kanan atas kemudian klik Launch Site. 

Itulah berbagai cara membuat blog di WordPress bagi pemula yang bisa Anda jadikan referensi. Memiliki popularitas yang tinggi, memang sangat wajar jika peminat WordPress semakin banyak setiap harinya. Anda bisa menggunakan blog di WordPress ini untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari untuk kebutuhan bisnis, profil perusahaan, portofolio, maupun penggunaan pribadi, semuanya bisa Anda pilih dengan mudah bersama WordPress.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.