Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah: Panduan untuk Pemula

  • Bagikan
cara membuka usaha sendiri di rumah

Peluang menjadi seorang wirausaha atau entrepreneur memang masih sangat terbuka lebar di Indonesia. Kabar baiknya, untuk menjadi wirausaha, Anda juga bisa memulainya dalam skala yang kecil yaitu dari rumah. Siapa bilang keuntungannya sedikit? Menjalankan usaha dari rumah tetap berpotensi menghasilkan keuntungan besar bagi Anda jika menjalankannya dengan benar. Untuk itu Anda membutuhkan cara membuka usaha sendiri di rumah agar sukses. Seperti apa caranya? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini!

9 Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah yang Bisa Jadi Referensi

Menjalankan usaha di rumah sebenarnya bukanlah hal yang sulit, namun juga membutuhkan kerja keras dan konsistensi. Berikut cara yang bisa Anda lakukan agar usaha di rumah bisa sukses:

1. Tentukan Usaha Apa yang Akan Anda Jalankan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis usaha apa yang akan Anda jalankan. Ini adalah langkah awal yang paling basic sebelum menjalankan usaha. Apakah usaha kuliner, usaha pakaian, usaha jasa, dan lain sebagainya. Dari sinilah kemudian Anda bisa memulai pendirian usaha dengan baik karena sudah tau apa yang akan Anda jalankan.

Sebaiknya, pilihlah usaha yang memang sesuai dengan minat dan juga passion Anda. Mengapa? Sebab menjalankan sesuatu yang memang menjadi passion Anda akan jauh lebih mudah, daripada yang bukan. Seperti misalnya Anda memiliki passion dalam bidang kuliner, maka bangun usaha di bidang kuliner juga. Dengan begitu, usaha yang Anda jalankan memang berasal dari apa yang Anda cintai.

2. Lakukan Riset dan Perencanaan Awal Usaha

cara membuka usaha sendiri di rumah
(sumber gambar: earlytorise.com)

Cara membuka usaha sendiri di rumah selanjutnya adalah melakukan riset dan merencanakan usaha. Riset bisa Anda lakukan dalam skala yang kecil saja terlebih dahulu. Tujuannya adalah mencari tahu segala hal yang harus Anda persiapkan seputar usaha yang akan Anda jalankan.

Lakukan riset dari hal-hal yang urgent, seperti modal yang Anda butuhkan, riset kompetitor atau pesaing, riset tantangan dalam usaha, dan lain sebagainya. Dari hasil riset inilah nantinya Anda harus membuat perencanaan usaha yang matang. Tanpa adanya rencana usaha yang matang, mustahil bagi Anda bisa mendirikan usaha dengan baik.

Sayangnya, banyak wirausahawan pemula yang menyepelekan adanya perencanaan usaha yang matang. Mereka menganggap hal ini remeh dan berpikir bahwa memulai usaha tetap bisa mereka jalankan meskipun tanpa rencana. Hasilnya, justru mereka akan tidak memiliki pedoman arah usaha yang jelas dan berujung pada gulung tikar. Jadi pastikan selalu membuat rencana usaha yang matang ketika memulai usaha apapun ya.

3. Cari Sumber Modal dan Siapkan dengan Baik

Setiap usaha apapun pasti membutuhkan modal. Tanpa adanya modal, mustahil suatu usaha bisa berjalan dan berkembang. Modal yang Anda butuhkan nantinya akan bergantung pada jenis usaha apa yang akan Anda jalankan dan perhitungannya. Untuk sumber modal sendiri bisa Anda dapatkan dari banyak jalan. Modal awal usaha bisa Anda ambil dari tabungan atau keuangan pribadi.

Namun apabila jumlah modal masih kurang, maka Anda bisa meminjam dari pihak lain seperti bank atau lembaga keuangan lain. Nantinya jika usaha rumahan yang Anda miliki bisa berkembang dengan baik, maka Anda juga bisa memperoleh modal dari investor. Caranya adalah dengan membawa proposal usaha dan berusaha menarik perhatian investor. Jika investor tertarik dan melihat prospek usaha Anda, maka besar kemungkinan investor bisa menanamkan modalnya kepada usaha Anda.

4. Melibatkan Orang Terdekat

Cara membuka usaha sendiri di rumah selanjutnya adalah dengan melibatkan orang terdekat. Dukungan akan sangat Anda butuhkan agar usaha yang Anda rintis bisa berjalan dengan lancar. Anda bisa melibatkan orang terdekat seperti keluarga, sahabat, rekan, ataupun pasangan dalam menjalankan usaha Anda.

Melibatkan orang terdekat ini juga tidak melulu soal jalannya usaha. Dukungan seperti moral, bantuan promosi ke orang lain, juga bisa menjadi hal untuk mereka lakukan. Tetap kendali penuh jalannya usaha adalah pada diri Anda sendiri.

Baca Juga: Intip Daftar Usaha Rumahan yang Lagi Trend di 2021 Berikut Ini Yuk!

5. Cari Keunikan dan Nilai Lebih Usaha yang Anda Miliki

Setiap usaha pasti memiliki persaingannya tersendiri. Bedanya, ada yang persaingannya berat, namun ada juga persaingan yang tidak terlalu berat. Jika memang Anda membuka usaha pada bidang yang banyak saingannya, maka carilah keunikan dan nilai lebihh dari usaha yang Anda miliki. Ini akan sangat berguna agar bisa memenangkan persaingan pasar.

Misalnya ketika Anda membuka usaha catering makanan di rumah. Tentunya usaha catering bukanlah hal baru dan pasti memiliki banyak pesaing. Nah, agar Anda bisa memenangkan persaingan, berikan keunikan atau nilai lebih pada usaha Anda. Contoh nilai lebih adalah jika usaha catering lain tidak memiliki layanan delivery, maka Anda bisa menambahkan layanan ini. Dengan begitu, pelanggan akan lebih memilih catering Anda karena layanannya yang lebih lengkap.

Tidak hanya dari layanan, nilai lebih yang bisa Anda berikan juga bisa berasal dari kualitas produk. Misalnya rasa usaha makanan catering, atau kualitas pakaian yang Anda jual jika Anda menjalankan usaha pakaian. Sebab, tentu setiap pembeli akan lebih memilih usaha yang berkualitas daripada yang tidak.

6. Ikuti Perkembangan Tren Terkini

cara membuka usaha sendiri di rumah
(sumber gambar: aarp.com)

Cara membuka usaha sendiri di rumah selanjutnya adalah selalu memperhatikan tren terkini yang sedang booming. Hal ini sangat penting karena adanya tren ini bisa membantu Anda dalam menyediakan kebutuhan dan keinginan para pelanggan.  Bahkan jika Anda sudah memiliki produk unggulan dan usaha yang mapan, perkembangan tren tetap penting untuk Anda perhatikan.

Tren ini juga bisa memacu dan membantu perkembangan usaha Anda agar lebih maju lagi. Dengan begitu, potensi berkembangnya usaha juga bisa semakin besar. Contohnya adalah tren aplikasi pesan antar makanan yang bisa Anda manfaatkan untuk menunjang usaha catering yang Anda miliki.

7. Pastikan Pengelolaan Keuangan Usaha Berjalan Baik

Pengelolaan keuangan juga menjadi salah satu kunci keberhasilan suatu usaha. Tanpa pengelolaan yang bagus, keuangan usaha bisa menjadi berantakan dan tidak bisa membuat usaha berkembang. Untuk pengelolaan keuangan yang baik, bisa Anda wujudkan dengan membuat catatan laporan keuangan dan arus kas yang lengkap dan rinci.

Tidak perlu membuat pembukuan yang rumit untuk usaha skala rumahan pemula. Yang terpenting adalah setiap keluar masuknya uang harus ada catatannya dengan lengkap. Keuntungan usaha juga harus Anda catat dengan baik. Jangan lupa juga lakukan evaluasi secara berkala terhadap keuangan usaha.

Saat ini juga sudah banyak tersedia aplikasi pembukuan keuangan usaha di internet. Anda bisa memanfaatkan fitur ini agar bisa lebih mudah dalam pengelolaan dana usaha. Dengan begitu, Anda bisa menilai dan memantau kesehatan keuangan usaha Anda dengan jauh lebih mudah dan efisien.

8. Pastikan Memisahkan Dana Usaha dan Pribadi

Mencampurkan dana usaha dan pribadi adalah hal yang kurang baik untuk kelangsungan usaha. Sebab, dana pribadi harus Anda jauhkan dari keuangan usaha. Jika tidak maka keduanya akan bercampur dan kondisi keuangan Anda malah akan jadi berantakan. Besarnya modal, keuntunga, dan keluar masuknya uang akan menjadi tumpang tindih dan membuat pembukuan keuangan jadi kacau.

Solusi untuk mempermudah pemisahakan ini adalah dengan membuat rekening pribadi dan usaha secara terpisah. Dengan cara ini, Anda bisa jauh lebih mudah untuk melihat kondisi keuangan masing-masing pos. Bagi Anda yang menjalankan usaha bersama rekan atau keluarga, pembukuan juga akan menjadi jauh lebih transparan menggunakan cara seperti ini. Jadi, pastikan Anda juga mempraktekkannya ya!

9. Kerja Keras dan Jangan Mudah Menyerah

Cara membuka usaha sendiri di rumah yang terakhir adalah kerja keras dan jangan mudah menyerah. Modal, strategi usaha, dan hal lain yang bersifat teknis bisa Anda upayakan dengan baik. Namun apabila tidak ada kesungguhan dari Anda untuk bekerja keras dan mudah menyerah, maka semua akan menjadi sia-sia. Setiap wirausahawan yang sukses tidak akan mendapatkan kesuksesannya dalam waktu yang singkat. Untuk itu pastikan Anda juga tidak mudah menyerah agar bisa meraih kesuksesan ya.

Itulah beberapa cara membuka usaha sendiri di rumah yang bisa Anda jadikan referensi. Memang bukanlah hal yang mudah dalam memulai usaha. Namun bukan berarti tidak bisa Anda lakukan. Semoga dengan informasi ini Anda bisa menjalankan usaha dengan lebih baik dan lancar ya. Selamat mencoba!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.