Panduan dan Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Sampai Sukses

  • Bagikan
cara memulai bisnis online dari nol

Di tengah kemajuan teknologi yang semakin pesat setiap harinya, bisnis online juga semakin potensial. Semakin banyak orang yang ingin terjun ke dunia bisnis online karena kemudahan dan keuntungannya. Tidak heran jika banyak orang yang mencari bagaimana cara memulai bisnis online dari nol yang baik. Tips ini memang sangat penting sebagai pedoman menjalankan bisnis ini dengan lebih terarah dan tidak sampai gagal. Lalu seperti apa cara untuk memulai bisnis online itu?

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Tentukan Apa yang Ingin Anda Jual

Ketika memutuskan untuk memulai bisnis online, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan apa yang Anda jual. Untuk menemukan apa yang paling potensial untuk Anda jual, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Cara tersebut adalah:

a. Cari Tahu Kebutuhan Pasar

Agar bisa menentukan produk untuk dijual, maka cari tahu dulu apa yang menjadi kebutuhan pasar. Kira-kira apa yang sedang menjadi masalah dari banyak konsumen dan temukan solusi atas permasalahan itu. Nah, untuk mengetahui hal ini Anda harus mau melakukan observasi atau pengamatan supaya tahu apa permasalahan itu.

Misalnya, Anda melakukan pengamatan pada 2 bulan terakhir ini yaitu saat pandemi. Dari pengamatan tersebut Anda melihat bahwa konsumen banyak mencari masker kain yang nyaman untuk mereka kenakan. Nah, sebagai solusi dari hal itu, Anda bisa menjual produk masker kain yang nyaman.

b. Riset Kompetitor

Setelah tahu apa yang ingin Anda jual, maka lakukan riset kompetitor lebih dulu. Tujuan dari riset ini adalah untuk melihat bagaimana persaingan dalam lini produk yang Anda jual. Misalnya, Anda ingin menjual masker kain, maka cari tahu dulu kompetitor yang sama menjual masker kain juga.

Cari kelemahan dan keunggulan dari kompetitor tersebut. Data ini nantinya akan sangat berguna untuk Anda yaitu sebagai bahan dalam merumuskan bisnis online yang Anda jalankan. Ambil pelajaran dari keunggulan kompetitor Anda dan buat lah langkah yang lebih baik daripada mereka. Sementara kelemahan kompetitor bisa menjadi rambu-rambu merah agar Anda tidak melakukan hal yang sama.

Selain itu, dari riset kompetitor ini juga bisa membantu Anda dalam menentukan harga jual produk Anda. Agar lebih laris, Anda bisa menjual harga yang lebih murah dari kompetitor, namun hal ini tidaklah mutlak. Sebab kualitas yang Anda berikan pada produk juga tidak boleh. Jadi jika memang harga jual Anda nantinya lebih mahal sedikit, maka hal itu tidak masalah asalkan memang sesuai dengan kualitas yang Anda tawarkan.

2. Tentukan Sistem Bisnis yang Anda Jalankan

cara memulai bisnis online dari nol
(sumber gambar: oberlo.com)

Setelah mendapatkan data yang cukup mengenai produk yang Anda jual dan kompetitor, maka langkah selanjutnya adalah menentukan sistem bisnis. Maksud dari sistem bisnis ini adalah apakah Anda ingin memproduksi sendiri produk yang Anda jual atau mengambilnya dari supplier. 

Apabila Anda memproduksi sendiri, maka perhitungkan dengan rinci segala kebutuhan yang harus Anda siapkan dan biaya yang harus Anda keluarkan. Selain itu, pastikan Anda bisa melakukan produksi dengan maksimal dengan hasil produk yang berkualitas. Akan tetapi, jika Anda memilih untuk mengambil produk dari supplier maka pilihlah supplier yang berkualitas.

Supplier harus Anda perhatikan dan pilih dengan benar dan hati-hati. Sebab, jika memproduksi sendiri Anda bisa memastikan bagaimana kualitas dari produk yang Anda hasilkan. Sedangkan jika melalui supplier, Anda hanya tinggal menerima produk dalam bentuk jadi dan siap untuk Anda jual. Untuk itu, jika Anda ingin produk yang Anda jual laris, maka pilihlah supplier yang bisa menghasilkan produk berkualitas tinggi.

3. Menentukan Target Pasar

Cara memulai bisnis online dari nol selanjutnya adalah menentukan target pasar. Tahapan ini terbilang sangat krusial karena target pasar bisa membantu Anda untuk memperjelas tujuan produk yang Anda jual dan bagaimana strategi promosi yang paling tepat dengan target pasar tersebut.

Pada dasarnya target pasar adalah kelompok orang yang memiliki karakteristik sama dan memiliki potensi untuk membeli produk Anda. Target ini bisa Anda tentukan dengan kategori yang berbeda-beda. Mulai dari sesuai umur, daya beli, gender, dan lain sebagainya.

Misalnya target masker kain yang Anda buat adalah untuk gender wanita dan pria dengan usia 18 sampai 25 tahun dan memiliki daya beli tinggi. Nah, nantinya strategi pemasaran yang Anda lakukan juga harus yang mudah untuk target pasar itu temukan dan dekat dengan keseharian mereka.

4. Buat Website dan Marketplace 

Dalam bisnis online, adanya website ibaratnya adalah seperti etalase dan toko pada bisnis offline. Melalui website, setiap pelanggan bisa mencari tahu apa yang Anda tawarkan pada mereka. Karena memegang peranan yang penting, maka setiap pebisnis online juga harus memiliki sebuah website.

Nantinya website tersebut harus Anda bangun dengan baik dan profesional. Dari website inilah para pembeli akan melakukan transaksi jual beli mereka. Dalam website tersebut juga bisa Anda sertakan berbagai informasi pendukung lain seperti testimoni pelanggan, deskripsi produk, foto produk, dan lain sebagainya. Semakin lengkap informasi yang Anda berikan maka semakin mudah pelanggan untuk memahami produk Anda.

Selain website, Anda juga bisa membuat berbagai marketplace.  Beberapa marketplace yang populer adalah seperti Shoppe, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya. Masukkan berbagai produk yang Anda jual disitu dan mulai berjualan. Dari marketplace ini Anda bisa memasarkan produk Anda dengan lebih luas lagi. Selain itu, Anda juga bisa memberikan pilihan transaksi dengan lebih banyak untuk para pelanggan.

Baca Juga: Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana dan Efektif untuk Bisnis

5. Buat Strategi Pemasaran yang Tepat dan Efektif

cara memulai bisnis online dari nol
(sumber gambar: flyingsolo.com)

Masih ingat dengan tujuan adanya target pasar? Nah, disinilah peran dari target pasar tersebut sangat Anda butuhkan. Sebab, dengan mengetahui target pasar Anda bisa menyusun rencana pemasaran seperti apa yang paling efektif untuk menjangkau target pasar tersebut.  Misalnya target pasar Anda adalah kelompok usia 18 sampai 15 tahun, pria dan wanita, serta memiliki daya beli yang tinggi.

Kelompok usia tersebut merupakan golongan usia produktif yang sangat dekat dengan penggunaan media sosial setiap harinya. Nah, supaya produk Anda bisa menjangkau mereka dengan efektif, maka pemasaran juga harus Anda lakukan menggunakan media sosial. Bisa juga Anda padukan dengan teknik marketing lain agar lebih efektif.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai tools yang bisa sangat berguna dalam mempromosikan bisnis online Anda. Beberapa tools tersebut diantaranya adalah Google Bisnisku, Instagram Ads, Facebook Ads, Twitter Ads, Email Marketing, optimasi SEO untuk website, dan lain sebagainya. Berbagai tools ini bisa Anda manfaatkan semaksimal mungkin agar pelanggan bisa lebih tertarik dengan produk yang Anda jual.

6. Kepuasan Pelanggan Adalah Segalanya

Cara memulai bisnis online dari nol yang terakhir adalah memperhatikan pelanggan. Dalam bidang usaha atau bisnis apapun, kepuasan pelanggan atau konsumen adalah segalanya. Hal ini menjadi sangat penting karena pelangganlah yang akan menentukan apakah bisnis online Anda bagus atau tidak. Apalagi dalam bisnis online, testimoni atau review usaha dari pelanggan sangat berperan untuk menarik pelanggan yang lain.

Untuk itulah Anda sebisa mungkin harus bisa memberikan pelayanan yang maksimal pada pelanggan agar mereka selalu puas. Wujud dari pelayanan ini bisa berupa pengiriman barang yang cepat, respon terhadap pertanyaan atau keluhan konsumen, packaging atau pengemasan barang yang bagus, hingga pemberian diskon maupun reward untuk pelanggan.

Nah, itulah berbagai cara memulai bisnis online dari nol sampai sukses yang bisa Anda terapkan. Berbagai cara ini bisa membantu Anda agar bisa merintis bisnis dengan kuat dan berkembang dengan maksimal. Tips ini juga bisa Anda terapkan dalam bentuk bisnis online apapun. Baik itu bisnis yang bergerak di bidang fashion, makanan, atau yang lainnya.

Tidak lupa juga selalu pastikan untuk memiliki sikap pantang menyerah dan juga kerja keras. Pasalnya meski terlihat mudah, bisnis online akan menghadapi persaingan yang ketat karena ada banyak sekali pelaku bisnis online lain. Jika Anda tidak tahan banting dan pandai membaca situasi, maka akan sulit bagi bisnis online Anda untuk berkembang. Nah, dengan menerapkan cara memulai bisnis online dari nol ini, semoga Anda bisa memiliki bisnis yang sukses dan ramai ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.