Trik dan Cara Mencari Kata Kunci untuk Artikel yang SEO Friendly

  • Bagikan
cara mencari kata kunci

Kehadiran optimasi SEO memang memiliki pengaruh yang besar untuk sebuah website. Pasalnya, semakin tinggi ranking website, maka akan semakin tinggi pula peluang traffic untuk website. Salah satu langkah terpenting untuk optimasi SEO adalah membuat artikel yang SEO friendly. Hal ini bisa Anda mulai dengan memahami bagaimana cara mencari kata kunci yang tepat untuk artikel website.

Pasalnya, kata kunci inilah yang menjadi inti supaya performa website bisa bagus di SEO. Semakin bagus ketepatan kata kunci yang Anda gunakan, maka semakin efektif pula SEO yang Anda terapkan. Lalu bagaimana cara agar bisa mendapatkan kata kunci yang tepat?

Cara Mencari Kata Kunci untuk Artikel

Pada dasarnya, trik dan cara mencari kata kunci untuk artikel baru bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan berbagai tools. Alat-alat inilah yang bisa membantu proses riset Anda agar lebih akurat dan tepat. Inilah beberapa alat yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari kata kunci:

1. Google Trends

cara mencari kata kunci
(sumber gambar: glints.com)

Tools yang satu ini tentu sudah sangat populer di kalangan para pemilik website. Apalagi layanan ini juga bisa Anda gunakan secara gratis dan bebas tanpa batasan apapun. Anda juga bisa mengatur wilayah sesuai negara yang Anda targetkan supaya hasil kata kunci lebih akurat dan tepat sasaran.

Misalnya Anda menggunakan Google Trends Indonesia. Kemudian Anda ingin menulis artikel dengan tema blog seputar kesehatan. Setelah itu silahkan masukkan berbagai topik yang kiranya terkait dengan topik utama kesehatan tersebut. Baru setelah itu Anda akan mendapatkan banyak saran kata kunci terkait topik kesehatan yang bisa Anda pakai.

Google Trends juga membantu Anda melihat pergerakan grafik popularitas kata kunci yang Anda gunakan. Grafik ini akan sangat membantu Anda untuk melihat seberapa relevansi kata kunci yang akan Anda pakai nanti. Jika jumlah pencariannya sedikit, maka jangan menggunakan kata kunci tersebut. Carilah kata kunci yang memang banyak pencarinya. Tidak hanya kata kunci yang pendek atau short tail keyword, Anda juga bisa mendapatkan saran long tail keyword dengan menggunakan Google Trends.

2. KW Finder

Cara mencari kata kunci untuk artikel SEO selanjutnya adalah dengan memanfaatkan alat KW Finder. Sama dengan Google Trends, Anda bisa menggunakan tools ini secara gratis dan mudah. Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa menemukan keyword apa saja yang memiliki volume pencarian tinggi. Cara penggunaannya juga cukup mudah.

Anda hanya cukup memasukkan topik apa yang ingin Anda tulis, negara yang Anda jadikan target, dan juga bahasa. Nantinya, Anda akan mendapatkan saran kata kunci yang lebih spesifik beserta berbagai informasi terkait kata kunci tersebut. Kata kunci yang muncul dengan volume yang besarlah yang bisa Anda ambil untuk kemudian membuat artikel SEO.

3. SEMRush Premium

Alat selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari kata kunci adalah SEMRush Premium. Berbeda dengan rekomendasi sebelumnya, untuk menggunakan alat ini Anda harus membayar dahulu. Meski begitu, alat ini sangat layak untuk Anda pilih karena jika menggunakannya Anda bisa mengetahui tingkat persaingan dari kata kunci yang sedang Anda cari.

Memahami persaingan ini akan sangat membantu Anda untuk memetakan strategi. Hasilnya, Anda bisa membuat artikel yang memiliki kualitas lebih daripada kompetitor. Dengan begitu Anda bisa memenangkan persaingan yang memang semakin tinggi setiap harinya.

SEMRush memang menyediakan versi gratis. Akan tetapi, versi gratis ini hanya merupakan trial atau percobaan saja selama 7 hari. Selanjutnya, Anda harus mengeluarkan biaya mulai dari 99USD untuk setiap bulannya. Memang bukanlah harga yang murah, namun akan sebanding dengan fitur dan kemudahan yang bisa Anda dapatkan dari alat ini.

4. Answer the Public

Alat selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan adalah Answer the Keyword. Sayangnya, alat yang satu ini tidak memiliki opsi Bahasa Indonesia di dalamnya. Hanya terdapat pilihan bahasa asing seperti Bahasa Inggris. Meski begitu, Anda tetap bisa menggunakan tools yang satu ini karena memang saran kata kunci yang Anda dapatkan terbilang lengkap dan juga komprehensif.

Tidak heran jika pengguna Answer the Public juga tergolong banyak. Saran kata kunci yang Anda dapatkan juga akan berformat 5W+1H yaitu what, where, when, why, who, dan juga how. Nantinya kata kunci dalam bahasa asing yang Anda dapatkan bisa Anda ubah ke bahasa Indonesia. Yang paling penting, alat ini bisa Anda manfaatkan dengan gratis tanpa biaya sepeserpun.

Baca Juga: 6 Langkah Jitu untuk Mendapatkan Uang dari Blog!

5. Ubersuggest

cara mencari kata kunci
(sumber gambar: neilpatel.com)

Cara mencari kata kunci selanjutnya adalah dengan memanfaatkan tools yaitu Ubersuggest. Ini merupakan alat mencari kata kunci yang pembuatnya adalah seorang digital marketer dunia terkenal, Neil Patel. Dari semua rekomendasi, mungkin inilah yang paling populer.

Pasalnya, alat ini bisa Anda manfaatkan secara gratis dan Anda bisa mendapatkan hasil data keyword yang sangat komprehensif dan informatif. Tidak heran jika banyak orang yang menjadikan Ubersuggest sebagai alat utama mereka.  Selain itu, cara penggunaan Ubersuggest juga terbilang sangat mudah bahkan untuk para pemula sekalipun. Anda hanya perlu memasukkan informasi wilayah yang ingin Anda targetkan serta kata kunci dari topik yang Anda inginkan.

Setelah itu Ubersuggest akan menampilkan berbagai kata kunci yang lebih spesifik sekaligus informasi lain seperti volume pencarian, cost per click (CPC), dan tingkat kompetisi dari kata kunci tersebut.

6. Google Keyword Planner

Google tidak hanya menyediakan tools berupa Google Trends saja. Anda juga bisa memanfaatkan Google Keyword Planner untuk mendapatkan kata kunci yang akurat untuk artikel SEO Anda. Google Keyword Planner ini juga menjadi bagian dari Google Adwords.  Untuk menggunakan alat ini juga terbilang sangat mudah. Inilah cara mudah untuk menggunakannya:

  • Login lebih dulu di Google Ads
  • Setelah itu pilih tujuan Google Ads
  • Pilih opsi Discover New Keyword, dan kemudian pilih Get Search Volume and Forecast 
  • Kemudian silahkan pilih filter kata kunci dan ambil kata kunci dari kompetitor
  • Pilih kata kunci yang paling potensial untuk Anda

Setelah itu, Anda akan bisa melihat berbagai data pencarian terhadap suatu keyword bulanan. Anda juga bisa melihat sejauh mana persaingan iklan SEM dan saran cost per click. Dengan lengkapnya fitur yang Google Keyword Planner berikan, tidak heran jika alat ini seringkali menjadi pilihan mutakhir untuk mencari kata kunci.

7. MOZ

Cara mencari kata kunci selanjutnya adalah dengan memanfaatkan MOZ. Agar bisa menggunakan tools ini Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Setelah itu, Anda hanya tinggal memasukkan kata kunci tertentu yang ingin Anda riset. Kemudian MOZ akan menampilkan daftar kata kunci yang bisa Anda gunakan. Lengkap dengan data tingkat kesulitan keyword, dan lain sebagainya.

Sayangnya, Anda hanya mendapatkan versi trial atau gratis selama 30 hari saja. Setelah 30 hari berakhir, untuk menggunakan alat ini Anda harus membayar setiap bulannya sebesar 179 USD. Tidak murah memang, akan tetapi tentu akan sebanding dengan kemudahan yang bisa Anda dapatkan dari alat ini.

8. Google Related Search

Cara ini menjadi salah satu yang termudah untuk Anda lakukan. Meski tidak bisa memberikan data yang lengkap seperti volume pencarian dan lain sebagainya, namun bagi Anda yang ingin mendapatkan keyword dengan mudah dan cepat, tentu ini bisa menjadi solusi.

Setiap kali Anda mencari suatu kata kunci di Google, maka hasil yang Anda peroleh tidak hanya artikel-artikel terkait saja. Jika Anda melihat dengan teliti, maka Google akan menampilkan juga saran kata kunci lain yang bisa Anda gunakan. Biasanya terletak di bagian tengah pencarian atau paling bawah dengan tulisan Search Related to.. (kata kunci yang Anda cari). 

Nah, saran kata kunci inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk menulis artikel SEO yang akurat. Tidak hanya berupa kata kunci pendek atau short tail keyword, akan tetapi Anda juga akan mendapatkan saran long tail keyword atau kata kunci yang panjang.

Nah, itulah berbagai cara mencari kata kunci yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan tools pencarian keyword. Ada alat yang memang gratis namun ada pula yang harus berbayar. Semuanya bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Dengan kata kunci yang tepat, artikel yang Anda buat juga bisa menunjang optimasi SEO Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.