3 Cara Mendapatkan Litecoin dengan Cepat dan Gampang!

  • Bagikan
cara mendapatkan litecoin dengan cepat

Salah satu mata uang kripto yang sangat populer selain Bitcoin adalah Litecoin. Jenis koin ini juga banyak peminatnya karena memang memiliki potensi yang bagus untuk berinvestasi atau trading. Cara mendapatkan Litecoin dengan cepat juga bisa Anda praktekkan dengan mudah. Bagaimana caranya? Yuk, simak informasinya berikuti ini!

Mengenal Litecoin 

Sebelum membahas cara mendapatkan Litecoin dengan cepat, maka agaknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu Litecoin. Melansir dari laman wikipedia, Litecoin adalah mata uang kripto yang menggunakan sistem open source software atau perangkat lunak terbuka. Koin ini berada dibawah lisensi dari MIT/11 dan muncul pada tahun 2011.

Sementara itu, melansir dari situs resmi Litecoin.org, Litecoin sendiri merupakan mata uang digital berbasis P2P (Peer to Peer) yang memberikan kemungkinan bagi para penggunanya untuk melakukan pembayaran dengan instan dan cepat dengan hampir mendekati gratis kepada siapa saja. Penemu dari Litecoin adalah Charless Lee yang sebelumnya pernah menjadi karyawan di perusahaan raksasa Google.

Perlu Anda pahami juga bahwa Litecoin ini bersifat open source alias sangat terbuka dengan pengembangan umum. Litecoin juga terbangun diatas sistem yang secara penuh berjalan secara desentralisasi tanpa memiliki otoritas pusat sedikitpun. Waktu konfirmasi dan transaksi dari Litecoin juga diklaim lebih cepat dan mudah daripada jenis koin lainyya.

Bahkan, banyak yang menganggap dan berpendapat bahwa berbagai keunggulan dari Litecoin ini menjadikannya sebagai pelengkap yang sangat tepat untuk Bitcoin. Simbol dari Litecoin ini adalah LTC di pasar cryptocurrency. Dalam perjalanan pengembangannya, Litecoin telah melewati berbagai update dan pembaharuan yang tergolong signifikan.

Adanya pembaharuan tersebut berujuan untuk menciptakan jenis koin yang benar-benar aman, memiliki konfigurasi yang baik, serta mengurangi biaya transaksi yang gratis. Anda juga bisa menggunakan Litecoin pada berbagai sistem operasi mulai dari Mac OS, Linux, dan Microsoft Windows.

3 Cara Mendapatkan Litecoin dengan Cepat 

cara mendapatkan litecoin dengan cepat
(sumber gambar: investing.com)

Supaya bisa mendapatkan Litecoin, setidaknya ada 3 (tiga) cara yang bisa Anda tempuh. Cara tersebut mulai dari kegiatan menambang atau mining, membeli Litecoin, hingga mengumpulkan Litecoin secara gratis melalui layanan faucet. Mari kita bahas satu per satu ketiga cara untuk mendapatkan Litecoin ini.

1. Membeli Litecoin 

Cara mendapatkan Litecoin dengan cepat yang pertama adalah dengan membelinya. Untuk bisa membeli Litecoin, maka Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan diri ke sebuah exchanger terlebih dahulu. Ada banyak exchanger atau tempat pertukaran koin kripto yang sudah menyediakan Litecoin sebagai salah satu koin mereka.

Setelah melakukan pendaftaran pada exchanger yang sudah Anda pilih, barulah Anda bisa memulai untuk membeli Litecoin. Pembelian Litecoin ini bisa Anda lakukan sesuai jumlah yang Anda inginkan. Saat ini, hingga tanggal 6 Agustus 2021, kurs dari Litecoin (LTC) adalah sebesar Rp. 2.090.472 untuk setiap kepingnya.

Proses pembelian dan penjualan Litecoin yang Anda lakukan nantinya akan bergantung pada kebijakan dan proses beli dari exchanger yang sudah Anda pilih. Jadi, pastikan sudah memahami bagaimana cara membeli Litecoin pada exchanger tersebut ya.

2. Mengumpulkan Litecoin Secara Gratis 

Cara mendapatkan Litecoin dengan cepat yang kedua adalah melalui faucet. Ada banyak sekali website di internet yang memberikan penggunanya kesempatan untuk memperoleh Litecoin. Anda bisa mendapatkan berbagai kepingan-kepingan kecil dari Litecoin yang bisa Anda kumpulkan.

Kelebihan dari faucet ini adalah gratis atau Anda bisa menadapatkan Litecoin tanpa harus mengeluarkan biaya sama sekali alias gratis. Namun, meski gratis ada beberapa hal yang harus Anda garis bawahi dan ingat sebelum menggunakan faucet ini. Pertama, waktu yang Anda butuhkan untuk mendapatkan Litecoin dengan jumlah yang besar tentu akan lama.

Memang bisa mendapatkan Litecoin dengan cepat, namun jumlahnya juga akan kecil. Selain itu, tingkat keamanan dan kredibilitas dari faucet juga masih banyak yang meragukan. Sebab, kebanyakan kasus menggunakan faucet ini berujung pada tindakan scam. Jadi, pertimbangkan dengan seksama dan baik sebelum menggunakan faucet untuk mendapatkan litecoin.

3. Menambang Litecoin atau Mining Litecoin 

Cara mendapatkan Litecoin dengan cepat yang terakhir bisa Anda dapatkan dari kegiatan menambang atau mining Litecoin. Cara ini mungkin menjadi yang paling populer untuk banyak orang pakai karena terbukti lebih aman dan bisa membantu Anda mendapatkan Litecoin dengan cepat. Namun sebenarnya, apa sih kegiatan menambang Litecoin itu? Anda bisa menyimpaknya pada bagian berikut ini.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Mining Bitcoin PC Terbaik untuk Anda Coba!

Mengenal Mining Litecoin 

Jadi, dalam sistem transaksi finansial yang konvensional atau umum, Anda pasti membutuhkan pihak ketiga yang bisa melakukan konfirmasi dan memproses transaksi. Misalnya, ketika Anda melakukan transfer ke rekening lain, maka pihak ketiga yang terlibat adalah perbankan. Nah, karena dalam cryptocurrency sistemnya adalah desentralisasi, maka tidak akan ada orang yang berperan menjadi pihak ketiga.

Tidak akan ada yang menjadi perantara proses transaksi tersebut. Sebagai gantinya, ada banyak sekali pihak yang bisa membantu proses transaksi ini. Nah, disinilah para penambang Litecoin akan mengambil peran. Sebagai penambang, Anda harus memiliki kekuatan komputasi yang kuat supaya bisa menyelesaikan persoalan matematika.

Perangkat matematika ini adalah transaksi Litecoin yang terjadi pada setiap waktunya. Memang membutuhkan kekuatan komputasi yang besar karena persoalan matematika tersebut tidak bisa selesai oleh otak manusia saja. Setelah berhasil membantu penambangan, maka Anda akan mendapatkan imbalan berupa Litecoin. Inilah keuntungan yang akan Anda dapatkan sebagai seorang penambang. Beberapa jenis mining Litecoin adalah solo mining, cloud mining, dan pool mining.

Perlengkapan dan Software untuk Mining Litecoin

cara mendapatkan litecoin dengan cepat
(sumber gambar: investopedia.com)

Seperti yang sudah tertulis pada bagian sebelumnya, proses menambang Litecoin akan membutuhkan komputasi yang besar dan kuat supaya proses memecahkan persoalan matematika bisa berhasil. Nah, dalam proses ini Anda membutuhkan perangkat berupa CPU dan GPU. Kemudian, seiring berjalannya waktu, Anda juga membutuhkan perangkat tambahan berupa ASICs (Application-Spesific Integrated Circuit). 

ASICs memiliki daya komputasi yang jauh lebih kuat daripada CPU dan GPU biasa dalam menyelesaikan persoalan matematika. Perangkat inilah yang menjadi kunci utama keberhasilan Anda dalam memperoleh Litecoin. Selain ASICs, Anda juga bisa menggunakan Antminer L3+ yang tergolong sangat kuat untuk mendapatkan Litecoin dari aktivitas penambangan.

Di pasaran saat ini, Antminer L3+ lah yang memiliki kekuatan paling besar untuk dapat menyelesaikan persamaan matematika. Mengapa? Karena jumlah kalkulasi atau pemecahan persoalan matematika yang bisa Antminer L3+ selesaikan mencapai 504/MH detik. Sementara itu, pesaing lainnya belum bisa mencapai angkat ini. Artinya, kecepatan Antminer L3+ sangat cepat dan belum ada tandingannya sampai saat ini untuk membantu proses penambangan Litecoin Anda.

Menambang Litecoin di Android 

Lalu, apakah cara mendapatkan Litecoin dengan cepat melalui mining hanya bisa melalui komputer atau PC saja? Maka jawabannya adalah tidak. Pasalnya, saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi menambang Litecoin yang bisa Anda gunakan dari perangkat android. Memang jumlahnya tentu tidak akan sebesar penambangan lewat komputer atau PC, namun cara ini tetap layak untuk Anda coba bukan? Beberapa aplikasi tersebut adalah:

1. Droid Minner 

Aplikasi yang pertama adalah Droid Minner. Banyak penambang yang menyukai aplikasi ini karena tidak adanya iklan pada tampilan aplikasinya sehingga lebih bersih dan mudah untuk Anda pakai. Selain itu, Anda juga bisa melakukan penambangan mata uang kripto dengan mudah, termasuk Litecoin dengan mekanisme yang mudah dan cepat.

2. Crypto Miner 

Selanjutnya adalah aplikasi Crypto Miner. Para penambang pemula bisa mempertimbangkan aplikasi ini karena memiliki user interface atau tampilan yang mudah untuk dipakai, termasuk untuk pemula. Namun sayangnya, tidak semua fitur bisa Anda pakai di Cypto Miner dengan gratis. Anda baru bisa mengakses dan menggunakan semua fitur jika sudah membayar sekitar US$2.28.

3. Miner Gate 

Aplikasi yang terakhir adalah Miner Gate. Selain di PC, aplikasi ini juga sudah bisa Anda akses melalui android dengan mudah. Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah karena tampilannya yang mudah Anda pahami bahkan untuk pemula.

Itulah cara mendapatkan Litecoin dengan cepat yang bisa Anda lakukan. Mulai dari membelinya, menggunakan layanan faucet, hingga melakukan penambangan Litecoin. Dari sekian banyak cara, yang terpenting adalah pilih cara yang sekiranya memang aman dan bisa Anda pakai dengan mudah. Dengan begitu, proses mendapatkan Litecoin bisa berjalan lancar.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.