10+ Cara Ampuh Meningkatkan Traffic Website Secara Instan

  • Bagikan
Cara Meningkatkan Traffic Website

Bagi para pemilik situs web ataupun blog, trafik menjadi salah satu komponen yang paling sering diperhatikan dan paling penting. Tak heran banyak para blogger atau pemilik website yang berusaha sekeras mungkin mencari cara meningkatkan traffic website mereka.

Sebab trafik ini bisa menjadi salah satu sumber acuan agar para pemilik blog/website lebih bersemangat dalam membuat konten. Coba bayangkan apa jadinya jika kamu sudah membuat konten berbobot, namun trafik blog/website-nya rendah atau bahkan tidak ada seorang pun yang membaca blog-mu. Tentu akan sangat menyebalkan, bukan?

Maka dari itu, jika kamu adalah seorang pemilik blog atau website tertentu, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu meningkatkan traffic website-mu. Apa saja itu? Berikut beberapa di antaranya:

10+ Cara Instan Meningkatkan Traffic Website

Cara Meningkatkan Trafik Website

1. Membuat artikel yang berkualitas

Dalam praktiknya, artikel yang berkualitas menjadi salah satu ujung tombak sebuah website untuk menarik minat pembaca. Maka dari itu, jika kamu memiliki suatu situs web atau blog, pastikan untuk memproduksi konten-konten yang berkualitas. Dalam hal ini dapat berupa informasi yang faktual (bisa dibuktikan kebenarannya) dan aktual (benar-benar terjadi).

Akan lebih baik lagi jika setiap artikel yang kamu tulis berdasarkan riset data yang mendalam, sehingga pembahasannya akan lebih berbobot bagi pengunjung website-mu. Kamu juga bisa menambahkan serangkaian gambar maupun video untuk membuat artikel tersebut tampil lebih menarik dan tidak membosankan di mata pembaca.

Tentunya artikel yang harus kamu sajikan di blog/website-mu ini haruslah sesuai dengan niche (kategori) situs yang kamu jalankan, ya. Misalnya jika kamu menjalankan situs web tentang teknologi, maka buatlah artikel yang berkualitas soal gadget, perkembangan teknologi dan lain sebagainya. Kamu tidak perlu membuat artikel yang tidak berkaitan dengan konteks niche blog/website-mu seperti politik, kesehatan, dan lain-lain.

2. Lakukan riset kata kunci

Cara meningkatkan traffic website selanjutnya adalah dengan melakukan riset keyword atau kata kunci.

Menulis artikel berkualitas saja sebenarnya tidaklah cukup. Kamu juga perlu melakukan riset kata kunci yang tepat agar konten yang kamu tulis tidaklah sia-sia.

Coba bayangkan apa jadinya jika artikel yang sudah kamu tulis dengan riset mendalam itu justru tidak tampil di pencarian atau sulit sekali ditemukan? Pasti sangat menyebalkan, bukan? Maka dari itu, pemilihan keyword penting dalam hal ini. 

Sebelum memutuskan untuk menulis artikel, lakukanlah riset kata kunci mengenai topik atau konteks apa yang paling banyak dicari oleh pengguna internet. Kamu bisa menggunakan situs-situs keyword researcher yang tersebar gratis untuk mencari kata kunci potensial ini.

Akan percuma jika kamu menulis konten yang bagus tapi tidak banyak orang yang mau mencarinya. Ini hanya akan membuat tulisanmu tersebut sia-sia karena tidak ada yang membaca.

3. Manfaatkan long tail dan LSI keyword

Dalam praktik pengelolaan blog/website, terdapat beberapa jenis kata kunci yang perlu kamu ketahui. Mulai dari short tail keyword, long tail keyword hingga LSI keyword. Nah, masing-masing jenis tersebut akan kami bahas di bawah ini.

Short tail keyword atau kata kunci pendek yang hanya terdiri dari 1 sampai 2 kata saja, seperti “tips bisnis” atau “bisnis sayur”. Jenis keyword yang satu ini biasanya adalah yang paling banyak dicari namun memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi sehingga dalam praktiknya kamu harus memanfaatkan jenis kata kunci yang lain.

Untuk long tail keyword sendiri adalah kata kunci panjang yang terdiri lebih dari 3 kata. Misalnya saja, “tips bisnis sayur online” atau “tips sukses bisnis sayuran”. Meskipun dengan tingkat persaingan yang rendah, namun kata kunci ini bisa menjadi salah satu faktor yang mendongkrak artikelmu berada di ranking lebih tinggi dalam mesin pencari.

Sedangkan untuk LSI Keyword atau Latent Semantic Indexing adalah kata kunci yang biasanya kita temukan dalam suatu topik artikel dan saling berkaitan. 

Sebagai contoh ketika website-mu membahas soal tips bisnis, ada kalanya pada ia akan muncul ketika seseorang mencari keyword tentang pemasaran, pembukuan keuangan, dan lain sebagainya. Hal ini karena, istilah-istilah tersebut masih relevan atau berkaitan dengan dunia bisnis.

4. Buatlah judul yang menarik

Cara meningkatkan traffic website yang berikutnya adalah dengan merangkai judul artikel semenarik mungkin. 

Seperti yang kita tahu, judul menjadi salah satu komponen penting dalam suatu konten atau artikel dalam blog/website. Sebab judul inilah yang akan dibaca pertama kali oleh audiens pada saat mencari suatu sumber bacaan.

Maka dari itu, kamu harus bisa mengemas judul artikel semenarik mungkin agar menggaet lebih banyak orang yang ingin mengklik dan membacanya.

Implementasikan SEO dalam pembuatan judul artikel juga, ya. Seperti dengan memastikan bahwa judul mengandung kata kunci utama yang sudah kamu targetkan.

Kamu juga bisa menggunakan tambahan angka untuk memainkan psikologis pembaca, di mana banyak orang berpendapat semakin besar angka yang tertulis di judul biasanya akan semakin lengkap poin yang terbahas.

5. Gunakan konten visual yang mendukung

Artikel yang kamu buat panjang sedemikian rupa akan terasa kurang jika tidak dilengkapi dengan visualisasi gambar maupun video yang mendukung. Untuk itu kamu bisa menambahkan beberapa ilustrasi yang dapat merepresentasikan konteks dalam konten tersebut.

Pastikan kamu menggunakan gambar bebas hak cipta atau kamu bisa membelinya di berbagai situs foto berbayar. Buat kamu yang tidak mau mengeluarkan modal untuk penggunaan gambar ini, kamu bisa memanfaatkan situs penyedia gambar gratis seperti Freepik, Pexels, Pixabay, Unsplash dan lain sebagainya.

6. Perhatikan kecepatan loading website-mu

Tak bisa dipungkiri, kecepatan website seringkali menjadi salah satu alasan seseorang sering mengunjungi situs tersebut secara berulang. Maka dari itu, untuk memastikan pengunjung website-mu akan kembali lagi, kamu harus menjamin bahwa kecepatan loading-nya tergolong cepat.

Menurut data yang dirilis oleh Google, sebanyak 53 persen pengguna internet meninggalkan website yang membutuhkan waktu loading lebih dari 3 detik. Untuk itu, kamu bisa melakukan optimasi sedemikian rupa agar website-mu dapat dimuat dalam waktu yang cukup singkat kurang dari 3 detik.

Kecepatan loading website yang lama dan terlalu berat dapat meningkatkan persentase bounce rate. Bounce rate adalah istilah untuk menyebut pengunjung website yang langsung pergi tanpa membuka halaman yang selanjutnya pada situs tersebut.

Tingginya persentase bounce rate dalam sebuah blog/website akan sangat mempengaruhi ranking mereka di mesin pencari.

7. Gunakan tampilan website yang responsif

Tampilan atau tema yang responsif juga dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan traffic website-mu. Maksudnya, website-mu harus dapat menyesuaikan tampilannya berdasarkan perangkat yang digunakan, baik itu mobile, dekstop maupun tablet.

Masing-masing perangkat tersebut memiliki lebar layar yang berbeda. Maka dari itu, template suatu blog/website harus seresponsif mungkin agar para pengunjung situs web-mu tetap nyaman untuk berselancar dan membaca artikel-artikel di dalamnya.

8. Gunakan internal link semaksimal mungkin

Penggunaan internal link juga sangat disarankan dalam cara meningkatkan traffic website. 

Buat kamu yang masih awam, internal link adalah teks yang berisi tautan menuju halaman lain di dalam website tersebut. Misalnya, dari satu artikel ke artikel yang lain atau bisa juga kamu arahkan ke link kategori, landing page dan lain sebagainya.

Sedangkan kebalikan dari internal link adalah outbound link. Jenis tautan yang satu ini digunakan untuk mengarahkan pembaca ke situs luar. 

9. Tambahkan tombol share ke sosial media

Dalam blog/website terdapat berbagai macam plugin/widget yang bisa kamu tambahkan. Salah satu tools yang perlu kamu pasang dalam blog/website-mu adalah tombol share ke berbagai macam sosial media.

Cara ini terbukti ampuh meningkatkan traffic website karena dengan demikian akan semakin banyak orang yang tahu konten tersebut. 

Biasanya orang-orang tidak akan sungkan untuk membagikan artikel yang menurut mereka bermanfaat dan memiliki kandungan informasi yang lengkap. Maka dari itu teruslah memproduksi artikel yang berkualitas.

10. Aktif melakukan guest post

Guest post adalah menulis artikel atau konten untuk blog lain namun dengan menyisipkan link atau tautan yang mengarah ke blog/website-mu. 

Cara ini merupakan yang paling mudah untuk dilakukan karena kamu hanya perlu menjalin kerja sama dengan para pemilik blog/website lain. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan kamu mencari blog atau website yang memiliki trafik tinggi, ya.

11. Selalu update konten lama

Artikel yang sudah kamu publish jauh-jauh hari juga harus terus diperhatikan dan dikelola kandungan isinya. Hal ini perlu dilakukan agar konten tersebut dapat terus bersaing dengan konten dari kompetitor yang lain.

Kamu bisa menambahkan poin-poin baru agar konten tersebut semakin lengkap dan lebih berbobot. Dengan demikian, ranking website-mu dapat terus bertahan atau bahkan meningkat dari waktu ke waktu.

Nah, itulah tadi beberapa cara ampuh dalam meningkatkan traffic website ataupun blog yang kamu kelola. Buat kamu yang tak memiliki banyak waktu untuk melakukan cara-cara di atas, kamu juga bisa memanfaatkan ads atau iklan berbayar yang efektif membantu meningkatkan trafik blog-mu. 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.