Cara Menulis di Kompasiana, Berpeluang Dapat Cuan Lho!

  • Bagikan
cara menulis di kompasiana

Ada banyak sekali platform yang bisa Anda gunakan untuk mempublikasi hasil tulisan Anda. Salah satu platform yang tinggi peminatnya adalah Kompasiana. Cara menulis di Kompasiana juga banyak yang mencari karena bisa berpeluang memberikan cuan untuk Anda lho. Lalu, bagaimana cara agar bisa menulis di Kompasiana? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini!

Sekilas Tentang Kompasiana

cara menulis di kompasiana
(sumber gambar: Kompasiana.com)

Bagi Anda yang sering membaca berita terkini, pasti sudah tidak asing lagi dengan Kompasiana. Dikalangan para penikmat tulisan, Kompasiana juga sudah terkenal dan memiliki reputasi tersendiri. Pada dasarnya, Kompasiana adalah nama dari sebuah platform yang berbentuk blog dan publikasi online. Nama Kompasiana sendiri berasal dari nama kolom dari pendiri Harian Kompas yaitu PK Ojong.

Pengembang dari Kompasiana adalah Kompas Cyber Media dan berjalan sejak 22 Oktober 2008. Pada awalnya, Kompasiana bertujuan untuk jaringan internal pada jurnalis dan karyawan dari Kompas Gramedia saja. Akan tetapi pada tahun 2009, Kompasiana mulai bertransformasi menjadi platform blogging yang bisa semua orang akses.  Lalu, darimana konten atau tulisan yang ada di Kompasiana?

Setiap konten yang ada di Kompasiana baik itu berupa artikel, komentar, maupun foto berasal dari setiap pengguna internet yang sudah memiliki Akun Kompasiana. Jadi, ketika Anda ingin berkontribusi untuk menulis di Kompasiana, maka Anda harus memiliki akun Kompasiana lebih dulu.  Nantinya, setelah Anda berhasil menjadi kontributor di Kompasiana, maka Anda juga bisa disebut sebagai Kompasianer.

Cara Menulis di Kompasiana

Seperti yang sudah kami singgung sedikit dibagian sebelumnya, agar bisa menulis di Kompasiana maka Anda harus memiliki akun lebih dulu. Jadi, cara menulis di Kompasiana harus Anda awali dulu dengan mendaftarkan diri.

A. Pendaftaran di Akun Kompasiana

Pendaftaran di Kompasiana juga tergolong sangat mudah dan sederhana. Bahkan bermodalkan smartphone pun Anda bisa mendaftarkan diri. Inilah cara daftar akun kompasiana:

  1. Silahkan masuk ke halaman Kompasiana yang bisa Anda akses di https://www.kompasiana.com/
  2. Setelah itu Anda akan menemukan opsi Daftar yang berada di bawah menu navigasi. Klik opsi Daftar dan mulailah mendaftarkan diri
  3. Isi informasi yang dibutuhkan berupa identitas diri. Mulai dari nama pengguna, nama lengkap, email, jenis kelamin, dan juga password 
  4. Jika sudah lengkap, Anda harus mengisi kode captcha atau kode unik untuk kebutuhan verifikasi. Verifikasi ini sangat penting untuk membuktikan bahwa Anda bukanlah robot
  5. Setelah itu Anda bisa mencentang form dimana akan ada tulisan Saya Menyetujui “Syarat dan Perjanjian”. Anda juga bisa mencentang opsi tambahan “Saya Ingin Berlangganan Newsletter di Kompas” jika memang ingin mendapatkan info terbaru dari Kompas. Namun opsi kedua ini bersifat opsional
  6. Setelah mencentang laman persetujuan, maka Anda bisa meng-klik opsi Daftar dan kemudian tunggu beberapa saat. Nantinya Anda akan mendapatkan email dari pihak Kompas untuk melakukan verifikasi selanjutnya
  7. Buka kotak masuk email dan cari email dari Kompas serta lakukan verifikasi
  8. Setelah itu, buka lagi website Kompasiana dan kemudian login dengan menggunakan akun Kompasiana yang sudah berhasil Anda buat
  9. Selesai!

B. Cara Menulis Artikel di Kompasiana

Setelah berhasil membuat akun, maka Anda sudah bisa memiliki akses dan bisa mulai untuk menulis artikel di Kompasiana. Cara menulis di Kompasiana adalah sebagai berikut:

  1. Login di halaman Kompasiana yang bisa Anda akses di https://www.kompasiana.com/ menggunakan akun yang sudah Anda miliki
  2. Setelah itu Anda akan menuju halaman selanjutnya. Kemudian, Anda harus masuk ke menu profil Anda yang bisa Anda jumpai di menu navigasi
  3. Anda bisa menemukan opsi “Tulis Artikel” dan silahkan klik pilihan tersebut
  4. Kemudian Anda akan masuk ke halaman penulisan artikel. Pada halaman ini Anda bisa menulis artikel dengan bebas sesuai dengan keinginan dan ide yang Anda miliki
  5. Jika sudah selesai, maka Anda bisa mempublikasikan tulisan tersebut. Setelah berhasil Anda publish maka penulisan artikel di Kompasiana sudah selesai. Untuk menulis artikel lainnya, ulangi langkah mulai dari urutan pertama seperti sebelumnya.

Baca Juga: 5 Rahasia Cara Menambah Followers Twitter, Cepat dan Mudah!

Potensi Pendapatan atau Cuan dari Kompasiana

cara menulis di kompasiana
(sumber gambar: Kompasiana.com)

Banyak penulis yang kemudian mencari cara menulis di Kompasiana karena tergiur dengan potensi cuan yang bisa Anda dapatkan. Tentu akan ada bayaran yang Anda dapatkan sebagai imbalan dari kegiatan menulis di Kompasiana. Namun harus Anda ingat, bahwa tidak semua Kompasianer atau penulis artikel bisa mendapatkan cuan dari hasil tulisan mereka. Mengapa?

Sebab, Kompasiana akan menggunakan sistem fee yang sama seperti platform blogging lainnya. Jadi, Anda baru bisa mendapatkan cuan dari artikel jika views atau pembaca Anda juga banyak. Sistem pendapatan di Kompasiana ini nama lainnya adalah K-Reward. Pendapatan tersebut berupa kiriman pulsa GoPay setiap bulannya. Beberapa syarat yang harus Anda penuhi agar mendapatkan keuntungan tersebut adalah:

  • Paling tidak akun Kompasianer harus memiliki centang hijau
  • Artikel yang bisa terhitung jumlah views-nya hanya artikel yang memiliki label Pilihan
  • Minimal jumlah views adalah sebanyak 2000 Unique Views yang berdasarkan perhitungan dari Google Analytic

Nah, apabila sebagai Kompasianer Anda sudah memenuhi semua syarat tersebut, baru Anda bisa mendapatkan keuntungan dari artikel yang sudah Anda buat. Jadi, memang tidak instan proses yang harus Anda tempuh supaya bisa mendapatkan keuntungan di Kompasiana. Meski begitu, potensi mendapatkan keuntungan ini tetap layak untuk Anda coba.

Ada banyak penulis atau Kompasianer yang sudah berhasil mendapatkan keuntungan dari platform ini. Namun, berdasarkan pengamatan dari teman-teman Kompasianer lainnya, akun yang bisa meraih keuntungan besar mencapai jutaan tiap bulan, umumnya kebanyakan adalah akun yang berfokus pada tulisan-tulisan politik.

Tips Supaya Mendapat Banyak Pembaca di Kompasiana

Cara menulis di Kompasiana memang mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Akan tetapi, tidak semua orang bisa mendapatkan banyak pembaca. Tidak semuanya pula bisa mendapatkan potensi keuntungan di Kompasiana. Inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan supaya bisa mendapatkan banyak pembaca:

1. Pilih Topik Artikel yang Sedang Tren

Salah satu tips yang pernah pihak Kompasiana sampaikan supaya artikel bisa mendapatkan banyak pelanggan adalah dengan memilih tren yang sedang tren. Sebab, artikel yang sesuai tren saat itu, lebih berpeluang untuk mendapatkan banyak pembaca. Nah, untuk mencari tahu apa yang sedang tren saat itu, Anda bisa memanfaatkan berbagai media. Mulai dari tren di Twitter, Google, dan lain sebagainya.

2. Buat Artikel yang Berkualitas

Artikel yang Anda buat di Kompasiana haruslah memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan kriteria dari pihak Kompasiana sendiri.   Apabila Anda hanya membuat artikel yang kualitasnya biasa-biasa saja, tentu akan sulit mendapatkan pembaca. Bahkan, belum tentu artikel tersebut bisa lulus dari hasil review pihak Kompasiana.

Selain itu, tidak semua artikel bisa langsung lulus review dari pihak Kompasiana. Artikel yang memiliki label Pilihan lah yang umumnya bisa mendapatkan keuntungan. Untuk itu, buat artikel yang berkualtias dan tidak asal-asalan. Banyaklah berlatih dengan membaca artikel-artikel unggulan yang ada di Kompasiana. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan inspirasi dan referensi artikel yang berkualitas di Kompasiana.

3. Gunakan Kata Kunci atau Keyword yang Banyak Dicari

Selain memilih topik yang sedang tren, kata kunci atau keyword yang Anda pakai juga sangat mempengaruhi kualitas artikel Anda. Sebab, para pembaca Kompasiana tidak hanya berasal dari kalangan Kompasianer itu sendiri.

Para pengguna internet secara general atau umum juga bisa saja mencari informasi di Kompasiana. Jadi, semakin banyak volume pencarian dari keyword yang Anda gunakan, maka semakin besar pula kemungkinan artikel tersebut mendapatkan banyak pembaca.

4. Share Tulisan Anda

Selain ketiga cara sebelumnya, Anda juga bisa mempromosikan tulisan Anda di berbagai media sosial lain. Seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya. Tujuannya agar artikel Anda bisa lebih menjangkau banyak orang. Anda juga bisa melakukan blogwalking ke artikel kompasianer lain maupun share tulisan di berbagai komunitas lainnya.

Nah, itulahh cara menulis di Kompasiana yang bisa Anda praktekkan. Sebenarnya, cara agar bisa menjadi kontributor artikel di Kompasiana tidaklah terlalu sulit. Hanya saja, memang butuh kualitas artikel yang bagus dan pembaca yang banyak jika ingin mendapatkan pendapatan yang besar dari platform ini. Jadi, pastikan Anda selalu berlatih dan konsisten supaya bisa menghasilkan artikel yang berkualitas ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.