Cara Promosi Online Shop di Facebook yang Jitu Tarik Pelanggan

  • Bagikan
cara promosi online shop di facebook

Facebook adalah salah satu media sosial yang juga bisa Anda manfaatkan sebagai media promosi sekaligus. Banyak para pemilik usaha yang menjadikan facebook sebagai sarana promosi karena bisa menjangkau banyak orang. Cara promosi online shop di facebook pun juga terbilang mudah. Yang terpenting, promosi ini bisa membantu Anda untuk menghemat biaya operasional. Nah, jika Anda adalah pemilik usaha, maka Anda bisa menyimak artikel berikut agar bisa promosi di facebook. Yuk, simak sampai habis!

Alasan Menggunakan Facebook Sebagai Media Promosi

cara promosi online shop di facebook
(sumber gambar: glints.com)

Jika Anda hanya menganggap bahwa facebook hanyalah sebuah media sosial, maka anggapan ini sebaiknya Anda ubah. Sebab, sebagai media promosi peran dari facebook juga tergolong besar lho. Kegiatan untuk promosi melalui facebook umum dengan istilah facebook marketing. Setidaknya ada beberapa alasan yang membuat facebook masih efektif untuk mendapatkan pelanggan:

1. Bisa Menjangkau Calon Pembeli dengan Luas dan Akurat

Facebook adalah salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak di Indonesia, bahkan dunia. Hal ini membuat jangkauan audiens yang bisa facebook dapatkan menjadi lebih luas. Bahkan, Anda bisa mendapatkan calon pembeli tidak hanya dari dalam Indonesia saja, melainkan juga luar negeri.

Selain luas, target pasar di facebook juga terbilang akurat karena Anda bisa mengatur sendiri hal ini. Untuk mengaturnya Anda bisa menuju consumer insight yang ada di facebook. Melalui fitur ini algoritma yang ada pada facebook akan secara otomatis mengarahkan produk Anda ke target konsumen yang ingin Anda tuju. Tentunya hal ini bisa memudahkan Anda untuk promosi produk.

2. Cocok untuk Segala Jenis Usaha

Facebook juga menjadi salah satu media sosial yang bisa digunakan oleh semua lapisan masyarakat. Untuk itu, segala jenis usaha yang Anda miliki bisa memanfaatkan facebook untuk menarik pelanggan. Baik itu online shop dalam skala yang kecil, menengah, maupun besar, semua tetap bisa memanfaatkan facebook dengan baik.

3. Memiliki Banyak Fitur Menarik

Alasan selanjutnya adalah facebook memiliki banyak sekali fitur menarik yang bisa Anda manfaatkan sebagai pemilik online shop. Sebut saja Facebook Ads yang bisa Anda manfaatkan untuk menarik pelanggan dengan efektif. Dengan memanfaatkan Facebook Ads, Anda bis mempromosikan produk online shop dengan lebih menarik, memperoleh jangkauan yang luas, dan sesuai dengan target pasar yang Anda tuju.

Baca Juga: Panduan Cara Membuat Proposal Usaha yang Baik dan Benar

7 Cara Promosi Online Shop di Facebook

cara promosi online shop di facebook
(sumber gambar: sasanadigital.com)

Dengan berbagai alasan yang sudah kami sampaikan, tidak heran jika sampai saat ini masih banyak sekali pengusaha yang memanfaatkan facebook untuk promosi. Nah, jika Anda juga tertarik, berikut langkah untuk promosi di facebook:

1. Kenali Dulu Target Audience Anda

Sebuah produk akan lebih mudah untuk Anda promosikan jika Anda sudah mengetahui siapa target audience atau target konsumennya. Sebab, dengan mengetahui hal ini Anda bisa menentukan dan menyesuaikan jenis konten untuk posting dengan lebih mudah. Cara yang harus Anda tempuh untuk menentukan target konsumen adalah dengan melakukan riset kecil-kecilan. Cari sekiranya siapa yang akan cocok untuk membeli produk Anda.

Setelah itu, barulah manfaatkan facebook sesuai target konsumen yang sudah Anda tentukan. Sebab nantinya di dalam Facebook Ads, Anda bisa mengatur target konsumen ini sesuai preferensi Anda. Bisa Anda sesuaikan berdasarkan interest, jenis kelamin, usia, dan juga demografi.

2. Posting Konten yang Menarik

Konten selalu menjadi tokoh kunci dalam keberhasilan marketing dimana saja, termasuk pada facebook. Agar banyak orang yang melirik produk Anda, maka Anda harus bisa menarik perhatian mereka lewat konten yang Anda posting. Konten ini bisa dari foto, video, maupun caption atau teks yang Anda cantumkan.

Untuk itulah Anda tidak bisa sembarangan dalam menyusun konten yang Anda posting. Semakin menarik dan powerful, maka semakin besar peluang konsumen untuk tertarik pada produk Anda dan akhirnya akan membelinya.

3. Optimalkan Adanya Facebook Ads untuk Beriklan

Cara promosi online shop di facebook selanjutnya adalah menggunakan Facebook Ads. Fitur dari facebook yang satu ini akan sangat memudahkan Anda untuk mengiklankan produk yang Anda miliki dengan efektif dan bisa menjangkau banyak konsumen. Beberapa fitur dalam FB Ads yang bisa Anda manfaatkan adalah:

a. Mencari Konsumen Baru

Di dalam Facebook Ads, Anda bisa terbantu dalam menciptakan target konsumen yang baru. Saat halaman facebook online shop Anda sudah banyak pengikutnya, maka Anda bisa menciptakan kelompok target konsumen baru secara otomatis. Nantinya, target konsumen baru tersebut bisa langsung mendapatkan iklan produk Anda dengan berkala.

b. Adanya Conversion Tracking 

Di dalam FB Ads, Anda juga akan mendapatkan fitur conversion tracking. Dengan fitur ini, Anda bisa mengetahui berapa banyak jumlah orang yang sudah membeli produk yang online shop Anda tawarkan. Dari informasi ini Anda bisa melakukan evaluasi seberapa efektif iklan yang Anda tampilkan.

Jika conversion tracking-nya masih rendah, maka menjadi PR Anda untuk memperbaiki iklan di facebook. Sebab ini menandakan iklan yang Anda tampilkan belum maksimal. Akan tetapi, jika conversion tracking sudah cukup tinggi, maka Anda harus mempertahankan sembari mencari target konsumen baru.

4. Pahami Cara Konversi yang Tepat

Cara mengkonversi iklan menjadi salah satu kiat yang harus Anda pahami agar promosi di facebook menjadi semakin efektif. Maksud dari mengkonversi adalah memahami bagaimana cara untuk mengubah calon konsumen menjadi pelanggan tetap online shop Anda. Nah, acuan yang bisa Anda gunakan adalah angka dari conversion tracking dalam Facebook Ads. 

Ketika Anda melihat bahwa ada banyak orang yang merespon iklan Anda maka, selanjutnya adalah mencari cara bagaimana agar calon konsumen tersebut terus menjadi pelanggan tetap Anda. Bukan hal yang mudah untuk melakukan hal ini, sebab kepuasan pelanggan adalah hal yang utama. Untuk itu, Anda bisa melakukan beberapa cara supaya konversi berjalan dengan tepat dan cepat seperti:

  • Bersikap responsif, inisiatif, dan cepat kepada para pembeli
  • Menguasai product knowledge dalam online shop Anda
  • Selalu memprioritaskan konsumen

Dengan berbagai cara ini, Anda bisa menciptakan kepuasan pelanggan yang tinggi. Hasilnya, adalah pelanggan tetap yang terus mau berbelanja di online shop Anda.

5. Membuat Facebook Page Online Shop 

Page atau halaman, menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan cara promosi online shop di facebook. Ibarat sebuah toko, jika toko tersebut tidak menarik maka tentu pengunjungnya akan sepi bukan? Nah, untuk itulah Anda harus membuat page online shop yang menarik calon konsumen.

Caranya bisa dengan membuat foto profil yang menarik, adanya informasi pada bagian “about”, cover halaman, dan kelengkapan informasi lainnya. Jangan lupa untuk mencantumkan juga segala produk yang Anda jual dengan rinci, detail, dan menggunakan foto yang menarik. Kombinasi dari berbagai hal ini, akan membuat calon konsumen lebih yakin dan tertarik untuk berbelanja di online shop Anda.

6. Jalin Komunikasi dengan Audience

Agar tercipta hubungan yang baik dengan konsumen, Anda juga harus senantiasa menjalin komunikasi dengan mereka. Cara ini bisa membantu konsumen agar merasa dekat dengan online shop yang Anda miliki. Untuk berkomunikasi, Anda bisa memanfaatkan fitur komentar dan juga likes pada facebook. Jika ada pertanyaan, kritik, saran, maupun keluhan, juga harus Anda respon dengan baik dan ramah agar konsumen bisa senantiasa berkomunikasi dengan Anda.

7. Tampilkan Testimoni dari Pelanggan Lain

Banyak orang yang akhirnya mantap membeli produk karena melihat testimoni atau review dari pelanggan yang lain. Untuk itu, Anda harus mencantumkan testimoni dari pelanggan untuk menarik pelanggan yang lain. Tampilkan kesan dan pesan mereka ketika berbelanja di online shop Anda.

Salah satu yang penting adalah perihal testimoni pembayaran, pengemasan, dan pengiriman produk. Semakin baik hasil testimoni, maka semakin baik pula reputasi dari online shop yang Anda punya. Jangan lupa juga bahwa Anda harus bekerja semaksimal mungkin untuk selalu memperbaiki dan meningkatkan pelayanan agar testimoni dari para pelanggan selalu bagus.

Nah, itulah informasi tentang cara promosi online shop di facebook yang bisa Anda jadikan referensi. Mengingat facebook marketing adalah salah satu cara efektif untuk menarik pelanggan, maka jangan ragu untuk menggunakan facebook sebagai sarana promosi ya. Dengan begitu, online shop yang Anda miliki bisa lebih terkenal dan mendapatkan banyak pelanggan!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.