10+ Cara Promosi yang Menarik untuk Bisnis Online

  • Bagikan
Cara Promosi yang Menarik

Beberapa tahun belakangan bisnis online telah menjadi primadona bagi para pelaku bisnis kecil. Hal tersebut disebabkan karena cara promosi yang bisa dilakukan dengan mudah dan dikemas secara menarik. 

Selain itu, melebarkan sayap ke pasar online juga tidak membutuhkan modal besar, bahkan dapat kita lakukan secara gratis dengan memanfaatkan sosial media dan platform e-commerce yang ada. Tak heran jika kini media online banyak dimanfaatkan untuk berbisnis dan memperluas branding suatu bisnis. 

Sayangnya meski banyak pelaku bisnis yang sudah terjun ke platform daring untuk memasarkan produknya. Sebagian besar dari mereka masih belum tahu cara memaksimalkan pemasaran dengan benar, beberapa di antaranya bahkan masih berjualan konvensional dan cenderung menggunakan teknik hard selling.

Nah, maka dari itu, untuk membantu pemasaran produk bisnismu agar lebih maksimal, berikut ini kami akan memberikan informasi seputar cara promosi yang menarik untuk bisnis online. Apa saja itu?

10+ Cara Promosi yang Menarik untuk Bisnis Online

10+ Cara Promosi yang Menarik

1. Memberikan potongan harga maupun cashback 

Harga menjadi salah satu faktor yang paling mempengaruhi seseorang untuk memutuskan membeli sebuah produk. Maka dari itu, salah satu cara promosi yang menarik adalah dengan memberikan diskon atau potongan harga pada produk-produk tertentu, khususnya produk yang best seller.

Potongan harga yang kamu berikan tidak harus dalam persentase yang besar untuk menarik minat pelanggan. Kamu bisa memberikan diskon mungkin 5-20% untuk membuat pelanggan melirik produkmu tersebut.

Namun meski demikian, kamu juga tidak boleh asal dalam menentukan persentase diskon tersebut. Pastikan dengan diskon yang berlaku, kamu masih bisa mendapatkan keuntungan dan tidak sampai merugi.

Selain itu, promo potongan harga ini tidak harus kamu terapkan setiap hari. Melainkan bisa untuk momentum tertentu saja. Misalnya, pada saat Hari Kemerdekaan, Hari Belanja Online Nasional, Tahun Baru, Hari Raya dan lain sebagainya.

Besaran potongan harga yang kamu bandrol juga bisa disesuaikan dari momentum-momentum tersebut. Kamu juga bisa memberikan persentase diskon besar jika memang ingin melakukan cuci gudang atau mengeluarkan banyak stok lama.

2. Memberikan penawaran gratis ongkir

Tidak bisa dipungkiri ongkir atau ongkos kirim menjadi salah satu hal yang paling banyak dipertimbangkan para pembeli online. Bolehlah produk yang kamu tawarkan lebih murah dibanding kompetitor, tapi dengan ongkir yang tinggi membuat pelanggan seringkali mengurungkan niatnya untuk belanja di toko online-mu.

Untuk itu, kamu bisa menyediakan promo berupa gratis ongkir untuk pelanggan dengan syarat dan ketentuan tertentu. Misalnya gratis ongkir untuk minimal belanja Rp 100 ribu dan maksimal potongan gratis ongkir hingga Rp 30 ribu.

Dijamin deh, dengan promo tersebut, calon konsumen yang melirik produkmu akan semakin banyak.

3. Berikan bonus atau hadiah di setiap pembelian

Selain kedua cara di atas, kamu juga bisa memberikan bonus atau hadiah setiap kali konsumen melakukan pembelian dengan nominal tertentu. Sebagai contoh, untuk pembelian Rp 50 ribu atau kelipatannya, mereka akan mendapatkan merchandise khusus yang berkaitan dengan brand-mu.

Cara promosi yang menarik satu ini cocok kamu coba, terlebih jika brand-mu masih kecil dan belum banyak dikenal. Karena kamu juga bisa memperluas branding bisnis lewat pemberian hadiah kecil tersebut.

Kamu bisa memberikan stiker, masker, totebag atau apapun dengan motif logo atau nama brand-mu. Nantinya ketika mereka menggunakan produk hadiah tersebut, secara tidak langsung mereka sudah membantu memperluas brand awareness bisnismu ke orang-orang di sekitarnya, loh.

4. Buy 2 get 1 free

Selanjutnya, kamu juga bisa membuat promo beli 2 gratis 1. Terlebih jika produk yang kamu jual berupa makanan, minuman hingga keperluan rumah tangga.

Promo seperti ini biasanya sangat menarik minat pelanggan untuk melakukan pembelian, meskipun pada saat itu mereka tidak begitu membutuhkan barangnya.

Jadi jika kamu sedang berusaha meningkatkan omset penghasilan bisnismu, cara ini patut dan sangat layak untuk dicoba. 

Tentunya juga harus diimbangi dengan kalimat copywriting yang menarik agar semakin banyak konsumen yang melirik produk tersebut. Terlebih jika kamu memposting promo ini di akun sosial media bisnismu, caption dan visual yang menarik akan membantu mencapai engagement yang kamu inginkan.

5. Gunakan iklan berbayar di sosial media

Cara promosi yang menarik berikutnya adalah dengan menggunakan iklan berbayar dari platform sosial media. Kamu bisa menggunakan Facebook Ads, Instagram Ads maupun Tiktok Ads untuk mempromosikan produk yang kamu jual.

Tentunya konten yang akan digunakan untuk promosi berbayar tersebut harus dikemas dengan semenarik mungkin. Misalnya jika kontennya berupa video, pastikan video tersebut membuat orang tertarik menontonnya sampai akhir atau jika berupa foto, kamu harus membuat konten promosi tersebut eye-catching dan membuat audiens tertarik untuk menyimaknya.

6. Menggaet influencer untuk promosi bisnis online

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan jasa orang-orang berpengaruh (influencer) yang memiliki banyak pengikut di sosial media mereka. Memang jika dibandingkan dengan cara promosi sebelum-sebelumnya, menggaet influencer ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Terlebih jika kamu ingin menggaet influencer dengan ratusan ribu atau bahkan jutaan followers. Biaya untuk melakukan endorsement ini dapat bermacam-macam mulai dari jutaan hingga puluhan juta hanya untuk 1 postingan. 

Namun biasanya, biaya tersebut akan sebanding dengan insight serta omset yang akan kamu dapatkan. Di mana selain omset penjualan produkmu mengalami peningkatan, followers atau pengikut sosial media bisnismu juga akan bertambah signifikan.

Kamu bahkan bisa menggunakan video atau foto review dari influencer tersebut untuk mengiklankan produkmu menggunakan sosial media ads seperti pada poin sebelumnya. 

Proses branding menggunakan influencer ini terbilang sangat efektif karena bisa berpengaruh terhadap penjualan bisnismu dalam jangka panjang.

7. Memberikan garansi

Cara promosi yang menarik berikutnya adalah dengan memberikan jaminan garansi 100%. Terutama jika produk yang kamu jual berkaitan dengan barang-barang elektronik atau fashion. 

Ada kalanya pelanggan akan menemukan titik cacat pada produk yang telah kita kirimkan. Misalnya pada produk pakaian, terdapat noda kotor atau robekan di salah satu sisinya, tentu pelanggan berhak mendapatkan barang ganti rugi yang masih dalam kondisi prima seutuhnya.

Selain itu, jika kamu menjual produk-produk elektronik, biasanya barang seperti ini lebih rentan mengalami kerusakan di pengiriman. Entah itu produk yang tidak berfungsi saat paket sampai di tangan pelanggan ataupun terdapat kerusakan fisik seperti retak, pecah dan lain sebagainya.

Maka dari itu, kamu harus mau menanggung garansi apabila terdapat kerusakan pada produk yang dibeli pelanggan. Kamu juga bisa meminimalisir terjadinya kerusakan dengan mengemas paket tersebut menggunakan packing kayu atau dengan menggunakan bubble warp yang cukup tebal.

8. Berikan tester atau sample produk

Cara promosi yang satu ini cocok dicoba atau diterapkan bagi mereka yang berjualan produk kuliner, kecantikan maupun parfum. Di mana kamu bisa menambahkan sample produk di setiap orderan pelanggan agar mereka bisa mencoba produk lain yang kamu jual.

Dengan demikian, pelanggan akan merasa senang karena mereka mendapatkan bonus, selain itu kamu juga secara tidak langsung telah berusaha mengenalkan produkmu yang lain ke pelanggan tersebut. 

Siapa tahu ketika pelanggan tersebut merasa cocok dengan produk sample-nya, ia akan melakukan pembelian kembali pada produk versi utuhnya. Lumayan, kan?

9. Beli banyak, harga grosir

Kamu juga bisa menawarkan harga grosir untuk pembelian dalam jumlah banyak agar semakin menarik minat pembeli. 

Misalnya untuk harga 1 produk kamu pasang harga Rp 50 ribu, jika pelanggan melakukan pembelian 5 produk sekaligus, harga yang dibandrol per produknya menjadi Rp 45 ribu. Dengan begitu mereka akan berpikir untuk membeli banyak produk sekaligus karena berpikir akan jauh lebih hemat.

Selain itu, harga grosir ini juga akan sangat menguntungkan bagi para reseller maupun dropshipper yang bekerja sama dengan bisnis online-mu, loh. Kamu bisa mendapatkan lebih banyak penjualan dan meraup omset yang lebih besar juga nantinya.

10. Membuat paket bundling

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan cara promosi dengan membuat paket bundling yang menarik. 

Paket bundling ini kerap dijadikan pilihan bagi mereka yang tidak mau ribet dan mau belanja lengkap sekaligus. Maka dari itu, kamu bisa membuat beberapa paket bundling dengan isian yang berbeda-beda.

Misalnya jika kamu berjualan produk pakaian, kamu bisa membuat paket bundling fashion casual, formal, korean style dan lain sebagainya. Nanti paket-paket tersebut sudah berisi rekomendasi kemeja, kaos, celana hingga sepatu yang cocok untuk digunakan satu set. Atau jika bisnismu bergerak di bidang kecantikan atau perawatan kulit, kamu juga bisa membuat paket bundling khusus untuk perawatan wajah maupun kulit dari pagi sampai malam. 

11. Promosi yang menarik dengan mystery box

Belakangan cara promosi suatu produk menggunakan metode mystery box ini menjadi primadona bagi setiap brand. Khususnya mereka yang memiliki banyak jenis stok barang lama dari gudang yang ingin dikeluarkan.

Paket mystery box biasanya di jual dengan harga yang lebih miring atau di bawah harga pasar namun konsumen tidak bisa memilih produk seperti apa yang akan mereka dapatkan. Nantinya kamu bisa mengisi paket tersebut dengan produk random namun harus tetap sesuai dengan keterangan pada etalase toko online.

Misalnya, kamu menjual mystery box berisi kemeja flanel, pastikan kamu tetap mengisinya dengan kemeja flanel apapun tanpa memandang warna dan motifnya. Jangan sampai pelanggan yang membeli mystery box kemeja flanel malah kamu berikan kaos secara random.

Nah, itulah tadi beberapa cara promosi yang menarik untuk bisnis online dan bisa kamu coba implementasikan. Kira-kira mana yang tertarik untuk kamu coba?

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.