Cara Sukses Jualan Online Tanpa Ribet di Tahun 2021

  • Bagikan
Cara Sukses Jualan Online

Era digital memberikan banyak kemudahan bagi para pelaku bisnis konvensional. Ragam cara sukses jualan online kini bahkan sudah dapat diakses oleh semua orang tanpa terkecuali. 

Mereka yang sebelumnya hanya terbatas menjual produk secara offline dengan jangkauan konsumen yang terbatas, kini dapat melebarkan sayap pemasarannya hingga ke luar daerah bahkan ke manca negara berkat platform media daring yang ada seperti sekarang. Banyak pelaku UMKM yang memutuskan go online juga akhirnya merasakan kenaikan omset hingga berkali-kali lipat.

Maka sangat disayangkan apabila di tahun 2021 ini masih banyak pelaku usaha kecil yang belum mau melebarkan sayapnya ke platform online seperti sosial media maupun e-commerce yang ada. Selain dapat digunakan secara gratis, platform tersebut juga memungkinkan bisnis kita dapat diketahui oleh banyak orang.

Namun untuk sukses berjualan online tentu diperlukan tips dan trik tertentu. Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan cara sukses jualan online tersebut yang bisa kamu coba meskipun masih pemula. 

Cara Sukses Jualan Online Tanpa Ribet di Tahun 2021

Bisnis Online

1. Manfaatkan semua platform yang ada

Ada banyak platform sosial media dan e-commerce yang bisa kamu gunakan untuk memperluas jangkauan pasar bisnismu. Lewat platform-platform tersebut kamu bisa mengenalkan produkmu ke lebih banyak orang dan berpotensi meningkatkan omset penjualan.

Tentunya untuk menjual produk ke sosial media dan situs e-commerce seperti Tokopedia, Shopee dan lain sebagainya tidak boleh sembarangan. Terdapat beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan perhatikan.

Salah satu poin penting dalam menjual produk online adalah kamu harus membuat foto produk terlihat lebih menarik dan eye-catching, dengan demikian setiap orang yang melihatnya memiliki ketertarikan untuk membeli produk tersebut. Selain itu, kamu juga harus membuat deskripsi produk yang lengkap dan menarik agar semakin besar peluang calon konsumen dikonversikan menjadi bentuk penjualan.

Setiap platform sosial media dan e-commerce juga memiliki fiturnya tersendiri. Sebagai pelaku usaha yang ingin sukses berjualan online, ada baiknya untuk belajar dan memanfaatkan seluruh fitur yang ada di dalamnya. Misalnya di Shopee, kamu bisa melakukan live secara rutin untuk menarik perhatian calon konsumen dan memberikan promo-promo ciamik lainnya.

Tak perlu khawatir soal penggunaan semua platform tersebut, kamu bisa memanfaatkannya tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun alias GRATIS! Namun ada kalanya terdapat fitur premium yang memungkinkan kamu harus melakukan pembayaran seperti untuk memasang iklan atau promosi agar produkmu lebih banyak direkomendasikan.

2. Gunakan promosi berbayar

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, hampir semua sosial media seperti Facebook, Instagram dan Tiktok memberikan fitur tambahan bagi para pelaku usaha yang ingin mempromosikan bisnis online mereka di platform tersebut. 

Dalam hal ini, kamu bisa memasang iklan dan menentukan target audiens mulai dari usia, ketertarikan, domisili dan lain sebagainya agar iklan produk tersebut sampai ke orang-orang yang memang sedang mencari atau membutuhkan produk serupa. Sehingga iklan tersebut dapat berjalan secara efektif dan menghasilkan tingkat penjualan yang lebih baik.

Berbeda dengan ketika kamu memasang iklan di koran atau televisi, orang-orang yang melihatnya belum tentu memiliki ketertarikan untuk membeli produk tersebut. Sedangkan di sosial media ini, kamu bisa menentukan semua kriteria pelanggan termasuk jenis kelamin, jika produkmu dikhususkan untuk orang tertentu.

Selain itu, promosi berbayar juga biasanya tersedia di beberapa marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan BukaLapak, di mana hal ini memungkinkan produkmu dapat muncul di pencarian paling atas pada kata kunci tertentu. Tujuannya, calon konsumen yang melakukan pencarian tersebut langsung melihat produkmu berada di hasil teratas sehingga peluang terjadi konversi penjualan akan lebih besar.

Yang menarik dari promosi berbayar di media daring seperti ini adalah kamu bisa menyesuaikan budget-nya dan membatasi waktu iklan tersebut berjalan. Dengan demikian, kamu tidak selalu harus mengeluarkan modal besar.

3. Pelajari skill copywriting

Copywriting adalah sebuah aktivitas di mana kita membuat sebuah tulisan atau kalimat yang dapat mempengaruhi orang lain untuk mengikuti apa yang kita inginkan. 

Sebagai contoh, pernahkah kamu melihat sebuah iklan yang benar-benar menarik sampai kamu yang semula tidak berpikir untuk membeli produk tersebut justru berakhir membelinya karena tidak mau melewatkan promo dan sebagainya? Bisa jadi itu karena kamu termakan oleh kalimat copywriting yang mereka buat.

Kalimat copywriting tersebut di antaranya seperti:

“Beli sekarang juga sebelum harga naik”

“Jangan lewatkan promo menarik dari kami kali ini”

“Beli sekarang untuk mendapatkan promo bundling dan bonus sample produk kami yang lain”

Serta masih ada banyak lagi lainnya.

Dalam pemasaran online, copywriting memegang salah satu peranan penting karena selain visual, materi berupa teks ini merupakan senjata utama untuk menarik perhatian orang-orang. Mereka yang semula tidak membutuhkan produk kita bisa jadi berubah pikiran lewat kalimat copywriting tersebut.

Maka dari itu, sebagai pelaku usaha yang sedang mencari cara sukses jualan online kamu juga harus mempelajari skill yang satu ini. Copywriting ini dapat kamu implementasikan di semua tempat seperti papan iklan konvensional, caption sosial media, landing page website bisnis, dan lain sebagainya.

Untuk membuat copywriting yang bagus dan menarik, kamu perlu memperhatikan beberapa hal di antaranya adalah sebagai berikut:

– Buat judul yang menarik atau clickbait

– Berikan penjelasan terkait masalah yang bisa dipecahkan oleh produk yang kamu jual

– Tunjukkan kredibilitas bisnismu sebagai pemecah masalah 

– Lampirkan testominal pelanggan lain

– Berikan penawaran atau promo yang menarik

– Tunjukkan tingkat urgensitas produk atau promosi yang dijalankan

dan masih banyak lagi lainnya.

4. Jalankan strategi content marketing

Pemasaran digital akan sangat erat kaitannya dengan content marketing. Apa itu content marketing? 

Secara sederhana, istilah ini merujuk pada metode pemasaran yang menggunakan konten sebagai bahan utamanya. Dalam hal ini konten tersebut tidak hanya terbatas pada foto atau video saja, namun juga dapat berupa artikel, e-book, audio (podcast), dan lain sebagainya.

Pada intinya, content marketing adalah semua media yang bisa kamu manfaatkan atau publikasikan di media sosial untuk meraup lebih banyak minat dari calon konsumen. Tentunya untuk membuat konten ini, kamu tidak boleh asal-asalan.

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu garis bawahi dan perhatikan dalam praktik content marketing. Misalnya, konten yang kamu buat haruslah berkaitan dengan jenis produk atau brand bisnismu. 

Sebagai contoh, jika kamu menjalankan bisnis kuliner healthy food, maka kamu bisa membuat ragam konten terkait kandungan nutrisi atau manfaat dari setiap komponen dalam produk makananmu tersebut. Selain itu, kamu juga bisa membahas trivia, fakta unik, membahas soal asal usul brand-mu, dan masih banyak lagi yang lain.

Kamu juga bisa membuat konten yang dikaitkan dengan peristiwa yang sedang trend saat ini. Untuk itu, penting bagi para pelaku content marketer yang up to date terhadap isu-isu terbaru yang banyak dibahas. Tujuannya agar kontenmu dapat berpotensi viral serta menarik lebih banyak audiens yang melihatnya. Meski tak menghasilkan penjualan secara signifikan, setidaknya hal tersebut bisa dijadikan modal memperluas brand awareness bisnismu.

5. Buat website khusus untuk bisnismu

Saat ini website juga memegang peranan krusial dalam operasional suatu bisnis. Di mana keberadaan situs web tersebut dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan dan kepercayaan pelanggan.

Suatu brand yang memiliki situs web sendiri biasanya akan dianggap lebih profesional. Terlebih jika website tersebut terkelola dengan baik dan memiliki tampilan yang responsif. 

Jika usaha yang kamu jalankan ingin mendapat trust atau kepercayaan dari konsumen, kamu bisa mencoba cara sukses jualan online yang satu ini, yakni dengan membuat website khusus untuk bisnismu. Website tersebut bisa dalam bentuk marketplace, blog ataupun sebatas company profile.

Setidaknya, ketika seseorang mencari nama brand-mu di mesin pencari seperti Google, alamat resmi situs web bisnismulah yang akan muncul di pencarian teratas. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, kamu juga harus mempelajari teknik dan implementasi SEO untuk website. 

SEO adalah optimasi yang dilakukan pada suatu situs agar muncul di halaman pertama pencarian untuk kata kunci tertentu. Praktik penerapan SEO ini selain dapat berguna untuk memperluas brand awareness juga dapat membantu meningkatkan trafik penjualan.

Demikianlah artikel mengenai cara sukses jualan online tanpa ribet di tahun 2021. Sebagai seorang pelaku usaha, penting untuk selalu beradaptasi dan melakukan inovasi seiring dengan perkembangan zaman.

Bisnis konvensional yang tidak memperluas branding-nya di media sosial akan kalah saing dengan mereka yang sudah go online. Untuk itu, jika saat ini kamu masih menjalankan bisnis dengan toko fisik tanpa memiliki etalase online. Cobalah untuk mempertimbangkannya dan perluas sayap bisnismu sekarang juga!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.