Cara Trading di Bittrex Mudah Dipahami Pemula, Yuk Simak!

  • Bagikan
cara trading di bittrex

Transaksi menggunakan mata uang kripto atau cryptocurrency memang semakin banyak di Indonesia. Bukti dari hal ini adalah kehadiran dari banyak platform transaksi mata uang kripto yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah bittrex. Cara trading di bittrex juga tergolong mudah sehingga banyak para pelaku trading atau trader tertarik untuk melakukan transaksi melalui platform ini.

Mengenal Platform Bittrex 

cara trading di bittrex
(sumber gambar: cryptomedia.id)

Sebelum membahas lebih lanjut perihal penggunaan dan cara trading bittrex, agaknya Anda harus terlebih dahulu memahami tentang platform bittrex itu sendiri. Jadi, pada dasarnya, bittrex adalah suatu platform yang bisa menjadi media bagi Anda untuk melakukan transaksi jual beli crypto to crypto. Maksudnya, ketika melakukan transaksi di bittrex, maka Anda tidak bisa menggunakan mata uang fit.

Segala transaksi yang terjadi di bittrex akan menggunkan mata uang kripto atau cryptocurrency. Pendiri dari platform ini adalah Bill Shihara, Rami Kawach, dan Richi Lai, pada tahun 2014 silam. Basis kanto dari platform ini berada di Seattle, Amerika Serikat. Insipirasi untuk membangun dan mendirikan bittrex berasal dari kejadian bangkrut pada perusahaan pertukaran kripto saat itu yaitu Mt. Gox.

Belum Punya Akun? Daftar Akun Bittrex disini

Sebagai salah satu perusahaan pertukaran kripto terbesar saat itu, Mt. Gox tergolong memiliki tingkat keamanan yang rendah. Imbasnya adalah beberapa kali tindakan peretasan dan juga hack sudah terjadi di perusahaan ini sebelum akhirnya bangkrut. Terhitung dari pencurian dan peretasan itu, ada sekitar 200.000 koin Bitcoin hilang. Tentu saja jumlah kehilangan yang besar ini membuat banyak investor kripto menjadi ketakutan.

Bill Shihara, Rami Kawach, dan Richi Lai yang bekerja di Amazon dan Microsoft akhirnya terinspirasi dari kejadian malang tersebut. Trio ini berusaha untuk menciptakan suatu platform pertukaran kripto yang aman dan bisa pelanggan pakai dengan mudah namuan keamanannya tetap sangat kuat. Akhirnya, mereka bertiga berusaha untuk mendirikan Bittrex dari awal.

Hasilnya pun sangat baik. Terbukti sampai saat ini, Bittrex menjadi salah satu platform pertukaran kripto terbesar yang ada di dunia. Banyak investor yang juga menggunakan bittrex sebagai platform pertukaran kripto mereka karena memang terbukti aman dan mudah mereka operasikan.

Baca Juga: Mudah dan Untung Berlimpah, Pahami Cara Investasi Bitcoin Ini! 

Cara Trading di Bittrex 

cara trading di bittrex
(sumber gambar: nitrocdn.com)

Mengingat tingkat keamanannya yang tinggi, apakah trading di bittrex adalah hal yang sulit? Maka jawabannya adalah tidak. Cara trading bittrex bisa Anda lakukan dengan mudah. Sebelum melakukan trading, tentu Anda harus mempunyai akun bittrex terlebih dahulu barulah proses trading bisa Anda lakukan. Inilah rangkaian selengkapnya:

1. Cara Membuka Akun Bittrex dan Deposit 

  1. Jika Anda belum memiliki akun bittrex, silahkan kunjungi https://global.bittrex.com/ dan pilih menu open your free account today. Setelah itu, Anda harus mengisi beberapa informasi mulai dari jenis akun yang Anda ingin buat, alamat emaill pribadi, membuat password dan memasukkan kode referral (jika ada). Setelah itu barulah create account. 
  2. Apabila sudah memiliki akun bittrex, Anda hanya perlu mengunjungi website bittrex dan melakukan log in. 
  3. Setelah itu, buka halaman https://global.bittrex.com/ lagi untuk mulai melakukan trading.
  4. Apabila Anda menggunakan fitur google authenticator pada akun bittrex yang Anda miliki, maka harus terlebih dahulu memasukkan 6 pin google authenticator tersebut. Jika sudah berhasil masuk, maka Anda akan langsung menuju halaman utama bittrex.
  5. Pada halaman utama bittrex, Anda akan menjumpai halaman Live Market Data. Data tersebut menunjukkan pergerakan harga cryptocurrency setiap waktunya dan akan berubah sesuai harga pasar.
  6. Supaya trading bisa terjadi, maka Anda harus melakukan deposit terlebih dahulu ke akun Bittrex Anda. Anda bisa meng klik tombol navigasi berupa 3 garis horizontal yang ada di bagian ujung kanan pojok atas dari halaman bittrex. Jika sudah ketemu, maka klik wallet. 
  7. Pada laman wallet, maka akan bisa Anda lihat berapa jumlah account balance atau kepemilikan bitcoin Anda.
  8. Untuk menambah jumlah bitcoin atau mata uang lain, Anda bisa meng klik tombol plus (+) untuk melakukan deposit. Sementara jika Anda ingin menarik jumlah bitcoin yang Anda miliki, silahkan lik tanda minus (-) untuk melakukan withdraw atau penarikan. 
  9. Bagi pengguna baru yang baru saja akan melakukan deposit, Anda bisa klik menu generate new address pada kotak deposit (+) BTC. Setelah itu, maka Anda bisa langsung melakukan deposit dengan jumlah sesuai preferensi dan keinginan Anda.
  10. Deposit ini artinya Anda melakukan pengiriman bitcoin yang ingin Anda jual belikan dengan jenis koin bitcoin atau jenis koin lainnya. Dalam proses deposit ini Anda sebagai pengguna tidak mengeluarkan biaya atau fee apapun. Sedangkan untuk proses penarikan atau withdraw, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar 20.000 satoshi (dua puluh ribu satoshi) untuk setiap kali Anda melakukan withdrawal. 
  11. Apabila prose deposit selesai, maka Anda baru bisa melakukan trading.

2. Cara Trading di Bittrex 

  1. Langkah ini baru bisa Anda lakukan ketika sudah berhasil membuat akun dan melakukan deposit. Jika deposit Anda sudah bertambah, silahkan mulai melakukan trading.
  2. Anda bisa klik logo bittrex supaya kembali ke halaman utama dan menemukan menu Live Market Data 
  3. Pada laman Live Market Data, Anda akan menjumpai kotak pencarian search yang bisa membantu Anda menemukan jenis koin yang akan Anda beli atau jual.
  4. Contohnya, Anda ingin melakukan trading koin DigiByte-Bitcoin dengan kode DGB-BTC, maka silahkan masukkan kode DGB-BTC tersebut pada kolom search. 
  5. Jika sudah ketemu, maka Anda akan melihat koin yang akan Anda beli dengan beberapa informasi pada sekelilingnya. Informasi tersebut mulai dari last (harga terakhir koin), BID (harga bid tertinggi saat itu, merah artinya turun, hijau artinya naik), 24 HIGH (harga tertinggi dalam kurun waktu 24 jam), B VOL (Volume transaksi bitcoin selama 24 jam, merah artinya turun, hijau artinya naik), dan 24 LOW (harga terendah selama 24 jam). 
  6. Dari bantuan informasi itulah Anda bisa memutuskan apakah akan menjual atau membeli bitcoin sat itu. Tentunya setelah melewati pertimbangan dan analisis yang matang sebagai seorang trader ya.
  7. Jika sudah yakin dan ingin membelinya, Anda bisa meng scroll halaman tersebut sampai kebawah hingga Anda menemukan beberapa menu eksekusi perintah trading. Mulai dari menu Trading, Order Book, Open Order, Market History, dan My Order History. 
  8. Dari situlah Anda bisa melakukan trading DGB-BTC yang sudah Anda pilih. Silahkan pasang perintah BID BUY pada halaman pembelian. Isi perintah penjualan atau pembelian sesuai jumlah yang akan Anda beli atau jual pada saat melakukan trading tersebut.
  9. Apabila sudah yakin akan perintah yang Anda masukkan, maka klik BUY untuk membeli atau SELL untuk menjual. Kemudian silahkan klik Confirm untuk mengeksekusi pesanan.
  10. Kemudian, Anda akan mendapatkan order book yang berisi rincian pemesanan pembelian atau penjualan bitcoin Anda dan akan tampil pada bagian open order.
  11. Setelah proses pembelian atau penjualan berjalan sukses, maka Anda bisa melihat catatannya pada menu My Order History atau catatan pesanan Anda. Sebagai catatan, apabila memang proses trading belum berhasil dan masih tertera dalam open order, maka selama itulah Anda masih bisa membatalkan atau cancel pesanan tersebut. 

Keuntungan Menggunakan Bittrex 

Kurang lebih, itulah cara trading di bittrex yang bisa Anda pahami. Pada dasarnya, cara melakukan trading melalui platform ini terbilang mudah. Cukup pahami cara yang sudah kami jelaskan. Ada beberapa keunggulan dari bittrex yang membuatnya banyak peminat daripada platform pertukaran kripto lainnya. Beberapa keuntungan tersebut adalah:

1. Sistem Keamanan 

Keuntungan pertama dari bittrex adalah sistem keamanannya yang tinggi. Perusahaan bittrex berkomitmen untuk memberikan platform yang aman dan memiliki verifikasi keamanan yang kuat. Bittrex juga memastikan bahwa 80% sampai 90% dari semua uang yang ada di platform ini tersimpan secara offline dan aman.

2. Memiliki Layanan Dukungan Pelanggan 

Keunggulan lain dari bittrex adalah adanya layanan dukungan pelanggan yang responsif dalam merespon kebutuhan penggunanya. Sehingga, jika Anda sedang trading, dan memiliki keluhan, Anda bisa menyampaikannya pada layanan dukungan ini dengan cepat.

3. Setoran dan Penarikan yang Cepat 

Sistem bittrex juga memungkinkan Anda melakukan setoran dan penarikan dengan mudah dan cepat. Tentunya hal ini sangat memudahkan Anda sebagai trader.

Itulah ulasan cara trading di bittrex sekaligus keunggulannya. Bagi Anda seorang trader yang baru terjun ke dunia trading kripto, maka bisa mempertimbangkan bittrex untuk Anda pakai. Selamat mencoba!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.