5 Contoh Judul yang Menarik untuk Artikel Website

  • Bagikan
contoh judul yang menarik

Apa yang Anda baca pertama kali ketika membuka sebuah artikel? Bagian paragraf awal, langsung bagian akhir, atau judul? Meski memiliki preferensi masing-masing, namun umumnya judul adalah bagian paling awal bagi seseorang ketika membaca sebuah artikel. Karena itulah penting bagi setiap pemilik website untuk membuat judul sebaik dan semenarik mungkin. Contoh judul yang menarik juga bisa menjadi referensi Anda dalam membuat judul artikel website Anda sendiri. 

Lalu, apa saja contoh judul itu? Bagaimana cara membuat judul yang mampu menarik perhatian para pembaca website untuk membaca isi artikel sampai habis? Inilah ulasan lengkap yang bisa Anda ikuti. Yuk, simak! 

Contoh Judul yang Menarik untuk Artikel Website

contoh judul yang menarik
(sumber gambar: exabytes.com)

Inilah beberapa pilihan judul artikel yang menarik untuk referensi Anda: 

1. Judul yang Memberikan Manfaat 

Judul pertama yang bisa Anda terapkan agar menarik pembaca adalah judul yang memberikan manfaat. Para pembaca akan selalu mencari informasi dan manfaat apa yang bisa mereka dapatkan setelah membaca suatu artikel. Oleh karena itu, selalu usahakan untuk membuat judul yang memang bisa memberikan manfaat untuk para pembacanya. 

Misalnya contoh judul “5 Tips Presentasi Agar Tidak Gugup di Depan Audiens”. Judul ini termasuk dalam kategori menarik karena ada manfaat yang akan pembaca dapatkan setelah membaca artikel ini. Manfaat itu berupa bagaimana cara agar bisa rileks dan tidak gugup ketika presentasi. Jelas dengan judul seperti ini, para pembaca akan semakin tertarik untuk membaca artikel sampai habis karena ingin mendapatkan manfaat dari tips tersebut. 

2. Judul yang Menggunakan Unsur Angka 

Contoh judul yang menarik selanjutnya adalah judul yang memiliki unsur angka. Angka bisa membantu pembaca agar lebih spesifik dalam memahami isi artikel yang Anda tulis. Selain itu, kehadiran angka juga bisa membantu Anda dalam membuat artikel dalam bentuk list atau daftar. Umumnya artikel seperti ini populer dengan nama listicle. 

Misalnya judul “10 Tips Make Up untuk Acara Wisuda”. Judul ini termasuk dalam kategori menarik karena dengan sekilas membaca judul, pembaca sudah bisa tahu bahwa jika mereka membaca artikel tersebut, maka mereka akan mendapatkan 10 tips make up untuk wisuda. Ini akan membantu pembaca supaya tidak perlu mencari artikel lain yang bisa menyajikan tips make up karena 10 tips yang Anda berikan sudah cukup lengkap bagi mereka. 

3. Judul dengan Unsur Psychological Trigger 

Contoh judul yang menarik lainnya yang bisa Anda pakai adalah judul yang bisa melibatkan emosi atau psikologis pembaca. Maksudnya, buat judul yang bisa menimbulkan empati dan rasa percaya dari pembaca. Hal ini bisa Anda munculkan dengan menggunakan beberapa kata seperti “Terbaik”, “Terpercaya”, “Tercepat”, “Paling Ampuh”, dan lain sebagainya. 

Misalnya, “10 Cara Diet Tercepat untuk Tubuh Langsing dan Sehat”. Adanya kata tercepat, akan memberikan penekanan pada para pembaca bahwa artikel itulah yang bisa memberikan tips diet paling cepat. Dengan begitu, pembaca akan semakin penasaran dan membaca artikel tersebut sampai tuntas karena ingin melihat apa saja tips-tips tersebut. 

4. Judul yang Menimbulkan Rasa Penasaran

Selain memasukkan unsur psikologis, agar judul yang Anda buat semakin menarik Anda juga bisa memunculkan rasa penasaran pembaca lewat judul. Caranya adalah dengan memasukkan pertanyaan kepada pembaca. Sebab pertanyaan ini akan memicu rasa penasaran pembaca dan berujung pada membaca artikel Anda sampai tuntas. 

Misalnya adalah judul “Laptop Lemot dan Bikin Nggak Produktif? Ini Cara Mengatasinya!”. Dengan judul ini, pembaca menjadi bertanya kepada diri mereka sendiri apakah laptop yang mereka pakai lemot dan membuat tidak produktif. Nah, jika hal itu sesuai dengan apa yang mereka rasakan, mereka tentu akan membaca artikel Anda sampai habis. Harapannya, agar mendapatkan cara bagaimana untuk mengatasi laptop yang lemot. 

5. Judul yang Spesifik dan Berbeda dengan Topik 

Contoh judul yang menarik selanjutnya bisa Anda buat dengan membuat judul yang spesifik. Kesalahan para pembuat artikel yang paling umum adalah tidak bisa membedakan judul dan topik. Banyak yang menganggapnya sama, padahal keduanya jelas berbeda. Topik bersifat lebih general, sementara judul akan bersifat lebih spesifik akan tujuan apa yang ingin dicapai. 

Contoh dari topik adalah: 

  • Cara Menghilangkan Stress 
  • Panduan Bermain Gitar 
  • Tips Presentasi 

Sedangkan contoh dari judul yang spesifik adalah: 

  • 5 Cara Menghilangkan Stress yang Ampuh 
  • Panduan Bermain Gitar untuk Pemula Sampai Mahir 
  • Tips Presentasi yang Efektif di Hadapan Investor 

Dari contoh ini, bisa Anda lihat bahwa topik merupakan hal yang bersifat general dan akan Anda bahas di dalam artikel. Sementara judul lebih berfungsi sebagai pemikat dan menggambarkan isi artikel sekaligus manfaat dan informasi apa yang akan pembaca dapatkan setelah membaca artikel tersebut. 

Baca Juga: Contoh Landing Page Fashion Keren untuk Website Usaha

Tips Menulis Judul yang Menarik 

contoh judul yang menarik
(sumber gambar: google.com)

Setelah melihat beberapa contoh judul yang menarik, maka Anda harus tahu apa saja tips agar bisa membuat judul menarik. Inilah beberapa tips tersebut: 

1. Mulai dengan Draft Judul 

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah membuat draft atau rencana kasar judul terlebih dahulu. Draft ini akan sangat membantu Anda dalam menyusun artikel yang menarik dan tidak terlalu luas bahasannya. Meski belum final, tetap buatlah draft ini karena seiring berjalannya pengerjaan artikel Anda bisa sambil melakukan riset judul akhir seperti apa yang paling sesuai untuk artikel Anda. 

2. Pastikan Memberikan Informasi dan Manfaat untuk Pembaca 

Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, judul yang menarik adalah yang bisa memberi manfaat untuk pembaca. Untuk itulah setelah membuat draft judul, evaluasi judul tersebut apakah sudah ada manfaat dan informasi yang muncul dalam judul tersebut. Dengan begitu, Anda bisa menyusun judul dengan lebih matang dan tidak asal-asalan. 

3. Buat Judul yang Singkat Namun Mengena

Judul yang baik umumnya akan memiliki jumlah karakter tidak lebih dari 70 karakter. Jika lebih dari itu, maka judul yang Anda buat tidak bisa tampil sepenuhnya ketika Anda mencarinya di mesin pencari. Hal ini tentu akan membuat judul yang sudah Anda buat menjadi sia-sia karena tidak bisa terlihat sepenuhnya. 

Maka dari itu, selalu pastikan untuk membuat judul yang ringkas, singkat, namun tetap mengena. Maksimalkan 70 karakter itu untuk membuat judul sebaik mungkin dan jangan menggunakan kata yang terlalu bertele-tele. Jangan sampai kenyamanan pembaca menjadi turun karena judul yang Anda buat terlalu bertele-tele dan tidak efektif untuk mereka baca. 

4. Ingat! Judul Itu Untuk Pembaca Bukan Mesin

Membuat judul yang bagus dan bisa masuk ke kriteria mesin pencari memang penting untuk penerapan SEO. Salah satu syaratnya adalah dengan harus memiliki focus keyword yang dibahas dalam artikel dan harus berada di depan kalimat. Meski begitu, jangan sampai judul yang Anda buat terlampau kaku dan jadi tidak fleksibel untuk pembaca. 

Banyak orang yang akhirnya tidak bisa membuat judul dengan baik karena terlalu terpaku dengan aturan ini. Hasilnya, judul itu hanya bagus untuk mesin pencari namun tidak menarik untuk manusia. Padahal yang menjadi target dari artikel Anda adalah manusia. Untuk itulah Anda harus menanamkan dalam diri bahwa judul yang Anda buat tujuannya adalah untuk pembaca, bukan mesin. 

Jika memang memungkinkan, maka silahkan buat judul dengan meletakkan focus keyword pada awal kalimat. Namun, jika tidak maka jangan memaksakan. Tidak apa-apa jika memang focus keyword harus berada di tengah atau bahkan pada akhir kalimat judul. Intinya, buat judul yang tetap mengandung keyword namun tetap enak untuk pembaca. Dengan begitu mesin pencari tetap bisa mengkategorikan judul artikel Anda dengan baik namun para pembaca juga tetap bisa mendapatkan judul yang enak untuk mereka baca dan menarik.  

5. Brainstorming dengan Orang Lain 

Membuat judul memang bukanlah hal yang mudah. Untuk itu terkadang Anda memang membutuhkan pendapat, ide, atau masukan dari orang lain. Cobalah untuk melakukan brainstorming tentang judul yang Anda buat bersama rekan kerja atau orang yang bisa Anda ajak bertukar pikiran. Hasilnya, Anda bisa mendapatkan masukan yang berharga dan membuat judul semakin menarik lagi. 

Nah, itulah beberapa contoh judul yang menarik untuk artikel website sekaligus tips membuatnya. Meski sepele, namun judul adalah bagian pertama yang akan menentukan ketertarikan pembaca terhadap artikel Anda. Untuk itu, pastikan selalu membuat judul yang baik dan bisa menarik minat pembaca agar website juga memiliki traffic yang ramai! 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.