Contoh Proposal Usaha Makanan yang Ampuh Tarik Investor!

  • Bagikan
contoh proposal usaha makanan

Bagi seorang pemilik usaha, adanya proposal usaha akan sangat berguna dan membantu dalam proses mendirikan usaha. Apapun jenis usahanya, baik itu di bidang fashion, makanan, atau jasa, adanya proposal usaha terbilang sangat penting. Nah, bagi Anda yang ingin mendidikan sebuah usaha makanan, Anda perlu mengetahui proposal usaha makanan yang baik dan benar. Inilah contoh proposal usaha makanan yang bisa menjadi referensi.

Fungsi Proposal Usaha

contoh proposal usaha makanan
(sumber gambar: mamikos.com)

Sebelum masuk ke contoh proposal usaha makanan, perlu Anda ketahui bahwa ada banyak fungsi dari sebuah proposal. Fungsi tersebut adalah:

  1. Sebagai acuan dalam mendirikan usaha. Baik itu usaha berskala kecil, menengah, bahkan besar.
  2. Menjadi acuan untuk menggaet investor
  3. Bisa menjadi bahan untuk mengajukan kredit usaha kepada bank
  4. Proposal usaha juga bisa menjadi media saat mengajukan tender pada lembaga pemerintah atau lembaga swasta

Dari banyak fungsi tersebut, mungkin untuk menggaet investor adalah fungsi yang paling penting. Pada dasarnya, adanya investor bisa sangat membantu perkembangan usaha yang sedang Anda bangun. Terutama pada segi penambahan modalnya. Apabila usaha Anda mendapatkan modal yang lebih banyak, tentu saja hal ini akan bisa membantu usaha jadi lebih berkembang. Tambahan modal tersebut bisa Anda pakai untuk promosi, perluasan usaha, dan lain sebagainya.

Umumnya, Anda harus melakukan presentasi kepada para investor dengan membawa proposal usaha yang akan Anda bangun. Dari proposal itulah, investor akan melihat berbagai hal seputar usaha Anda. Mulai dari latar belakang pendirian, visi dan misi, peralatan dan bahan usaha, anggaran yang ada, dan lain sebagainya.

Dari presentasi yang Anda lakukan dan informasi dalam proposal itulah, investor akan melakukan penilaian apakah usaha yang Anda miliki layak untuk mereka investasikan. Karena memiliki peran yang sangat penting, tentu saja proposal usaha tidak bisa Anda buat dengan asal-asalan.  Proposal yang Anda buat harus benar-benar Anda buat dengan baik dan memuat berbagai informasi penting di dalamnya. Lalu, bagaimana cara membuat dan contoh proposal usaha makanan itu?

Cara Membuat Proposal Usaha Makanan

Usaha di bidang makanan memang akan selalu memiliki pasarnya tersendiri. Tidak terbatas tren ataupun waktu, usaha ini tetap memiliki prospek yang bagus. Mengingat makanan adalah hal krusial dan kebutuhan primer setiap manusia. Prospek usaha makanan di Indonesia juga masih sangat terbuka lebar. Dengan begitu, jika Anda berniat mendirikan usaha makanan, peluangnya masih bagus.

Nah, jika Anda ingin membuka usaha makanan, maka proposalnya juga harus memuat informasi penting seputar usaha tersebut. Cara membuat proposal tersebut harus menyertakan berbagai informasi seperti berikut:

  • Nama usaha yang akan Anda dirikan
  • Pemilik usaha makanan
  • Lokasi usaha makanan yang akan Anda dirikan
  • Latar belakang pendirian usaha tersebut
  • Visi dan misi usaha makanan
  • Profil usaha makanan yang Anda buat
  • Strategi usaha yang Anda terapkan untuk memenangkan pasar
  • Proses produksi makanan
  • Bahan baku makanan
  • Peralatan pendukung produksi makanan
  • Modal usaha makanan
  • Harga jual makanan
  • Pembagian keuntungan usaha

Mengapa berbagai informasi ini harus ada? Sebab, investor akan melihat poin-poin penting ini. Mereka akan secara seksama menilai dan melihat apakah usaha Anda layak untuk mereka investasikan. Setelah memastikan semua komponen tersebut ada, maka selanjutnya Anda harus menyusun semuanya menjadi suatu proposal usaha yang utuh.

Baca Juga: Cara Jualan Online Laris Manis di Tengah Pandemi

Contoh Proposal Usaha Makanan

contoh proposal usaha makanan
(sumber gambar: pengadaan.web.id)

Lalu, seperti apa pembuatan proposal usaha itu? Apakah sulit membuatnya? Jawabannya adalah tidak. Inilah contoh proposal usaha makanan yang bisa Anda jadikan referensi:

Proposal Usaha “Kuliner Tahu Bakso BBQ”

Pendahuluan

Nama Usaha: 

Tahu bakso BBQ

Pemilik Usaha: 

Lisa Jane

Lokasi Usaha:

Jalan Kawi No. 10 Bandung, Jawa Barat

Pendahuluan 

1. Latar Belakang Pendirian Usaha

Tahu bakso BBQ adalah sebuah usaha yang baru berdiri pada tahun 2019 lalu. Pemiliknya adalah Lisa Jane yang merupakan pecinta kuliner terutama tahu bakso. Ide membuat olahan ini adalah kreasi tahu bakso yang masih terbatas pada produk yang itu-itu saja. Misalnya seperti tahu bakso mercon, tahu bakso ikan, dan lain sebagainya.

Dengan adanya tambahan saus BBQ atau barbecue, Lisa Jane berharap bisa menjadi inovasi yang fresh dalam menikmati tahu bakso. Selain itu, penggunaan bahan yang premium dan berkualita juga menjadi keunggulan dari produk ini. Dengan begitu, tahu bakso BBQ ini cocok untuk berbagai kalangan usia tanpa harus khawatir akan bahan bakunya.

2.  Visi Usaha

Menjadi pelopor inovasi tahu bakso dengan saus BBQ yang lezat dan premium

3. Misi Usaha

  • Memasarkan tahu bakso BBQ ini pada banyak lokasi yang bisa menjangkau banyak orang. Dengan begitu, orang bisa menikmati tahu bakso BBQ sebagai camilan yang lezat
  • Memberikan harga yang kompetitif dalam artian harga sesuai dengan kualitas dan rasa yang bisa tahu bakso BBQ tawarkan kepada konsumen

Pembahasan

4. Profil Usaha

Tahu bakso BBQ menawarkan makanan inovatif berupa tahu bakso yang terbuat dari daging ayam berkualitas dan tambahan saus BBQ. Terbuat dari bahan-bahan yang segar dan dengan kualitas yang premium membuat tahu bakso BBQ tidak hanya enak namun juga bergizi.

Dengan tambahan saus BBQ yang juga homemade, membuat kombinasinya sangat sempurna sebagai camilan yang enak dan berkualitas. Harga per 1 box nya yang hanya 15 ribu saja untuk 4 tahu bakso dengan ukuran yang lumayan besar, membuatnya terjangkau untuk siapa saja.

5. Strategi Usaha

  • Berusaha untuk menyasar konsumen dengan berbagai usia. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa
  • Segmentasi harga yang cocok untuk semua kalangan karena terjangkau
  • Menjajakan produk tahu BBQ pada berbagai tempat yang ramai oleh pengunjung dan juga membuka outlet di lokasi yang strategis

Manajemen Produksi

6. Proses Produksi:

Proses pengolahan tahu bakso BBQ higienis dan tidak mengandung bahan berbahaya untuk kesehatan. Produksi hanya memakan waktu sekitar kurang lebih 6 jam saja sampai siap untuk distribusi.

7. Bahan Baku:

Tahu bakso BBQ terbuat dari bahan yang bersih, segar, dan berkualitas.

8. Peralatan:

Peralatan semuanya bersih dan higienis. Dengan begitu, kualitas tahu bakso BBQ bisa tetap terjaga kebersihan, kualitas, dan higienitasnya.

Anggaran

9. Modal Usaha:

Modal untuk membuka usaha tahu bakso BBQ ini adalah sebesar Rp. 8.000.000. Modal ini terbagi untuk membeli segala bahan-bahan yang berkualitas, peralatan, dan juga untuk mendirikan booth atau stand penjualan sederhana. Stand ini sifatnya penting untuk dapat menjangkau lebih banyak pembeli dan konsumen dan akan berdiri di lokasi-lokasi yang ramai.

10. Harga Jual:

Harga jual dari tahu bakso BBQ adalah Rp.15.000 untuk setiap box yang berisi 4 buah tahu bakso dengan ukuran yang cukup besar. Sekaligus dengan 1 cup saus BBQ yang bisa menjadi cocolan lezat konsumen.

11. Pembagian Keuntungan:

Jika Anda berinvestasi di usaha ini, maka Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar 20% dari setiap penjualan setiap harinya.

Penutup

Demikianlah proposal usaha makanan Tahu Bakso BBQ yang bisa kami jabarkan. Dengan proposal ini, kami berharap semoga investor bisa memberikan tambahan modal dan berinvestasi di usaha kami. Investor kan mendapatkan keuntungan dari usaha ini. Terimakasih.

Kesimpulan

Pada dasarnya, proposal bagi sebuah usaha memang memiliki peranan yang penting. Terutama, jika Anda baru saja merintis usaha tersebut. Adanya proposal usaha akan menunjang dan membantu Anda untuk mendapatkan tambahan modal. Sebenarnya tidak hanya dari investor namun juga dari bank atau lembaga keuangan lainnya.

Selain itu, bagi Anda yang memulai usaha di bidang lainnya dan mengikuti tender, maka proposal usaha juga bisa Anda manfaatkan. Dalam proses tender tersebut, tentu akan melihat proposal dari setiap kandidat. Kandidat peserta tender yang paling bagus proposalnya tentu akan terpilih dan memenangkan tender. Baik tender dari pihak swasta ataupun dari pemerintah.

Dengan contoh proposal usaha makanan yang sudah kami jabarkan, Anda bisa mengkombinasikannya dengan usaha Anda sendiri. Namun, secara garis besar semua poin yang ada di contoh proposal usaha makan tersebut harus Anda masukkan dalam proposal Anda. Sebab, semua poin itulah yang pasti akan investor nilai dan lihat.

Itulah ulasan tentang contoh proposal usaha makanan yang bisa Anda jadikan referensi. Bagaimana, tidak sulit kan untuk membuat proposal usaha? Termasuk di bidang makanan. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi terbaik untuk Anda ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.