Contoh Usaha Dibidang Jasa yang Bisa Jadi Inspirasi Usaha

  • Bagikan
contoh usaha dibidang jasa

Memiliki sebuah usaha sendiri memang menghadirkan kebanggan bagi pemiliknya. Tidak heran jika banyak orang yang kemudian terjun menjadi pengusaha. Nah, jika Anda adalah salah satu yang ingin memulai usaha sendiri, ada beberapa contoh usaha dibidang jasa yang bisa Anda pilih. Keuntungan dari usaha-usaha ini juga tidak bisa Anda pandang sebelah mata lho. 

Tidak hanya itu, usaha jasa juga tidak membutuhkan tempat penyimpanan atau adanya pembelian produk berupa barang. Saat menjalankan usaha ini, maka yang Anda tawarkan adalah kemampuan atau skill Anda dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Lalu, apa saja usaha jasa tersebut? Simak informasi lengkapnya berikut ini yuk!

7 Contoh Usaha Dibidang Jasa yang Bisa Anda Pilih

Inilah beberapa usaha jasa yang bisa Anda jadikan pilihan:

1. Jasa Pijat Bayi

contoh usaha dibidang jasa
(sumber gambar: kaskus.id)

Usaha jasa yang pertama adalah pijat bayi. Meski terbilang asing, namun usaha ini bisa memberikan keuntungan yang besar bagi Anda. Pasalnya kebutuhan orang tua akan jasa ini terbilang besar dan tidak banyak tempat yang membuka jasa ini. Meski begitu, Anda juga membutuhkan skill yang besar untuk bisa memijat bayi dengan baik. Agar orang tua bisa lebih percaya dengan kemampuan Anda, Anda bisa mengikuti kursus pijat bayi yang bersertifikat.

Adanya sertifikat ini bisa menjadi bukti bahwa Anda memang adalah pemijat bayi yang profesional dan tidak abal-abal. Modal memulai usaha ini juga tidak terlalu besar, mengingat modal utama adalah skill dan lokasi. Untuk lokasi pijat sendiri bisa opsional apakah memanfaatkan rumah Anda atau Anda yang mendatangi rumah klien. Agar lebih ramai, Anda juga bisa mempromosikan jasa Anda ini melalui media seperti brosur, website, dan juga media sosial.

2. Penerjemah atau Translator

Kemampuan berbahasa asing memang menjadi investasi diri sendiri yang sangat baik. Pasalnya, tidak semua orang bisa menguasai bahasa asing dengan baik, namun kebutuhan akan skill ini semakin meningkat. Usaha penerjemah yang paling populer mungkin adalah Bahasa Inggris. Akan tetapi Anda juga bisa membuka penerjemah lain.

Beberapa jasa penerjemah yang banyak peminatnya selain Bahasa Inggris adalah Bahasa Mandarin, Bahasa Korea, Bahasa Arab, Bahasa Jerman, dan lain sebagainya. Modal memulai usaha ini juga terbilang sangat kecil. Bahkan hanya dengan berbekal skill, laptop, dan jaringan internet saja, Anda sudah bisa memulai usaha jasa yang satu ini.

Untuk pemula, Anda bisa memanfaatkan berbagai platform bagi para pekerja freelance yang ada di Indonesia. Jika Anda sudah berhasil mendapatkan banyak klien, maka Anda bisa mulai untuk membangun portofolio Anda sendiri. Nantinya, portofolio inilah yang bisa membantu Anda menjadi penerjemah independen. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga terbilang besar, tergantung pada seberapa banyak klien Anda.

3. Jasa Titip (Jastip)

Usaha jasa yang satu ini terbilang sederhana, namun ternyata banyak peminatnya lho. Apalagi Anda bisa memulai usaha ini dengan tanpa modal. Saat menjalankan jasa titip, Anda akan membelikan barang yang konsumen pesan kepada Anda. Nah, keuntungan bisa Anda peroleh dari komisi jasa tersebut.

Misalnya, Anda memiliki tempat tinggal di Kota Surabaya dan akan pergi ke Jakarta. Saat akan pergi ke Jakarta Anda membuka jasa titip barang yang ada di Jakarta. Nah, kemudian ada pelanggan yang ingin menitip suatu barang spesifik dari Anda yaitu, baju dari even Jakloth. Tugas Anda adalah membelikan baju tersebut kemudian ketika sudah kembali ke Surabaya, baju itu Anda belikan ke pelanggan.

Agar menghindari tindakan penipuan atau pelanggan yang tidak bertanggung jawab, Anda bisa menerapkan sistem bayar awal atau DP. Jadi, Anda hanya baru membelikan barang yang pelanggan minta jika pelanggan sudah membayar DP sebesar 50% atau sudah mengirimkan uang sesuai harga barang.

Namun, sebagai penawar jasa Anda juga harus benar-benar amanah dan membelikan barang sesuai apa yang klien minta. Jangan sampai Anda tidak amanah dan malah membawa kabur uang yang sudah klien berikan. Tentunya jika seperti ini, usaha Anda tidak akan berkembang dan malah berujung pada dosa.

4. Jasa Les Pelajaran Umum dan Privat

contoh usaha dibidang jasa
(sumber gambar: orami.co.id)

Contoh usaha dibidang jasa selanjutnya adalah membuka usaha jasa les pelajaran privat ataupun umum. Anda yang memiliki tingkat pendidikan setara S1 atau S2, bisa memilih untuk menjalankan usaha ini. Terlebih banyak sekali permintaan akan adanya les privat bagi anak sekolah. Untuk jenjang pendidikannya juga bisa Anda sesuaikan dengan keahlian Anda. Mulai dari les untuk anak SD, SMP, bahkan bisa juga SMA.

Selain berbekal skill dan kompetensi, Anda juga membutuhkan tempat untuk mengajar. Lokasi pengajaran ini bisa Anda tentukan sesuai preferensi. Apakah ingin memanfaatkan rumah Anda sendiri dan murid yang datang ke lokasi Anda, atau sebaliknya. Sebab sudah banyak layanan les privat yang mana gurunya lah yang akan datang ke rumah murid.

Untuk tarif les bisa Anda sesuaikan dengan lama pembelajaran dan juga tingkat kesulitan materi pembelajaran. Anda juga bisa melakukan riset terhadap para kompetitor untuk melihat tarif jasa les privat mereka. Untuk promosi, memanfaatkan media sosial bisa jadi jalan ampuh untuk mencari murid.

Baca Juga: Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah: Panduan untuk Pemula

5. Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Contoh usaha dibidang jasa selanjutnya adalah penitipan hewan peliharaan. Toko peliharaan hewan yang menjual berbagai kebutuhan hewan mungkin sudah banyak. Namun, untuk penitipan hewan biasanya masih sangat sedikit. Padahal, banyak orang yang sering kebingungan untuk menitipkan hewan kesayangan mereka jika kebetulan harus pergi dan tidak bisa membawa hewan.

Untuk memulai usaha ini, Anda cukup menyediakan lokasi penitipan hewan dan skill untuk merawat hewan dengan baik. Setelah itu, promosikan usaha ini dengan memanfaatkan berbagai media seperti banner, baliho, dan juga brosur. Anda juga bisa mempromosikan jasa ini melalui media sosial agar jangkauan pelanggan bisa menjadi semakin luas.

Jika Anda punya modal yang lebih, Anda juga bisa menambahkan layanan pada usaha ini. Seperti misalnya jasa perawatan hewan dan salon hewan. Adanya layanan ini juga bisa membuat pemilik hewan peliharaan semakin betah menitipkan dan mempercayakan hewan mereka kepada Anda. Karena tidak hanya skill yang mumpuni, Anda juga memiliki lingkup layanan yang luas.

6. Jasa Pembuatan Website

Website memang memiliki banyak sekali peran penting saat ini. Baik untuk penggunaan pribadi, bisnis, maupun kebutuhan perusahaan website sangat multifungsional sekali. Tidak heran jika banyak orang yang butuh untuk membuat website. Sayangnya, tidak semua orang juga memiliki kemampuan membangun website yang baik. Nah, inilah yang bisa Anda manfaatkan sebagai usaha jasa pembuatan website.

Terutama bagi Anda yang memang berkuliah di bidang IT atau teknologi, dimana membuat website bukanlah hal yang baru bagi Anda. Keuntungan yang bisa Anda raih dari usaha ini juga terbilang besar. Mulai dari yang termurah yaitu ratusan ribu bahkan sampai jutaan rupiah tergantung dari tingkat kerumitan pembuatan website yang klien minta.

Untuk memulai usaha ini selain skill, Anda membutuhkan laptop atau PC dan juga jaringan internet. Kemudian untuk langkah awal, Anda bisa memanfaatkan platform freelance yang banyak di Indonesia untuk mencari klien. Jika sudah banyak klien yang berhasil Anda peroleh, maka bangun portofolio Anda sendiri. Inilah nantinya yang menjadi bekal Anda untuk menjadi orang pembuat website independen yang profesional.

7. Jasa Membantu Pindahan

Usaha yang terakhir adalah membantu proses pindahan rumah atau kos. Meski terdengar sederhana, nyatanya banyak orang yang membutuhkan jasa ini lho. Sebab pindahan memang bukanlah hal yang sepenuhnya mudah, apalagi jika hanya sendirian saja untuk pindahan.

Jika memulai usaha ini, Anda akan membantu klien yang ingin pindahan. Mulai dari membantu mengangkat barang-barang ke kendaraan hingga mengantarkan klien ke lokasi barunya. Keuntungan bisa Anda peroleh dari upah jasa membantu pindahan ini. Modal yang Anda butuhkan juga terbilang kecil yaitu berupa tenaga saja.

Itulah beberapa contoh usaha dibidang jasa yang bisa Anda jadikan referensi usaha. Dengan berbagai contoh usaha ini, Anda bisa menjalankan usaha sesuai dengan skill yang Anda miliki. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kepuasan pelanggan karena kunci kesuksesan usaha jasa adalah kepuasan pelanggan. Semakin puas, maka usaha Anda akan lebih ramai dan sukses!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.