7 Contoh Usaha Jasa Paling Laris dan Tips Memulainya

  • Bagikan
contoh usaha jasa

Modal memang seringkali menjadi kendala terbesar jika ingin memulai usaha. Nah, jika Anda hanya memiliki skill atau kemampuan tertentu, maka membuka usaha jasa bisa menjadi solusi. Pasalnya usaha ini akan menitikberatkan pada kemampuan yang Anda miliki. Inilah beberapa contoh usaha jasa paling laris dan menjanjikan yang bisa menjadi inspirasi.

7 Contoh Usaha Jasa Paling Laris

contoh usaha jasa
(sumber gambar: dekoruma.blog.com)

Beberapa daftar usaha berikut memiliki potensi dan prospek keuntungan yang sangat menjanjikan. Inilah ulasan selengkapnya:

1.  Jasa Potong Rambut (Barbershop) 

Membuka usaha potong rambut memang sejak dulu selalu memiliki pangsa pasarnya tersendiri. Alasannya karena memotong rambut adalah hal yang pasti selalu dibutuhkan banyak orang. Apalagi rambut bukanlah bagian tubuh yang bisa Anda rapikan dan potong sendiri.

Tidak heran jika barbershop akan selalu ramai dan memiliki banyak peminat. Meski begitu, harus Anda pahami bahwa pelaku usaha jasa potong rambut juga sudah banyak. Untuk memenangkan persaingan pasar, Anda harus memiliki keunggulan yang ditawarkan dan membuat pelanggan mempercayakan urusan rambutnya kepada usaha Anda.

2. Rental Kendaraan

Jasa sewa kendaraan baik motor maupun mobil juga memiliki peluang dan potensi yang sangat bagus saat ini. Pasalnya, seiring dengan mobilitas penduduk yang tinggi kendaraan akan selalu banyak yang membutuhkan. Sayangnya tidak semua masyarakat memiliki cukup dana untuk membelinya. Sebagai solusi ketika butuh, tentu menyewa adalah jalan terbaik.

Usaha rental kendaraan juga semakin berpeluang bagus jika Anda membukanya di daerah dekat dengan lokasi wisata. Sebab seringkali banyak wisatawan yang membutuhkan kendaraan namun tidak membawa sendiri. Rental akan menjadi solusi mereka agar bisa bebas bepergian selama berwisata.

3. Desain Interior

Perkara desain rumah memang tidak ada habisnya. Akan selalu ada inovasi dan tren baru yang bisa Anda terapkan pada hunian. Nah, jika tidak mau repot tentu mencari jasa desain interior menjadi opsi termudah untuk masyarakat ambil. Jasa desain interior akan menawarkan kemampuan mereka dalam mendesain dan menata ruangan rumah agar terlihat cantik dan sesuai keinginan klien.

Apabila Anda memiliki kemampuan dalam bidang ini, jelas bisa dipertimbangkan untuk berkarir secara profesional. Jasa desain seperti ini juga sangat berpotensi mendapatkan keuntungan yang besar terutama jiak memang sudah berpengalaman dan memiliki banyak klien.

4. Jasa Wedding atau Event Organizer

Contoh usaha jasa yang sangat laris selanjutnya adalah Wedding Organizer (WO) maupun Event Organizer (EO). Kedua jasa ini menawarkan kemampuan dalam mengurus rangkaian acara pernikahan maupun acara yang bersifat formal lainnya. Banyak masyarakat yang membutuhkan jasa keduanya karena seringkali tidak memiliki waktu dan SDM untuk mengurusnya sendiri.

Apabila Anda memiliki kemampuan untuk mengatur rangkaian acara dan mempersiapkan acara sebaik mungkin, maka usaha ini jelas bisa Anda pilih. Hanya saja ketika menjalankannya Anda tidak bisa sendirian dan harus memiliki tim yang solid. Sebab mengurus rangkaian acara bukanlah hal yang mudah dan harus melibatkan banyak pihak. Anda jelas akan kewalahan jika harus mengurusnya sendiri.

5. Jahit Pakaian

Usaha jasa selanjutnya yang memiliki potensi besar adalah jahit pakaian. Tidak semua orang memiliki keahlian dalam menjahit. Sementara itu, pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok yang sangat masyarakat butuhkan. Tentu hal ini bisa menjadi ladang usaha yang sangat potensial jika Anda memang memiliki skill dalam menjahit. Apalagi usaha yang satu ini juga tidak mengenal tren dan akan selalu punya pasar tersendiri.

6. Pembuatan Website

Contoh usaha jasa yang laris selanjutnya akan lebih modern daripada beberapa daftar sebelumnya. Saat ini kehadiran website sangat penting untuk berbagai kebutuhan digital. Baik sebagai sarana bertukar informasi biasa, maupun untuk kebutuhan promosi website akan selalu banyak yang membutuhkan.

Akan tetapi tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membuat website sendiri. Nah, jika Anda memiliki skill atau kebetulan merupakan lulusan dari jurusan kuliah IT, maka jasa pembuatan website adalah opsi yang layak untuk dipertimbangkan. Selain banyak peminat, Anda juga sangat berpotensi mendapatkan penghasilan yang besar. Karena memang harga website bisa jadi sangat mahal tergantung dari permintaan klien dan tingkat kerumitannya.

7. Les Pelajaran

Usaha jasa satu ini akan sangat sesuai bagi Anda yang memiliki kemampuan akademik bagus. Terutama jika memang merupakan lulusan di bidang pendidikan. Les pelajaran akan selalu banyak dicari oleh para orang tua untuk membantu pemahaman anak dalam pelajaran tertentu. Misalnya les matematika, MIPA, maupun mapel lainnya.

Sebab terkadang penyampaian pelajaran oleh guru kurang bisa siswa pahami dengan optimal. Sementara jika meminta bantuan ke orang tua, tidak semuanya bisa menjawab dan memberikan pembelajaran kepada anak. Untuk itulah guru les pelajaran selalu menjadi usaha jasa yang sangat potensial.

Selain 7 (tujuh) usaha yang sudah kami sebutkan, sebenarnya masih banyak lagi contoh usaha jasa yang bisa Anda pilih. Seperti misalnya jasa penerjemah, jasa pijat bayi, jasa penulisan artikel, jasa laundry, jasa dokumentasi pernikahan, jasa membersihkan rumah, dan lain sebagainya. Pada intinya, jika usaha tersebut menitik beratkan pada kemampuan, maka ia masuk dalam golongan usaha jasa.

Baca Juga: Potensi, Rincian Modal, dan Tips Menjalankan Usaha Cuci Motor

Tips Memulai Usaha Jasa

contoh usaha jasa
(sumber gambar: pintek.id)

Meski memiliki potensi kesuksesan yang besar, namun persaingan pada bidang jasa juga sangat ketat. Ada banyak sekali usaha yang sejenis dengan apa yang Anda tawarkan. Agar memenangkan persaingan, inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Jangan Pernah Berhenti Mengasah Skill 

Karena menitikberatkan pada skill maka Anda tidak boleh lelah untuk selalu meningkatkan kemampuan tersebut. Sebab hal ini akan sangat berpengaruh besar pada hasil kerja yang Anda lakukan. Jika tidak bagus, tentu pelanggan akan kurang puas dan enggan untuk kembali menggunakan jasa Anda.

Ibaratnya, kemampuan adalah modal utama Anda untuk bisa sukses di bidang ini. Jika modal tersebut tidak senantiasa Anda kelola dan tingkatkan, bagaimana bisa maju? Jadi pastikan Anda selalu mengasah dan meningkatkan kemampuan Anda ya!

2. Berikan Pelayanan yang Bagus dan Bangun Reputasi

Selain skill, kunci keberhasilan lain dari usaha jasa adalah pelayanan yang baik pada konsumen. Pasalnya, kepuasan konsumen adalah yang akan menentukan kembalinya mereka ke usaha Anda. Bentuk pelayanan yang baik itu bisa Anda wujudukan dalam berbagai bentuk. Mulai dari respon yang cepat, komunikasi yang ramah, serta pelayanan yang baik dari segi etika maupun service untuk konsumen.

Selain itu, bangunlah reputasi yang baik dengan konsumen. Ciptakan kepercayaan konsumen yang erat dengan jasa yang Anda tawarkan. Citra usaha yang baik juga harus senantiasa Anda tunjukkan pada konsumen agar konsumen selalu percaya.

3. Tentukan Harga yang Tepat

Dalam menjalankan usaha jasa, Anda juga bisa menentukan harga yang tepat. Ini akan sangat krusial karena jika terlampau mahal, makan Anda akan kesulitan mendapat pelanngan. Sementara itu jika terlalu murah Anda tidak akan mendapatkan keuntungam. Maka jalan tengah yang bisa Anda ambil adalah harga jasa yang sesuai dengan kualitas yang mampu Anda berikan pada konsumen.

Jika memang Anda berani menjamin bahwa harga tersebut sesuai dengan kualitas, maka boleh-boleh saja memberi harga yang mahal. Jalan lain yang bisa Anda ambil adalah dengan melakukan analisa kompetitor sejenis. Dengan cara ini Anda bisa mempertimbangkan rentang harga terbaik supaya tidak kalah saing.

4. Perluas Jangkauan dengan Promosi

Kesuksesan usaha apapun juga akan sangat bergantung pada promosi yang dilakukan. Hal ini juga yang harus Anda terapkan pada usaha jasa yang Anda jalani. Promosi bisa memanfaatkan sistem marketing online maupun offline. Untuk cara online, manfaatkan media sosial dengan maksimal plus bisa juga dengan tambahan website.

Sementara itu untuk cara offline bisa dilakukan dengan mencetak brosur, baliho, banner, dan lain sebagainya. Dengan kombinasi ini Anda berpeluang mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas lagi.

Nah itulah beberapa contoh usahsa jasa yang bisa Anda jadikan referensi usaha. Beberapa tips memulainya, juga bisa Anda jadikan referensi supaya bisa memulai usaha jasa dengan lancar dan tanpa hambatan. Jika Anda memang memiliki kemampuan lebih di satu bidang tertentu, jangan ragu untuk mengubahnya sebagai sumber penghasilan. Yang terpenting teruslah mengasahnya dan jangan ragu untuk selalu belajar ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.