6 Contoh Usaha Kecil-kecilan dan Tips Memulainya

  • Bagikan
contoh usaha kecil-kecilan

Ada banyak sekali contoh usaha kecil-kecilan yang bisa Anda jalankan. Berbagai usaha ini membutuhkan modal yang terbilang kecil. Selain itu, untuk memulai usaha ini juga tidak membutuhkan persiapan maupun peralatan yang banyak karena memang berdiri dalam skala yang kecil. Bahkan, Anda juga bisa memanfaatkan rumah Anda sendiri untuk lokasi usahanya. Tentu hal ini akan lebih menghemat biaya untuk sewa lokasi.

Meski terbilang kecil namun keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari usaha kecil tidak bisa Anda remehkan lho. Asalkan Anda bekerja keras dan konsisten menjalankannya maka keuntungan yang Anda dapat juga akan menjanjikan. Lalu, apa saja usaha kecil-kecilan yang bisa dicoba?

6 Contoh Usaha Kecil-kecilan

contoh usaha kecil-kecilan
(sumber gambar: adb.org)

Inilah beberapa contoh usaha yang bisa Anda jalankan:

1. Berjualan Sarapan

Rekomendasi usaha yang pertama adalah berjualan sarapan. Ketika menjalankan usaha ini, Anda akan memanfaatkan dapur pribadi untuk memasak makanan yang akan Anda jual. Setelah itu, untuk menjualnya Anda bisa berjualan di rumah saja atau bisa dengan membuka stand sederhana di pinggir jalan.

Beberapa menu sarapan yang bisa Anda pilih adalah lontong sayur, nasi uduk, nasi kuning, bubur ayam, dan lain sebagainya. Meski terdengar sederhana, namun nyatanya menu-menu inilah yang paling masyarakat sukai untuk menu sarapan mereka. Selain itu, modal yang harus Anda keluarkan untuk memulai usaha ini juga terbilang kecil. Modal ini nantinya akan Anda alokasikan untuk membeli bahan-bahan baku masakan saja.

2. Menjual Frozen Food 

Usaha kecil-kecilan selanjutnya yang bisa Anda jalankan adalah menjual frozen food atau makanan beku. Ketika menjalankan usaha ini, Anda bisa memanfaatkan rumah dan kulkas pribadi Anda untuk menyimpan frozen food yang Anda jual. Meskii sederhana, nyatanya usaha ini akan selalu banyak peminatnya.

Hal ini sangat mengherankan karena banyak masyarakat yang ingin mengonsumsi makanan dengan praktis. Nah, untuk itulah mereka kebanyakan akan mencari makanan beku yang praktis dan bisa mereka simpan dalam waktu yang lama. Apalagi untuk memulai usaha ini Anda juga hanya membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Anda bisa mengambil produk frozen food dari supplier kemudian menjualnya lagi.

3. Jasa Jahit Baju

Menjadi seorang penjahit juga akan menjanjikan keuntungan yang lumayan untuk Anda. Terutama jika memang Anda memiliki kemampuan atau skill dalam menjahit pakaian. Untuk memulai usaha ini, Anda juga tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak, apalagi jika memang sudah memiliki mesin jahit yang memadai.

Akan tetapi jika Anda belum memiliki mesin jahit, maka modal yang Anda miliki nantinya akan Anda alokasikan untuk membeli mesin jahit. Selain itu, modal tersebut juga bisa Anda pakai untuk membeli peralatan jahit lainnya. Mulai dari benang, jarum, kain, gunting, dan lain sebagainya.

Untuk lokasi usaha, Anda juga bisa memanfaatkan rumah Anda sendiri. Nantinya Anda akan menerima pesanan dari pelanggan untuk memperbaiki atau membuat pakaian mereka. Setelah itu, Anda akan mengerjakannya di rumah. Hal ini membuat Anda tidak perlu mengeluarkan modal apapun untuk menyewa tempat atau membuka lokasi usaha baru.

4. Berjualan Pulsa

Usaha kecil-kecilan selanjutnya yang bisa Anda coba adalah berjualan pulsa. Saat ini, kehadiran pulsa sangat penting dan selalu banyak peminatnya. Pasalnya, untuk berkomunikasi, akan sangat membutuhkan pulsa. Nah, karena tingginya peminat inilah Anda bisa memulai usaha ini, apalagi modal yang harus Anda keluarkan juga tidak terlalu besar.

Bahkan Anda hanya harus menyiapkan dana kurang dari 1 juta rupiah untuk memulai usaha ini. Nantinya, modal tersebut akan Anda pakai untuk membeli saldo pulsa kepada agen pulsa isi ulang yang Anda pilih sebagai supplier. Setelah membeli saldo, barulah Anda bisa menjual lagi pulsa tersebut kepada para pembeli.

Karena bersifat skala kecil, untuk memulai usaha ini Anda juga tidak perlu menyiapkan tempat atau lokasi usaha yang terlalu besar. Bahkan, Anda bisa memulainya dengan berjualan di rumah. Tentu ini akan membuat Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk lokasi usaha.

5. Jasa Membuat Parcel

Banyak orang yang membutuhkan parcel bagi keperluan mereka, terutama untuk berbagai acara penting. Contohnya parcel hadiah pernikahan, ulang tahun, Hari Raya Idul Fitri, dan lain sebagainya. Sayangnya, tidak semua orang bisa membuat sendiri parcel yang akan mereka kirimkan. Untuk itu mereka akan mencar jasa parcel yang siap membuat parcel sesuai pesanan mereka.

Nah, inilah yang bisa Anda manfaatkan sebagai usaha kecil-kecilan di rumah. Untuk menjalankan usaha ini, yang Anda butuhkan adalah skill dalam merangkai sebuah parcel dan menghiasnya secantik mungkin. Modal yang harus Anda keluarkan untuk usaha parcel juga tidak besar. Nantinya, modal ini akan Anda pakai untuk membeli beberapa perlengkapan membuat parcel.

Untuk lokasi usaha, Anda bisa memanfaatkan rumah Anda sendiri. Kemudian untuk fee atau tarif jasa parcel nantinya bisa Anda sesuaikan dengan pesanan pelanggan. Mulai dari seberapa lengkap isi parcel tersebut dan tingkat kerumitan pembuatannya.

6. Berjualan Sayur Mayur

Contoh usaha kecil-kecilan yang terakhir adalah berjualan sayur. Untuk Anda yang memiliki tempat tinggal di lokasi yang strategis dan ramai, seperti di perumahan, perkampungan, atau dekat tempat ramai lainnya usaha ini bisa menjadi pilihan tepat. Banyak orang yang butuh berbelanja sayuran namun malas untuk ke pasar. Nah, inilah yang bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha yang bagus.

Anda hanya cukup berbelanja sayur mayur dan kebutuhan dapur lainnya di pasar induk dengan jumlah yang cukup banyak.. Setelah itu, jual kembali sayur mayur dan kebutuhan dapur itu di teras rumah Anda. Anda hanya tinggal menunggu pembeli mendatangi rumah Anda dan berbelanja sayuran. Jangan salah, keuntungannya juga akan sangat lumayan jika Anda bisa konsisten dalam menjalankannya lho! 

Baca Juga: Panduan Cara Membuat Proposal Usaha yang Baik dan Benar

Tips Memulai Usaha Kecil-kecilan Agar Sukses

contoh usaha kecil-kecilan
(sumber gambar: usa.visa.com)

Memulai berbagai usaha yang sudah kamii sebutkan diatas memang tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Namun bukan berarti Anda tidak membutuhkan strategi yang tepat untuk mengelolanya. Pasalnya, persaingan di bidang usaha kecil ini tergolong besar. Nah, agar bisa memenangkan persaingan Anda bisa melakukan beberapa tips berikut:

1. Kelola Uang dengan Baik

Kunci dari keberhasilan dalam menjalankan usaha apapun adalah pengelolaan uang. Terutama bagi usaha kecil yang pada awalnya, keuntungannya memang tidak terlalu banyak. Oleh karena itulah Anda harus benar-benar pintar dalam mengelola keuangan ini supaya usaha yang Anda miliki tidak gulung tikar dan bahkan bisa berkembang.

Catat semua pemasukan dan pengeluaran dengan rinci. Selain itu pisahkan keuangan usaha dengan pribadi. Tujannya agar tidak tercampur dan tidak menimbulkan kerancuan dalam perhitungannya nanti. Anda juga bisa membuat sebuah buku kas sederhana yang bisa menjadi laporan keuangan usaha. Dengan pencatatan yang baik, pengelolaan keuangan juga bisa terlaksana dengan baik nantinya.

2. Lihat Peluang Sebaik Mungkin

Tips lain yang bermanfaat dalam menjalankan usaha kecil-kecilan adalah pintar dalam melihat peluang. Sebelum memutuskan usaha apa yang Anda jalankan, maka lihat dahulu bagaimana peluang usaha tersebut di daerah Anda tinggal. Jika memang memungkinkan dan belum banyak persaingan, maka Anda bisa memilih usaha tersebut. Dengan begitu, potensi menghadapi banyaknya pesaing bisa Anda minimalisir.

Namun jika memang Anda membuka usaha yang sudah ada pesaingnya, maka lihatlah peluang bagaimana untuk mengungguli pesaing tersebut. Cari kelemahan usaha pesaing dan coba untuk meningkatkan usaha Anda sendiri. Cara ini bisa membuat pelanggan akan lebih memilih usaha Anda karena memang jauh lebih lengkap dan lebih baik dari usaha pesaing.

3. Fokus dan Kerja Keras

Banyak pelaku usaha yang mudah sekali menyerah ketika menjalankan usaha kecil. Alasannya karena keuntungan yang didapatkan tidak langsung besar. Padahal, jika mau bekerja keras, fokus, dan konsisten bukan tidak mungkin usaha kecil ini bisa berkembang menjadi usaha yang menjanjikan lho. 

Untuk itulah jangan cepat menyerah ketika menjalankan usaha ini. Memang tidak mudah, tapi bukan berarti itu semua tidak bisa Anda lakukan. Kuncinya adalah fokus dan bekerja keras.

Nah itulah beberapa contoh usaha kecil-kecilan yang bisa Anda jalankan. Dengan modal yang kecil dan bisa memanfaatkan rumah, Anda bisa memulai usaha ini dengan cukup mudah. Jadi, manakan usaha yang menarik perhatian Anda dan ingin Anda tekuni? Selamat mencoba!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.