Daftar Saham LQ45 Periode Agustus 2021-Januari 2022, Paling Update!

  • Bagikan
daftar saham LQ45

Sobat investor, pernahkah Anda mendengar indeks saham LQ45? Istilah ini merupakan suatu indeks saham yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI). Meski menjadi istilah yang sering investor dengar, sudahkah Anda tahu tentang indeks saham ini dan apa saja daftar saham LQ45 pada periode terbarunya? Jika belum, maka artikel ini akan memberikan Anda informasi mengenai indeks saham yang sangat menarik ini. Yuk, simak!

Definisi Indeks Saham LQ45 

daftar saham LQ45
(sumber gambar: beritasatu.com)

Jika melihat dari data historis, indeks LQ45 ini pertama kali ada pada 13 Juli 1994 dengan nilai indeks pertama yaitu sebesar 100. Namun, secara resmi indeks ini baru muncul ke publik pada Februari 1997. LQ45 merupakan sebutan dari golongan 45 perusahaan saham atau emiten yang sudah melalui proses seleksi yang sangat ketat dan berhasil masuk kedalam golongan saham yang berkualitas.

Berkualitas ini maksudnya adalah saham yang ada di LQ45 memiliki likuiditas yang tinggi. Selain likuiditas yang tinggi, kapitalisasi pasar dari berbagai saham ini juga sangat baik. Indeks LQ45 ini bukanlah daftar yang selalu tetap kandidatnya, namun akan berubah mengikuti kapitalisasi pasar saham setiap 6 (enam) bulan sekali. Lalu, apa tujuan dari adanya indeks LQ45 ini?

Jawabannya adalah untuk menjadi pelengkap dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Dari daftar ini, Anda sebagai investor bisa dengan mudah untuk melihat sekiranya saham mana yang memiliki prospek bagus dan cerah untuk Anda investasikan. Selain itu, tidak hanya bagi investor, adanya indeks saham LQ45 ini juga menjadi acuan yang bersifat objektif bagi para manajer investasi, pemerhati pasar modal, dan analisis keuangan untuk melihat bagaimana pergerakan dari harga saham.

Setiap perusahaan atau emiten yang berhasil masuk ke daftar LQ45 patut berbangga hati karena menandakan bahwa produk saham yang mereka miliki terbukti bagus. Tingkat kepercayaan dari para pelaku pasar modal untuk saham yang mereka miliki juga terbilang bagus. Tidak hanya itu, LQ45 juga menjadi sebuah bukti dan pengakuan bahwa kapitalisasi dan likuiditas dari suatu perusahaan adalah baik. Meski begitu, menjadi PR pula bagi para emiten yang berhasil masuk karena harus mampu mempertahankan kinerja dan sentimen yang baik agar tidak keluar dari indeks LQ45.

Metode Evaluasi Penentuan Saham LQ45

Dalam menentukan perusahaan atau emiten, Bursa Efek Indonesia (BEI) mengevaluasinya dalam kurun waktu tertentu. Evaluasi tersebut berdasarkan dari:

  1. Bagaimana  performa dari 60 perusahaan teratas yang memiliki nilai transaksi teritinggi di pasar reguler dalam kurun waktu 1 tahun atau 12 bulan terakhir
  2. Melihat bagaimana performa 60 perusahaan yang teratas. Kriterianya dari nilai kapitalisasi pasar yang tertinggi dalam waktu 1 tahun atau 12 bulan terakhir
  3. Memiliki prospek perusahaan, nilai transaksi, dan kondisi keuangan perusahaan yang baik dan tinggi
  4. Saham emiten sudah melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) setidaknya selama 3 bulan
  5. Perusahaan mendapatkan tambahan bobot free float menjadi 100% yang sebelumnya hanya berkisar 60% dalam porsi penilaian dari BEI

Dari menggunakan evaluasi dalam kurun waktu 1 tahun itulah, kemudian akan ada 30 saham teratas yang secara otomatis masukk alam perhitungan LQ45. Tentunya menggunakan evaluasi yang sudah BEI lakukan. Nah, untuk mendapatkan 45 saham, sisa 15 saham, BEI kan melakukan evaluasi lagi. Kriterianya dengan melihat bagaimana frekuensi transaksi perusahaan pasar saham reguler, hari transaksi di pasar reguler saham, serta bagaimana dan setinggi apa nilai kapitalisasi pasar perusahaan atau emiten. Metodenya adalah:

  1. Dari 30 saham yang BEI evaluasi, nantinya akan muncul 25 saham teratas
  2. Kemudian, 25 saham ini akan terseleksi lagi menjadi 20 saham yang ternilai berdasarkan bagaimana frekuensi transaksi harganya di pasar reguler saham
  3. Dari 20 saham baru kemudian akan muncul 15 saham yang menempati posisi teratas berdasarkan evaluasi kapitalisasi pasar. Dari situlah jumlah saham yang bisa masuk ke indeks LQ45 lengkap berjumlah 45 saham.

Waktu Pergantian dan Evaluasi dari Daftar Saham LQ45 

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, bahwa daftar saham LQ45 ini tidaklah bersifat tetap. Bursa Efek Indonesia (BEI) akan secara rutin melakukan evaluasi dan memantau bagaimana perkembangan performa serta kinerja perusahaan emiten. Untuk waktu evaluasi atau penilaiannya akan terjadi setiap 3 (tiga) bulan sekali. Sementara itu, untuk pergantian daftar saham LQ45 akan terjadi setiap 6 (enam) bulan sekali. Tepatnya, pada awal bulan Februari dan Agustus.

Sebagai investor, pada bulan inilah Anda bisa melihat kinerja saham yang Anda miliki. Apabila memang dalam kurun waktu tersebut ada saham yang sudah tidak lagi masuk kriteria dan berhasil melewati evaluasi BEI, maka saham itu akan keluar dari LQ45. Tentunya akan terjadi pergantian dengan saham yang lebih memenuhi kriteria dan syarat dari BEI. Lalu, apakah pergantian daftar saham LQ45 ini hanya BEI saja yang melakukan evaluasinya?

Jawabannya adalah iya. Namun, untuk menjaga tingkat akurasi dan kewajaran dari pemilihan 45 saham ini, BEI memiliki komite penasehatnya tersendiri. Komite tersebut berasal dari para profesional yang berada di pasar modal, universitas, serta ahli dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dari komite penasehat inilah, penyusunan indeks LQ45 berusaha dilakukan seobjektif mungkin dengan acuan kriteria dan evaluasi yang sudah BEI tetapkan.

Lalu, apakah bisa indeks saham LQ45 ini terpengaruh?  Tentu saja bisa. Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi pergerakan saham di LQ45. Hal tersebut adalah:

  1. Suku bunga SBI yang menjadi patokan dari portofolio investasi di pasar keuangan Indonesia
  2. Saham-saham lain penggerak indeks (index mover stocks) yang merupakan saham dengan kapitalisasi besar di BEI
  3. Serta sejauh mana toleransi para investor terhadap resiko

Baca Juga: Harga Saham UNVR Terus Merosot, Layakkah Dipilih untuk Investasi?

Daftar Saham LQ45 Terbaru Periode Agustus 2021-Januari 2022

daftar saham LQ45
(sumber gambar: pharmaceuticalprocessingworld.com)

Lalu, dari kriteria dan evaluasi yang sudah BEI lakukan, emiten mana saja yang berhasil masuk daftar saham LQ45 periode terbaru? Terhitung dari Agustus 2021 sampai Januari 2022 nanti? Inilah daftar selengkapnya untuk Anda:

NO  – NAMA PERUSAHAAN – KODE 

  1. Ace Hardware Indonesia Tbk – ACES
  2. Adaro Energy Tbk – ADRO
  3. AKR Corporindo Tbk – AKRA
  4. Aneka Tambang – ANTM
  5. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk – BBNI
  6. Astra Internasional Tbk – ASII
  7. Bank Central Asia Tbk – BCA
  8. Bank Mandiri (Persero) Tbk – BMRI
  9. Barito Pacific Tbk – BRPT
  10. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk – BBTN
  11. Bumi Serpong Damai Tbk – BSDE
  12. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk – BBRI
  13. Charoen Pokphand Indonesia Tbk – CPIN
  14. Erajaya Swasembada Tbk – ERAA
  15. XL Axiata Tbk – EXCL
  16. Gudang Garam Tbk – GGRM
  17. H.M Sampoerna Tbk – HMSP
  18. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk – ICBP
  19. Vale Indonesia Tbk – INCO
  20. Indofood Sukses Makmur Tbk – INDF
  21. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk – INKP
  22. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk – INTP
  23. Indo Tambangraya Megah Tbk – ITMG
  24. Japfa Comfeed Indonesia Tbk – JPFA
  25. Jasa Marga (Persero) Tbk – JSMR
  26. Kalbe Farma Tbk – KLBF
  27. Merdeka Copper Gold Tbk – MDKA
  28. Medco Energi Internasional Tbk – MEDC
  29. Mitra Keluarga Karyasehat Tbk – MIKA
  30. Media Nusantara Citra Tbk – MNCN
  31. Perusahaan Gas Negara Tbk – PGAS
  32. Bukit Asam Tbk – PTBA
  33. PP (Persero) Tbk – PTPP
  34. Pakuwon Jati Tbk – PWON
  35. Semen Indonesia (Persero) Tbk – SMGR
  36. Summarecon Agung Tbk – SMRA
  37. Tower Bersama Infrastructure Tbk – TBIG
  38. Timah Tbk – TINS
  39. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk – TKIM
  40. Telkom Indonesia (Persero) Tbk – TLKM
  41. Sarana Menara Nusantara Tbk – TOWR
  42. Chandra Asri Petrochemical Tbk – TPIA
  43. United Tractors Tbk – UNTR
  44. Unilever Indonesia Tbk – UNVR
  45. Wijaya Karya (Persero) Tbk – WIKA

Update Terbaru Saham LQ45

Daftar saham LQ45 tersebut secara resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) luncurkan secara efektif mulai dari tanggal 2 Agustus 2021 lalu. Batas akhir dari daftar saham tersebut adalah hingga 31 Januari 2022. Dari Bursa Efek Indonesia (BEI) sendiri menyatakan bahwa ada 2 (dua) saham dari perusahaan atau emiten baru yang masuk.

Pertama adalah saham dari PT. Barito Pacific Tbk dengan kode BRPT dan kedua adalah PT. Timah Tbk dengan kode TINS. Kedua emiten ini masuk untuk menggantikan saham dari PT. Ciputra Development Tbk dengan kode CTRA dan saham dari PT. Bank BTPN Syariah Tbk dengan kode BTPS. Kendati demikian, persaingan untuk menempati daftar saham LQ45 banyak yang memprediksi akan sangat sengit di Januari 2022 mendatang.

Nah sobat investor, itulah daftar saham LQ45 paling update untuk Anda. Sebagai investor, Anda bisa menjadikan daftar saham ini sebagai acuan dalam berinvestasi. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot dan terlalu bersusah payah dalam menentukan saham mana yang layak untuk Anda pilih.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.