Doa Melancarkan Rezeki dan Usaha untuk Kehidupan yang Lebih Mudah

  • Bagikan
doa melancarkan rezeki dan usaha

Agar usaha dan rezeki Anda lancar, memang berusaha saja tidak cukup. Sebab sebagai manusia, pasti ada keterbatasan dalam berusaha. Untuk itulah Anda membutuhkan doa melancarkan rezeki dan usaha agar segala sesuatu yang Anda lakukan bisa berhasil dan meraih kesuksesan. Apalagi agama Islam juga mengajarkan untuk mengiringi usaha dengan berdoa kepada Allah SWT.

Doa tidak hanya berguna agar segala usaha yang Anda jalankan menjadi mudah dan sukses. Lebih dari itu, berdoa untuk kelancaran rezeki juga bisa memberikan ketenangan batin. Dengan begitu, ketika Anda sedang berusaha dengan keras, Anda bisa tetap memiliki hati yang tenang, bertakwa, dan juga senantiasa bersyukur. Setelah itu, barulah rezeki bisa datang dengan lebih lancar. Lalu, apa saja doa tersebut?

Pentingnya Doa Ketika Berusaha

doa melancarkan rezeki dan usaha
(sumber gambar: inews.co.id)

Sebelum membahas apa saja doa melancarkan rezeki dan usaha, Anda harus lebih dulu memahami betapa pentingnya doa ketika berusaha. Banyak orang yang terlalu terpaku pada urusan dunianya sehingga seringkali lupa dengan urusan akhirat dan memanjatkan doa. Padahal, hal ini bukanlah hal yang baik.  Di dalam surat Ar-Rad ayat 11, sudah tertulis bahwa:

“Sesungguhnya Allah SWT tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”. 

Hal ini membuktikan bahwa seorang muslim sebaiknya berusaha dengan keras atau berikhtiar dalam memperbaiki kehidupan mereka. Dalam artian bekerja keras. Namun, juga tidak bisa hanya bekerja keras saja. Tetap ikhtiar usaha itu harus seiring dengan doa yang mereka panjatkan.

Kunci kesuksesan hidup di dunia dan akhirat dalam Islam ada 3 (tiga) hal. Pertama adalah ikhtiar (berusaha). Kedua adalah berdoa, dan ketiga adalah tawakal. Ketiga kombinasi ini, jika Anda lakukan dengan baik, maka hidup akan jauh lebih mudah dan penuh keberkahan.

Awali dengan beriktiar atau berusaha dengan keras terlebih dahulu. Bekerja sebaik mungkin, bersekolah sebaik mungkin, dan menjalankan kegiatan apapun sebaik mungkin. Setelah itu, lanjutkan dengan memanjatkan doa setelah berusaha dengan maksimal. Dalam hal ini ada berbagai doa melancarkan rezeki dan usaha yang bisa Anda panjatkan agar semuanya bisa menjadi lebih mudah dan lancar.

Panjatkan doa-doa dengan baik, sesuai adab, dan secara rutin. Setelah itu, langkah terakhir adalah bertawakkal kepada Allah SWT. Arti tawakkal adalah menyerahkan segalanya kepada Allah SWT atau berserah diri. Hal ini bisa berarti bahwa segala usaha dan doa yang Anda panjatkan dan lakukan, pada akhirnya tetap Allah SWT yang bisa mengaturnya. Maka dari itulah, sangat penting bagi Anda untuk berserah diri.

Kumpulan Doa Melancarkan Rezeki dan Usaha

Inilah beberapa doa yang bisa Anda panjatkan agar usaha dan rezeki menjadi lancar:

1. Doa yang Pertama

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

“Allahumma innii as aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi’an thayyiban min ghairita’abin wala masyaqqatin walaa dhoirin wa laa nashabin innaka ‘alaa kulli syai in qadiir” 

Artinya: “Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot. Dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan, sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu”. 

2. Doa yang Kedua 

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

“Allahma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayatii’ala tho’atik wa ahshin ‘amalii wagh-fir lii” 

Artinya: “Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkailah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampuni dosa-dosaku”. 

3. Doa yang Ketiga

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلً

“Allahumma inni as-aluka ‘ilma naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa”. 

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat. Bagi diriku dan orang lain, rezeki yang halal dan amal yang bisa diterima di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik”. HR. Ibnu Majah No. 925 dan Ahmad 6:305,322.

4. Doa yang Keempat

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

“Rabbighfirlii wahablii mulkan laa yanbaghii li-ahadin min ba’dii, innaka antalwahhab”. 

Artinya: “Ya Tuhanku, ampuni aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang pun sesudahku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi”. 

5. Doa yang Kelima 

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

“Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak”. 

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram. Dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu”. (HR. Tirmidzi No. 3563).

Kelima doa melancarkan rezeki dan usaha ini bisa Anda amalkan secara rutin. Terutama setelah shalat wajib setiap harinya. Dengan begitu, usaha yang Anda lakukan bisa menjadi lebih lancar dan penuh dengan berkah dari Allah SWT.

Baca Juga: Contoh Proposal Usaha Lengkap dan Tips Membuatnya

Adab yang Baik Ketika Berdoa

doa melancarkan rezeki dan usaha
(sumber gambar: idntimes.com)

Doa yang Anda panjatkan tentu akan tertuju pada Allah SWT. Untuk itu, ketika berdoa juga tidak bisa sembarangan dan ada adabnya. Dengan mengikuti adab yang diajarkan Rasulullah SAW ini, Anda bisa mendapatkan posisi terbaik untuk berdoa dan doa yang Anda panjatkan juga bisa menjadi semakin baik sifatnya. Inilah beberapa adab berdoa yang bisa Anda lakukan:

1. Awali dengan Memuji Allah SWT

Ketika berdoa, Anda berarti sedang meminta sesuatu dari Allah SWT. Tentunya, akan jauh lebih baik untuk mengawalinya dengan kalimat pujian-pujian kepada Allah SWT. Rasulullah SAW juga menganjurkan agar berdoa sebaiknya bermula dengan kalimat pujian. Contohnya adalah dengan mengucapkan “Ya Allah, yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”. 

2. Menghadap Ke Arah Kiblat 

Adab berdoa kedua yang baik adalah menghadap ke arah kiblat. Ketika memanjatkan doa melancarkan rezeki dan usaha, sebaiknya Anda menghadap kiblat karena Rasulullah SAW juga menganjurkan hal ini. Setelah menghadap kiblat, Anda bisa mengangkat kedua tangan Anda dalam posisi yang meminta. Barulah doa Anda panjatkan. Setelah berdoa, Anda juga sebaiknya mengusap wajah setelah berdoa.

3. Memanjatkan Doa di Waktu Mustajab

Agar doa yang Anda panjatkan bisa cepat terkabul, maka sebaiknya Anda berdoa di waktu yang mustajab. Beberapa waktu terbaik yang bisa Anda pilih adalah ketika pada bulan Ramadhan, sepertiga terakhir setiap malam, pada waktu sahur, pada hari Jumat, dan di hari Arafah. Pada waktu-waktu inilah akan sangat baik bagi Anda untuk memanjatkan doa melancarkan rezeki dan usaha.

4. Suara Ketika Memanjatkan Doa

Adab selanjutnya ketika memanjatkan doa adalah mengenai suara yang Anda keluarkan. Ketika berdoa, sebaiknya Anda menggunakan suara yang lemah lembut dan tidak terlalu keras namun tidak terlalu pelan. Hal ini juga sudah tercantum dalam surat yang ada dalam Al-Qur’an tepatnya pada surat Al-Isra ayat 110.

5. Berdoa dengan Penuh Pengharapan dan Keyakinan

Ketika memanjatkan doa, Anda juga sebaiknya melakukannya dengan penuh pengharapan namun juga dengan perasaan yang yakin. Tercantum dalam surat Al-Anbiya ayat 90, bahwa Allah SWT akan menyukai para hamba-Nya yang penuh dengan rasa pengharapan. Selain itu juga ingat dan merasa takut akan dosa-dosa yang mereka lakukan.

Selain itu, dalam surat Al-Baqarah ayat 186, juga tercantum bahwa  Allah SWT juga akan mengabulkan doa hamba yang yakin. Yakin dalam artian Anda benar-benar percaya jika doa yang Anda panjatkan bisa terkabul.

6. Terus Menerus Memanjatkan Doa

Adab yang baik ketika berdoa selanjutnya adalah dengan terus menerus memanjatkan doa tersebut. Terutama jika memang doa yang Anda panjatkan belum terkabul. Teruslah mengulangi doa tersebut sampai apa yang Anda minta bisa terkabul.

Nah, itulah berbagai doa melancarkan rezeki dan usaha yang bisa Anda panjatkan. Selalu ingat bahwa kehidupan yang ada di dunia akan menjadi lebih mudah jika Anda menyerahkannya pada sang pemilik kehidupan yaitu Allah SWT. Berusahalah semaksimal mungkin dan lakukan yang terbaik.

Setelah itu berdoalah dengan khusyu dan penuh pengharapan secara rutin. Terakhir, berserah diri kepada Allah SWT. Dengan kombinasi itu, kemudahan dan kelancaran menjalankan usaha di hidup bisa menjadi lebih mudah. Jadi, jangan sampai Anda melewatkan doa ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.