Yuk, Kenali Tentang Profil dan Harga Saham Wika Terbaru!

  • Bagikan
harga saham wika

Dunia investasi saham di Indonesia memang selalu menarik perhatian para investor. Ada banyak sekali produk saham yang bisa Anda pilih yang berasal dari berbagai bidang dan memiliki keunggulan serta kelemahan. Salah satu produk saham yang layak untuk Anda pertimbangkan adalah saham yang berasal dari PT. Wijaya Karya (Persero) atau saham WIKA. Pergerakan harga saham WIKA dan profil perusahaan emiten dari saham ini layak Anda simak dengan baik sebagai salah satu kandidat saham untuk Anda beli. Inilah informasi selengkapnya tentang saham ini.

Sekilas Tentang PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk

harga saham wika
(sumber gambar: marketnews.id)

Produk saham yang ada di Indonesia memang berasal dari banyak sekali sektor bidang, salah satunya adalah industri konstruksi. Saham yang berasal dari sektor ini tidak bisa Anda pungkiri tetap memiliki prospek yang menjanjikan karena kontruksi dan pembangunan di Indonesia tetap sangat banyak dan memiliki perkembangan serta permintaan yang sangat tinggi.

Salah satunya adalah produk saham dari PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk. Pada dasarnya, perusahaan ini memiliki basis pergerakan di bidang industri konstruksi. PT. Wijaya Karya atau WIKA menawarkan produk serta jasa yang terbagi dalam beberapa lini bisnis yang berbeda. Mulai dari infrastruktur dan gedung, industrial plant dan energi, integrated transportation system, properti, investasi, serta construction engineering. 

Sebagai perusahaan yang bergerak pada sektor industri konstruksi, WIK memiliki portofolio yang cukup impresif di Indonesia. Beberapa hasil pekerjaan yang sudah WIKA selesaikan contohnya adalah Dermaga Patimban, Simpang Susun Semanggi, Masjid Sriwedari Solo, Bandara Internasional Jawa Barat, hingga tol Balikpapan-Samarinda.

Tidak hanya sampai disitu saja, WIKA juga berhasil menghandle project yang bergengsi berupa venue untuk Asian Games 2018. Mulai dari Jakarta International Velodrome, Equestrian Park, Stadion Madya GBK. PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk juga mulai mengembangkan sayap pada anak perusahaannya. Anak perusahaannya memproduksi segala sektor berupa konstruksi percetakan berupa Railway Sleeper CP, Bridge Concrete, PC Poles, dan PC Piles.

Pergerakan Harga Saham WIKA Terbaru 

Perusahaan Wijaya Karya (Persero) Tbk juga merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tidak heran meski harga saham WIKA memiliki fluktuasi yang cukup tinggi, namun saham dari WIKA layak untuk Anda pertimbangkan karena memiliki kondisi fundamental perusahaan yang cukup bagus.

Dalam segi saham, karena merupakan bagian dari BUMN, maka entitas induk dari PT. Wijaya Karya (Persero) adalah Negara Indonesia. Presentase saham yang dimiliki oleh Indonesia mencapai 65,049%. Baru sisanya sebesar 34,94% saham WIKA beredar dan merupakan milik dari masyarakat.

PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk sendiri sebagai emiten mulai berdiri pada tanggal 11 Maret 1960. Penawaran perdana saham mereka atau IPO terjadi pada 29 Oktober tahun 2007. Pada saat itu, WIKA menawarkan saham dengan harga Rp.1.580 perlembarnya dan memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp. 17,49 triliun.

Laporan keuangan dari WIKA juga bisa menjadi pertimbangan untuk menentukan pergerakan harga saham WIKA. Pada akhir tahun 2020, memang tidak bisa terpungkiri bahwa performa WIKA cukup jauh turun daripada tahun 2019. Pendapatan WIKA tahun 2020 adalah sebesar Rp.16,53 triliun. Jumlah pendapatan ini tentu tergolong turun dan merosot dari tahun 2019 yang mencapai angka Rp. 27,21 triliun.

Sementara untuk harga saham WIKA sendiri terhitung dari hari ini tanggal 3 September 2021 adalah sebesar Rp.950.00. Harga saham WIKA hari ini mengalami peningkatan dari sebelumnya memiliki harga Rp. Rp.925.00. Meski tergolong fluktuatif, namun saham WIKA tetap layak untuk Anda pertimbangkan.

Baca Juga: Jangan Asal Investasi! Kenali Perbedaan Saham Biasa Dan Saham Preferen Berikut Ini!

Harga Saham WIKA Ditengah Pandemi COVID-19 

Seperti yang Anda ketahui, adanya pandemi COVID-19 memang memberikan dampak yang sangat besar terhadap pergerakan harga saham di Indonesia. Banyak harga saham yang sempat merosot jauh akibat adanya pandemi. Pandemi yang mulai masuk di Indonesia sejak awal tahun 2020 sampai sekarang, turut memberikan dampak yang besar terhadap kinerja saham WIKA hingga saat ini.

PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk juga memberikan penuturan bahwa memang harga saham sangat terdampak akibat adanya pandemi. Hal ini bisa terlihat dari perolehan kontrak baru perusahaan yang hanya mampu tercapai kurang lebih 30% dari rencana awal, laba bersih yang hanya mampu tercapai kurang lebih 7% dari rencana awal, serta penjualan yang hanya bisa tercapai kurang lebih 45% dari rencana awal. Tentu presentase inilah yang membuat harga saham WIKA menjadi sangat fluktuatif dan memang cenderung turun di masa pandemi ini.

Meski begitu, dampak dari adanya pandemi COVID-19 tidak serta merta membuat WIKA menjadi tertinggal. Pada kuartal IV-2020 lalu hanya dalam waktu 3 (tiga) bulan saja, WIKA mampu bangkit dan mengejar ketertinggalannya untuk memperbaiki kinerja perusahaan. Hasilnya, pada tahun 2020 ini, WIKA berhasil mendapatkan nilai kontrak baru dengan nilai yang cukup impresif hingga mencapai angka Rp23,37 triliun. Angka ini sudah setara dengan target yang WIKA tetapkan pada awal tahun 2020 sebelum adanya pandemi.

Prospek dan Potensi Saham WIKA di Tahun 2021 

harga saham wika
(sumber gambar: analisafundamental.com)

Dengan fakta bahwa harga saham WIKA memang masih terbilang fluktuatif, meski pada pandemi ini berhasil mengejar ketertinggalan, saham WIKA masih sangat layak untuk Anda pertimbangkan. Sebab, ada beberapa hal yang menjadi dasar atau alasan atas hal ini. Diantaranya adalah:

1. Peningkatan Anggaran Infrastruktur WIKA 

PT. Wijaya Karsa (Persero) Tbk memiliki prospek yang sangat besar di tahun 2021 ini dan nantinya akan berdampak pada harga saham WIKA kedepannya. Prospek ini berasa dari adanya peningkatan anggaran infrastruktur hingga mencapai angka Rp.417,8 triliun. Angka ini sebelumnya memang sempat terpotong karena anggaran infrastruktur teralihkan untuk penanganan pandemi. Namun di tahun 2021 ini, anggaran untukk WIKA sudah kembali lagi dalam jumlah yang besar.

Tidak berhenti sampai disitu, WIKA juga akan mendapatkan stimulus pengembangan proyek infrastruktur dengan nilai yang besar hingga mencapai Rp. 553 triliun di tahun 2021. Anggaran yang besar ini merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dari anggaran yang diberikan, WIKA berharap agar piutang dari pemerintah supaya bisa segera lunas dan arus kas dari WIKA bisa menjadi lancar kembali.

2. Tahun yang Baik untuk Pergerakan Saham dan Produktivitas Perusahaan 

Selain karena adanya stimulus anggaran dari rencana Pemulihan Ekonomi Nasional, tahun 2021 juga menjadi tahun yang baik untuk proyeksi harga saham WIKA. Pasalnya, di tahun 2021 ini produktivitas emiten seluruh Indonesia dalam kegiatan operasionalnya diprediksi meningkat dengan baik. Hal ini termasuk PT. Wijaya Karsa (Persero) Tbk.

WIKA menargetkan untuk mendapatkan nilai kontrak baru dengan nilai mencapai Rp.40,12 triliun rupiah di tahun 2021. Target order book dari WIKA juga diperkirakan bisa mencapai nilai Rp.115 triliun. Apalagi saat ini, WIKA juga sedang melakukan pengerjaan proyek yang besar yang berupa pembangunan rel kereta berkecepatan tinggi (high speed railway) dan juga pembangunan jalan tol. Kedua pembangunan ini diprediksi akan selesai pada tahun 2021 atau 2022.

Jadi, Apakah Saham WIKA Layak untuk Dipertimbangkan? 

Jawabannya adalah iya. Saham dari PT. Wijaya Karya (Persero) bisa menjadi salah satu kandidat saham yang layak untuk Anda pilih. Alasannya, karena sektor industri konstruksi di Indonesia akhir-akhir ini memang mendapatkan sentimen yang positif dan mendapatkan stimulus dari anggaran pemerintah dalam jumlah yang cukup besar.

WIKA juga saat ini masih memegang banyakk sekali proyek pembangunan dalam skala yang besar dan prestisius dengan nilai anggaran fantastis. Apabila WIKA berhasil untuk mempertahankan kinerja bagusnya, bukan tidak mungkin harga saham WIKA bisa menjadi lebih stabil dan naik lagi pada kemudian hari.

Meski pada tahun 2020 lalu saham WIKA sempat jeblok akibat pandemi, namun perusahaan emiten WIKA sudah menyiapkan berbagai rencana dan strategi untuk menggenjot produktivitas dari berbagai proyek yang perusahaan kerjakan. Semuanya memiliki target pada tahun 2021 akhir hingga 2022 awal nanti untuk penyelesaiannya. Arus kas dari PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk juga akan memiliki arah dan jalur yang lebih baik daripada sebelumnya.

Sebagai investor, Anda juga tidak perlu menunggu terlalu lama karena pada prakteknya, tahun 2021 akhir adalah tahun yang baik untuk pertumbuhan WIKA. Hal ini membuat Anda sebagai investor bisa mendapatkan peluang untuk menginvestasikan aset di saham WIKA dengan lebih baik dan mantap.

Itulah informasi lengkap seputar profil perusahaan dan harga saham WIKA paling update. Dari informasi ini, semoga Anda bisa menjadikan WIKA sebagai salah satu produk saham yang layak untuk Anda pertimbangkan dan investasikan ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.