Jelaskan Pengertian Wirausaha dan Strategi Meraih Kesuksesannya

  • Bagikan
jelaskan-pengertian-wirausaha

Salah satu istilah yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda adalah wirausaha. Sebab, profesi ini memang banyak sekali pelakunya dan menjadi salah satu sumber mencari pendapatan masyarakat. Meski begitu, ternyata masih banyak orang yang belum memahami pengertian wirausaha dengan baik lho. Menjelaskan pengertian wirausaha, bisa Anda mulai pada artikel berikut ini. Yuk simak! 

Jelaskan Pengertian Wirausaha 

jelaskan-pengertian-wirausaha
(sumber gambar: kabarindah.com)

Menjelaskan pengertian wirausaha bisa Anda mulai dari pemahaman istilahnya. Wirausaha merupakan istilah yang menunjukkan suatu kegiatan usaha mandiri. Setiap sumber daya dan kegiatan yang berjalan pada usaha tersebut, pengelolanya adalah orang yang bersangkutan atau wirausahawan. Terutama yang menyangkut masalah pembuatan produk baru, menyusun operasi usaha, membuat strategi pemasaran, mengatur keuangan, hingga bagaimana cara memproduksi suatu produk. 

Jadi dari informasi tersebut, bisa Anda simpulkan bahwa wirausaha bertujuan untuk menghasilkan suatu produk yang memiliki nilai lebih. Nilai lebih ini maksudnya adalah produk tersebut harus lebih bernilai daripada wujudnya sebelum mengalami pengolahan. Misalnya, Anda mengolah sebuah kayu pohon jati menjadi bentuk meja, kursi, atau lemari yang bernilai, kemudian Anda jual. Nah, ketika menjalankan proses ini itu artinya Anda sedang menjalankan proses wirausaha. 

Menjelaskan pengertian wirausaha juga bisa Anda rujuk dari pendapat Burgess (1993), J.B Say (1803), dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Penjelasannya adalah seperti ini: 

a. J.B Say (1803) 

Menurut pendapat J.B Say (1803), wirausaha adalah seorang pengusaha yang mampu mengelola sumber daya yang ia miliki secara ekonomis, efektif, dan juga efisien. Dengan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi. 

b. Burgess (1993) 

Sementara menurut Burgess (1993), wirausaha merupakan seseorang yang melakukan pengorganisasian, pengelolaan, serta berani mengambil resiko ketika menciptakan peluang usaha dan usaha yang baru. 

c. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) 

Melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wirausaha merupakan seseorang yang pandai atau berbakat dalam memahami produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru hingga mengatur permodalan dan pemasarannya.

Karakteristik Wirausahawan dan Tujuan Wirausaha 

Wirausahawan merupakan orang yang melakukan kegiatan wirausaha. Selain menjelaskan pengertian wirausaha, Anda juga perlu memahami bahwa terdapat ciri dan karakteristik dari orang yang menjalankannya. Inilah beberapa ciri tersebut: 

  1. Memiliki daya kreasi dan inovasi yang tinggi 
  2. Berpikir jangka panjang untuk masa depan 
  3. Terdapat jiwa kepemimpinan sehingga bisa memimpin banyak orang 
  4. Berani mengambil resiko dan tegas mengambil keputusan 
  5. Semangat dan kemauan yang keras 
  6. Mampu melakukan analisis dengan tepat dan akurat 
  7. Bersikap hemat dan tidak konsumtif.

Selain memiliki karakteristik, dalam implementasi kegiatannya, kegiatan wirausaha juga memiliki tujuannya tersendiri. Inilah beberapa tujuan wirausaha: 

1. Membentuk Wirausaha yang Berkualitas 

Tujuan pertama adalah untuk membentuk lingkungan wirausaha yang berkualitas. Karena jika semakin banyak orang yang berwirausaha, maka akan membentuk sebuah ekosistem wirausaha yang kompetitif. Tentu dengan adanya kompetisi ini, setiap pelaku bisa menempa diri mereka dengan lebih baik sehingga benar-benar berkualitas dalam bidang yang mereka geluti. 

2. Membangun Karakter Wirausahawan 

Kegiatan ini juga bisa membangun karakter wirausahawan. Sebab seorang wirausahawan akan memiliki kemampuan yang kompeten. Dari sinilah ia bisa meraih kesuksesan dan menjadi inspirasi bagi masyarakat luas bahwa wirausahawan bisa sukses jika mau bekerja keras. 

3. Berkontribusi dalam Kesejahteraan Masyarakat 

Kegiatan usaha tentu akan melibatkan banyak pihak dan membutuhkan pekerja. Dari sinilah akan terbuka banyak lapangan pekerjaan baru yang masyarakat butuhkan. Dampaknya, seorang wirausahawan dapat turut berkontribusi dalam kesejahteraan masyarakat. Bahkan bisa juga membantu menurunkan tingkat pengangguran di suatu daerah tertentu. 

Baca Juga: 7 Contoh Usaha Jasa Paling Laris dan Tips Memulainya

Strategi Menjadi Wirausahawan yang Sukses 

jelaskan-pengertian-wirausaha
(sumber gambar: digination.id)

Setelah menjelaskan pengertian wirausaha, tentu Anda mulai tertarik untuk menjadi salah satunya. Meski begitu, pahami juga bahwa menjalankan bidang ini bukanlah hal yang mudah. Akan ada banyak rintangan dan kompetisi untuk bisa meraih kesuksesan. Untuk itulah Anda membutuhkan suatu strategi yang tepat. Inilah beberapa strategi yang bisa Anda terapkan: 

1. Lakukan Usaha karena Passion 

Salah satu strategi yang bisa Anda terapkan untuk menjadi wirausahawan yang sukses adalah dengan memulai dari passion. Sudah banyak pengusaha sukses yang bermula dari hobi namun akhirnya menjadi ladang penghasilan. Pasalnya, ketika Anda mengikuti passion, maka semuanya akan terasa lebih ringan dan hati menjadi lebih senang. Meski ada rintangan, namun Anda akan bisa melewatinya dengan perasaan yang lebih baik. 

2. Analisis Peluang dan Pesaing 

Selain melakukan usaha bermula dari passion, Anda juga bisa melihat dari peluang dan potensi pasar. Hal ini sama pentingnya karena dari sinilah Anda bisa memperkirakan apakah usaha yang dijalankan nantinya bisa meraih kesuksesan. Sebab jika usaha yang Anda buka peluangnya kecil, tentu kesempatannya untuk berkembang akan sulit. 

Perhatikan juga bagaimana persaingan pada usaha yang akan Anda geluti. Persaingan ini sangat penting untuk melihat seperti apa tantangan yang akan Anda hadapi kedepannya. Lakukan riset dan cari kelemahan dan kelebihan dari pesaing Anda. Dari sinilah, Anda bisa meramu strategi yang lebih matang agar bisa lebih unggul dari mereka. 

3. Berani Ambil Resiko 

Sebagai seorang wirausahawan, Anda tentu akan berhadapan dengan persaingan dan tantangan lainnya. Selain itu, nantinya Anda harus mengambil keputusan-keputusan besar yang akan sangat menentukan arah usaha. Jika tidak memiliki keberanian untuk mengambil resiko saat mengambil keputusan, maka sulit bagi Anda untuk membawa usaha menjadi maju. 

4. Memiliki Kemampuan Memimpin dan Mengelola 

Wirausahawan itu bukan hanya tentang menciptakan produk baru. Lebih dari itu, ia juga harus bisa memimpin dan mengelola usahanya dengan baik. Untuk itu seorang pengusaha harus memiliki sifat leadership dan pandai mengelola sumber daya yang ia miliki. Apalagi dalam sebuah usaha dibutuhkan sosok pengatur yang tepat dan akan menjadi nahkoda arah kesuksesan usaha tersebut. 

5. Pandai Membangun Jaringan atau Networking 

Menjadi pengusaha tidak akan selalu menjalankan tugasnya secara individu. Adakalanya Anda harus bisa bekerjasama dengan pihak lain untuk mencapai target maupun tujuan yang lebih besar. Untuk itu dibutuhkan kepandaian dalam membangun jaringan yang luas. Kepandaian ini juga membutuhkan skill komunikasi dan negosiasi yang baik agar bisa mencapai kesepakatan. Untuk itu, pelajari semua hal tersebut ketika Anda memutuskan menjadi seorang pengusaha. 

6. Menguasai Pengelolaan Keuangan 

Dalam sebuah usaha, modal atau keuangan akan memegang peranan yang sangat besar. Sebab keberadaan dana inilah yang akan sangat menentukan kesuksesan dan pengembangan usaha. Ketika usaha sudah berjalan, Anda memang bisa menggunakan jasa atau merekrut karyawan yang pandai dalam pengelolaan keuangan, seperti contohnya akuntan. Akan tetapi sebagai pemimpin Anda harus tetap memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan usaha sendiri terlebih dahulu. 

Sebab, nantinya karyawan hanya akan membantu untuk menghitung dan merapikan catatan saja. Semua alokasi dana dan akan Anda gunakan untuk apa uang tersebut keputusannya berada sepenuhnya di tangan Anda sendiri. Jika tidak memiliki penguasaan dan pengelolaan uang yang baik, tentu akan sulit bagi Anda untuk bisa memprioritaskan keuangan untuk usaha dengan baik. 

7. Terbuka Terhadap Kritik dan Masukan Serta Mau Selalu Belajar 

Kritik dan masukan bukan selalu menjadi hal buruk bagi pengusaha. Justru ini menjadi sarana evaluasi yang baik untuk jalannya usaha. Jika ingin menjadi pengusaha sukses, maka jangan pernah tutup kuping terhadap saran dan kritik. Sebaliknya selalu tampung masukan dan kritik tersebut kemudian jadikan bahan evaluasi untuk mengembangkan usaha menjadi lebih baik lagi berdasarkan kritik tersebut. Dengan cara ini, Anda bisa membuat usaha menjadi lebih maju dan berkembang. 

Pengusaha yang sukses juga akan selalu haus akan ilmu. Pasalnya ilmu inilah yang akan berguna untuk Anda ketika menjalankan sebuah usaha. Jadi jika memang memiliki kesempatan untuk belajar jangan pernah sia-siakan hal itu. Dari ilmu yang diperoleh, bisa Anda implementasikan pada usaha Anda sendiri nantinya. 

Nah itulah penjelasan tentang pengertian wirausaha dan strategi meraih kesuksesannya. Semoga informasi ini bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda yang sedang merencanakan usaha ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.