Jenis-jenis Investasi Potensial di 2021 yang Layak Anda Coba!

  • Bagikan
jenis-jenis investasi

Investasi adalah kegiatan untuk mengalokasikan uang yang Anda miliki untuk keuntungan di masa depan. Ada jenis-jenis investasi yang bisa Anda pilih sebagai sarana mencari keuntungan ini. Di tahun 2021 ini, ada beberapa instrumen investasi terbaik yang layak untuk Anda pilih. Apa saja? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Jenis-jenis Investasi Menguntungkan di 2021 

Berikut kami sajikan daftar investasi terbaik yang bisa Anda pilih di tahun 2021 ini. Inilah daftar selengkapnya:

1. Reksadana 

Instrumen terbaik untuk berinvestasi di tahun 2021 adalah reksadana. Jenis investasi ini adalah salah satu yang paling banyak masyarakat minati saat ini. Reksadana sendiri memiliki arti sebagai pilihan instrumen investasi yang tujuannya adalah menghimpun dana dari masyarakat kemudian akan diinvestasikan dalam sejumlah portofolio efek oleh manajer investasi.

Karena pengelolaannya oleh manajer investasi, reksadana menjadi opsi tepat bagi Anda investor pemula yang baru terjun ke dunia investasi. Pasalnya, Anda hanya cukup membeli unit reksadana dengan mudah dalam satu paket lengkap, tanpa harus membelinya satu persatu seperti saham. Selain itu, manajer investasilah yang akan bertugas untuk mengelola reksadana yang Anda miliki.

Jadi, sebagai investor Anda tidak perlu ribet memikirkan alokasi reksadana ataupun keputusan-keputusan terkait investasi lainnya. Karena urusan ini sudah sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari manajer investasi berdasarkan analisa dan strategi yang tentunya sudah mereka kuasai.

Reksadana ini layak untuk Anda pilih di tahun 2021 karena bisa memberikan potensi keuntungan yang menjanjikan. Tingkat resiko dari reksadana juga tergolong rendah hingga sedang, sehingga potensi kerugian yang Anda dapatkan juga menjadi minim.

2. Saham 

jenis-jenis investasi
(sumber gambar: guim.co.uk)

Rasanya akan sangat sulit untuk menggeser posisi saham sebagai salah satu instrumen yang menjanjikan. Hampir setiap tahun, saham menjadi salah satu pilihan terbaik bagi investor yang ingin mengelola keuangan mereka pada suatu instrumen. Sebagai tanda bukti kepemilikan aset dari suatu perusahaan, saham memiliki nilai yang tinggi.

Tidak heran jika saham merupakan salah satu dari golongan produk yang ada di pasar modal. Jika Anda menginginkan investasi dengan jangka waktu yang panjang, jelas saham masuk menjadi salah satu kandidat terbaik yang bisa Anda pilih. Dari saham, Anda bisa mendapatkan keuntungan berupa deviden dan capital gain. 

Pada tahun 2021 ini, saham tetap layak untuk Anda pilih sebagai instrumen investasi dengan return menjanjikan. Namun, harus tetap berhati-hati dengan resiko dari investasi saham ya. Ingat, high return, high risk. Keuntungan yang besar juga memiliki resiko yang besar. Jadi, pastikan produk saham yang Anda pilih memang sesuai dengan profil resiko keuangan Anda ya.

3. Emas 

Logam mulia emas juga termasuk dalam jenis-jenis investasi yang menguntungkan di tahun 2021.  Alasannya karena meski di tengah kondisi pandemi seperti saat ini yang membuat kondisi ekonomi lesu, harga dari emas cenderung tetap stabil dan bahkan sempat naik beberapa waktu lalu. Tidak heran jika masyarakat mulai berbondong-bondong mengalokasikan dana mereka ke instrumen emas.

Emas juga tergolong mudah untuk Anda jual dan uangkan. Instrumen ini juga sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Meski begitu, kekurangan dari emas adalah bentuk fisiknya yang rentan akan bahaya seperti kehilangan akibat pencurian.

Alternatif yang bsai Anda pilih adalah menyimpannya dengan fasilitas keamanan yang ekstra ataupun memanfaatkan fitur nabung emas atau titip emas yang sudah banyak platform digital tawarkan. Seperti tamasia dan pegadaian digital. Dengan menyimpan emas di platform yang terpercaya, keamanan emas yang Anda miliki menjadi lebih terjamin.

4. Properti 

Instrumen investasi selanjutnya adalah properti. Di tahun 2021 ini, properti tetap menjadi salah satu opsi terbaik untuk Anda yang ingin mengalokasikan dana untuk keuntungan di masa mendatang. Tren harga properti yang cenderung stabil dan naik, menjadi alasan terbesar mengapa investasi ini sangat menjanjikan.

Selain itu, kebutuhan manusia akan properti yang tidak ada matinya membuat permintaan akan unit properti selalu tinggi. Properti sendiri bisa meliputi banyak hal. Mulai dari tanah atau bangunan seperti rumah, apartemen, kos-kosan, gedung, ruko, dan sebagainya. Namun sayangnya, jumlah modal yang harus Anda keluarkan untuk investasi properti terbilang tidak sedikit.

Pasalnya, harga properti memang mahal. Bisa dari puluhan juta sampai ratusan juta.  Selain itu, Anda juga harus mengeluarkan biaya perawatan unit properti agar senantiasa terjaga dan tidak rusak. Meski begitu, Anda tetap layak mempertimbangkan investasi yang satu ini mengingat keuntungan yang properti tawarkan juga tergolong besar.

5. Deposito 

Jika Anda adalah nasabah dari sebuah bank, maka deposito sudah pasti pernah Anda dengar. Di tahun 2021 ini, deposito tetap layak menjadi pilihan investasi yang menjanjikan karena potensi keuntungan yang lebih tinggi daripada tabungan biasa. Keuntungan yang akan Anda dapatkan berasal dari bunga simpanan dari bank.  Umumnya, besar bunga deposito ini adalah sekitar 5% per tahun.

Namun, bisa juga lebih tinggi atau lebih rendah sesuai bank mana yang akan Anda pilih. Meski memiliki keuntungan lebih rendah daripada instrumen lain seperti saham, reksadana, properti, atau emas, namun deposito tetap layak Anda pertimbangkan. Mengingat bahwa resiko dari deposito juga lebih kecil dan keamanannya sudah terjamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Baca Juga: Inilah Investasi Jangka Panjang dan Berbagai Keuntungannya

6. Obligasi 

jenis-jenis investasi
(sumber gambar: pasardana.id)

Obligasi juga termasuk dalam jenis-jenis investasi menguntungkan di tahun 2021. Arti dari obligasi sendiri adalah surat utang yang bisa menjadi instrumen investasi. Bursa Efek Indonesia (BEI) juga memasukkan obligasi sebagai salah satu komoditi perdagangannya. Beberapa jenis obligasi yang bisa Anda pilih di BEI adalah:

  • Sukuk
  • Surat Berharga Negara (SBN)
  • Efek Beragun Aset (EBA)
  • Obligasi Korporasi

Berbagai jenis obligasi ini bisa Anda pilih sesuai preferensi dan profil resiko keuangan Anda. Resiko dari obligasi juga termasuk dalam kategori moderat sehingga bisa menjadi pilihan bagi investor dengan tipe yang juga moderat.

7. Investasi Unit Link 

Investasi selanjutnya yang layak Anda pertimbangkan di tahun 2021 adalah investasi unit link. Jenis investasi ini akan sangat sesuai bagi Anda yang tidak hanya membutuhkan instrumen untuk berinvestasi, namun juga mencari asuransi untuk memberikan perlindungan diri di masa mendatang. Apalagi di masa pandemi seperti ini, asuransi bisa sangat membantu Anda dalam menghadapi resiko kesehatan.

Karena bisa sekaligus memberikan Anda keuntungan dari proses investasi dan juga asuransi. Namun, memang keuntungan yang Anda dapatkan tidak besar daripada instrumen investasi yang lain. Meski begitu, investasi ini tetap layak untuk Anda pertimbangkan di tahun 2021 ini karena asuransi yang mencakupnya.

8. Peer to Peer Lending (P2P) 

Investasi selanjutnya yang layak Anda pilih adalah P2P Lending. Investasi ini berkonsep memberikan pinjama sekaligus menawarkan investasi yang mempertemukan antara lender (pemberi pinjaman) dan borrower (pengambil pinjaman). Jika Anda ingin berinvestasi di P2P lending, maka peran Anda adalah sebagai lender. 

Nantinya, modal yang Anda investasikan akan borrower pinjam. Keuntungan Anda berasal dari pinjaman tersebut. Umumnya, rata-rata keuntungan dari P2P lending adalah 10% per tahunnya. Namun, presentase ini bisa jadi lebih tinggi ataupun lebih rendah tergantung pada platform P2P lending yang Anda pilih.

9. Tabungan Berjangka 

Selain deposito, produk bank lain yang bisa Anda pilih sebagai alokasi investasi adalah tabungan berjangka. Apabila Anda adalah pemula, maka investasi ini bisa menjadi opsi terbaik. Pasalnya, resiko yang ada tergolong rendah dan keamannya terjamin oleh bank terkait.

Meski memang keuntungan yang Anda peroleh tidak sebesar instrumen lain seperti saham ataupun reksadana, namun mengingat resikonya yang juga minim, Anda layak mempertimbangkan investasi ini. Rata-rata keuntungan yang akan investor dapatkan berkisar di angka 3% sampai 4% per tahunnya.

10. Exchange Traded Fund (ETF) 

Jenis-jenis investasi yang terakhir adalah exchange traded fund. Instrumen ini termasuk dalam produk reksadana. Perbedaannya dengan reksadana adalah dalam ETF, semua komposisi yang ada di dalamnya sudah mengacu pada indeks saham seperti LQ45 atau ID30.

Karena mengacu pada indeks saham, maka performa dan kinerja dari ETF ini terbukti baik. Bahkan investor dunia yang sudah terbukti kesuksesannya yaitu Warren Buffet juga mengungkapkan bahwa indeks memiliki fundamental yang kuat dan tidak bisa dengan mudah kalah oleh ahli saham.

Itulah jenis-jenis investasi yang layak Anda pilih di tahun 2021. Apapun instrumen investasinya, jangan lupa untuk selalu menyesuaikan dengan profil resiko keuangan Anda ya. Dengan begitu, resiko kerugian yang ada pada setiap investasi bisa Anda minimalisir.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.