Ide Jualan Makanan yang Laris Saat Pandemi dan Tips Usahanya

  • Bagikan
jualan makanan yang laris

Peluang usaha di bidang kuliner memang tidak ada habisnya. Bahkan pada masa pandemi, masih banyak sekali ide jualan makanan yang laris untuk Anda tekuni. Hal ini memang bukan tanpa alasan, mengingat makanan memang menjadi kebutuhan utama manusia. Nah, jika Anda tertarik untuk menggeluti usaha jualan makanan, berikut beberapa ide yang bisa Anda pertimbangkan. Yuk, simak!

5 Ide Jualan Makanan yang Laris Saat Pandemi

jualan makanan yang laris
(sumber gambar: idntimes.com)

Inilah beberapa rekomendasi pilihan makanan yang laris untuk Anda jual di saat pandemi:

1. Dessert (Makanan Penutup)

Menyantap hidangan apapun rasanya akan kurang jika tanpa menu dessert atau hidangan penutup. Saat pandemi memang permintaan akan makanan yang sehat tentu akan meningkat pesat, namun bukan berarti permintaan terhadap makanan penutup juga menurun. Sebaliknya, permintaan akan menu ini tetap tinggi karena banyak orang yang enjoy memakan dessert meski tidak setelah makan.

Atas alasan inilah Anda bisa memilih untuk menjual makanan penutup. Beberapa produk yang bisa Anda pilih adalah seperti dessert box, es krim, puding, manisan, dan lain sebagainya. Anda juga bisa membuat inovasi dessert dengan menggunakan bahan yang premium, higienis, dan sehat agar lebih bisa menarik perhatian pasar di saat pandemi.

Bisa juga menjual dessert sehat seperti peach gum yang kini memang sangat ramai peminatnya. Peach gum atau sarang burung merupakan sebuah makanan yang berbentuk seperti jamur-jamuran yang berasal dari getah pohon persik. Bentuknya seperti jamur salju yang kemudian harus Anda seduh terlebih dahulu agar mengembang.

Teksturnya kenyal dan kaya akan kolagen. Peach gum sangat populer karena manfaatnya yang besar untuk kesehatan termasuk untuk menjaga berat badan, melancarkan aliran darah, hingga mengurangi resiko serangan jantung. Dengan berbagai khasiat ini tidak heran jika sarang burung sangat populer.

2. Lauk Pauk Cepat Saji

Ide jualan makanan yang laris saat pandemi selanjutnya adalah lauk pauk yang cepat saji dan siap makan. Intensitas untuk keluar rumah memang sangat terbatas selama pandemi, untuk itu banyak orang yang seringkali kesulitan untuk membeli makanan. Nah, inilah yang menjadi peluang usaha bagi Anda untuk menjual lauk yang siap saji.

Pada prinsipnya Anda akan memasak dahulu lauk tersebut kemudian Anda jual dalam bentuk frozen atau kering yang bisa tahan lama disimpan. Seperti misalnya rendang frozen, kentang goreng kering, dan lain sebagainya. Nantinya pembeli hanya cukup untuk menghangatkan lauk ini sebentar saja dan kemudian bisa langsung disantap bersama dengan nasi.

Karena praktisnya makanan ini, tidak heran jika banyak masyarakat yang mencari lauk pauk cepat saji. Bahkan banyak pelaku usaha ini yang berhasil menjual produk mereka antar daerah dengan mengirimkannya lewat jasa pengiriman. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

3. Makanan Vegetarian

Saat pandemi, memang kesadaran masyarakat akan hidup sehat dan bersih semakin meningkat. Ini pula yang membuat peminat masakan vegetarian menjadi lebih tinggi daripada sebelumnya. Tentu bisa menjadi peluang jualan makanan yang laris untuk Anda tekuni. Apalagi konsumsi sayur dan buah memang sangat dianjurkan untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh selama pandemi

Ada banyak sekali produk makanan vegetarian yang bisa Anda jual. Makanan yang paling populer diantara menu tersebut, misalnya adalah salad, spring roll, hummus, dan lain sebagainya. Makanan olahan yang berasal dari biji seperti oat, tempe, dan tahu juga bisa Anda pilih.

4. Frozen Food 

Tidak jauh berbeda dengan lauk siap saji, masyarakat juga sangat mencari penjual frozen food. Berbeda dengan lauk yang harus Anda masak terlebih dahulu, menu ini akan jauh lebih sederhana dan simpel untuk Anda jual karena sifatnya yang lebih instan dan praktis. Misalnya adalah sosis, nugget, bakso, dimsum, kebab, dan lain sebagainya.

Cara jual makanan ini juga terbilang lebih praktis karena Anda tidak perlu memasak sendiri bahannya, dan cukup mencari agen supplier yang terpercaya. Setelah itu, produk yang sudah Anda beli akan Anda jual kembali ke pelanggan. Anda juga bisa memanfaatkan rumah sendiri sebagai tempat usaha karena hanya perlu menyiapkan sebuah freezer yang akan menampung stok frozen food tersebut.

5. Camilan Sehat

Ide jualan makanan yang laris saat pandemi terakhir adalah camilan sehat. Siapa yang tidak suka dengan camilan? Rasanya akan sangat sulit untuk memisahkan kebiasaan makan masyarakat Indonesia dengan camilan.

Di masa pandemi, banyak orang yang mulai beralih dari camilan kurang sehat ke camilan sehat yang terbuat dari bahan-bahan alami dan bebas pengawet. Seperti misalnya keripik buah, biskuit, puding, kacang-kacangan, oat, yoghurt, dan lain sebagainya. Inilah yang bisa menjadi peluang bagi Anda untuk menjual aneka camilan sehat tersebut.

Anda bisa mencari supplier camilan atau membuatnya sendiri di rumah. Setelah itu baru Anda jual lagi ke pelanggan. Anda juga bisa memanfaatkan sistem penjualan online melalui e-commerce di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, dan lain sebagainya untuk menjajakan camilan sehat Anda agar bisa lebih menjangkau pasar yang luas.

Baca Juga: 7 Contoh Usaha Jasa Paling Laris dan Tips Memulainya

Tips Menjalankan Usaha Makanan

jualan makanan yang laris
(sumber gambar: startupnation.com)

Agar bisa menjalankan usaha makanan sehat dengan lancar, ada beberapa tips yang penting untuk Anda perhatikan, yaitu:

1. Tentukan dan Kenali Target Konsumen

Mengenali target pasar sangat penting bagi Anda agar bisa menyusun strategi pemasaran terbaik untuk mempromosikan usaha makanan. Target pasar ini bisa Anda kelompokkan berdasarkan usia, kebutuha, daya beli, dan lain sebagainya. Dari data inilah Anda bisa mencari cara terbaik supaya promosi makanan sehat yang Anda lakukan bisa sampai dan efektif untuk menarik perhatian mereka.

2. Kebersihan Adalah Segalanya

Ketika menjual makanan sehat, maka higienitas atau kebersihan adalah segalanya. Karena pembeli pasti akan memilih produk yang dibuat dengan proses yang higienis, bersih, dan bebas dari potensi kuman. Untuk menjawab hal ini, bisa Anda wujudkan dari proses pembuatan makanan, kemasan, sampai ke lokasi jualan Anda.

Selain itu pemilihan bahan baku usaha juga harus Anda perhatikan. Usahakan hanya menggunakan bahan-bahan yang memang premium dan berkualitas agar bisa menciptakan olahan yang sehat. Tidak masalah jika nantinya harga jual yang Anda patok cukup tinggi, karena memang bahan bakunya berharga mahal. Selama produk makanan Anda sehat, praktis, dan lezat, tentu pembeli tidak akan segan mengeluarkan dana.

3. Urus Perizinan Usaha

Mengurus perizinan juga menjadi bagian penting ketika Anda ingin menjual makanan sehat. Sebab dari izin inilah konsumen bisa yakin bahwa produk yang Anda jual memang aman untuk mereka konsumsi. Reputasi dan citra usaha Anda juga bisa meningkat pesat dengan perizinan yang lengkap.

Minimal, Anda sudah harus memiliki izin edar produk. Apabila skala usaha sudah menjadi lebih besar, maka segera urus sertifikat halal dari MUI agar lebih lengkap lagi perizinan yang Anda miliki.

4. Promosi

Usaha apapun akan membutuhkan promosi atau pemasaran yang efektif agar ramai oleh pembeli. Nah, ini juga harus Anda terapkan pada jualan makanan yang Anda tekuni. Untuk promosi yang lebih efektif, Anda bisa mengkombinasikan cara berjualan online dan offline. Cara offline, bisa dilakukan melalui promosi dengan membuat banner, brosur, baliho, dan lain sebagainya.

Sementara cara online bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Manfaatkan sosial media seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya untuk memperluas jangkauan konsumen produk Anda. Keberadaan berbagai e-commerce juga bisa menjadi media Anda melakukan promosi.

5. Jalin Hubungan yang Baik dengan Konsumen

Kepuasan dan kepercayaan konsumen adalah segalanya. Untuk itu, selalu pastikan Anda memiliki hubungan yang baik dengan mereka. Berikan pelayanan yang maksimal dan jalin komunikasi dua arah dengan konsumen sesering mungkin. Inilah yang bisa membuat mereka memiliki kepercayaan dan citra yang bagus untuk Anda. Nantinya, kepercayaan ini akan membuat mereka untuk kembali membeli produk Anda dan akhirnya menjadi pelanggan tetap.

Nah, itulah berbagai ide jualan makanan yang laris selama pandemi yang bisa Anda tekuni. Pada dasarnya, bidang kuliner akan selalu memiliki peluang dan target pasarnya tersendiri. Tinggal bagaimana Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut hingga meraih kesuksesan pada bidang tersebut. Jadi, manakah ide usaha yang sudah menarik minat Anda? Selamat mencoba berbagai ide usaha ini ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.