10 Keuntungan Investasi Emas, Jangan Sampai Terlewatkan

  • Bagikan
keuntungan investasi emas

Salah satu bentuk investasi yang menjanjikan untuk Anda pilih adalah emas. Bukan tanpa alasan, harga yang stabil dan cenderung meningkat membuat emas sangat berpotensi sebagai pilihan investasi Anda. Tidak hanya itu, masih ada berbagai keuntungan investasi emas lainnya yang layak Anda ketahui. Apa saja? Inilah informasi selengkapnya.

10 Keuntungan Investasi Emas 

keuntungan investasi emas
(sumber gambar: market-bisnis.com)

Inilah berbagai nilai plus memilih emas sebagai instrumen investasi:

1. Termasuk Instrumen Investasi yang Likuid 

Setiap investor pasti menginginkan bentuk investasi yang likuid atau mudah untuk terjual dan berubah menjadi uang. Emas adalah salah satunya. Karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan sudah memiliki kesepakatan dari seluruh dunia, emas bisa Anda cairkan dalam bentuk uang tunai (cash) dengan mudah.

Kapan saja dan dimana saja, Anda bisa dengan bebas dan universal jika ingin mencairkan investasi emas yang Anda miliki. Tidak perlu menunggu waktu tertentu atau melewati serangkaian proses yang rumit. Inilah yang membuat banyak masyarakat juga sangat tertarik dengan emas.

2. Diterima Secara Universal

Emas adalah logam mulia yang sudah mendapatkan pengakuan secara universal. Hal ini terkait nilai yang emas miliki. Meski ada banyak sekali jenis logam mulia lain yang bisa Anda pilih untuk investasi atau memiliki nilai yang lebih tinggi daripada emas, namun emas tetap memiliki daya tarik yang kuat. Daya tahan nilai emas terbilang sangat baik dan pernah menjadi alat tukar yang sangat dominan pada jaman dahulu.

3. Tahan Terhadap Inflasi (Hedging) 

Keuntungan emas selanjutnya adalah ketahanannya terhadap inflasi. Bagi suatu negara, inflasi bisa menjadi hal yang menguntungkan namun juga bisa berdampak sangat besar untuk perekonomian. Oleh sebab itu, nilai inflasi harus sebisa mungkin seimbang tidak berada dalam posisi yang minus ataupun plus.

Inflasi bisa memberikan efek buruk berupa pengurangan nilai uang yang Anda miliki. Sebagai langkah antisipasi, emas adalah instrumen terbaik yang bisa Anda pilih agar terlindung dari inflasi. Nilai mata uang dunia seperti Dollar, Rupiah, Euro atau yang lainnya masih bisa turun, namun emas akan tetap terjaga nilainya bahkan bisa saja beranjak naik. Tidak heran apabila emas juga menjadi bentuk investasi jangka panjang yang sangat menjanjikan bagi Anda.

4. Nilai yang Cenderung Stabil 

Sebagai salah satu instrumen yang tahan banting, nilai emas juga sangat stabil dan cenderung naik setiap waktunya. Tingkat volatilitas emas cenderung lebih rendah daripada berbagai jenis instrumen investasi lain. Volatilitas sendiri adalah nilai yang stabil dan tidak mudah berubah dalam waktu yang singkat.

Di Indonesia, nilai emas dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini juga sangat impresif pergerakannya. Meski pada beberapa tahun harga emas pernah turun, namun dengan cepat ia akan merangkak naik lagi. Hal ini membuat investor emas tentu tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian. Saat ini melansir dari pergerakan harga emas ANTAM, harga emas per 29 Juli 2021 adalah sebesar Rp. 940.000 per 1 gramnya.

5. Menyimpan Emas Sangat Potensial untuk Masa Depan 

Ketidakpastian kondisi ekonomi atau politik suatu negara tentu menjadi momok yang menakutkan bagi warganya. Saat itulah emas bisa menjadi bentuk investasi yang sangat bernilai dan membantu mengurangi resiko akan keadaan ekonomi yang tidak pasti tersebut. Alasannya, karena kembali lagi pada fakta bahwa daya tahan emas sebagai instrumen investasi memang terbukti cukup baik. Baik dari segi minimnya resiko hingga kestabilan harganya.

6. Menjadi Diversifikasi Investasi yang Bagus 

Apabila Anda adalah seorang investor, maka diversifikasi investasi adalah hal yang perlu Anda miliki. Maksud dari diversifikasi ini merujuk pada portofolio investasi Anda yang harus beragam, tidak hanya terpaku pada produk tertentu saja. Diversifikasi ini sangat penting sebagai bentuk minimalisir resiko.

Gambarannya adalah seperti ini. Ketika Anda berinvestasi, maka jangan hanya menginvestasikan aset yang Anda miliki pada satu instrumen saja seperti reksadana atau saham misalnya. Namun, gunakan juga investasi emas. Tujuannya, supaya ketika nilai reksadana atau saham sedang loyo dan memiliki rapor merah, Anda masih memiliki investasi emas dengan harga yang stabil. Dengan begitu, resiko kerugian bisa terminimalisir dengan lebih optimal.

Emas memiliki korelasi negatif dengan instrumen lain seperti saham contohnya. Saat saham turun, emas bisa saja tetap stabil bahkan meningkat. Hal inilah yang membuatnya menjadi pilihan diversifikasi portofolio yang menjanjikan.

Baca Juga: 24 Istilah Dalam Saham yang Tidak Boleh Anda Lewatkan!

7. Pergerakan Harga yang Mudah Anda Pantau 

Dengan kemajuan teknologi, pergerakan harga emas bisa Anda pantai dengan sangat mudah. Kapan saja dan dimana saja, Anda bisa melihat bagaimana pergerakan harga emas pada hari itu. Kenaikan ataupun penurunan bisa Anda amati secara real time. Dengan mengamati pergerakan harga, maka Anda bisa memutuskan waktu yang tepat kapan harus menjual, menyimpan, atau membeli emas.

8. Bisa Anda Traksaksikan Secara Online 

Saat ini, banyak sekali platform investasi emas yang bisa Anda pilih. Keuntungan investasi emas yang satu ini tentu tidak terlepas dari kemajuan teknologi. Dengan menggunakan berbagai platform online ini, Anda bisa menabung, membeli, atau menjual emas dengan cepat dan mudah.

Namun, tentu paltform jual beli emas secara online yang Anda pilih harus benar-benar terpercaya. Jangan sampai memilih platform abal-abal yang bisa menjerumuskan Anda ke tindakan penipuan. Contoh platform investasi emas yang bisa Anda pilih adalah Pegadaian Digital atau Tamasia.

9. Resiko Terbilang Minim 

Keuntungan investasi emas yang satu ini adalah daya tarik selanjutnya yang membuat masyarakat banyak memilih emas. Resiko dari investasi emas terbilang minim mulai dari bentuk fisiknya maupun harganya. Fisik emas memiliki ketahanan yang cukup baik meskipun Anda simpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini membuat nilai emas juga akan stabil terkait dengan tampilan yang ia miliki.

Nilai emas juga cenderung stabil secara keseluruhan, seperti yang sudah kami jelaskan pada bagian sebelumnya. Harga emas yang stabil ini sangat terpengaruh oleh permintaan dan penawaran emas yang juga tinggi setiap waktunya. Sehingga tidak perlu khawatir untuk menginvestasikan uang yang Anda miliki dalam bentuk emas.

10. Bisa Menjadi Dana Darurat 

Emas yang Anda miliki juga bisa menjadi pilihan dana darurat yang sangat potensial. Keuntungan investasi emas ini bisa Anda rasakan dalam jangka waktu yang lama. Di masa mendatang, ketika Anda sudah berinvestasi dalam jumlah tertentu, dan suatu waktu Anda membutuhkan dana darurat untuk kebutuhan yang genting, maka emas bisa Anda cairkan. Dari hasil investasi yang lama itulah, keuntungan emas bisa sangat terasa untuk kondisi finansial Anda.

Tips Dalam Investasi Emas 

keuntungan investasi emas
(sumber gambar: media-lifepal.co.id)

Meski ada banyak sekali keuntungan investasi emas, namun Anda tetap membutuhkan beberapa tips untuk berinvestasi. Tujuannya supaya investasi yang Anda lakukan berjalan lancar dan tanpa hambatan. Beberapa tips tersebut adalah:

1. Jadikan Emas untuk Investasi Jangka Menengah Hingga Panjang 

Meski memiliki nilai yang stabil, namun sebagai investasi jangka pendek emas kurang menguntungkan. Sebab, memang membutuhkan waktu bagi emas supaya bisa terlihat kenaikan harganya. Maka dari itu, akan jauh lebih baik bagi Anda untuk menjadikan emas sebagai investasi jangka menengah hingga panjang. Dengan begitu, keuntungan bisa Anda dapatkan lebih besar.

2. Selalu Periksa Kemurnian Emas 

Apabila Anda berniat untuk membeli emas secara fisik, maka selalu pastikan untuk memeriksa kemurnian emas. Pasalanya, inilah yang menjadi nilai utama dari sebuah emas. Jika kemurniannya tercampur, maka akan sangat sulit untuk menjualnya dengan harga yang tinggi.

Emas yang murni biasanya akan memiliki sertifikat ketika Anda membelinya. Selain itu, coba untuk menggoreskan emas pada kertas atau keramik. Apabila muncul warna hitam setelah Anda menggoresnya, maka bisa Anda pastikan jika emas tersebut tidak sepenuhnya murni. Supaya mendapatkan emas yang murni, Anda bisa membelinya di lokasi yang terpercaya seperti Pegadaian atau PT. Antam.

3. Mulai dari Investasi Online

Jika Anda pemula dalam dunia investasi emas, maka langkah terbaik yang bisa Anda lakukan adalah memulai dari investasi emas online. Pasalnya, Anda bisa memulai dari nilai yang kecil terlebih dahulu dan penyimpanan emas juga lebih aman. Dengan begitu, resiko Anda akan menjadi lebih minim saat baru mulai berinvestasi.

Itulah berbagai keuntungan investasi emas sekaligus tips saat berinvestasi. Jenis investasi ini memang bisa menjadi pilihan yang sangat potensial bagi Anda. Jadi, apakah Anda juga tertarik untuk memilih instrumen investasi emas?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.