Pahami Tentang Kode Broker Saham Indonesia Sebelum Mulai Investasi!

  • Bagikan
kode broker saham

Ada banyak sekali istilah yang harus investor pahami saat terjun ke dunia investasi. Salah satu istilah tersebut adalah broker saham. Dalam proses investasi, broker saham memiliki tugas, peran, dan fungsi yang sangat penting demi kelancaran jalannya investasi yang Anda lakukan. Para broker juga memiliki kode broker saham tersendiri. Lalu, apa tujuan dari adanya kode broker tersebut? Yuk, simak informasi selengkapnya pada informasi berikut ini!

Mengenal Tentang Broker Saham 

kode broker saham
(sumber gambar: bigalpha.id)

Sebelum membahas lebih jauh tentang kode broker saham, agaknya Anda harus lebih dahulu memahami seputar broker saham itu sendiri. Pada dasarnya, broker adalah sebuah perusahaan atau pihak perseorangan yang memiliki tugas sebagai perantara transaksi antara pasar modal dengan para investor. Sebutan lain dari broker saham adalah pialang saham ataupun perusahaan sekuritas.

Sebagai seorang investor, Anda tidak bisa melakukan transaksi secara langsung dengan bebas di pasar modal. Sebab, transaksi itulah yang nantinya akan menjadi tugas seorang broker. Tidak heran jika peran dan keberadaan broker saham ini terbilang sangat penting. Lalu, apa tugas dan tanggung jawab seorang broker atau pialang saham?

Seorang broker atau pialang memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar agar segala transaksi investor dan pasar modal bisa berjalan lancar. Tugas utama dari seorang pialang adalah untuk memelihara hubungan investor dan pihak dari pasar modal serta membangun hubungan tersebut.

Selain itu, tanggung jawab broker yang lain adalah untuk memberikan kepuasan transaksi kepada para investor. Semakin baik kinerja seorang broker atau pialang saham, maka semakin puas pula seorang investor.  Secara umum, inilah beberapa tanggung jawab dan tugas dari seorang broker saham:

1. Melakukan Analisa Pasar Modal 

Pertama, broker atau pialang saham memiliki tugas untuk melakukan analisa terhadap jalannya pergerakan pasar modal. Apa tujuan dari analisa ini? Tujuannya adalah untuk memberikan saran atau advice seputar investasi terbaik kepada para investor mereka.  Meski terdengar sepele, namun broker membutuhkan ketelitian dan kecermatan yang sangat tinggi untuk bisa memahami dan menganalisa situasi pasar modal.

Tanpa adanya kecermatan dan ketelitian, bisa jadi analisa yang broker berikan menjadi tidak akurat. Meski begitu, keputusan terakhir seputar investasi yang akan investor lakukan tetap berada sepenuhnya ditangan para investor. Dalam hal ini, seorang broker atau pialang saham hanya bertindak untuk memberikan saran saja.

Tidak hanya saran seputar pergerakan harga saham, broker juga akan memberikan saran seputar produk investasi yang sesuai. Artinya adalah sesuai dengan kebutuhan investasi yang investor cari, profil resiko keuangan investor, tujuan investasi dan lain sebagainya. Oleh karena itu, seorang broker juga harus memahami dengan baik seputar produk dan layanan investasi yang mereka tawarkan kepada para investor.

2. Melakukan Transaksi di Pasar Modal 

Tugas selanjutnya dari seorang broker yang sekaligus menjadi tugas utama adalah menjadi perantara transaksi antara investor dan pasar modal. Dalam hal ini, seorang pialang saham akan bertanggung jawab penuh dan menjadi jembatan terhadap seluruh transaksi investasi yang investor lakukan.

Setelah investor memutuskan jumlah dan banyaknya investasi yang akan mereka lakukan, maka tugas melakukan transaksi akan beralih ke broker saham. Broker akan sesegera mungkin melengkapi dokumen dan mempersiapkan segala persiapan lainnya yang berguna untuk penjualan atau pembelian saham. Maka dari itulah, hubungan antara investor dan seorang broker harus selalu baik karena brokerlah yang ibaratnya menjadi tangan kanan dari seorang investor.

3. Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan 

Ketiga, tugas dari broker saham adalah untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan atau investor. Hasilnya, dengan hubungan yang baik, investor bisa menjadi puas dan tetap menggunakan jasa dari pialang atau broker tersebut. Caranya adalah dengan melakukan penilaian pada kebutuhan para investor, melakukan tindak lanjut terhadap masalah investasi, serta memberikan saran ataupun solusi.

Selain itu, broker saham juga harus melakukan negosiasi dan membuat kesepakatan dengan investor. Selanjutnya, broker saham juga harus mencari pelanggan yang potensial serta melakukan analisa data serta tren pasar saham di Indonesia. Oleh karena itu, memang peran dari broker saham terbilang sangat penting.

Baca Juga: Yuk, Kenali Tentang Profil dan Harga Saham Wika Terbaru!

Mengenal Kode Broker Saham 

Broker memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat besar terhadap segala transaksi di pasar modal. Oleh karena itu, jumlah broker saham di Indonesia sangat banyak. Namun, broker yang sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) lah yang sebaiknya Anda pakai dalam transaksi investasi. Selanjutnya, barulah Anda bisa memilih broker yang aman dan terpercaya dari OJK dan BEI.

Mengingat jumlah dari perusahaan sekuritas atau broker saham yang sangat banyak itulah, kode broker saham diberikan. Jadi, tujuan adanya kode broker saham tersebut adalah untuk memudahkan penyampaian informasi serta transaksi jual beli yang broker lakukan bersama dengan investor. Selain itu, perlu Anda ketahui juga bahwa kode broker saham ini jumlahnya sangat banyak dan berbeda antara setiap perusahaan sekuritas.

Selanjutnya, kode broker saham untuk CLSA Sekuritas Indonesia adalah KZ. Selanjutnya, kode broker untuk J.P Morgan Sekuritas Indonesia adalah BK, dan lain sebagainya. Selain itu, contoh lainnya adalah kode NI untuk BNI Sekuritas. Sebaliknya, kode broker untuk Macquarie Sekuritas Indonesia adalah RX. Dengan kata lain, setiap kode broker ini mencerminkan perusahaan sekuritas masing-masing.

Deretan Kode Broker Saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) 

kode broker saham
(sumber gambar: namablogku.com)

Agar mempermudah Anda sebagai investor untuk mengetahui kode dari setiap perusahaan sekuritas, inilah kode broker saham yang terdaftar di BEI. Inilah daftar selengkapnya untuk Anda:

  1. PP (Aldiracita Sekuritas Indonesia)
  2. XC (Ajaib Sekuritas Asia)
  3. SH (Artha Sekuritas Indonesia)
  4. DX (Bahana Sekuritas)
  5.  SQ (BCA Sekuritas)
  6. BZ (Batavia Prosperindo Sekuritas)
  7. AR (Binaartha Sekuritas) 
  8. NI (BNI Sekuritas)
  9. SA (Bosowa Sekuritas)
  10. YU (CGS-CIMB Sekuritas Indonesia)
  11. ZR (Bumiputera Sekuritas)
  12. KZ (CSLA Sekuritas Indonesia)
  13. KI (Ciptadana Sekuritas Asia)
  14. KW (Corpus Sekuritas Indonesia)
  15. OD (Danareksa Sekuritas)
  16. CS (Credit Suisse Sekuritas Indonesia)
  17. PF (Danasakti Sekuritas Indonesia) 
  18. II (Danatama Makmur Sekuritas) 
  19. TX (Dhanawibawa Sekuritas Indonesia) 
  20. ES (Ekokapital Sekuritas)
  21. BS (Equity Sekuritas Indonesia)
  22. PD (Indo Premier Sekuritas)
  23. CC (Mandiri Sekuritas)
  24. EP (MNC Sekuritas)
  25. DH (Sinarmas Sekuritas)

Selain yang sudah kami sebutkan, masih ada banyak lagi daftar kode broker saham di Indonesia yang harus Anda pahami. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk memahami dan mengingat daftar kode broker saham ini. Tujuannya agar sebagai investor Anda bisa langsung mengetahui broker mana yang Anda gunakan. Selanjutnya, Anda bisa membukanya pada pergerakan harga saham Indonesia yang terupdate setiap harinya.

Daftar Perusahaan Sekuritas atau Broker Saham Paling Aktif

Dalam proses transaksi di Bursa Efek Indonesia (BEI), ada banyak sekali perusahaan sekuritas yang ektif melakukan transaksi saham. Oleh karena itu, BEI juga merilis daftar perusahaan sekuritas yang paling aktif dalam melakukan transaksi investasi saham. Beberapa nama perusahaan sekuritas itu adalah Mirae Asset Sekuritas Indonesia (YP) yang menempati posisi pertama. Selanjutnya, posisi kedua adalah Mandiri Sekuritas (CC).

Selanjutnya, posisi ketiga dan keempat adalah Indo Premier Sekuritas (PD) dan  MNC Sekuritas (EP). Kemudian, Philip Sekuritas Indonesia (KK), BNI Sekuritas (NI), USBS Sekuritas Indonesia (AK), dan CGS-CIMB Sekuritas Indonesia (YU) juga berhasil masuk dalam daftar perusahaan sekuritas yang palig aktif dalam transaksi investasi saham di Indonesia. Selain yang sudah ada dalam daftar tersebut, masih banyak perusahaan sekuritas lain yang masuk dalam daftar ini. Sebaliknya, untuk informasi selengkapnya Anda bisa melihatnya di halaman resmi Bursa Efek Indonesia (BEI).

Itulah informasi mengenai broker atau pialang saham beserta kode broker saham. Jadi, dari informasi ini bisa Anda ketahui bahwa broker memiliki peran yang besar terhadap segala transaksi yang terjadi di Bursa Efek Indonesia (BEI). Oleh karena itu, setiap perusahaan sekuritas atau broker akan memiliki kodenya tersendiri sebagai tanda untuk membedakan antara satu perusahaan dengan yang lainnya.

Sehingga, dari informasi ini bisa Anda ketahui bahwa memang peran dari broker saham dan kodenya terbilang sangat penting bagi investor dalam proses transaksinya di pasar modal. Jadi, ketika memutuskan menjadi investor jangan sampai tidak memahami tentang kode broker saham ini ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.