Tertarik Main Saham Online? Perhatikan Cara dan Tipsnya Berikut Ini

  • Bagikan
main saham online

Cara main saham online saat ini sudah semakin mudah dan efektif berkat perkembangan teknologi. Ada banyak sekali platform yang bisa Anda pilih sebagai media untuk bertransaksi saham secara online. Dengan bermodalkan dana, smartphone, dan jaringan internet transaksi saham bisa Anda lakukan kapan saja dan dimana saja.

Tidak sedikit pula platform transaksi saham yang menyediakan investasi murah. Hanya bermodalkan 100 ribu rupiah, Anda sudah bisa memulai kegiatan investasi. Meski begitu, harus selalu Anda pahami bahwa main saham juga memiliki resikonya tersendiri. Untuk itu Anda harus tepat dan akurat dalam memutuskan kegiatan transaksi saham.

Apa Itu Main Saham Online?

main saham online
(sumber gambar: binatangmu.com)

Saham memang menjadi instrumen investasi yang sangat menggiurkan. Dengan kemajuan dan perkembangan teknologi, untuk bertransaksi saham Anda bisa melakukannya secara online. Tidak hanya investasi namun Anda juga bisa melakukan trading saham.

Jadi, maksud dari main saham ini adalah kegiatan investasi maupun trading dengan instrumen saham. Baik investasi maupun trading, keduanya bisa memberikan Anda potensi keuntungan yang menjanjikan. Nantinya, keuntungan yang Anda dapatkan akan bergantung pada pergerakan saham tersebut. Keuntungan tersebut bisa melalui capital gain dan juga pembagian dividen.

4 Cara Main Saham Online

Inilah cara yang harus Anda tempuh untuk main saham online:

1. Memilih Perusahaan Sekuritas

Sekuritas atau broker saham adalah pihak penting yang akan berperan dalam proses transaksi Anda. Untuk itulah Anda harus memilih perusahaan sekuritas yang tepat. Untuk menghindari potensi kerugian atau tindakan kriminal, maka pilihlah sekuritas yang memang sudah mendapatkan legalitas dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Perusahaan yang sudah tercatat di BEI tentu akan memiliki reputasi yang bagus dan sudah sesuai dengan standar dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Tentunya akan jauh lebih aman bagi Anda untuk memilih perusahaan ini. Anda bisa mengecek daftar sekuritas yang aman secara langsung di website resmi BEI.

2. Buka RDN (Rekening Dana Nasabah)

Kehadiran RDN akan sangat penting pada transaksi saham. RDN prinsipnya sama seperti buku tabungan yang biasa Anda gunakan. Akan tetapi RDN berguna untuk menyimpan dana investasi yang Anda gunakan. Untuk membuka RDN Anda bisa mendaftarkan diri pada perusahaan sekuritas yang sudah Anda pilih.

Nantinya Anda akan diminta untuk melengkapi berbagai data diri dan identitas yang lengkap serta harus mengisi formulir khusus. Jika Anda kesulitan, Anda bisa langsung menghubungi perusahaan sekuritas yang bersangkutan. Setelah rekening sudah berhasil Anda buat, barulah proses main saham online bisa Anda lanjutkan.

3. Menyetorkan Modal

Setelah rekening selesai Anda buat, maka langkah selanjutnya adalah menyetorkan modal investasi. Jika Anda pemula, maka tips terbaik yang bisa Anda terapkan adalah menggunakan uang dingin atau uang yang tidak akan mempengaruhi keuangan inti Anda. Depositkan uang terseut pada RDN yang Anda miliki baru setelah itu transaksi bisa terjadi.

4. Transaksi Saham Online

Langkah main saham online selanjutnya adalah melakukan transaksi saham. Ketika modal sudah masuk, maka barulah pembelian saham bisa Anda lakukan. Nantinya ketika melakukan transaksi ada biaya yang harus Anda bayarkan dan besarannya tergantung pada kebijakan setiap perusahaan sekuritas.

Nantinya Anda harus melakukan jual beli saham menggunakan satuan Lot. Pada prinsipnya, 1 lot saham sama dengan 100 lembar saham. Anda hanya bisa melakukan transaksi menggunakan satuan ini. Jangan lupa sebelum membeli saham, pastikan Anda sudah memilih saham terbaik dan potensial.

Baca Juga: Jangan Asal Investasi! Kenali Perbedaan Saham Biasa Dan Saham Preferen Berikut Ini!

Tips Main Saham Online yang Tepat

main saham online
(sumber gambar: alinea.id)

Langkah yang harus Anda tempuh untuk bermain saham memang mudah. Akan tetapi, yang sulit adalah bagaimana mengolah saham dan bisa meraih keuntungan yang maksimal. Inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan, khususnya bagi pemula:

1. Pahami dan Tentukan Tujuan Bermain Saham

Banyak orang yang tidak memiliki tujuan ketika bermain saham. Kebanyakan hanya terjerumus dengan tren saham yang menguntungkan. Padahal hal itu justru kurang tepat dan bisa membawa Anda pada kerugian. Sebab, ketika memutuskan bermain saham Anda harus memiliki tujuan yang jelas, untuk apa dan apa yang ingin Anda capai dengan saham.

Dengan tujuan yang jelas, maka jalan Anda untuk mendapatkan keuntungan juga akan jauh lebih mudah karena memiliki rencana yang matang. Selain itu, tentukan juga sistem apa yang ingin Anda gunakan, yaitu investasi atau trading. Ketika berinvestasi, maka saham yang Anda miliki baru bisa Anda rasakan keuntungannya di masa depan, setidaknya 3 sampai 5 tahun mendatang.

Investasi akan sangat sesuai bagi Anda yang memang merencanakan tujuan masa depan seperti biaya pendidikan, membeli rumah, dan lain sebagainya. Apabila memilih trading, maka Anda akan melakukan jual beli saham dalam kurun waktu yang lebih singkat dan cepat. Keuntungan yang Anda peroleh berasal dari harga jual dan beli ketika melakukan trading.

2. Jangan Kebablasan Dalam Menaruh Modal

Ketika baru bermain saham, jangan sekali-kali Anda berlebihan menaruh modal. Besaran modal memang akan sesuai pada keinginan dan kemauan Anda sendiri. Akan tetapi, Anda harus memiliki perhitungan yang tepat dan tidak berlebihan dalam menaruh modal terutama ketika Anda masih pemula. Anda harus mememulainya dengan skala yang kecil lebih dulu dan cobalah beradaptasi dengan baik pada transaksi yang Anda lakukan. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir tingkat kerugian yang Anda dapatkan.

3. Ketika Saham Turun Waktunya Beli

Salah satu prinsip yang harus selalu Anda terapkan sebagai investor adalah beli ketika harga turun dan jual ketika harga naik. Membeli saham ketika harganya turun sangat potensial bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari ketika harga saham sudah kembali naik. Sementara ketika harga tinggi, maka jual saham tersebut karena potensi keuntungan yang Anda dapatkan bisa maksimal.

Hanya saja, prinsip ini tidak bisa selalu Anda terapkan dalam berbagai kondisi dan situasi. Anda tetap harus melakukan analisis yang tepat baik itu dari segi fundamental maupun teknikal. Dengan analisis inilah Anda bisa mendapatkan hasil yang akurat mengenai keputusan investasi yang Anda akan lakukan. Kuncinya, jangan pernah sekali-sekali melakukan transaksi tanpa perhitungan yang matang.

4. Pilih Saham yang Memiliki Fundamental Baik

Saham yang Anda pilih akan berpengaruh besar pada keuntungan Anda nantinya. Jika kondisi fundamentalnya tidak baik, maka Anda akan sulit untuk mendapatkan keuntungan. Anda bisa memilih saham yang termasuk dalam kategori LQ45 ataupun IDX30. Saham-saham yang tergabung dalam indeks tersebut juga seringkali Anda kenal dengan sebutan saham bluechip. Mengapa harus bluechip? 

Sebab berbagai saham tersebut akan memiliki kinerja yang memang sudah terbukti bagus. Kondisi keuangan perusahaan emiten bagus, tingkat likuiditas ang tinggi, pergerakan harga stabil, dan lain sebagainya. Anda yang masih pemula juga akan sangat disarankan untuk memilih saham-saham tersebut supaya bisa meminimalisir kerugian dan bisa berinvestasi dengan lebih aman.

5. Saham Sektor Perbankan atau Consumer Goods Layak Dipertimbangkan

Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkn adalah dengan memilih saham yang ada di sektor perbankan maupun consumer goods. Kedua sektor ini akan selalu berkaitan erat dengan kebutuhan masyarakat yang sangat penting. Otomatis, produk dari perusahaan tersebut akan selalu memiliki banyak peminat dan pasar. Hasilnya, perusahaan-perusahaan yang berada pada sektor ini juga bisa berpotensi mencetak laba yang menguntungkan setiap tahunnya.

Meski begitu, bukan berarti harga saham yang ada di kedua sektor ini tidak bisa turun ya. Penurunan harga saham tetap bisa terjadi kapan saja, karena memang harga saham bisa sangat bergantung pada berbagai faktor lain. Seperti misalnya kondisi ekonomi, politik, hingga sosial dari suatu negara. Hanya saja, ketika ada penurunan maka tidak akan memakan waktu lama bagi kinerja saham tersebut untuk naik lagi dan kembali normal.

Nah itu lah cara main saham online sekaligus tips yang bisa Anda terapkan. Pada dasarnya, untuk bermain saham memang bukanlah hal yang sulit mengingat sudah ada banyak sekali platform online yang bisa Anda manfaatkan dengan mudah. Hanya saja, memang dibutuhkan strategi dan proses yang tepat supaya investasi atau trading saham yang Anda lakukan bisa membuahkan hasil dan keuntungan. Jadi, pastikan untuk selalu bertransaksi dengan tepat dan terukur agar terhindar dari resiko dan kerugian ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.