Rekomendasi Daftar Manajer Investasi Terbaik untuk Anda

  • Bagikan
manajer investasi terbaik

Reksadana adalah salah satu instrumen investasi yang masyarakat banyak gunakan. Selain bisa Anda mulai dalam jumlah yang relatif kecil, pengelolaan reksadana juga tergolong mudah, yaitu oleh manajer investasi. Anda tidak perlu ribet dan memusingkan seputar investasi di reksadana. Karena memiliki peran yang krusial dalam investasi reksadana, memilih manajer investasi terbaik  juga tidak bisa Anda lakukan sembarangan.

Manajer Investasi dan Tugasnya 

manajer investasi terbaik
(sumber gambar: diskartes.com)

Fund manager, asset management, atau manajer investasi adalah suatu pihak yang secara profesional dan berpengalaman akan mengelola dana yang berasal dari investor atau nasabah. Pihak ini bisa berupa perusahaan atau perorangan. Manajer investasi akan menempatkan dana yang sudah Anda investasikan ke berbagai instrumen yang ada di pasar uang dalam hal ini adalah reksadana.

Tujuan pengelolaan oleh manajer investasi tersebut tentunya adalah untuk memberikan keuntungan bagi para investor dan meraih target investasi. Keuntungan dan kesuksesan yang akan Anda dapatkan dalam berinvestasi, akan sangat bergantung pada seberapa pandai manajer investasi dalam mengelola portofolio Anda dan mempertahankannya meski saat pasar modal sedang loyo. Beberapa tugas dari manajer investasi adalah:

  • Memutuskan instrumen investasi yang akan investor beli
  • Melakukan pengelolaan aset dari para investor
  • Memutuskan waktu terbaik untuk menjual atau melepaskan instrumen investasi
  • Memberikan laporan harian pada investor terkait aset yang mereka miliki

Daftar Manajer Investasi Terbaik yang Bisa Anda Pilih 

manajer investasi terbaik
(sumber gambar: bukalapak.com)

Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, manajer investasi bisa berupa perorangan ataupun perusahaan. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa kandidat manajer investasi terbaik yang bisa Anda pilih. Berikut adalah 10 (sepuluh) kandidat tersebut:

1. Sucorinvest Money Market Fund 

Daftar manajer investasi terbaik yang pertama adalah Sucorinvest Money Market Fund yang sudah berdiri dari tahun 1997. Perusahaan ini sudah terdaftar secara legal oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga kredibilitas dan keamanannya tidak perlu Anda ragukan lagi. Terbukti, sudah ada sejumlah penghargaan dan prestasi bergengsi yang berhasil perusahaan ini raih baik dari dalam maupun luar negeri.

Pada Januari 2020 lalu, Sucorinvest Money Market Fund bahkan berhasil menyabet penghargaan bergengsi dari Global Banking & Finance Review. Penghargaan ini dalam kategori Best Asset Management Company South East Asia. 

Tentunya penghargaan ini sangat berperan besar dalam membuktikan sepak terjang perusahaan ini sebagai manajer investasi yang handal. Terhitung dari Maret 2021 lalu, Sucorinvest Money Market Fund berhasil mengelola dana hingga mencapai nilai akumulasi 14,96 triliun rupiah.

2. Mandiri Investa Pasar Uang (MIPU) 

Perusahaan ini merupakan anak perusahaan yang berfokus pada reksadana pasar uang dari PT. Mandiri Manajemen Investasi (MMI). Berdiri sejak tahun 2004, MIPU memiliki tujuan untuk memberikan tingkat likuiditas yang tinggi bagi para investor untuk memenuhi kebutuhan dana tunai dan memberikan pendapatan investasi yang menarik.

Meski baru berjalan sekitar 17 tahun, namun kredibilitas dan prestasi dari perusahaan ini terbilang cukup impresif. Bahkan mereka berhasil masuk ke dalam daftar 10 daftar manajer investasi terbaik dengan jumlah dana kelola terbesar nomor dua. Dengan total akumulasi dana kelola yang sudah mencapai 49,29 triliun rupiah.

Baca Juga: Cara Bermain Saham di Mandiri Sekuritas Via Aplikasi MOST

3. Schroder Dana Prestasi Plus 

Manajer investasi terbaik selanjutnya adalah bagian dari PT. Schroder Investment Management Indonesia. Tujuan dari perusahaan ini adalah memberikan keuntungan bagi para investor yang berasal dari pertumbuhan ekonomi Indonesia dari investasi modal jangka panjang pada saham. Pada akhir Desember 2020, perusahaan ini tercatat telah mengelola 37,65 triliun dana investor.

4. Batavia Dana Saham dan Batavia Dana Kas Maxima 

Bergerak sejak tahun 1996 dan sudah mengantongi izin dari OJK, perusahaan ini tercatatat sebagai salah satu yang terbaik untuk Anda pilih. Untuk Batavia Dana Saham akan bergerak di produk investasi saham. Sementara Batavia Dana Khas Maxima akan bergerak di produk investasi pasar uang, termasuk di dalamnya obligasi.

Kedua pengelolaan ini memiliki rekam jejak dan reputasi yang sangat baik. Hal ini bisa Anda lihat dari total dana kelolaan perusahaan ini. Pada akhir Desember 2020, perusahaan ini berhasil mencapai dana pengelolaan sebanyak 45,45 triliun rupiah.

5. PT. Danareksa Investment Management 

Posisi selanjutnya adalah PT. Danareksa Investment Management yang sudah berdiri sejak tahun 1992. Perusahaan ini juga sudah mengantongi izin dan legalitas dari OJK sejak tahun pendiriannya. Reputasi dan rekam jejak perusahaan ini tergolong sangat baik bahkan sampai saat ini. Jajaran manajer investasi terbaik, pasti ada PT. Danareksa Investment Management di dalamnya.

Terhitung sudah lebih dari 30 reksadana yang mereka kelola. Dana pengelolaan juga tercatat mencapai 29,54 triliun rupiah pada akhir November 2020 lalu. Jumlahnya mengalami peningkatan dan tercatat sebesar 30,15 triliun pada Maret 2021.

6. PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) 

Daftar selanjutnya adalah PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia yang berdiri pada tahun 1996. Legalitas dan izin dari OJK mereka dapatkan pada 1997 lalu dan sejak itu, perusahaan ini sudah meraih berbagai prestasi yang luar biasa sebagai penasehat investasi terpercaya, bahkan termasuk produk reksadana terbaik.

Terhitung ada 24 produk reksadana yang sudah mereka kelola dengan nilai 27,79 triliun di tahun 2019. Nilai dana kelolaan ini terus berkembang hingga pada Maret 2021, jumlahnya mencapai 52,17 triliun. Sangat impresif bukan?

7. PT. Bahana TCW Investment Management 

Jajaran manajer investasi yang terbaik selanjutnya adalah PT. Bahana TCW. Perusahaan ini sudah menjalankan kegiatannya selama 24 tahun dan memiliki rekam jejak yang sangat baik. Berbagai produk reksadana yang mereka tawarkan terbukti bisa memberikan keuntungan yang baik bagi para investornya.

Tidak heran jika perusahaan ini layak Anda perhitungkan untuk mengelola investasi Anda. Terhitung pada Desember 2020, dana kelola dari PT. Bahana mencapai nilai 46,54 triliun rupiah dan meningkat pada Maret 2021 yang mencapai 46,91 triliun rupiah.

8. Reksadana Terbaik Commonwealth Bank

Bank Commonwealth juga menawarkan pengelolaan investasi yang bisa Anda pilih. Jumlah minimal investasi di perusahaan ini juga tergolong terjangkau sehingga tidak memberatkan bagai investor pemula. Anda juga tidak akan mendapatkan biaya pembelian ketika berinvestasi di perusahaan ini. Selain itu, ada banyak produk reksadana yang cukup banyak untuk Anda pilih.

9. BNP Paribas Asset Management 

Perusahaan ini merupakan bagian dari BNP Paribas Grup. Bergerak secara independen dan bertujuan untuk mengelola investasi dengan layanan yang menyeluruh di seluruh dunia. Reputasi dari perusahaan ini juga tergolong sangat baik dalam mengelola aset investor mereka. Tercatat sampai Maret 2021, nilai dana yang perusahaan kelola mencapai 23,71 triliun rupiah.

10. Syailendra Capital 

Memiliki pengalaman dan reputasi yang baik hingga lebih dari 1 dekade, membuat Syailendra Capital layak masuk dalam daftar ini. Perusahaan ini memberikan penawaran investasi yang sangat beragam pada reksadana online, termasuk produk reksadana saham, dan pasar uang. Perusahaan ini juga masuk ke dalam daftar 10 manajer investasi terbaik dengan nilai kelola dana yang besar. Jumlahnya mencapai 23,43 triliun rupiah pada Desember 2020.

11. BNI Asset Management 

Perusahaan lain yang berasal dari perbankan adalah BNI Asset Management. Perusahaan ini merupakan pemisahan dari manajer investasi milik BNI Sekuritas. Beroperasi sejak tahun 2011, reputasi dan kredibilitas dari perusahaan ini sudah tergolong sangat baik dan sudah terdaftar di OJK. Bukti lain dari pengelolaan yang baik adalah akumulasi nilai pengelolaan yang besar mencapai 24,42 triliun rupiah pada Maret 2021.

12. Ashmore Asset Management Indonesia 

Mananjer investasi terbaik yang terakhir adalah Ashmore Asset Management Indonesia. Perusahaan ini adalah anak perusahaan dari Ashmore Investment Management yang berpusat di Negara Inggris. Bukti kredibilitas dan reputasi dari perusahaan ini adalah selalu berhasil masuk dalam daftar manajer investasi yang terbaik selama 5 tahun terakhir dengan impresif.

Jumlah dana kelola mereka pada Desember 2020 lalu mencapai 23,43 triliun rupiah. Jumlah ini sedikti menurun pada tahun 2021, dimana terhitung hingga Maret 2021, jumlah dana kelola adalah sekitar 24,42 triliun rupiah. Meski sedikit menurun, namun tidak mengurangi kredibilitas dan reputasi yang baik dari perusahaan ini.

Manajer investasi yang bisa Anda pilih juga ada yang berbasis syariah. Seperti contohnya adalah Bahana Mes Syariah Fund, TRIM Syariah Berimbang, TRIM Syariah Saham, Sucorinvest Sharia Equity Fund, dan Reksadana Syariah Majoris Sukuk Negara Indonesia.

Itulah berbagai daftar manajer investasi terbaik di Indonesia. Berbagai daftar manajer investasi ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin melakukan investasi reksadana. Dengan pilihan manajer yang baik, tentunya investasi yang Anda lakukan juga akan menghasilkan keuntungan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.