Mata Uang Kripto Dogecoin dari Pengertian hingga Peluangnya

  • Bagikan
mata uang kripto dogecoin

Dalam pasar cryptocurrency atau mata uang kripto, terdapat banyak sekali koin yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah Dogecoin. Popularitas dari Dogecoin, memang saat ini sedang tinggi-tingginya. Banyak orang yang kemudian tertarik untuk berinvestasi atau melakukan trading dengan mata uang kripto Dogecoin ini. Lalu sebenarnya apa itu Dogecoin? Seperti apa peluangnya sebagai salah satu cryptocurrency? Simak informasinya berikut ini!

Profil Mata Uang Kripto Dogecoin

mata uang kripto dogecoin
(sumber gambar: voi.id)

Penemu dari mata uang kripto Dogecoin adalah Billy Markus yang merupakan seorang insinyur software. Ini adalah sebuah mata uang kripto yang memiliki nilai kapitalisasi pasar paling besar di dunia. Koin ini bahkan berada pada peringkat ke-6 urutan koin yang memiliki nilai kapitalisasi terbesar di dunia. Nilai kapitalisasi dari koin mencapai angka 31 miliar dolar AS.

Pada tahun 2013, Billy Markus sebenarnya membuat Dogecoin hanya berlatarbelakang iseng saja. Ia menciptakan Dogecoin dengan tujuan untuk mengolok-olok mata uang kripto lain yang memang sudah lebih populer, yaitu Bitcoin. Nama dari koin ini awalnya memang sengaja dibuat menggunakan ejaan yang salah. Logo dari koin ini juga menggunakan hewan yaitu anjing ras Shiba Inu yang berasal dari Jepang.

Meski hanya berawal dari keisengan, namun siapa sangka justru koin ini malah bertransformasi menjadi salah satu koin yang sangat menjanjikan. Logo dari Dogecoin yang awalnya lucu, juga menjadi sangat ikonik dan membuat koin ini sangat unik. Popularitas dari koin ini bahkan membuat konglomerat produsen Tesla yaitu Elon Musk juga melirik Dogecoin.

Elon Musk kemudian juga menjelma menjadi salah satu sosok penting yang turut mengangkat nama Dogecoin. Developer Dogecoin juga ternyata sudah menjalin komunikasi yang baik dengan Elon Musk. Akibat besarnya pengaruh Elon Musk, bahkan saat ini Elon mendapatkan julukan sebagai “The Dogefather”. 

Lalu, Bagaimana Cara Kerja Dogecoin?

Mata uang kripto Dogecoin memiliki kode DOGE dengan simbol Ð. Cara kerja dari koin ini juga sebenarnya tidak jauh berbeda dengan berbagai jenis mata uang lainnya. DOGE juga menggunakan teknologi blockchain atau rantai blok dengan sistem yang terdesentralisasi. Blockchain merupakan buku besar yang terdistribusi dan menghubungkan jutaan jaringan komputer yang berbeda-beda.

Dalam prakteknya, DOGE juga berkembang dengan menggunkan teknologi enkripsi. Adanya enkripsi ini membuat DOGE tidak membutuhkan perantara pihak ketiga dalam kegiatan transaksinya. Selain itu, pembayaran menggunakan Dogecoin juga terjadi secara peer to peer atau dari pengirim ke penerima tanpa pihak ketiga. Jadi memang secara umum koin ini tidak jauh berbeda dengan jenis mata uang kripto yang lain.

Mengapa Nilai Dogecoin Terus Naik?

Popularitas DOGE memang tidak bisa Anda pandang sebelah mata. Bahkan, popularitas koin ini hampir bisa menyaingi Bitcoin. Salah satu alasan mengapa DOGE menjadi begitu populer adalah karena DOGE adalah token digital yang tidak memiliki batas maksimum seperti Bitcoin.

Seperti yang Anda tahu, Bitcoin memiliki batas maksimumnya tersendiri yaitu 21 juta.  Menurut perkiraan, batas maksimum Bitcoin akan tercapai di tahun 2040 mendatang. Sementara itu karena tidak memiliki batasan, jumlah DOGE saat ini sudah mencapai angka lebih dari 100 milliar. Angka yang fantastis ini bahkan hanya membutuhkan waktu beberapa tahun saja.

Kenaikan harga dari DOGE juga bisa Anda lihat pada bulan April 2021 lalu. Dimana harga DOGE kembali merangkak naik akibat meme Shiba Inu yang merupakan logo dari DOGE menjadi viral di dunia maya. Kenaikan DOGE juga terbilang sangat pesat. Bahkan pada April 2021, DOGE berhasil mengalami kenaikan hingga 300 persen dari nilai sebelumnya.

Apa yang Mengakibatkan Kenaikan Ini?

Banyak pihak yang percaya bahwa kenaikan harga dan popularitas DOGE yang kian meroket tidak lepas dari peran CEO Tesla yaitu Elon Musk. Seperti yang sudah sedikit kami singgung sebelumnya, Elon Musk memiliki ketertarikan yang amat besar dengan DOGE. Sebagai pendukung setia DOGE, ketelibatan Musk di koin ini juga akan sangat mempengaruhi sentimen pasar.

Hal ini terbukti setiap kali Elon Musk menulis sesuatu tentang DOGE melalui akun Twitternya, harga DOGE kemudian menjadi langsung meroket dengan tajam. DOGE juga memiliki kaitan yang erat dengan Space X yang merupakan perusahaan transportasi luar angkasa milik Elon Musk. Gabungan dari Tesla, Space X, dan DOGE berhasil membangun sentimen yang kuat dari publik terhadap DOGE. Per tanggal 19 November 2021, harga dari Dogecoin adalah sebesar Rp. 3.202 per kepingnya.

Bagaimana Cara Agar Mendapatkan DOGE?

mata uang kripto dogecoin
(sumber gambar: lifepal.co.id)

Melihat popularitas dan kekuatan dari DOGE, bukan hal yang mengherankan jika kemudian Anda tertarik dengan koin ini. Cara agar bisa mendapatkan DOGE juga bukanlah hal yang sulit. Secara umum ada 2 (dua) cara yang bisa Anda tempuh untuk memiliki DOGE. Pertama adalah dengan membeli DOGE sedangkan yang kedua adalah dengan melakukan penambangan atau mining Dogecoin.

1. Membeli DOGE

Cara pertama adalah dengan membeli DOGE. Untuk membeli DOGE, Anda bisa membuka rekening lebih dulu ke broker yang sudah memiliki izin dari Bappebti. Jika sudah, selanjutnya Anda bisa lanjut untuk melakukan verifikasi lewat berbagai aplikasi perdagangan aset kripto atau exchanger yang ada di Indonesia.

Ingat, selalu pilihlah exchanger yang memang sudah terdaftar di Bappebti dan memiliki reputasi yang bagus. Sebab, jika memilih exchanger yang abal-abal ada kemungkinan penipuan ataupun tindak kejahatan yang mengintai. Selain itu, keamanan dari aplikasi tersebut belum terjamin sehingga transaksi yang Anda lakukan sangat beresiko.

2. Menambang DOGE

Banyak orang yang kemudian memilih cara penambangan untuk mendapatkan mata uang kripto yang mereka inginkan. Nah, DOGE juga bisa Anda dapatkan dengan cara mining. Untuk melakukan penambangan, Anda harus menggunakan seperangkat komputer yang canggih untuk memecahkan berbagai masalah matematika yang sangat kompleks.

Karena proses pemecahan masalah matematika ini tidaklah mudah, maka Anda juga membutuhkan daya komputasi yang sangat besar. Selain itu, komputer yang Anda gunakan harus memiliki teknologi atau kecanggihan yang tinggi. Setelah persoalan matematika berhasil Anda selesaikan, maka imbalan yang Anda dapat adalah berupa DOGE. Setiap harinya Anda harus bersaing dengan ratusan ribu bahkan lebih penambang lain diseluruh dunia.

Peluang DOGE di Masa Depan

Sebagai salah satu mata uang kripto yang sangat populer dan memiliki kapitalisasi besar, peluang DOGE di masa depan tentu layak untuk Anda simak. Banyak para pemerhati dunia kripto yang mengungkapkan bahwa DOGE bisa menjadi salah satu kripto yang sangat potensial di masa depan.

Akan tetapi, meski mata uang kripto Dogecoin memiliki peluang dan potensi yang baik di masa depan bukan berarti kripto ini tidak memiliki resiko apapun. Harga DOGE bisa berubah dengan drastis sesuai dengan sentimen pasar terhadap DOGE pada saat itu. Di satu waktu, bisa saja harga DOGE meroket dengan sangat tajam, namun di waktu yang lain bisa juga harga DOGE merosot dengan tajam juga.

Peran dari Elon Musk juga menjadi sangat krusial terhadap harga DOGE di masa depan. Jika Musk terus memberikan dukungan terhadap Dogecoin dan stabil dalam melakukannya, maka besar kemungkinan DOGE bisa bertahan dengan baik di pasar kripto. Meski memang pergerakan harganya tidak akan selalu mulus dan stabil.

Selain itu, perlu selalu Anda ingat bahwa nilai fundamental dari mata uang kripto atau aset digital lain terbilang cukup rumit. Hal ini tentu sangat berbeda dengan instrumen investasi lain seperti saham misalnya yang bisa Anda analisis teknikal dan fundamental dengan jelas dan rinci.

Jadi, ketika Anda memutuskan untuk membeli DOGE pastikan lebih dulu dengan yakin bahwa Anda sudah siap dan memahami apa saja resiko yang bisa saja Anda terima di kemudian hari. Apabila harganya naik, maka keuntungan bisa Anda dapatkan. Namun jika harga sedang turun, maka Anda butuh mental yang siap dan kuat untuk mengatasi resiko tersebut.

Nah, itulah informasi mengenai mata uang kripto Dogecoin yang harus Anda pahami. Pada dasarnya, selain memiliki popularitas yang sangat tinggi, potensi dari DOGE juga terbilang sangat bagus. Tidak heran apabila semakin banyak orang yang tertarik dan beralih ke Dogecoin untuk kebutuhan trading, penambangan, maupun investasi. Meski begitu, tetap ingat bahwa apapun koinnya pasti memiliki resiko tersendiri. Jadi pastikan Anda sudah memahami berbagai resiko tersebut ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.