6 Langkah Jitu untuk Mendapatkan Uang dari Blog!

  • Bagikan
mendapatkan uang dari blog

Untuk mendapatkan penghasilan memang bisa dari mana saja, termasuk mendapatkan uang dari blog. Cara ini kini semakin banyak peminatnya karena potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan cukup besar. Blog memang tidak hanya menjadi tempat berbagai cerita maupun informasi saja. Jika Anda pandai dan bisa mengelola blog dengan baik, maka uang bisa Anda dapatkan melalui blog. Penasaran? Inilah cara lengkapnya.

6 Langkah Mendapatkan Uang dari Blog

Semua blogger atau pemilik blog memiliki peluang dan kesempatan yang sama untuk menghasilkan uang dari platform ini. Apalagi cara yang harus Anda tempuh juga tidaklah sulit. Kunci dari keberhasilan mendapatkan uang dari blog adalah bagaimana Anda mengoptimasi blog tersebut. Inilah beberapa langkah optimasi yang bisa Anda lakukan:

1. Buat dan Miliki Blog Sekarang Juga!

mendapatkan uang dari blog
(sumber gambar: kompas.tekno.com)

Agar bisa menghasilkan uang dari blog, tentu Anda harus memiliki blognya terlebih dahulu. Anda tidak perlu ragu untuk membuat blog karena pembuatannya tergolong mudah. Jika Anda adalah seorang pemula, ada banyak sekali platform yang bisa Anda pilih untuk blogging. Mulai dari WordPress, Ghost, Blogger, dan lain sebagainya.

Setiap platform yang akan Anda gunakan akan memiliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri. Namun, banyak orang yang kemudian menjatuhkan pilihannya pada WordPress. Setidaknya ada 3 (tiga) alasan yang membuat WordPress begitu unggul:

  • WordPress bisa Anda gunakan secara bebas dan gratis
  • Siapa saja bisa menggunakan WordPress dengan mudah. Baik itu pemula maupun orang yang sudah mahir dalam dunia blogging
  • Jaminan blog berkualitas tinggi dari WordPress

Ketiga alasan ini sudah cukup membuat banyak orang memilih WordPress. Andapun juga bisa memilih platform yang satu ini.

2. Tentukan Niche atau Topik Blog

Langkah untuk mendapatkan uang dari blog selanjutnya adalah dengan menentukan topik atau niche dari blog. Ketika Anda sudah menentukan niche, maka blog Anda akan terfokus pada 1 topik saja. Misalnya Anda memilih niche kesehatan, maka isi artikel nanti juga akan berkutat pada topik-topik seputar kesehatan. Lalu, mengapa penentuan niche ini penting?

Sebab, adanya topik bisa membantu Anda untuk lebih fokus mengisi blog. Jadi Anda tidak akan kesulitan untuk menentukan topik apa yang akan Anda tulis selanjutnya. Selain itu, jika Anda memiliki terlalu banyak topik, maka blog yang Anda miliki juga tidak akan bisa fokus dan justru tidak memiliki identitas. Para pembaca blog juga akan lebih mudah pergi apabila blog Anda tidak spesifik.

Untuk memilih niche, ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Pilih topik yang memang Anda sukai atau Anda sudah memiliki pengetahuan di dalamnya. Ini bertujuan agar Anda selalu semangat ketika menuliskan hal yang Anda sukai
  • Anda juga harus memastikan bahwa niche yang Anda pilih nantinya memiliki pasar atau target pembaca yang besar. Jangan sampai Anda memilih niche yang justru tidak ada peminatnya
  • Kenali jenis audiens atau pembaca Anda dengan baik supaya artikel yang Anda buat nantinya bisa berkualitas dan enak untuk dibaca

3. Buat Tampilan Blog yang Bagus

Agar bisa mendapatkan uang dari blog dengan efektif, maka Anda harus memiliki blog yang keren dan bagus. Untuk itulah Anda harus membuat tampilan blog Anda sebaik mungkin. Tampilan ini juga akan berfungsi sebagai pemikat dan first impression bagi para pembaca. Semakin pembaca tertarik dan menyukai tampilan blog Anda, tentu juga akan lebih besar peluang mereka terus kembali ke blog Anda bukan?

Untuk mempercantik blog, Anda bisa mengaturnya menggunakan plugin tambahan yang bisa Anda unduh dengan bebas. Adanya plugin ini bisa membantu Anda untuk membuat tampilan tema blog yang unik, bagus, dan rapi. Selain plugin, Anda juga bisa menambahkan berbagai elemen lain. Seperti widget, video, gambar, atau yang lainnya.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Search Engine? Definisi & Jenisnya

4. Kualitas Konten adalah Segalanya!

Ketika memilik blog, Anda harus selalu ingat bahwa konten atau kualitas artikel yang Anda buat adalah segalanya. Untuk itu, Anda juga harus bisa menghadirkan artikel-artikel yang berkualitas di dalam blog. Buatlah konten yang tidak hanya enak dibaca namun juga memiliki manfaat untuk para pembaca.

Unsur nilai manfaat ini menjadi sangat krusial karena pembaca pasti akan mencari blog yang bisa memberikan manfaat bagi mereka. Hadirkan solusi atas permasalahan yang ingin pembaca pecahkan. Ketika pembaca sedang mengetik suatu pertanyaan di Google, tentu yang mereka cari adalah solusi. Nah, jika Anda berhasil menghadirkan solusi tersebut maka lebih besar peluang bagi blog Anda untuk dikunjungi.

Tidak hanya berkualitas, namun konten di dalam blog Anda juga harus menarik. Agar membuat artikel yang menarik, Anda bisa membuatnya dengan beberapa hal. Diantaranya adalah:

  • Membuat judul artikel yang menarik
  • Tambahkan elemen visual berupa foto, infografis, ilustrasi, atau yang lainnya untuk mendukung gambaran dari informasi yang Anda sampaikan
  • Buatlah sudut pandang yang unik

5. Terapkan SEO untuk Mendatangkan Traffic 

mendapatkan uang dari blog
(sumber gambar: lp2m.uma.ac.id)

Agar mendapatkan banyak pembaca, salah satu cara organik yang bisa Anda terapkan adalah dengan menggunakan optimasi SEO (Search Engin Optimization). Supaya blog Anda bisa muncul di ranking atau peringkat tertas pencarian Google, maka SEO adalah solusinya. Ketika berada di pencarian teratas Google, maka akan semakin mudah bagi pembaca untuk menemukan dan akhirnya mengunjungi website Anda.

Meski begitu, Anda harus memahami bahwa SEO bukanlah strategi yang bisa Anda jalankan dalam waktu sekejap. Perlu waktu yang cukup lama serta kerja keras supaya SEO bisa bekerja dengan maksimal pada blog Anda. Beberapa hal yang bisa Anda perhatikan agar SEO bagus adalah:

  • Kualitas konten : bagaimana Anda menulis artikel, panjang tiap kalimat dan paragraf, serta panjang artikel Anda
  • Kinerja situs : kecepatan loading situs, pengoptimalan gambar dan lainnya
  • Struktur situs : apakah struktur situs Anda bagus atau tidak
  • Distribusi keyword : bagaimana Anda mendistribusikan kata kunci, kepadatan kata kunci, penggunaan kata kunci, dan lain sebagainya
  • Link : penggunaan link internal maupun eksternal

6. Terapkan Google AdSense

Setelah membangun blog yang berkualitas, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah mendaftarkan blog di Google AdSense. Ketika Anda sudah memasang AdSense, maka Anda bisa mendapatkan uang dari blog. Anda bisa mendapatkan uang dari program ini karena adanya sistem PPC (Pay-per-click). 

Ketika Anda meletakkan iklan di blog, dan ada pembaca yang mengklik iklan tersebut, maka Anda akan mendapatkan uang. Cara supaya bisa memasang Google AdSense adalah sebagai berikut:

  • Daftarkan akun Anda di Google AdSense terlebih dahulu. Isi data dengan lengkap mulai dari URL blog, alamat biling, dan lain sebagainya
  • Jika sudah, silahkan masukkan kode verifikasi. Agar lebih mudah, Anda bisa menginstall plugin Ad Inserter di blog. Jika cara manual, Anda harus menaruh kode diantara bagian <head> dan </head> dari tiap halaman yang Anda mau supaya iklan bisa tampil
  • Setelah itu tunggu beberapa saat sampai Anda mendapatkan persetujuan dari Google. Pendaftarannya memang cepat, namun Google tetap butuh waktu untuk memverifikasi akun yang Anda miliki
  • Jika sudah mendapatkan verifikasi, maka Anda baru mendapatkan akses ke dashboard Google AdSense Anda. Untuk mengatur iklan, silahkan buka opsi My ADS setelah itu pilih opsi New ad Unit dan baru atur kustomisasi iklan Anda
  • Setelah itu, Anda akan mendapatkan kode iklan yang harus Anda salin ke blog yang Anda miliki. Untuk menyalin kode ini Anda bisa masuk ke menu Appearance kemudian pilih opsi Widgets dan klik Custom HTML 
  • Iklan sudah bisa muncul di blog Anda dan Anda sudah bisa melakukan monetisasi

Jika sudah, tinggal Anda yang harus berusaha supaya bisa mendapatkan banyak klik dari pengunjung. Barulah uang bisa Anda peroleh dengan jumlah minimum penarikan sebesar 100 USD yang bisa Anda peroleh di akhir bulan.

Nah, itulah cara jitu untuk mendapatkan uang dari blog yang bisa Anda terapkan. Jadi, blog memang tidak hanya sebagai tempat untuk berbagi informasi saja. Akan tetapi lebih dari itu blog juga bisa menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan. Kuncinya adalah buat blog yang berkualitas supaya bisa mendapatkan penghasilan yang juga besar. Selamat mencoba cara ini dan selamat menikmati keuntungannya ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.