Cari Inspirasi Nama Usaha yang Bagus dan Artinya? Yuk, Simak Disini!

  • Bagikan
nama usaha yang bagus dan artinya

Salah satu hal yang harus Anda persiapkan dan pikirkan dengan matang saat membuka usaha adalah perihal pemberian nama. Memilih nama usaha memang terdengar mudah dan sepele, padahal cukup sulit lho. Sebab, sudah ada ribuan bahkan ratusan ribu usaha yang memiliki nama yang bagus. Untuk bisa berbeda dan unik, tentu membutuhkan kreativitas dan pertimbangan yang matang. Nama usaha yang bagus dan artinya juga akan memberikan pengaruh pada usaha Anda nantinya.

Ya. Saat Anda memberikan nama pada usaha atau brand, itu artinya identitas usaha Anda akan berganti menjadi nama itu. Apabila tidak melalui pertimbangan yang matang dan asal-asalan, bisa saja brand justru memberi efek yang buruk pada usaha. Lalu, apa sebenarnya pentingnya pemilihan brand dan artinya? Bagaimana cara membuatnya? Inilah informasi selengkapnya.

Peran Penting Nama untuk Usaha

Sebuah usaha akan sangat erat kaitannya dengan nama yang menjadi identitasnya. Tanpa nama, usaha Anda tidak akan lengkap dan pelanggan akan kesulitan untuk merujuknya. Tidak hanya itu, peran penting lain brand adalah:

1. Memiliki Pengaruh untuk Brand Awareness 

Branding untuk usaha akan sangat berdampak besar pada kelancaran usaha itu sendiri. Sebuah branding yang baik, bisa membantu usaha semakin mendapatkan banyak pelanggan dan semakin luas pelanggannya. Nah, dalam branding, nama akan menjadi salah satu kunci pentingnya. Sebuah usaha yang memiliki “brand” atau nama jelas akan lebih mudah untuk konsumen kenali. Konsumen juga akan cenderung membeli produk dari sebuah brand yang sudah mereka kenal.

2. Lebih Mudah Menarik Konsumen Secara Online

Nama yang bagus dan artinya juga akan lebih berpengaruh bagi Anda yang memiliki usaha dengan sistem online. Sebab, nama yang jadi bagian branding akan sangat berperan penting untuk menarik perhatian calon pelanggan di berbagai platform belanja online. Bahkan menurut survey, brand menempati posisi kedua dalam menentukan kepercayaan pelanggan ketika berbelanja.

Contoh Nama Usaha yang Bagus dan Artinya

nama usaha yang bagus dan artinya
(sumber gambar: delivermedia.co.uk)

Bagi Anda yang masih bingung untuk memilih nama, berikut adalah beberapa nama yang bisa menjadi inspirasi:

1. Nama yang Terkait dengan Keuntungan

  • Aniisah : artinya lemah lembut dan bisa Anda gunakan untuk usaha yang berbau wanita
  • Abbasy : artinya rajin berusaha dan sesuai untuk semua jenis toko
  • Bariq : artinya kemilau dan cocok untuk usaha yang terkait dengan kilauan seperti toko perhiasan, kosmetik, ataupun aksesoris
  • Atyab : artinya wangi dan bisa Anda pakai untuk usaha di bidang wewangian
  • Aasiyah : artinya pengobatan dan bisa Anda pakai untuk usaha di bidang kesehatan

Tidak hanya itu, beberapa nama yang bagus lainnya adalah Afdhol, Asjad, Arrih, dan Azza.

2. Nama Terkait dengan Keberkahan

  • Ghanim : artinya kejayaan dan bisa Anda pakai untuk usaha di bidang olahraga, atau aktivitas fisik lainnya
  • Ghulam : artinya adalah anak muda dan bisa Anda gunakan untuk usaha yang terkait dengan anak muda
  • Fattah : artinya penakluk dan cocok untuk usaha di bidang adventure ataupun kendaraan
  • Ghazlan : artinya tenun dan bisa Anda pakai untuk usaha yang terkait dengan kain dan tenunan

3. Nama dengan Nuansa Islami

Anda juga bisa menggunakan nama usaha yang bagus dan artinya dengan nuansa Islami. Beberapa inspirasinya adalah:

  • Irfan : artinya adalah pengetahuan dan kebijaksanaan bisa Anda pakai untuk usaha di bidang buku dan perlengkapan sekolah
  • Jamsyir : artinya adalah kecantikan dan bisa Anda pakai untuk usaha di bidang kecantikan
  • Mirza : artinya adalah anak yang baik dan cocok untuk usaha anak mainan atau perlengkapan anak lainnya
  • Raihan : artinya adalah harum dan bisa Anda pakai untuk usaha kosmetik atau wewangian
  • Lamih : artinya adalah mengkilat dan bisa Anda pakai untuk usaha furniture atau mebel, usaha kosmetik, ataupun perhiasan

4. Nama untuk Usaha Makanan

Untuk nama di bidang kuliner, sebaiknya Anda memilih nama yang unik dan mencerminkan produk makanan yang Anda buat. Beberapa contohnya adalah:

  • Lesehatan Nikmat : artinya adalah usaha rumah makan dengan konsep lesehan dan menyediakan berbagai menu masakan yang nikmat
  • Snackish : singkatan dari snack and fish. Artinya adalah usaha kuliner yang mengusung produk snack dari ikan
  • Steak Prime : artinya adalah usaha kuliner yang menawarkan menu makanan steak dengan kualitas yang premium
  • Cikihut : artinya adalah ciki yahud, dimana Anda menawarkan makanan ringan atau ciki yang enak rasanya

5. Nama Yang Terinspirasi dari Bahasa Inggris

Tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia, Anda juga bisa membuat nama usaha yang bagus dan artinya dengan menggunakan bahasa Inggris. Namun jangan terlalu panjang karena bisa saja membuat pelanggan bingung. Inilah beberapa inspirasinya:

  • Elegant and Luxury House : artinya adalah mewah dan elegan dan bisa Anda pakai untuk usaha di bidang perlengkapan rumah tangga
  • Volcano Chicken : artinya adalah ayam volkano. Maksudnya usaha kuliner Anda menawarkan menu masakan dari ayam dengan rasa yang sangat pedas seperti gunung berapi
  • Fresh and Clean : artinya bersih dan segar dan bisa Anda pakai untuk usaha air minum ataupun usaha lain yang terkait dengan kebersihan
  • Healthy Fit : artinya adalah fit dan juga sehat. Bisa Anda pakai untuk usaha di bidang katering makanan sehat atau usaha perlengkapan olahraga

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Inilah 6 Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

Tips Saat Membuat Nama untuk Usaha

nama usaha yang bagus dan artinya
(sumber gambar: amazonaws.com)

Selain beberapa rekomendasi yang sudah kami berikan, Anda juga bisa membuat sendiri nama untuk usaha. Dalam membuat nama bisnis, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut agar bagus dan efektif. Inilah beberapa tipsnya:

1. Punya Makna Akan Lebih Baik, Jika Tidak Juga Tidak Masalah

Dalam merumuskan sebuah nama, memang akan jauh lebih baik jika nama tersebut memiliki makna yang bagus. Akan tetapi, jika tidak ada maknanya juga tidak masalah. Sebab beberapa orang akan kesulitan jika harus mencari nama dan maknanya dan lebih memilih nama yang unik saja. Hal ini adalah hal yang wajar dan juga bisa Anda terapkan. Intinya jangan sampai ide nama ini terbatas dan terkungkung oleh batasan. Buka seluas mungkin kreativitas nama yang ingin Anda rumuskan.

2. Tidak Harus Selalu Menurut Bidang Usahanya

Tips kedua saat merumuskan nama usaha yang bagus dan artinya adalah patokan jika nama harus sesuai dengan bidangnya. Hal ini sebenarnya bukanlah hal yang mutlak. Anda sebagai pemilik usaha memiliki kebebasan untuk menentukan nama meski tidak mencerminkan bidang usahanya. Sebab jika terlalu berpaku pada hal ini, ide membuat nama bisa terbatas.

Selain itu contoh yang bisa Anda lihat adalah perusahaan raksaa Apple.Inc. Dengan namanya yang unik dan catchy itu tentu tidak sesuai dengan bidang usahanya. Dimana bidang usaha dari Apple adalah teknologi komunikasi. Akan tetapi justru inilah yang menjadi keunikannya dan membuat perusahaan ini sangat mudah untuk pelanggan kenali.

3. Biarkan Memiliki Cerita

Sebagai pemilik usaha, pasti suatu saat akan ada saja orang yang menanyakan apa cerita dari nama yang Anda berikan. Untuk itulah, tidak apa-apa jika Anda memberikan nama yang unik bahkan aneh jika memang memiliki ceritanya tersendiri. Sebab hal ini juga yang bisa menarik perhatian pelanggan terhadap nama bisnis yang Anda miliki. Jadi tidak perlu terlalu kaku untuk membuat nama untuk usaha yang penting unsur mudah untuk pelanggan ingat tetap ada.

4. Jangan Menggunakan Angka atau Karakter Tertentu

Selanjutnya, untuk membuat nama usaha yang bagus dan artinya hindari penggunaan angka. Sebab brand yang terdapat unsur angka cenderung lebih sulit untuk pelanggan ingat. Hal ini tentu akan berdampak pada kemudahan brand awareness bagi khalayak luas.

Selain angka, sebisa mungkin hindari juga menggunakan karakter tertentu atau tanda baca yang rumit. Seperti simbol-simbol tertentu. Sebab hal ini juga akan cenderung sulit untuk pelanggan ingat.

Itulah beberapa tips membuat nama usaha yang bagus dan artinya sekaligus inspirasinya. Mengingat nama adalah hal krusial untuk kelangsungan usaha, maka dari itulah buatlah nama yang bagus untuk usaha Anda. Dengan begitu, proses branding usaha juga menjadi semakin mudah dan bisa pelanggan kenal dengan lebih luas lagi. Jadi, sudahkah Anda mendapatkan nama yang cocok untuk usaha Anda?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.