6 Peluang Usaha dengan Modal 5 Juta Lengkap dengan Rinciannya

  • Bagikan
peluang-usaha-dengan-modal-5-juta

Modal memang menjadi kunci utama untuk menjalankan suatu usaha. Akan tetapi, bukan berarti dengan modal yang terbatas Anda tidak bisa memulainya. Karena ada beberapa peluang usaha dengan modal 5 juta yang bisa Anda pilih. Dengan jumlah tersebut, Anda sudah bisa menjalankan suatu usaha yang menjadi peluang tambahan pemasukan atau bahkan menjadi pekerjaan utama. 

Peluang Usaha dengan Modal 5 Juta dan Rinciannya 

Sebagai referensi, berikut adalah beberapa pilihan usaha untuk Anda tekuni: 

1. Usaha Jual Snack Kemasan 

peluang-usaha-dengan-modal-5-juta
(sumber gambar: liputan6.com)

Siapa yang tidak menyukai makanan ringan atau snack? Olahan semacam ini sangat masyarakat sukai sebagai teman untuk bersantai dan camilan. Nah, jika Anda mencari usaha yang tidak membutuhkan modal besar, tentu ini merupakan pilihan yang tepat. Ada banyak sekali pilihan olahan yang bisa Anda tekuni. Misalnya keripik singkong, tempe, makaroni, dan lain sebagainya. 

Keunggulan dari usaha ini adalah makanannya yang awet sehingga bisa membuat Anda lebih fleksibel dalam menjualnya. Selain itu, mekanisme untuk menjalankan usaha ini juga terbilang simple. Anda hanya perlu membeli sejumlah snack di agen makanan ringan yang terpercaya. Setelah itu, kemas ulang snack tersebut dan jual kembali. 

Andaikata Anda ingin mengolah atau memproduksi camilannya sendiri juga bisa. Semua hanya tinggal Anda sesuaikan pada pilihan dan preferensi cara berjualan Anda sendiri. Inilah rincian modal yang bisa Anda siapkan: 

  • Bahan untuk kemasan (packaging) : Rp. 200.000 
  • Bahan baku awal untuk camilan : Rp. 1.000.000 sampai Rp. 3.000.000
  • Alokasi anggaran untuk promosi : Rp. 500.000 
  • Dana darurat : Rp. 500.000 
  • Total : Rp. 2.200.000 sampai Rp. 4.200.000

Untuk modal yang harus Anda siapkan, bisa jadi lebih tinggi atau malah lebih rendah. Apalagi jika Anda berniat untuk memproduksi sendiri camilan yang akan Anda jual. Karena harga bahan baku dan biaya operasionalnya nanti jelas akan mempengaruhi besaran modal yang harus disiapkan.

2. Jasa Menjahit 

Peluang usaha dengan modal 5 juta selanjutnya adalah dengan membuka jasa menjahit pakaian. Pakaian merupakan salah satu bagian dari kebutuhan sekunder manusia. Tentu masyarakat akan membutuhkan pakaian seterusnya. Jika ada kerusakan atau membutuhkan membuat pakaian baru, maka kemampuan menjahit sangat dibutuhkan. Sayangnya, tidak semua orang memiliki skill dan waktu untuk menjahit dan memperbaiki pakaiannya sendiri. 

Alasan inilah yang membuat Anda bisa mempertimbangkan usaha jasa menjahit. Apalagi usaha ini juga bisa Anda mulai dengan modal yang tidak terlalu besar. Bagi Anda yang memang memiliki skill menjahit tentu akan sangat cocok untuk memulainya. Untuk rincian modal yang Anda butuhkan adalah sebagai berikut: 

  • Membeli mesin jahit : Rp. 2.000.000 
  • Perlengkapan jahit lainnya : Rp. 500.000 
  • Mesin jahit khusus obras : Rp. 750.000 
  • Alokasi anggaran promosi : Rp. 200.000 
  • Total : Rp. 3.450.000

Sebagai catatan, untuk rincian modal ini bisa jadi lebih rendah ataupun lebih tinggi. Pasalnya, bagi Anda yang sudah memiliki mesin jahit sebelumnya Anda tentu tidak perlu membelinya lagi. Hal ini jelas membuat modal yang Anda keluarkan akan jauh lebih rendah daripada jika harus membeli mesin jahit baru. 

3. Membuka Ternak Lele 

peluang-usaha-dengan-modal-5-juta
(sumber gambar: infoikan.com)

Untuk peluang usaha dengan modal 5 juta selanjutnya adalah membuka ternak lele. Ide bisnis yang satu ini bisa menjadi pilihan usaha sampingan yang menjanjikan terutama jika Anda memiliki space lebih di rumah. Pasalnya, untuk pembuatan kolam Anda bisa memanfaatkan tempat yang Anda miliki baik itu di halaman belakang rumah atau depan. 

Tidak hanya untuk usaha sampingan, Anda juga nantinya bisa secara serius menjalaninya sebagai sumber pendapatan utama. Untuk pilihan kolam juga tidak selalu harus menggunakan kolam dari tanah atau semen. Sebaliknya, bahan terpal bisa Anda manfaatkan untuk membuat kolam ternak lele.

Lalu, bagaimana dengan keuntungannya? Ternak lele masih sangat menjanjikan hingga saat ini. Sebab tidak seperti bahan makanan lainnya, harga lele di pasaran terbilang sangat stabil. Jika ada kenaikan atau penurunan maka itu tidak terlalu tinggi. Ini membuat keuntungan yang akan Anda peroleh juga stabil dari waktu ke waktu. 

Modal yang harus Anda keluarkan bahkan tidak mencapai 5 juta rupiah. Sebagai referensi, inilah rincian modal yang harus Anda persiapkan: 

  • Benih ikan lele (5000 ekor) : Rp. 500.000 
  • Kolam terpal : Rp. 1.000.000 
  • Pakan lele (150 kilogram) : Rp. 1.500.000 
  • Alokasi untuk obat-obatan dan peralatan lain : Rp. 500.000 
  • Total : Rp. 3.500.000 

Untuk harga bibit lele sendiri bisa berbeda di setiap daerah dan penjual. Jadi, bisa saja modal yang harus Anda siapkan bisa lebih tinggi atau lebih rendah dari yang telah kami jelaskan. 

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online dari Nol dengan Modal Minim

4. Reseller Busana Muslim 

Bagi Anda ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang di rumah, maka berjualan bisa menjadi kesempatan untuk menambah penghasilan. Akan tetapi tentu jualan yang Anda tekuni sebaiknya tidak sampai mengganggu waktu utama Anda sebagai ibu rumah tangga. Nah, peluang usaha dengan modal 5 juta ini bisa Anda pertimbangkan untuk tekuni. 

Saat ini permintaan dan kebutuhan akan busana muslim tergolong sangat tinggi. Mulai dari produk-produk seperti mukena, jilbab, dress muslim, bahkan alat sholat lainnya. Usaha semacam ini juga akan meningkat keuntungannya ketika mendekati waktu Ramadhan tiba. Sebagai referensi, inilah rincian modal yang bisa Anda simak: 

  • 20 pcs dress muslim : Rp. 1.500.000 sampai Rp. 2.000.000
  • Mukena dan perlengkapan lain : Rp. 500.000
  • Beberapa model jilbab : Rp. 1.500.000 
  • Alokasi untuk dana darurat dan promosi : Rp. 800.000 
  • Total : Rp. 4.300.000 sampai Rp. 4.800.000 

5. Catering Rumahan 

Usaha di bidang kuliner selain snack kemasan yang juga memiliki potensi bagus untuk Anda adalah catering. Perlu Anda pahami bahwa sistem usaha catering akan jauh berbeda dengan usaha kuliner seperti restoran maupun cafe. Pasalnya, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk membangun atau menyewa lokasi usaha. Rumah Anda sendiri bisa menjadi tempat usaha dan Anda baru memulai usaha ketika ada pesanan masuk. 

Untuk modal juga akan lebih ringan karena Anda harus menerima sebagian pembayaran atau DP terlebih dahulu dari pemesan makanan. Ini tidak hanya sebagai formalitas pembayaran saja namun mencegah potensi kaburnya pelanggan dan lepas dari tanggung jawab untuk membayar pesanan mereka. 

Meski beberapa waktu membutuhkan bantuan cukup banyak orang, Anda tetap bisa menekan biaya untuk merekrut karyawan. Sebaliknya, Anda bisa mengajak kerabat dan keluarga untuk turut serta membantu ketika ada pesanan. Dengan cara ini, Anda bisa lebih menghemat biaya untuk pembayaran karyawan. Inilah rincian modal yang bisa Anda siapkan: 

  • Peralatan memasak : Rp. 1.500.000 
  • Alat makan : Rp. 600.000 
  • Kompor gas : Rp. 800.000 
  • Kotak atau tempat makan (100 pcs) : Rp. 100.000 
  • Promosi : Rp. 500.000 
  • Total : Rp. 3.500.000 

6. Make Up Artist (MUA)

Peluang usaha dengan modal 5 juta selanjutnya adalah make up artist atau MUA. Usaha yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi Anda khususnya para wanita yang memiliki skill merias wajah. Saat ini kebutuhan akan MUA juga sangat tinggi, khususnya bagi berbagai acara besar. Misalnya seperti acara wisuda, ulang tahun, pernikahan, dan lain sebagainya. 

Untuk jumlah modal yang Anda keluarkan juga tidak terlalu banyak karena memang kunci dari usaha ini adalah skill atau kemampuan Anda. Ketika sudah menjalankannya, juga jangan berhenti untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan make up Anda. Dengan begitu, hasil rias Anda bisa senantiasa berkualitas dan klien menjadi puas. Mengapa? Sebab kepuasan klien adalah segalanya ketika Anda menjalankan usaha yang bergerak di bidang jasa.

Jangan sampai klien merasa tidak puas dan tidak akan menggunakan kembali jasa Anda. Selain itu, maksimalkan juga promosi jasa rias Anda melalui media sosial. Sebab, dengan cara inilah Anda bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan dengan lebih mudah. Inilah rincian modal yang bisa Anda persiapkan: 

  • Peralatan make up : Rp. 500.000
  • Berbagai produk make up : Rp. 3.000.000 
  • Alokasi untuk promosi dan dana darurat : Rp. 1.000.000
  • Total : Rp. 4.500.000

Nah itulah beberapa peluang usaha dengan modal 5 juta yang bisa Anda jadikan referensi. Pada dasarnya, modal memang merupakan kunci sebuah usaha. Akan tetapi bukan berarti jika terbatas, Anda langsung mengubur mimpi menjadi seorang pengusaha. Terbukti beberapa pilihan usaha ini adalah bahan pertimbangan bagi Anda yang modalnya terbatas.

Kalkulasikan saja kebutuhan modal yang harus Anda siapkan sesuai dengan usaha yang ingin Anda tekuni. Selebihnya, untuk kesuksesan usaha berada di tangan Anda bagaimana mengelolanya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba usaha ini ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.