5 Perbedaan WordPress dan Blogspot, Mana yang Terbaik?

  • Bagikan
perbedaan wordpress dan blogspot

Bagi Anda yang menekuni dunia blogging, tentu Blogspot dan WordPress bukanlah hal asing bagi Anda. Kedua platform ini memang sangat populer di seluruh dunia bahkan hingga saat ini. Sayangnya masih banyak orang yang menganggap keduanya sama padahal jelas berbeda. Lalu, apa perbedaan WordPress dan Blogspot? Inilah informasi selengkapnya untuk Anda.

Memahami Apa Itu Blogspot

perbedaan wordpress dan blogspot
(sumber gambar: unsplash.com)

Blogspot atau yang bisa Anda sebut dengan Blogger adalah sebuah platform blogging gratis yang bisa Anda gunakan untuk publikasi sebuah blog. Blogspot adalah domainnya sementara Blogger adalah platform yang nantinya akan Anda pakai untuk blogging. Jadi, ketika Anda membuat sebuah blog di Blogger, maka Anda akan mendapatkan domain .blogspot.com. 

Pemilik Blogspot adalah Google dan perilisan pertamanya terjadi pada tahun 1999 oleh Pyra Labs. Setelah itu, barulah pada tahun 2003 secara resmi Google mengakuisisi kepemilikan Blogger. Ketika sudah masuk dalam lingkup Google, penggunaan Blogger terbilang jauh lebih mudah dan fleksibel. Sebab ada banyak sekali integrasi aplikasi Google yang masuk di Blogger.

Salah satu contohnya adalah penggunaan email Google untuk mendaftarkan diri ke Blogger. Dengan begitu Anda bisa memiliki blog dengan cara yang jauh lebih mudah dan cepat. Anda juga bisa menggunakan Google Drive dan Google Analytics untuk menyimpan data serta menganalisa kinerja blog Anda.

Berbagai integrasi ini akhirnya membuat Blogger semakin diminati oleh banyak pengguna. Bahkan Blogger berhasil menarik minat para pengguna pemula untuk bergabung dalam komunitasnya. Hingga Juli 2021, tercatat ada sekitar 1,2 juta pengguna Blogger yang tersebar di seluruh dunia.

Memahami Apa Itu WordPress

Berbeda dengan Blogspot yang merupakan domain dari Blogger, WordPress adalah sebuah platform CMS yang bisa membuat penggunannya untuk memiliki blog sendiri. Hingga saat ini WordPress bisa mengakomodasi banyaknya kebutuhan pengguna untuk pembuatan website dengan berbagai tujuan seperti untuk toko online.

Pencipta dari WordPress adalah Matt Mullenweg dan Mike Little di tahun 2003. Inspirasi pembuatan WordPress berasal dari adanya b2/cafeblog yang merupakan sebuah software publikasi. Matt Mullenweg dan Mike Little melihat bahwa cafeblog bisa berkembang menjadi sebuah publikasi yang lebih baik, akhirnya terciptalah WordPress.

Sifat WordPress adalah platform open-source dan selalu update dengan berbagai fitur terbaru. Hingga saat ini, terdapat 2 pilihan WordPress yang bisa Anda pilih yaitu WordPress.com dan WordPress.org. WordPress.com adalah platform gratis namun penggunannya tidak bisa Anda kendalikan sepenuhnya.

Sementara itu, WordPress.org penggunaannya lebih leluasa dan Anda perlu membayar hosting serta domain sendiri. Sampai saat ini dengan semua kemudahan yang bisa Anda nikmati, sudah tercatat lebih dari 28 juta orang menggunakan WordPress untuk mengakomodasi kebutuhan mereka.

Baca Juga: Cara Install WordPress di cPanel Lengkap dari Awal Sampai Berhasil!

5 Perbedaan WordPress dan Blogspot

perbedaan wordpress dan blogspot
(sumber gambar: bloggingwizard.com)

Setelah mengetahui pengertian keduanya, lalu apa perbedaan WordPress dan Blogspot? Inilah beberapa hal yang bisa Anda pahami:

1. Perbedaan dari Segi Biaya

Banyak orang yang memilih Blogspot karena memang menyediakan layanan gratis dan sangat fleksibel untuk Anda gunakan. Layanan tersebut sudah termasuk hosting, domain, hingga pilihan tema bisa Anda pilih secara gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk mendapatkan penyimpanan data hosting atau pengaturan lainnya. Anda akan mendapatkan layanan penyimpanan mencapai 15 GB.

Sementara itu, untuk WordPress memang bisa Anda pakai dengan gratis juga, akan tetapi Anda tetap membutuhkan domain serta hosting sebagai media penyimpanan data website. WordPress juga memiliki banyak sekali plugin yang bisa Anda pakai untuk pengaturan website dan tersedia secara gratis. Namun, jika Anda ingin menambah layanan lainnya juga harus membayar.

Kebanyakan orang yang memiliki website WordPress untuk tujuan komersil seperti bisnis atau situs berita akan menggunakan layanan WordPress yang berbayar. Sebab mereka bisa lebih leluasa dalam pengaturan website.

2. Performa dan Kinerja

Perbedaan WordPress dan Blogspot selanjutnya adalah dari sisi performa serta kinerja website. Sebagai pemilik website Anda tentu tidak ingin memiliki website yang punya waktu loading lama, karena bisa menurunkan kenyamanan pengunjung. Dalam hal ini, sebenarnya baik Blogspot maupun WordPress sama-sama memiliki kinerja yang bagus.

Blogspot dikelola oleh Google sehingga soal kinerja memang tidak usah Anda ragukan lagi. Selain itu, Blogger juga tidak terlalu memiliki fitur tambahan dan desainnya juga tergolong simpel yang membuat kinerja dan performanya semakin ringan dan bagus.

WordPress juga memiliki waktu loading yang cepat. Akan tetapi, WordPress menggunakan layanan self-hosted atau hosting sendiri, jadi memang terkadang waktu loading website Anda akan tergantung pada provider hosting yang Anda pakai. Jika Anda ingin kinerja WordPress maksimal, maka pastikan untuk memilih penyedia hosting yang memang sudah terpercaya.

3. Segi Fleksibilitas

Mempertimbangkan tingkat fleksibilitas WordPress dan Blogspot juga penting untuk Anda lakukan. Sebab, semakin fleksibel tentu Anda akan semakin mudah dalam mengkustom website sesuai kebutuhan. Perbedaan WordPress dan Blogspot dalam hal ini terbilang cukup mencolok dan seringkali menjadi alasan pemilihan antar keduanya.

Jika Anda menggunakan Blogger, maka fleksibilitas Anda akan terbatas. Memang Anda bisa menikmati fitur seperti advertising, form kontak, subscriptions links, dan lain sebagainya, namun fungsi dari fitur ini sangat terbatas. Hanya yang diproduksi dari Google saja yang bisa tampil, sehingga bisa membatasi potensi blog yang Anda punya.

Berbeda dengan WordPress yang open software dimana Anda bisa melakukan banyak hal pada website Anda. Anda bisa menambahkan berbagai macam fitur atau melakukan link website dimana saja dan kapan saja. Baik itu melalui plugin atau aplikasi pihak ketiga.

4. Keamanan

Perbedaan WordPress dan Blogspot selangjutnya adalah perihal keamanan. Google akan memberikan keamanan yang maksimal bagi para pengguna Blogger sehingga Anda sudah tidak perlu khawatir lagi. Akses pada platform Google yang aman dan kuat sudah menjadi jaminan bagi Anda ketika menggunakan Blogger. Hanya saja, ketika sedang ada down-server, maka website Anda juga akan terpengaruh.

WordPress sering menjadi sasaran hacker karena sifatnya yang open-source. Selain itu Anda juga harus melakukan backup sendiri. Namun keuntungannya Anda bebas memilih hosting yang terbukti canggih untuk memberikan Anda keamanan yang kuat. Bahkan Anda juga bebas menambahkan plugin keamanan yang canggih supaya keamanan website lebih terjaga.

5. Segi SEO

Sejak adanya pembaruan pada Blogger di tahun 2011 yaitu Blogspot Dynamic View atau Tampilan Dinamis Blogspot, maka kemampuan SEO di Blogger memang menurun. Sebab, Google spider hanya bisa mendeteksi teks saja dan tidak lagi pada gambar maupun javascript. Selain itu, kemampuan backlink yang ada di Blogspot juga terbatas.

Hal ini jelas berbeda dengan WordPress yang bisa optimal dalam penggunaan SEO. Anda bisa memasang plugin tambahan agar SEO yang ada di website bisa optimal penggunannya. Beberapa tools SEO yang bisa Anda pilih adalah Yoast, Rank Math, dan lain sebagainya.

Lalu, Manakah yang Terbaik Antara Blogspot dan WordPress?

Dari uraian tersebut, bisa Anda tahu bahwa baik WordPress maupun Blogspot sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri. Pada akhirnya, penggunaan keduanya akan sangat bergantung pada tujuan Anda bermain blog. Sebab hal ini akan sangat menentukan platform mana yang paling sesuai dengan tujuan atau goals yang Anda punya.

Apabila Anda hanya menggunakan blog untuk tujuan berbagai informasi, sharing, dan menceritakan hal lain yang bersifat personal maka Blogspot adalah pilihan yang tepat. Akan tetapi jika tujuan Anda membuat website adalah komersil seperti untuk bisnis online, toko online, keperluan marketing, dan lainnya maka WordPress akan jauh lebih sesuai.

Pasalnya, dengan WordPress Anda bisa melakukan pengatura dan kustomisasi yang lebih mudah dan tidak terbatas. Banyak pengusaha dan perusahaan yang menggunakan WordPress untuk kebutuhan mereka. Namun memang untuk menikmati hal ini ada biaya yang harus Anda keluarkan yang nantinya sebanding dengan platform yang Anda miliki untuk kebutuhan bisnis.

Nah, itulah beberapa perbedaan WordPress dan Blogspot yang harus Anda pahami. Hingga saat ini pengguna keduanya masih sangat banyak di seluruh dunia dan sangat populer. Sesuaikan saja kebutuhan Anda dengan platform mana yang paling tepat. Karena pada dasarnya, baik WordPress maupun Blogspot tercipta untuk memudahkan kegiatan dan kebutuhan Anda. Jadi, pastikan Anda memilih platform yang tepat ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.