Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang Perlu Anda Tau

  • Bagikan
prospek kerja administrasi bisnis

Salah satu jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja cukup luas adalah administrasi bisnis. Dengan prospek kerja administrasi bisnis yang luas itu, tidak heran jika banyak orang yang tertarik dengan jurusan ini. Administrasi bisnis juga populer dengan sebutan jurusan administrasi niaga. Jurusan ini akan mengajak Anda untuk mempelajari segala hal yang terkait dengan operasional bisnis serta perusahaan.

Lingkup operasional tersebut juga terbilang cukup luas. Mulai dari kegiatan pemasaran atau marketing, pengelolaan personalia atau SDM, pengelolaan keuangan, dan juga kegiatan produksi. Tidak hanya itu, bahkan Anda juga akan memiliki skill untuk menciptakan sebuah produk sendiri.

Anda juga akan mendapatkan segala pengetahuan dan ilmu seputar urusan mengatur kantor, mengelola data kantor secara akurat, dan mengelola sarana serta prasarana kantor. Dengan lingkup pengetahuan yang cukup luas, tidak heran jika prospek kerja jurusan ini juga menjadi sangat luas. Nah, bagi Anda yang ingin memasuki jurusan administrasi bisnis, berikut beberapa prospek kerja yang bisa Anda pilih. Yuk, simak!

9 Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Inilah beberapa prospek yang bisa Anda pilih:

1. Bidang Manajemen Perusahaan

Manajemen perusahaan adalah proses administrasi, mengarahkan perusahaan, dan juga memimpin perusahaan. Nah, Anda yang lulusan administrasi bisnis juga bisa bekerja pada bidang ini di perusahaan. Ketika Anda menjadi seorang manajer, Anda harus mampu untuk berkomunikasi, melakukan delegasi, dan mengambil keputusan yang baik terkait kebutuhan perusahaan.  Tentunya lingkup manajemen tersebut akan Anda dapatkan dari jurusan administrasi bisnis.

Untuk bisa bekerja di posisi ini, Anda juga bisa masuk dalam program management trainee yang saat ini sudah sangat umum perusahaan besar adakan. Tujuannya tentu untuk mencari calon manajer yang berpengalaman, kompeten, dan juga pandai dalam mengatur perusahaan. Gaji yang bisa Anda dapatkan juga terbilang besar, mulai dari 5 juta rupiah sampai 8 juta rupiah. Bisa juga lebih tinggi tergantung pada lokasi kerja dan kebijakan perusahaan.

2. Staf SDM (Sumber Daya Manusia)

prospek kerja administrasi bisnis
(sumber gambar: sleekr.co)

Staf SDM juga bisa Anda sebut dengan istilah HRD atau Human Resources Development. Pada sebuah perusahaan, divisi ini akan bertugas untuk mengurus persoalan SDM yang ada di perusahaan tersebut. Mulai dari perekrutan pegawai baru, mengurus kontrak kerja, memetakan dan menyaring pegawai, dan lain sebagainya. Persoalan gaji pegawai juga menjadi tanggung jawab bagian HRD.

Jika Anda adalah lulusan administrasi bisnis dan ingin bekerja di divisi ini, maka Anda harus menguasai berbagai skill penting. Mulai dari komunikasi, kemampuan membangun hubungan dengan orang lain, mampu mengembangkan orang lain, dan juga teamwork. Untuk kisaran gaji yang bisa Anda dapatkan juga terbilang cukup besar. Mulai dari rentan 4 juta rupiah atau bisa juga lebih tinggi. Tergantung dari lokasi perusahaan dan juga kebijakan perusahaan tersebut.

3. Staf Administrasi

Prospek kerja administrasi bisnis selanjutnya adalah menjadi bagian dari divisi administrasi. Dalam sebuah perusahaan, lingkup administrasi ini akan sangat beragam, bisa staf administrasi umum, gudang, perpajakan, dan lain sebagainya. Ketika Anda bekerja pada divisi ini, maka Anda memiliki tugas dalam pengaturan bidang administrasi perusahaan.

Tugas tersebut mulai dari melakukan rekapitulasi data perusahaan atau filing seperti surat bukti transaksi, surat aset perusahaan, dan juga surat domisili perusahaan. Selain itu, Anda juga memiliki tugas untuk membuat surat resmi yang perusahaan butuhkan. Baik itu untuk kebutuhan kerjasama, delegasi, surat pembelian, kontrak, dan lain sebagainya.

Perihal penjadwalan yang ada di perusahaan juga menjadi tanggung jawab dari staf administrasi. Anda harus bisa mengatur jadwal perusahaan yang bersifat umum, contohnya seperti mengatur jadwal meeting dengan client dan lain sebagainya. Untuk besaran gaji terbilang beragam, mulai dari 3 juta rupiah sampai 5 juta rupiah. Besarnya gaji ini juga bisa saja meningkat seiring dengan pengalaman kerja Anda.

4. Entrepreneur atau Pengusaha

Seperti yang sudah sedikit kami singgung sebelumnya, ketika berkuliah di jurusan adminstrasi bisnis Anda akan mendapatkan skill untuk menciptakan sebuah produk. Selain itu, Anda juga mendapatkan ilmu komunikasi, manajemen, akuntansi, SDM, dan pemasaran sekaligus.  Nah inilah yang bisa Anda jadikan bekal untuk membangun sebuah usaha sendiri atau sebagai pengusaha.

Dengan bekal pengetahuan dan skill itu, Anda bisa menjadi seorang pengusaha yang inovatif, kreatif, dan bisa menciptakan ide usaha yang unik. Hasilnya, usaha Anda bisa bersaing dengan kompetitor dan memenangkan persaingan pasar. Untuk bisa menjadi pengusaha, Anda harus merintis sediri jalan usaha tersebut mulai dari modal, lokasi usaha, promosi, karyawan, dan lain sebagainya.

5. Konsultan Bisnis

prospek kerja administrasi bisnis
(sumber gambar: idntimes.com)

Prospek kerja administrasi bisnis selanjutnya adalah berprofesi sebagai konsultan bisnis. Ketika menjalankan pekerjaan ini, maka Anda harus bisa memberikan nasehat untuk client mengenai bisnis yang mereka jalankan. Akan tetapi, wewenang untuk menjalankan nasehat tersebut atau tidak tentu bukan tanggung jawab Anda. Wewenang tersebut tetap kembali pada client, Anda hanya perlu memberikan nasehat saja.

Untuk bisa menjadi konsultan, Anda bisa memilih untuk mendirikan sebuah firma konsultasi bisnis sendiri atau bekerja di suatu perusahaan. Keduanya bisa Anda pilih sesuai dengan skill yang Anda kuasai. Untuk besaran gaji juga terbilang cukup besar, yaitu sekitar 5 juta rupiah tiap bulannya dan bisa jadi lebih tinggi tergantung dari pengalaman kerja Anda.

Baca Juga: Contoh Usaha Dibidang Jasa yang Bisa Jadi Inspirasi Usaha

6. PNS

Siapa bilang lulusan jurusan administrasi bisnis tidak bisa menjadi PNS? Buktinya, ada banyak sekali formasi lulusan administrasi bisnis yang terbuka di PNS. Nah, hal ini bisa menjadi salah satu profesi yang menjanjikan untuk Anda tekuni. Apalagi ketika menjadi PNS, Anda juha berpotensi mendapatkan tunjangan yang beragam dan adanya uang pensiun. Tentu hal ini akan sangat baik untuk keuangan Anda di masa depan. Untuk gaji sendiri akan berbeda-beda tergantung dari golongan Anda.

7. Pegawai Bank

Banyak sekali lulusan administrasi bisnis yang memilih untuk bekerja di bank. Alasannya tentu karena besarnya gaji yang terbilang menjanjikan dan juga stigma pegawai bank itu keren. Nah, jika Anda tertarik Anda juga bisa menjadi pegawai bank setelah lulus dari administrasi bisnis. Gaji yang bisa Anda dapatkan juga terbilang beragam mulai dari 4 juta sampai 8 juta rupiah per bulannya.

8. Staf Pemasaran

Selain staf administrasi dan HRD, ketika lulus dari jurusan administrasi bisnis Anda juga bisa bekerja di bagian staf pemasaran. Tugas utama dari divisi ini adalah untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan dengan jalan promosi. Anda juga harus bisa melakukan wawancara, mengatur staf pemasaran, dan membuat program serta proyek yang bisa meningkatkan sales perusahaan.

Ketika bekerja di bagian ini, Anda harus bisa berpikir kreatif, inovatif, dan berorientasi pada tujuan perusahaan. Sebab, kreativitas dan inovasi Anda lah yang bisa menaikkan citra produk perusahaan dan keberhasilan promosi untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Untuk besarnya gaji juga terbilang beragam tergantung dari perusahaan dan juga lama pengalaman bekerja Anda.

Untuk staf pemasaran dengan pengalaman kurang dari 5 tahun, umumnya mendapatkan gaji sekitar 3 sampai 4 juta perbulannya. Akan tetapi nilai gaji ini bisa meningkat seiring dengan lama pengalaman kerja yang Anda miliki. Diatas 5 tahun, maka gaji yang Anda peroleh bisa lebih dari 5 juta setiap bulannya.

9. Dosen

Prospek kerja administrasi bisnis yang terakhir adalah menjadi seorang dosen. Pekerjaan yang satu ini terbilang sangat menjanjikan di masa depan. Apalagi jika status Anda adalah dosen PNS, maka jaminan tunjangan yang besar dan uang pensiun bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Akan tetapi untuk menjadi seorang dosen, Anda harus menempuh pendidikan lanjutan terlebih dahulu.  Ketika lulus dari jenjang S1, maka Anda harus melanjutkannya ke jenjang S2 bahkan S3 lebih dulu dengan mengambil jurusan yang linear dengan administrasi bisnis. Baru setelah itu, Anda bisa menjadi seorang dosen di sebuah universitas.

Saat bekerja Anda juga harus mampu berkontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dengan baik. Caranya bisa dengan menerbitkan karya tulis ilmiah dan lain sebagainya. Untuk besaran gaji terbilang menjanjikan yaitu sekitar 5 sampai 7 juta setiap bulannya belum dengan tunjangan lainnya.

Nah, itulah 9 prospek kerja administrasi bisnis yang bisa Anda jadikan referensi. Cukup banyak bukan prospek kerja dari jurusan ini? Jika merasa ini adalah jurusan yang tepat untuk Anda, maka jangan ragu untuk mengambilnya karena ada banyak sekali pekerjaan yang bisa Anda tekuni!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.