Informasi Lengkap Tentang Saham JYP Entertainment Terbaru 2021

  • Bagikan
saham jyp entertainment

Agensi hiburan di Korea Selatan memang selalu berhasil menarik perhatian masyarakat dunia. Ada banyak sekali agensi hiburan atau entertainment yang berhasil mengorbitkan penyanyi, artis, girl group, dan boy group. Popularitas mereka juga tidak main-main karena dari sektor ini jugalah Korea Selatan berhasil menjadi salah satu negara yang sangat terkenal. Salah satu agensi hiburan raksasa yang berasal dari Korea Selatan itu adalah JYP Entertainment. Profil agensi, deretan artis, serta pergerakan harga saham JYP entertainment selalu menarik untuk Anda ikuti.

Pasalnya, agensi ini termasuk dalam salah satu 3 (tiga) raksasa penguasa agensi hiburan di Korea Selatan. Bahkan ketiga agensi ini memiliki julukan the big three. Dalam hal ini, JYP Berdampingan dengan SM Entertainment dan YG Entertainment. Ditengah persaingan dari berbagai agensi tersebut, JYP Entertainment tetap berhasil menjadi salah satu yang paling memiliki prospek dan harga saham yang baik meskipun fluktuatif.

Sekilas Tentang Profil JYP Entertainment 

saham jyp entertainment
(sumber gambar: kpopmap.com)

Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, JYP Entertainment adalah salah satu perusahaan agensi yang berbasis pada bidang label rekaman dan hiburan. Perusahaan ini termasuk dalam golongan perusahaan konglomerat dan memiliki taraf sebagai perusahaan multinasional di Korea Selatan. Nama JYP sendiri merupakan nama dari pemilik agensi ini yang bernama Park Jin-young atau yang populer dengan nama J.Y. Park.

J.Y. Park sebenarnya adalah seorang mantan penyanyi, penulis lagu, dan seorang produser rekaman yang terbilang sukses. Pendirian dari JYP Entertainment sendiri terjadi pada tanggal 25 April 1997 atau sudah hampir 24 tahun lalu. Masa keemasannya berada di tahun 2001 dan pada tahun itulah J.Y Park berhasil membawa JYP Entertainment ke arah kesuksesan. Dalam mennjalankan kegiatannya, JYP Entertainment memusatkan kegiatan mereka pada pencarian bakat, manajemen acara musik dan konser, rumah rekaman musik, dan rumah penerbitan musik.

Tidak hanya itu, JYP Entertainment juga mulai mengembangkan sayap mereka di berbagai anak usaha yang tersebar tidak hanya di Korea Selatan saja. Kesuksesan JYP Entertainment tidak terlepas dari deretan artisnya yang sangat populer dan memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Deretan artis tersebut adalah 2PM, Day6, TWICE, Stray Kids, dan Itzy.

Sementara itu, untuk artis lama yang berhasil membawa nama JYP Entertainment adalah Rain, Miss A, 2 AM, Wonder Girls, Got7, dan lain sebagainya. Dari berbagai artis inilah kesuksesan JYP Entertainment berasal. Segala sesuatu yang terjadi dan menimpa deretan artis ini jugalah yang turut mempengaruhi harga saham JYP Entertainment.

Seputar Sektor Investasi di Korea Selatan

Sebelum membicarakan saham JYP Entertainment, perlu Anda pahami juga bahwa bursa saham yang ada di Korea Selatan memiliki nama KRX. Ini merupakan singkatan atau akronim dari Korea Exchange. Pada prinsipnya, KRX memiliki tugas, tanggung jawab, dan peran yang sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) atau yang dalam Bahasa Inggris adalah IDX atau Indonesian Stock Exchange. 

Markas atau kantor utama dari KRX adalah di Busan dan terdiri dari banyak sekali perusahaan dari berbagai lini yang kuat di Indonesia. Untuk indeks dari bursa efek Korea adalah KOSPI. KRX sendiri berdiri pada tahun 1953 dan sejak itu terus menjalankan perannya sebagai pengatur dan fasilitator dunia investasi saham di Korea Selatan.

Dari pencatatan terakhir pada tahun 2012, bursa saham Korea tercatat memiliki 1.769 perusahaan. Total kapitalisasi dari semua perusahaan itu mencapai angka $1,1 triliun. Sama seperti Bursa Efek Indonesia (BEI), KRX juga memiliki jam perdagangannya tersendiri yaitu setiap hari kecuali hari Sabtu dan Minggu dengan jam operasional pukul 09.00 sampai 15.15 setiap harinya. Nah, salah satu saham yang tercatat di KRX adalah saham JYP Entertainment.

Baca Juga: Apa Itu Affiliate Marketing? Definisi dan Cara Mudah Menjalankannya

Saham JYP Entertainment dan Update Harga 

saham jyp entertainment
(sumber gambar: esandar.co.id)

Sebagai perusahaan agensi hiburan yang sangat besar, JYP Entertainment juga turut melantai di bursa saham Korea Selatan. Perusahaan ini menjadi salah satu yang memiliki nilai kapitalisasi saham yang besar dan tergolong baik untuk investor pertimbangkan. Kode saham JYP Entertainment sendiri adalah JYP Entertainment Corp dan termasuk dalam bursa efek saham di Korea Selatan yang memiliki kode KRX.

Pemilik  dari saham JYP Entertainment pada posisi pertama adalah J.Y Park selaku pemilik dengan presentase kepemilikan saham sebesar 17,7%. Kemudian, posisi kedua adalah Korea Investment Value Asset Management Co dengan kepemilikan saham sebesar 6,96%. Selanjutnya, pemilik saham adalah JYP Entertainment Corporation itu sendiri dengan nilai kepemilikan saham sejumlah 6,76%. Kemudian ada MEDIACorp, Inc dengan nilai presentase 4,98%. Setelah itu, kepemilikan saham JYP Entertainment adalah tersebar ke pihak lain dengan presentase mencapai 63,65.

Tercatat hingga hari ini pada tanggal 7 September 2021, saham JYP Entertainment berada pada level yang cukup stabil. Harga sahamnya adalah 41.400 KRW dan memiliki pergerakan grafik cukup baik meskipun tetap fluktuatif dan tidak senantiasa stabil. Hal ini bisa sangat Anda maklumi mengingat dunia industri hiburan Korea Selatan yang sangat tidak pasti dan bisa dengan mudah berimbas pada harga saham agensi hiburan disana.  Indikator teknikal dari saham JYP Entertainment juga menunjukkan tren yang bagus hingga berada pada level netral dan dianjurkan untuk membelinya.

Harga Saham Sempat Turun dan Kembali Meroket 

Harga saham dari agensi ini pernah sempat turun dalam angka yang cukup drastis pada tahun 2020. Bahkan, angka ini mencapai 1.000 won penurunannya dan harga penutupan hanya mencapai angka 18.350 KRW saja. Hal ini memang mengejutkan banyak pihak atas penurunan harga saham ini mengingat JYP Entertainment menjadi salah satu agensi yang berhasil membawa banyak piala pada ajang musik bergengsi saat itu.

Faktor dari penurunan harga saham ini salah satunya adalah adanya pandemi virus Corona yang memang berdampak ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Akibat adanya virus tersebut, otomatis kegiatan keartisan dan dunia hiburan menjadi seolah berhenti dan mandek karena tidak bisa melakukan kegiatannya seperti sebelumnya dengan normal. Apalagi pada Februari 2020 lalu ketika ada lonjakan kasus virus Corona yang tinggi di Korea Selatan, yang berimbas pada jadwal comeback para artis JYP Entertainment harus mundur dari jadwal sebelumnya.

Meski begitu, JYP Entertainment akhirnya berhasil untuk menaikkan kembali harga sahamnya yang memang sempat turun di tahun 2020 lalu. Hal ini terbukti dari harga saham JYP Entertainment hari ini yang berhasil menyentuh angka 41.400 KRW. Tentunya kenaikan itu tergolong sangat besar dan bagus bagi kondisi perusahaan. Salah satu faktor kenaikan harga ini adalah kesuksesan dari girl group TWICE yang menuai kesuksesan sangat besar.

Memperkuat Lini Perusahaan Agar Saham Lebih Stabil 

Penurunan terhadap harga saham yang besar memang patut terus JYP Entertainment waspadai. Hal inilah juga yang akhirnya membuat agensi ini berusaha untuk memperkuat kondisi fundamental perusahaan mereka. Strategi penguatan tersebut terwujud dalam proses kerjasama dengan perusahaan lain untuk memperkuat lini perusahaan kedua belah pihak.

Kerjasama ini terjadi pada 2 Juli 2021 lalu dimana JYP Entertainment sudah secara resmi menggandeng perusahaan Dunamu untuk kemitraan bisnis yang strategis. Dunamu adalah perusahaan yang memiliki basis operasional Upbit dan memiliki basis operasional di bidang pertukaran aset-aset digital di Korea Selatan. Tujuan kerjasama dari kedua perusahaan ini adalah untuk membuat suatu platform yang isinya akan memproduksi, menukar barang digital terkait NFT, dan mendistribusikannya dengan basis konten K-pop dari JYP Entertaintment.

Dari kerjasama inilah kedua perusahaan mendapatkan keuntungan dari adanya platform bisnis yang strategis dan JYP Entertainment bisa memiliki platform untuk semakin mempromosikan artis mereka. Dunamu juga telah menandatangani kerjasama secara serius dengan melakukan akuisisi sebagian saham yang milik J.Y. Park, meski tidak ada angka pasti berapa nilai saham yang sudah mereka akuisisi. Tentunya strategi ini sangat baik agar kondisi fundamental JYP Entertainment menjadi semakin kuat dan harga saham bisa menjadi semakin stabil.

Nah, itulah informasi tentang agensi hiburan dan saham JYP Entertainment. Meski memiliki basis di Korea Selatan, namun pergerakan saham ini bisa menjadi tambahan pengetahuan dan informasi bagi Anda sebagai investor. Anda bisa mempelajari sekiranya saham seperti apa dan bagaimana yang layak untuk Anda beli, termasuk saham yang berasal dari industri hiburan. Jadi, semoga informasi ini bermanfaat ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.