Inilah 10 Tokoh Wirausahawan yang Sukses dan Menginspirasi

  • Bagikan
tokoh wirausahawan yang sukses

Menjadi seorang wirausahawan atau pengusaha memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Anda membutuhkan banyak sekali keberanian, kemauan, kerja keras, dan pantang menyerah. Namun tentu kerja keras tersebut akan terbayar dengan kesuksesan yang Anda raih. Di Indonesia contohnya, ada beberapa tokoh wirausahawan yang sukses dan sangat menginspirasi. Siapa saja? Yuk, simak daftar lengkapnya!

10 Tokoh Wirausahawan yang Sukses 

Inilah beberapa nama yang bisa menjadi inpirasi sekaligus motivasi bagi Anda yang ingin terjun ke dunia usaha:

1. Sudono Salim

tokoh wirausahawan yang sukses
(sumber gambar: kumparan.com)

Siapa yang tidak mengenal perusahaan Indofood? Ada banyak sekali produk terkenal dari perusahaan ini salah satunya adalah Indomie yang mendunia. Nah, pendiri dari perusahaan besar ini adalah seorang Sudono Salim. Beliau sebenarnya merupakan seorang imigran yang berasal dari negeri Tiongkok kemudian merantau di Indonesia. Siapa yang menyangka justru di perantauan lah ia bisa sukses.

Sudono Salim mengawali peruntungannya menjadi seorang bandar cengkih yang cukup sukses. Terbukti dari jaringan dagangnya yang sampai ke beberapa pulau lain di Indonesia. Sayangnya, saat Indonesia berada di penguasaan Jepang, bisnisnya juga hancur.

Namun usahanya tidak berhenti sampai disitu saat ia memutuskan untuk membuka bank yang memiliki nama Bank Central Asia atau BCA. Dari pendirian bank inilah kemudian Sudono Salim melebarkan sayapnya ke usaha produksi pangan hingga terciptalah perusahaan besar Indofood.

2. Susi Pudjiastuti

Tokoh wirausahawan yang sukses selanjutnya adalah Susi Pudjiastuti. Sosok wanita yang hebat satu ini tentu sudah sangat familiar bagi Anda. Susi Pudjiastuti memang pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada era kerja Presiden Joko Widodo.

Meski saat ini sudah tidak lagi menjabat, namun citranya sebagai seorang wirausahawan yang kuat dan gigih masih sangat melekat erat. Ibu Susi merupakan puteri dari seorang penjual sapi dan kerbau potong. Dengan darah berwirausaha dari keluarga, Susi Pudjiastuti sejak kecil sudah bertekad dan bekerja keras dalam menjalankan usaha perikanannya. Karena memang beliau tinggal di tepi pantai dan syarat dengan perdagangan ikan

Dari mengawali bisnis perikanan, Susi terbukti mampu merambah sektor lain. Hal ini terwujud dari berdirinya maskapai independen yaitu Susi Air yang menyediakan pedawat komersil untuk kebutuhan perikanan. Namun seiring berjalannya waktu Susi Air juga berkembang sebagai maskapai independen yang melayani penerbangan dari luar maupun dalam negeri.

3. Reza Nurhilman

Jika Anda adalah penggemar makanan ringan berupa keripik pedas, tentu merk Maicih  sudah tidak asing. Pencipta olahan keripik pedas yang nagih ini adalah Reza Nurhilman ang merupakan pengusaha asal Bandung. Pada awal merintis bisnis, ia menggunakan modal sebesar 50 juta rupiah.

Dengan tekun dan teliti, Reza memulai usahanya dan menawarkan melalui sistem online. Inovasi unik keripik pedas level 3 sampai 10 lah yang banyak menarik perhatian masyarakat. Dari sinilah gerbang kesuksesan terbuka untuk Reza dimana masyarakat makin menyukai keripik Maicih.

4. Handy Setiono

Sosok lain yang meraih kesuksesan dengan membuka usaha di bidang kuliner adalah Handy Setiono. Produk andalannya adalah Kebab Turki Baba Rafi yang sangat terkenal dan memiliki banyak sekali franchise. Bahkan merk kebab ini terkenal sebagai salah satu pelopor dan memiliki rasa paling enak diantara merk kebab lainnya.

Dengan kerja keras, Handy Setiono berusaha mengembangkan produk Kebab Turki Baba Rafi-nya. Kerja keras itupun berbuah manis dimana pada tahun 2006, ia masuk sebagai salah satu dari 25 pengusaha terbaik yang ada di Asia. Sampai saat ini, Kebab Turki Baba Rafi masih berdiri dengan kuat dan memiliki banyak cabang di Indonesia.

5. James Prananto

Bagi para pecinta kopi, bisnis Kopi Kenangan sudah tentu tidak asing lagi. Sebagai salah satu tokoh wirausahawan yang sukses di Indonesia James memang bekerja sangat keras bersama kedua rekannya untuk membangun Kopi Kenangan sejak tahun 2017. Bermula dari hanya 1 store saja, kini Kopi Kenangan sudah berhasil merambah dan memiliki banyak sekali cabang di Indonesia.

Keunikan dari kopi ini adalah rasanya yang khas dan ciri khas kemasannya yang menarik. Dari aneka varian rasa dan packaging inilah banyak orang tertarik untuk ngopi di Kopi Kenangan. Tidak heran jika saat ini Kopi Kenangan bisa dikatakan sebagai salah satu merk kopi kekinian paling populer di Indonesia. Terhitung sudah lebih dari 100 gerai berdiri dan tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Daftar Usaha Online Shop Terlaris dan Paling Menjanjikan 2022

6. Bob Sadino

tokoh wirausahawan yang sukses
(sumber gambar: pintek.id)

Sosok Bob Sadino bisa dibilan adalah salah satu pengusaha paling terkenal di Indonesia karena gayanya yang sangat sederhana dan eksentrik. Kemanapun beliau pergi, hanya menggunakan celana pendek dan gaya busana yang sangat santai. Bisnis Bob Sadino bermula dari seorang teman yang memberinya 50 ekor ayam ras.

Tidak hanya sekedar memeliharanya, Bob Sadino berhasil mengubah ayam-ayam tersebut menjadi bisnis telur ayam negeri yang sukses. Seiring suksesnya bisnis tersebut, beliau terus mengembangkan usahanya sampai ke berbagai lini lainnya. Beberapa perusahaan milik keluarga Bob Sadino adalah Kem Chicks, Kem Food, Kem Farm, hingga The Mansion at Kemang.

7. Ciputra

Tokoh wirausahawan yang sukses berikutnya adalah Ciputra yang berfokus pada bisnis di bidang properti. Nama aslinya adalah Tjie Tjin Hoan dan mulai merintis usaha ketika berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan arsitektur. Dari sinilah beberapa bisnisnya seperti Jaya Group, Ciputra Group, hingga Metropolitan Group berasal.

Bisnis Ciputra sempat mengalami kerugian besar hingga harus melakukan PHK terhadap 7 ribu karyawannya di tahun 1998. Tidak hanya itu ia bahkan harus merelakan tutupnya Bank Ciputra yang sudah ia bangun. Namun Ciputra segera bangkit dan berhasil membawa bisnisnya berekspansi ke luar negeri. Sampai saat ini, Ciputra sangat terkenal di bidang properti karena perusahaannya yang besar dan sukses.

8. Boenjamin Setiawan

Tokoh ini merupakan pengusaha sukses yang bergerak di bidang farmasi. Usahanya adalah Kalbe Farma dan sudah sangat populer di bidang pengobatan di Indonesia. Setelah lulus dari Universitas Indonesia jurusan kedokteran, ia mencoba peluangnya di bidang farmasi.

Boenjamin Setiawan bahkan memulai usahanya dengan memanfaatkan garasi mobil sebagai tempat untuk meracik obat. Dari sinilah usaha Kalbe Farma terus berkembang sebagai perusahaan farmasi berskala kecil hingga besar. Bukan perjalanan yang mudah, karena di tahun 1998 ketika krisis moneter menerpa Indonesia, Kalbe Farma sempat jatuh bangkrut.

Akan tetapi, dengan kegigihan dan kerja keras akhirnya Kalbe Farma berhasil bangkit dan menjadi lebih kuat. Terbukti dengan berbagai produk andalannya yang populer. Mulai dari Sakatonik, Fatigon, sampai dengan Extra Joss. Dari sinilah perusahaan Kalbe Farma terus meroket hingga kini.

9. Nadiem Makarim

Sosok yang kini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini sebenarnya merupakan seorang pengusaha sukses asal Indonesia. Produknya yaitu aplikasi Gojek berhasil mendapatkan tempat di masyarakat dan kini menjadi bagian penting dalam kebutuhan sehari-hari.

Dari Nadiem Makarim-lah Gojek bisa tumbuh menjadi perusahaan decacorn pertama yang ada di Indonesia. Tidak hanya terkenal dan bermanfaat di tanah air, penggunaan Gojek sudah mencapai luar negeri. Beberapa negara tetangga seperti Vietnam, Thailand, dan Singapura sudah menjadi tempat ekspansi Gojek.

10. William Tanuwijaya

Selain Gojek, aplikasi lain yang sangat populer di Indonesia adalah Tokopedia. Ini merupakan sebua platform e-commerce yang didirikan oleh William Tanuwijaya. Sebelum menjadi pendiri Tokopedia, beliau pernah menjadi seorang penjaga warnet. Siapa yang menyangka kemudian ia berhasil menjadi pengusaha sukses.

Berdiri pada tahun 2009, William berusaha dengan sangat keras agar Tokopedia bisa berkembang hingga seperti saat ini. Bersama dengan perusahaan lain seperti Bukalapak, Traveloka, dan Bukalapak, Tokopedia akhirnya berhasil menjadi startup unicorn yang sukses di Indonesia.

Nah, itulah beberapa tokoh wirausahawan yang sukses di Indonesia. Dari kisah inspiratif berbagai tokoh ini, bisa Anda lihat bahwa kerja keras, ketekunan, kepandaian dalam mengelola modal, dan inovasi adalah kunci dari keberhasilan seorang pengusaha.

Tanpa berbagai hal tersebut, mustahil bagi Anda untuk meraih kesuksesan. Apalagi memang sangat ketat persaingan bagi para pengusaha hingga bisa membawa bisnisnya menjadi perusahaan yang besar. Jangan lupa juga untuk selalu belajar dan berinovasi agar produk yang Anda tawarkan ke masyarakat bisa senantiasa berkualitas dan dibutuhkan. Dengan begitu, bisnis yang Anda jalani tidak mandek di tempat dan sulit untuk berkembang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.