Trik dan Cara Trading Saham yang Efektif dan Mudah Diterapkan

  • Bagikan
cara trading saham

Salah satu kegiatan yang bisa mendatangkan Anda keuntungan selain investasi adalah trading. Sudah banyak sekali orang yang tertarik untuk menekuni dunia trading, terutama pada instrumen saham karena potensi keuntungannya. Meski begitu, sebelum terjun ke dunia trading saham, sebaiknya Anda benar-benar memahami bagaiman cara trading saham. Jangan sampai Anda hanya melakukan kegiatan trading hanya karena tren atau ikut-ikutan saja. Hal ini sangat berbahaya dan bisa mendatangkan potensi kerugian yang tidak main-main.

Lalu, apakah trading saham itu sulit? Jawabannya adalah tidak. Kegiatan ini bahkan bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Apalagi saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi yang bisa membantu Anda untuk melakukan trading saham dengan mudah dan cepat. Kapan saja dan dimana saja, Anda bahkan bisa melakukan trading melalui smartphone atau laptop Anda. Nah, bagaimana cara trading yang benar? Yuk, simak informasinya berikut ini!

Trading Saham dan Perbedaannya dengan Investasi Saham

cara trading saham
(sumber gambar: whnt.com)

Meski populer, sayangnya banyak orang yang masih keliru dalam memahami trading. Banyak orang beranggapan bahwa investasi dan trading saham adalah kegiatan yang sama. Memang instrumen yang Anda pakai adalah sama yaitu saham. Akan tetapi, kegiatan trading dan investasi jelas berbeda.

Trading merupakan kegiatan untuk mencari keuntungan dari jual beli saham dengan memanfaatkan fluktuasi harga saham. Kegiatan trading ini bisa Anda lakukan setiap harinya dan harus memantau pergerakan saham pada grafik dengan cermat. Keuntungan yang Anda dapatkan sebagai seorang trader akan berasal dari selisih harga beli dan harga jual saham atau capital gain. Semakin tinggi selisihnya, semakin besar pula keuntungan Anda.

Hal ini tentu berbeda dengan investasi saham. Sebab, investasi adalah kegiatan untuk menanamkan modal pada suatu perusahaan yang sudah ada di Bursa Efek Indonesia (BEI). Keuntungan dari investasi saham berasal dari capital gain dan juga deviden. Sebagai investor, Anda akan jauh lebih pasif daripada trader. Sebab, yang mengelola modal yang sudah Anda tanamkan adalah perusahaan atau emiten. Berbeda dengan trader yang mengandalkan Anda sebagai pilot dari kegiatan trading.

Kegiatan trading juga akan lebih memakan waktu yang cukup banyak setiap harinya. Anda harus melakukan analisa pasar saham dengan cermat dan teliti menggunakan analisis teknikal. Dengan analisis dan pengamatan ini, nantinya trader harus memutuskan kapan waktu terbaik untuk mengambil keuntungan dari saham tersebut. Jadi, semua keputusan berada pada seorang trader itu sendiri. Untuk itulah, Anda harus benar-benar menguasai cara trading saham dengan benar.

Baca Juga: Daftar Investasi yang Menguntungkan, Layak Anda Coba!

Trik dan Cara Trading Saham yang Efektif dan Mudah

cara trading saham
(sumber gambar: businesssetup.com)

Sebagai satu-satunya pilot dan pemegang kendali dalam kegiatan trading, setiap keputusan Anda akan mempengaruhi keuntungan dan kerugian yang Anda dapatkan. Anda harus sangat berhati-hati dalam melakukan trading agar tidak rugi. Selain itu, perlu Anda ketahui juga bahwa trading saham umumnya trader lakukan dalam kurun waktu harian. Bahkan bisa setiap hari trader harus memantau pergerakan harga saham. Inilah beberapa cara trading saham yang efektif dan mudah:

1. Ingat! Ilmu dan Pengetahuan Adalah Segalanya

Banyak para trader pemula yang akhirnya gagal dalam kegiatan trading karena kurangnya ilmu dan pengetahuan mereka. Cobalah tanyakan pada diri Anda sendiri lagi sebelum memulai trading. Apakah memang sudah cukup dan sudah paham betul mengenai trading ini? Sudahkah Anda bisa mengelola resikonya?

Jika belum, maka jangan ragu untuk mempelajari dengan keras semua hal tentang trading saham. Hal ini sangat penting supaya keputusan trading Anda tepat dan tidak salah langkah. Anda bisa memulai dengan mempelajari berbagai simbol atau istilah dalam dunia trading saham. Misalnya istilah Open, Close, High, Low, dan lain sebagainya.

Selain itu, pelajaran tentang trading saham juga sudah mudah sekali Anda dapatkan saat ini. Bisa melalui Youtube, website, ataupun media sosial lainnya. Jangan ragu juga untuk bertanya dan menggali ilmu dari trader lain yang berpengalaman. Sebab, pengalaman adalah guru terbaik supaya Anda bisa mendapatkan ilmu yang banyak tentang trading saham.

2. Selalu Pastikan untuk Memilih Perusahaan atau Emiten yang Tepat

Perusahaan atau emiten yang tepat akan memiliki produk saham yang berprospek dan memiliki pergerakan harga yang bagus. Emiten maksudnya adalah perusahaan yang menerbitkan saham. Untuk mendapatkan emiten yang bagus, maka pertimbangkan dari segi kredibilitas dan analisis dari kondisi keuangan perusahaan.

Jika memang sulit bagi Anda sebagai pemula, Anda bisa meminta bantuan kepada ahli keuangan atau trader lain yang berpengalaman. Selain itu, Anda juga bisa melihat rekomendasi saham untuk trading yang baik di internet. Dengan emiten yang tepat, maka satu langkah untuk menjalankan trading saham yang sukses dan untung sudah Anda lakukan.

3. Mulai dengan Nominal yang Kecil Bukan Masalah

Cara trading saham selanjutnya adalah memulai dengan nominal yang kecil. Banyak trader pemula yang akhirnya gagal karena langsung memulai trading dengan nominal yang besar. Padahal, ia masih baru dalam dunia trading dan analisis keputusannya belum sepenuhnya tepat. Hasilnya justru kerugian yang ia alami dan akhirnya mengalami kebangkrutan.

Untuk itu, sebaiknya Anda memulai trading saham degan nominal yang kecil terlebih dahulu. Tidak perlu serakah mencari keuntungan yang langsung besar pada awal trading. Justru, mulai secara perlahan dan adaptasi dulu dengan dunia trading. Jika sudah mahir, barulah Anda bisa menambah modal untuk trading.

4. Timing is Everything! 

Waktu adalah segalanya dalam kegiatan trading. Kapan saat Anda menjual atau membeli saham, akan berdampak sangat besar untuk keuntungan Anda. Memang butuh waktu untuk mempelajari soal waktu ini. Namun salah satu strategi yang bisa Anda pakai adalah strategi pemilihan waktu.

Misalnya adalah menjual saha pada saat menjelang jam istirahat kantor. Sebab pada jam ini biasanya ketimpangan yang tinggi akan terjadi. Dimana order untuk beli saham akan lebih tinggi daripada jual saham. Otomatis harga saham akan meningkat dan bisa menjadi waktu yang tepat untuk menjual saham.

5. Jangan Menggunakan Semua Modal Langsug dalam Satu Transaksi

Cara trading saham selanjutnya adalah hindari pemakaian seluruh modal yang Anda miliki dalam 1 transaksi sekaligus. Akan jauh lebih baik apabila Anda menggunakan berapa persen dari modal Anda terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda bisa merasakan dahulu bagaimana kegiatan trading yang sesungguhnya berjalan. Sebagai ajang adaptasi dahulu supaya Anda terbiasa untuk melakukan trading.

Lakukan latihan dengan teratur, perhatikan pergerakan harga, analisis dengan matang sebelum melakukan transaksi apapun. Baik itu membeli saham maupun menjual saham. Apabila Anda langsung menggunakan seluruh modal pada 1 (satu) transaksi, maka bisa saja hal ini mengarah ke kerugian semata. Jadi, hindari hal ini ya.

6. Jangan Ragu untuk Melakukan Cut Loss dan Kelola Emosi

Cara trading saham yang terakhir adalah tidak ragu melakukan cut loss dan mengelola emosi. Cut loss adalah kegiatan untuk menjual saham yang ia miliki saat harganya merosot turun atau sudah kehilangan modal. Akan tetapi trader tersebut sudah berada pada posisi pernah mendapatkan keuntungan. Banyak trader pemula yang ragu-ragu saat melakukan cut loss. 

Padahal, ini justru adalah jalan terbaik untuk Anda ambil daripada harga saham akan terus menerus merosot dan Anda tidak untung lagi. Untuk itu, gunakan dengan baik pemahaman Anda tentang cut loss, dan jangan ragu untuk mengambil keputusan ini jika memang harga saham terus menerus anjlok.

Perlu Anda pahami pula bahwa seorang trader akan membutuhkan kestabilan emosi yang luar biasa. Hal ini sangat penting terutama saat pasar saham sedang sangat fluktuatif ataupun mengalami penurunan yang cukup drastis. Jika tidak memiliki emosi yang stabil, bisa saja seorang trader akan bertindak impulsif dalam pengambilan keputusan.

Akibatnya bisa sangat fatal karena berhubungan dengan keuntungan dan kerugian dalam melakukan trading. Oleh karena itu, ketika Anda berkomitmen terjun ke dunia trading saham, pastikan sudah memiliki ilmu dan kestabilan emosi yang cukup ya. Dengan begitu, trading bisa berjalan lancar sesuai yang Anda targetkan.

Itulah informasi seputar cara trading saham yang bisa Anda pahami. Semua trik dan cara ini, bisa Anda terapkan saat baru mau terjun ke dunia trading saham. Semoga bisa membantu Anda dalam trading agar hasilnya maksimal ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.