8 Usaha dengan Modal 2 Juta Menjanjikan untuk Tambah Penghasilan 

  • Bagikan
usaha dengan modal 2 juta

Memiliki usaha sampingan yang bisa menambah penghasilan tentu menjadi impian banyak orang, khususnya pada masa pandemi. Sayangnya, tidak semua orang memiliki modal yang cukup untuk memulai usaha sampingan tersebut. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab kami memiliki beberapa rekomendasi usaha dengan modal 2 juta yang bisa Anda tekuni. Meski bermodalkan kecil, namun keuntungannya tidak bisa Anda pandang sebelah mata. Lalu, apa saja usaha tersebut? 

8 Usaha dengan Modal 2 Juta Paling Menjanjikan 

Ketika memiliki simpanan uang sekitar 2 juta rupiah, maka jangan buru-buru menyimpannya saja. Karena dengan jumlah uang tersebut, nyatanya Anda bisa menggunakannya untuk membuka usaha sampingan lho. Jadi uang yang Anda miliki tersebut bisa Anda putar untuk menambah pemasukan lebih besar lagi. Sebagai referensi, berikut beberapa usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa Anda coba: 

1. Reseller Online

usaha dengan modal 2 juta
(sumber gambar: jojonomic.com)

Usaha pertama yang bisa Anda mulai dengan modal hanya 2 juta adalah reseller online. Prinsip kerjanya cukup mudah, Anda hanya tinggal membeli barang dengan harga murah dari supplier. Setelah itu, Anda menjual lagi barang tersebut dengan harga yang sedikit lebih tinggi. Nah, selisih dari harga beli dan harga jual inilah yang akan menjadi keuntungan Anda sebagai reseller. 

Meski terlihat mudah, tips terbaik agar bisa sukses menjadi reseller adalah memilih produk dan supplier yang tepat. Sebab, sudah banyak kasus reseller yang sulit untuk menjual lagi produk tersebut karena memang peminatnya sedikit. Selain itu, secara keseluruhan usaha ini sangat fleksibel dan bisa Anda jalankan di rumah. Sangat cocok sebagai sumber penghasilan tambahan saat pandemi.

2. Agen Pulsa Elektrik

Rekomendasi usaha yang bisa Anda jalankan adalah sebagai agen pulsa elektrik. Meski terdengar sepele dan jumlah keuntungannya terlihat kecil, namun usaha ini tidak bisa Anda remehkan lho. Sebab saat ini kebutuhan masyarakat akan pulsa menjadi lebih tinggi dan krusial. Inilah yang membuat usaha ini tetap layak Anda pertimbangkan untuk menambah penghasilan.

Apalagi ketika menjalankan usaha ini, Anda tidak perlu memiliki lokasi usaha seperti pulsa fisik pada umumnya. Anda hanya perlu menggunakan smartphone saja sebagai media untuk penjualan pulsa. Modalnya juga sangat kecil bahkan tidak sampai 2 juta rupiah. Memang keuntungannya tidak terlalu besar, dan jika Anda sudah memiliki modal lebih silakan untuk memperluas lagi produk yang Anda jual. Seperti token listrik, vouher pulsa, dan lain sebagainya.

3. Menjual Makanan Ringan atau Snack 

Ide usaha dengan modal 2 juta rupiah selanjutnya adalah berjualan makanan ringan atau snack. Siapa sih yang tidak menyukai makanan ringan? Jajanan ini memang selalu memiliki pasarnya tersendiri dan tidak akan sepi pembeli. Nah, inilah yang bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha sampingan yang menguntungkan.

Ada banyak makanan ringan yang bisa Anda jual seperti misalnya keripik, makaroni, kerupuk, dan lain sebagainya. Untuk usaha ini, Anda juga bebas memilih sistem apa yang akan Anda jalankan. Apakah Anda ingin memproduksi sendiri makanan ringannya, atau mengambil dari supplier. Keduanya sama-sama bisa Anda mulai dengan modal yang tidak terlalu besar, bahkan tidak sampai 2 juta rupiah.

Apabila memproduksi sendiri, maka memang akan sedikit lebih repot karena semua urusan produksi, packaging, hingga promosi harus Anda lakukan sendiri. Namun keunggulannya, Anda bisa memastikan kualitas makanan ringan yang Anda jual. Sementara itu, Anda juga bisa mengambil produk dari supplier, yang tentu akan jauh lebih praktis. Namun pastikan supplier yang Anda pilih memang terpercaya dan memiliki produk makanan ringan yang laris.

Baca Juga: 7 Ide Usaha Pertanian yang Menguntungkan di 2022

4. Memproduksi Masker Kain

Di masa pandemi virus corona yang masih belum berakhir juga hingga kini, salah satu usaha sampingan yang sangat potensial adalah memproduksi masker kain. Kebutuhan akan masker memang sangat tinggi untuk melindungi diri dari penularan virus, termasuk jenis masker kain. Usaha ini akan sangat cocok untuk Anda yang memiliki skill menjahit karena semua proses membuat masker membutuhkan tahapan penjahitan.

Dengan modal kurang lebih 2 juta, Anda sudah bisa melakukan produksi masker kain dalam jumlah yang cukup banyak. Untuk distribusinya, Anda bisa memanfaatkan e-commerce yang populer di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain sebagainya. Dengan cara ini, Anda bisa lebih efektif untuk melakukan pemasaran dan bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

5. Usaha Kue Kering

usaha dengan modal 2 juta
(sumber gambar: joythebaker.com)

Usaha dengan modal 2 juta rupiah selanjutnya adalah menjual kue kering. Tidak hanya makanan ringan, kue kering juga memiliki banyak sekali peminat. Apalagi menjelang perayaan-perayaan besar seperti Hari Raya Idul Fitri maupun Hari Raya Natal, permintaan terhadap kue kering tentu akan sangat meningkat pesat. Meskipun terlihat kurang, namun 2 juta sebenarnya sudah cukup untuk modal apabila Anda juga menerapkan sistem DP atau down payment. 

Jadi, 2 juta yang Anda miliki akan Anda buat sebagai modal membuat beberapa produk awal atau tester. Setelah itu, promosikan dan buka PO kue kering yang Anda jual. Bagi para pembeli, berlakukan sistem membayar separuh dari total harga yang mereka pesan. Selain untuk meminimalisir modal, mekanisme seperti ini juga akan mencegah Anda dari resiko tidak bertanggung jawabnya pembeli yang tidak mau membayar kue ketika sudah selesai Anda produksi.

6. Membuka Les Privat Online

Usaha selanjutnya akan sangat cocok untuk Anda yang memiliki skill dalam mengajar dan spesialisasi di suatu mata pelajaran tertentu. Saat pandemi seperti sekarang, sekolah akan menerapkan sistem pembelajaran daring atau online. Artinya, siswa juga akan tetap tinggal di rumah ketika bersekolah. Karena tidak bisa bertemu dengan guru, tentu pemahaman pelajaran mereka akan lebih berkurang daripada baisanya.

Nah, inilah yang membuat banyak orang tua memilih jalan les privat agar menjaga prestasi anak hingga tidak menurun. Tentu ini akan menjadi peluang usaha yang sangat potensial bagi Anda. Apalagi modal yang harus Anda keluarkan sangat lah kecil, bahkan tidak mencapai 1 juta rupiah.

Modal itupun harus Anda pakai untuk membeli beberapa peralatan penunjang proses pengajaran agar lebih lancar secara online. Seperti misalnya membeli webcam, ring light, tripod, dan kuota internet. Lokasi usaha juga sangat fleksibel karena hanya akan memanfaatkan lokasi rumah masing-masing, baik bagi Anda maupun murid yang Anda ajar.

7. Laundry Sepatu dan Helm

Selain pakaian, selimut, dan sprei, banyak orang yang mencari jasa laundry untuk membersihkan sepatu dan helm. Sebagai barang yang intensitas penggunaannya cukup tinggi, kedua benda tersebut memang akan rawan sekali untuk kotor dan bau. Nah, kebanyakan orang tidak memiliki waktu luang untuk membersihkannya sampai benar-benar bersih. Inilah yang membuat permintaan akan jasa laundry sepatu dan helm menjadi sangat tinggi.

Agar bisa sukses menjalankan usaha ini, kunci terpenting yang harus Anda kuasai adalah cara mencuci sepatu dan helm sampai benar-benar bersih. Sebab keduanya memang bukanlan benda yang mudah untuk Anda bersihkan. Anda bisa belajar cara mencucinya lewat berbagai tutorial yang bisa dengan mudah Anda jumpai di internet.

8. Dropshipper 

Usaha dengan modal 2 juta selanjutnya adalah dropship. Perbedaan utama usaha ini dengan reseller terletak pada kepemilikan produk yang akan Anda jual. Sebagai reseller, Anda harus membeli produk terlebih dahulu kemudian Anda jual lagi. Sementara sebagai dropshipper, Anda hanya perlu untuk mempromosikan suatu produk dengan maksimal. Nantinya urusan packaging atau pengemasan hingga ke pengiriman, akan menjadi tanggung jawab pihak supplier. 

Karena sistem yang sangat mudah inilah, dropship bisa Anda jalankan dengan sangat fleksibel dan bahkan tanpa modal sepeserpun. Usaha ini hanya akan menggunakan smartphone, internet, dan keahlian Anda dalam promosi ke banyak calon konsumen. Umumnya keuntungan yang Anda peroleh nanti berasal dari keberhasilan Anda membawa pelanggan. Jadi, semakin banyak orang yang membeli produk karena Anda, maka akan semakin besar keuntungan yang Anda peroleh.

Nah, itulah berbagai ide usaha dengan modal 2 juta rupiah paling potensial yang bisa Anda jadikan sumber penghasilan tambahan. Sangat menarik bukan? Kuncinya adalah bagaimana Anda melakukan promosi agar produk yang Anda jual bisa laris di pasaran. Manfaatkan media sosial dan e-commerce sebagai sarana promosi yang efektif, sekaligus bisa menjangkau pelanggan dengan maksimal meski dengan anggaran promosi yang terbatas.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.